IMG-LOGO
Quote Islami

Pesan Fudhail bin Iyadh untuk Menyayangi Hewan

Kamis 27 Februari 2020 12:45 WIB
Pesan Fudhail bin Iyadh untuk Menyayangi Hewan
"Seandainya seorang hamba melakukan semua jenis kebaikan, tetapi ayam peliharaannya teraniaya karenanya, niscaya ia belum dapat digolongkan dalam derajat muhsin (tingkat tertinggi spiritual dalam Islam) atau orang baik."
Fudhail bin Iyadh (726 M-803 M), salah seorang guru Imam As-Syafi’i mengatakan:

قال الفضيل لو أن العبد أحسن الإحسان كله وكان له دجاجة أساء إليها لم يكن من المحسنين

Artinya, “Fudhail bin Iyad mengatakan, ‘Seandainya seorang hamba melakukan semua jenis kebaikan, tetapi ayam peliharaannya teraniaya karenanya, niscaya ia belum dapat digolongkan dalam derajat muhsin (tingkat tertinggi spiritual) atau orang baik.’” (Syekh M Nawawi, Tsimarul Yani‘ah fir Riyadhil Badi‘ah, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa tahun], halaman 91).

Pesan Imam Fudhail ini dikutip oleh Syekh M Nawawi Banten dalam kaitannya dengan interaksi yang baik kepada semua makhluk dalam urusan dunia dan agama agar selamat di akhirat.

Syekh Nawawi Banten menganjurkan umat Islam untuk menyayangi orang yang beriman, bermurah hati terhadap orang yang zalim, memaklumi orang bodoh, berbuat baik kepada orang yang tidak menyenangkan, menaruh belas kasih kepada semua hamba Allah, dan memperlakukan dengan baik segenap makhluk-Nya termasuk hewan. Wallahu a‘lam. (Alhafiz Kurniawan).
Share: