Home Khutbah Bahtsul Masail Ubudiyah Sirah Nabawiyah Tafsir Hikmah Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Jenazah Tasawuf/Akhlak Doa Haji, Umrah & Qurban Tafsir Mimpi Shalawat/Wirid Ilmu Hadits

Doa untuk Kedua Orang Tua

Doa untuk Kedua Orang Tua
Ilustrasi: Mendoakan orang tua termasuk bentuk bakti.
Ilustrasi: Mendoakan orang tua termasuk bentuk bakti.

Anak diwajibkan untuk berbakti kepada kedua orang tuanya. Mereka diperintahkan untuk menjadi anak yang saleh terhadap kedua orang tuanya. Mereka juga dianjurkan untuk selalu mendoakan kedua orang tuanya.


Adapun berikut ini adalah doa untuk kedua orang tua baik masih hidup maupun sudah wafat. Doa berikut ini dapat dibaca sekurang-kurangnya setiap selesai sembahyang lima waktu:


رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا 


Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.


Artinya, "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."


Kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua dapat kita temukan dalam Al-Qur’an, salah satunya pada Surat Al-Isra’ ayat 23:


وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا


Artinya, “Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya…” (Surat Al-Isra’ ayat 23).


Tentu ada lagi ayat Al-Qur’an dan hadits nabi yang memerintahkan dan menerangkan keutamaan berbakti kepada kedua orang tua. Sedangkan mendoakan kedua orang merupakan hanya salah satu jalan anak untuk berbakti kepada kedua orang tuanya. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)

Terkait

Doa Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya