Home Khutbah Hikmah Ekonomi Syariah Bathsul Masail Ubudiyah Fiqih Difabel Warisan Zakat Nikah Video Foto Download

Skema Bisnis Alimama Apk di Dunia Digital dan Modus Penipuannya

Skema Bisnis Alimama Apk di Dunia Digital dan Modus Penipuannya
Salah satu iklan di Google Play Store untuk memancing calon pengguna memasang Alimama Apk di ponsel mereka.
Salah satu iklan di Google Play Store untuk memancing calon pengguna memasang Alimama Apk di ponsel mereka.

Yang hendak kita bahas kali ini adalah skema bisnis yang ditampilkan oleh Alimama Apk. Meskipun namanya sama dengan sebuah anak perusahaan besar yang bergerak di bidang e-commerce Alibaba, yaitu Alimama, tapi keduanya berasal dari developer (pengembang) yang berbeda. Alimama Apk disebut-sebut sebagai Alimama Palsu. Mengapa disebut palsu?

 

Sebab, Alimama yang asli bergerak dalam membantu konsumen untuk memasarkan produknya ke skala yang lebih luas lewat perusahaan induknya, yaitu Alibaba. Sementara Alimama Apk menawarkan sebuah skema bisnis model lain dengan jalan melakukan top up. Diduga, Alimama Apk sengaja mendompleng nama dari perusahaan milik Jack Ma itu agar terkesan sebagai sarana menuju investasi sebab ada ruang usaha, yaitu Alibaba.

 

Mereka yang tidak teliti akan mengira Alimama Apk adalah bagian dari Alibaba, sebab link registrasinya menggunakan inisial Jack Ma. Seperti tampak pada situs Alimama Indonesia berikut ini: www.daftaralimama.jmggroup.co. Simak baik-baik pada domain tersebut! Ada inisial jmgroup, yang seolah mengesankan bahwa Alimama Apk adalah bagian dari Grup Perusahaan E-Commerce Jack Ma. Belakangan, situs pendaftarannya, berubah ke link https://almm.qdhtml.net/register/?qr=479133. Kedua situs itu, kini telah diblokir oleh Kominfo.

 

Alimama Apk diproduksi oleh Milky Apps Development dengan brand yang diperkenalkan di Google Play Store sebagai Alimama For Earn Money [arsip]. Sejak tulisan ini disusun, aplikasi tersebut terakhir kali diperbaharui pada tanggal 13 September 2020. Penulis sudah menelusuri keberadaaan Alimama Apk ini dengan mengeklik tombol Kontak Developer dan hendak menelusuri lebih jauh lewat saluran “kebijakan privasi”. Namun, penulis diarahkan ke halaman “internet positif”, yang berarti situs resmi Alimama Apk telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

 

Beginilah tampilan dari Alimama di Google Play Store, yang bisa anda akses di layar telepon pintar Anda (diakses per 25 September 2020, pukul 20.00 WIB).

 


Di dalam penjelasan tentang aplikasi, pihak pengembang Alimama Apk memang menawarkan sebuah skema bisnis berbasis daring (online) melalui kemudahan akses oleh semua orang lewat telepon genggam.

 

Selanjutnya penulis mencoba membuka akses ke kolom komentar untuk melihat testimoni pengguna, dan didapati sejumlah komentar yang menunjukkan kesan ketidakpuasan. Komentar pertama dari @Nur Adinda yang mengatakan: “Alimama subbbhanallahh...ingetx uang yg d bawakabur tidak barokah...dn tidak akn ad gunanya meskipun d kelilingi dengan harta....ingatx....penyakiiiiitttt kalau sudah parah...dia akn menghabisssskan harta yg kau miliki...dan akan menyiksa tubuhmu dan d akhirattt akn menyayat2 dirimu...seng ngae urip gk sare....meskipun koe islammmm, meskipun koe hindu, kristen, budha.... hukuman laknat pasti ad untuk orang yg menyengsarakan orang lain.

 

Komentar lainnya datang dari @Win Swinardi yang mengatakan: “aplikasi ini tutorialnya persis ang di al13 yang dah kabur bawa duit member. ku aj abis ketipu saldonya blm bs di tarik, knp bis pindah ke sini, tolong selesaikan mslh yang di al13, ngomongnya ulang tahun ke 13mlh menghilang.” Dan masih banyak komentar lain yang bernada makian. Mungkin mereka termasuk bagian yang sudah kena tipu oleh pihak developer aplikasi, dan uangnya dibawa kabur sehingga tidak kembali.

 

Sebenarnya bagaimana sih skema bisnis Alimama Apk ini? Simak ulasan yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti, sebagai berikut!

 

Cara Mendaftar di Alimama Apk

Cara mendaftar ke Alimama Apk adalah hampir sama dengan pola-pola aplikasi lainnya, yaitu:

 

  1. Mendaftar ke link registrasi dengan alamat situs di atas
  2. Mengunduh aplikasi yang direkomendasikan
  3. Melakukan top up dengan rincian minimal Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp500 ribu, Rp1 juta, dan Rp5 juta dengan imbal hasil/keuntungan (passive income) sebesar 2% per hari (60% per bulan). Luar biasa, bukan? Sangat menggiurkan!

 

Cara Kerja Member Alimama Apk

Setelah melakukan top up, yang kemudian uang member masuk dalam catatan saldo deposit di akun yang dimilikinya, pihak member selanjutnya diarahkan untuk melakukan misi belanja yang sudah diberitahukan bahwa belanja tersebut adalah tidak sebenar-benarnya belanja melainkan atas nama meningkatkan rating kepercayaan dari lapak yang disasar. Dalam fiqih, misi semacam ini dikenal sebagai misi najasy, yaitu pembeli pura-pura. Menurut Imam Al-Rafii, karena motivasi pengelabua maka perbuatan ini berstatus haram.

 

Namun, apa yang dilakukan Alimama Apk ini jauh lebih parah dari sekadar najasy, sebab member diarahkan pada misi yang fiktif. Jadi, pihak developer sama sekali tidak memiliki relasi kerjasama dengan pelapak di sejumlah marketplace yang tersedia. Alhasil, benar-benar pure (murni) penipuan.

 

 

Di dalam aplikasi itu, tersedia sejumlah marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya. Member bisa memilih salah satu marketplace yang disukainya untuk melakukan aksi belanja. Apakah akses ini bisa melalui situs browser yang lain? Jawabnya sudah pasti tidak bisa. Sebab akun yang terdapat di Alimama Apk adalah akun yang bersifat khusus di Apk tersebut. Itu alasannya.

 

Dari setiap aksi belanja fiktif tersebut, pihak member akan mendapatkan bonus cashback sebesar 0.2% sesuai harga barang. Maksimal transaksi yang bisa dilakukan oleh member adalah memenuhi kuota 2% bonus harian. Jadi, imbal hasil sebelumnya yang ditawarkan kepada member adalah berasal dari aksi belanja fiktif ini. Alhasil, hartanya pun menjadi fiktif (mondial gaib). Dan harta itu akan terkumpul sebagai saldo deposit yang tercatat dalam akun, dan selanjutnya dijanjikan cair dalam 1 bulan.

 

Jika menyimak baik-baik, Anda akan menemui adanya titik temu antara Alimama, Share4pay, dan Vtube sebagaimana yang pernah penulis sampaikan dalam kesempatan tulisan terdahulu. Hanya saja, misi yang diberikan oleh setiap aplikasi berbeda-beda.

 

 

Vtube berbasis nonton video iklan, kemudian dapat penghasilan yang disebut VP seharga 1 dolar/VP. Share4pay juga mirip: pendapatan diperoleh melalui share video iklan ke akun media sosial. Dan kali ini Alimama Apk, juga menawarkan model yang sama, yaitu mengklik marketplace lewat aplikasinya dan melakukan aksi belanja pura-pura.

 

Alibi yang disampaikan oleh ketiga aplikasi ini juga sama: Vtube berbasis meningkatkan rating iklan, Share4pay juga demikian; dan Alimama Apk berbasis meningkatkan rating akses ke pelapak. Alhasil, bisnisnya adalah bisnis peningkatan rating (najasy).

 

Bagaimana Alimama Menipu Anggotanya?

Pihak pengembang aplikasi Alimama menipu anggotanya melalui skema ponzi (money game). Kerja klik iklan itu adalah pekerjaan yang mulgha, yaitu tidak memiliki manfaat apa pun terhadap marketplace yang dipilih dan diklik oleh pengguna aplikasi. Jika demikian, bagaimana dengan pertambahan saldo deposit di aplikasi?

 

Ada dua cara pertambahan tersebut terjadi:

  1. Lewat catatan top up member yang sudah disetor dan konon dijadikan modal investasi
  2. Lewat aplikasi robotik lain yang sudah disetting oleh pihak pengembang, yaitu ketika akun tertentu mengeklik ikon lapak tertentu di marketplace yang ditampilkan, maka secara digital, saldo deposit pemilik akun langsung bertambah dengan sendirinya secara otomatis. Bagi member yang suka bermain-main dengan aplikasi seumpama Microsoft Excel atau Lotus, sudah pasti dapat dengan mudah menangkap maksud dari peneliti.

 

Bagaimana Alimama Apk Membayar Anggotanya yang Dulu?

Member awal dari Alimama Apk pada dasarnya menerima komisi pembayaran adalah berasal dari anggota lain, sebagaimana hal ini umum terjadi pada skema ponzi. Ketika seorang member memiliki sejumlah anggota aktif, maka uang anggota ini disetor ke pihak perusahaan. Sementara itu, anggota yang dijadikan referensi, akan mendapat kucuran dana dari perusahaan sejumlah komisi yang ditawarkan. Jadi, uang itu diputar-putar dulu oleh perusahaan, dan member dikelabui untuk melakukan misi-misi dengan target tertentu agar ia lupa dengan upahnya yang waktunya untuk ditarik. Waspadalah!

 

Perkembangan Terakhir Member Alimama Apk

Sejumlah member melaporkan member Alimama Apk ke Polda Jatim dan Kalimantan Utara. Mereka merasa ditipu karena uangnya tidak bisa dicairkan. Belakangan disebabkan karena aplikasi Alimama sudah tidak bisa diakses lagi dan ID akun juga hilang. Akibatnya sejumlah dana member juga hilang. Udah gitu saja! Untuk member Vtube, waspada, ya?

 

 

Muhammad Syamsudin, S.Si., M.Ag, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah – Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur dan Wakil Sekretaris Bidang Maudluiyah LBM PWNU Jawa Timur

BNI Mobile