Home Khutbah Bahtsul Masail Ubudiyah Sirah Nabawiyah Tafsir Hikmah Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Jenazah Tasawuf/Akhlak Doa Haji, Umrah & Qurban Tafsir Mimpi Shalawat/Wirid Ilmu Hadits

Arti Mimpi tentang Sedekah dan Zakat

Arti Mimpi tentang Sedekah dan Zakat
Mimpi tentang sedekah dan zakat. Ulama menafsirkan mimpi bersedekah dengan arti terhindar dari musibah.
Mimpi tentang sedekah dan zakat. Ulama menafsirkan mimpi bersedekah dengan arti terhindar dari musibah.

Di antara mimpi yang dialami oleh orang adalah bersedekah dan mimpi membayar zakat. Dalam ilmu tafsir mimpi memang takk semua mimpi bisa diartikan. Tapi bila itu sudah memenuhi kriteria mimpi yang bisa ditafsirkan dan terkait dengan sedekah atau zakat, berikut penjelasannya.


Tafsir Mimpi tentang Sedekah

Penafsiran mimpi bersedekah sangat berkaitan dengan sabda Nabi Muhammad saw:


بَاكِرُوْا بِالصَّدَقَةِ فَإنَّ الْبَلَاءَ لَا يَتَخَطَّى الصَّدَقَةَ (رواه البيهقي)


Artinya, “Segeralah bersedekah, karena sesungguhnya balak (musibah) tidak dapat melangkahinya.” (HR al-Baihaqi)


Berdasarkan hadis tersebut ulama mu’abbirîn menafsirkan mimpi bersedekah dengan arti terhindar atau selamat dari musibah. Penafsiran dengan pola demikian sangat umum berlaku. Yakni menyelaraskan mimpi dengan dalil Al-Qur’an atau hadits yang berkaitan dengannya.


Selain bermakna terhindar dari musibah, mimpi bersedekah juga memiliki arti lain, yaitu sembuh dari sakit, mendapatkan rezeki, jujur dalam berucap, berziarah kubur, melakukan perbuatan baik, membaca tasbih dan kalahnya musuh. Beragam arti mimpi tentang sedekah tersebut ketika barang yang disedekahkan adalah barang yang halal atau boleh untuk disedekahkan. 


Berbeda ketika barang yang disedekahkan terlarang secara syara’, seperti menyedekahkan bangkai hewan, khamr atau minuman keras, dan benda-benda najis, maka mimpi demikian menunjukkan arti kalau orang yang bermimpi adalah orang yang buruk dalam mengelola harta miliknya atau milik orang lain. 


Jika seseorang berprofesi sebagai peternak atau petani, lalu mimpi bersedekah dengan barang-barang yang baik, maka mimpi demikian menunjukkan arti kalau hasil ternak atau tanamannya akan diberi kebaikan dan keberkahan. 


Mimpi tentang sedekah terkadang juga mengandung arti berbeda dengan menyesuaikan pada orang yang menerima sedekah. Jika dalam mimpi orang bersedekah kepada orang kaya, maka menunjukkan arti kalau orang kaya tersebut saat itu sedang dalam keadaan fakir dan butuh sedekah. Jika ia bermimpi bersedekah kepada orang yang terbiasa melakukan perbuatan maksiat (pencuri, pelacur dan semisalnya), maka mimpi menunjukkan arti kalau orang tersebut sudah bertaubat dari dosa yang biasa dilakukannya. Jika seseorang bermimpi bersedekah pada orang yang tidak beriman, maka menunjukkan arti kalau ia telah menguatkan pengaruh orang yang sebenarnya adalah musuhnya sendiri.


Adapun jika orang bermimpi meminta sedekah kepada seseorang, lalu ia menerima sedekah darinya, maka maksud mimpi ini diperinci sesuai dengan orang yang bersedekah kepadanya. Jika orang yang bersedekah kepadanya adalah seorang ulama, maka mimpi tersebut merupakan penegasan kepada dirinya kalau ulama tersebut adalah ulama yang betul-betul ikhlas mengamalkan dan mengajarkan ilmunya kepada masyarakat. Jika orang yang bersedekah kepadanya adalah pemimpin, maka mimpi demikian merupakan penegasan bahwa pemimpin tersebut adalah pemimpin yang betul-betul mengabdi kepada rakyatnya. Jika orang yang bersedekah kepadanya adalah seorang saudagar, maka menunjukkan arti kalau ia adalah saudagar yang dermawan kepada orang lain. (Abdul Ghani an-Nabulusi, Ta’thîrul Anâm fî Tafsîril Ahlâm, [Al-Amiriyah] juz II, halaman 37-38).


Tafsir Mimpi tentang Zakat

Zakat secara umum terbagi menjadi dua, zakat fitrah dan zakat mâl (harta). Berdasarkan dua pembagian ini, mimpi tentang zakat juga dibedakan berdasarkan jenis zakat yang terlintas dalam mimpi. 


Jika orang bermimpi menunaikan zakat fitrah, maka menunjukkan arti kalau pada tahun tersebut ia akan aman dari rasa sakit dan terkena penyakit. Mimpi menunaikan zakat fitrah juga merupakan isyarat agar orang memperbanyak bacaan dzikir seperti tasbih, tahlil, dan shalawat. Penafsiran terakhir ini berlandaskan isyarat yang terdapat pada firman Allah:


قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى، وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى (الأعلى: 14-15)


Artinya, “Sungguh beruntung orang yang membersihkan diri (dengan beriman), dan dia mengingat nama Tuhannya, lalu dia shalat.” (QS al-A’la: 14-15).


Adapun mimpi membayar zakat mâl menunjukkan arti kalau orang akan mendapatkan harta dan kenikmatan. Jika ia adalah orang kaya maka, mimpi tersebut menunjukkan arti kalau hartanya akan semakin bertambah banyak. Penafsiran ini berdasarkan isyarat yang terdapat dalam firman Allah:


  وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ (الروم: 39)


Artinya, “Apa yang kalian berikan berupa zakat yang kalian maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipatgandakan (pahalanya)”. (QS ar-Rum: 39).


Selain itu, mimpi menunaikan zakat mâl juga menunjukkan arti kebaikan, terjaga dari musuh, hutang terbayar, derajat terangkat dan memperbanyak berpuasa. Jika orang yang bermimpi membayar zakat mâl adalah orang yang sedang dalam kondisi fakir, maka mimpi tersebut menunjukkan arti amal ibadahnya diterima. Jika ia adalah orang fasik, maka mimpi tersebut menunjukkan arti ia akan segera bertaubat dari dosa-dosanya. Wallâhu a’lam. (Abu Sa’id Nasr bin Ya’qub ad-Dinawari, at-Ta’bîr fîr Ru’yâ, [Beirut, ‘Âlamul Kutub, cetakan kedua: 2000 M, Beirut], juz I, halaman 329).

 

 

Gus M Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining, Rambipuji, Jember.


 

Terkait

Tafsir Mimpi Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya