IMG-LOGO
Trending Now:
Doa

Doa Setelah Minum Air

Jumat 18 Maret 2016 20:02 WIB
Doa Setelah Minum Air
Semua makhluk hidup tidak ada yang memungkiri pentingnya air minum. Air minum membasahi tenggorokan saat haus. Air minum juga menyejukkan lambung. Air minum juga dapat mendorong makanan yang tersangkut di tenggorokan. Berikut ini doa yang bisa dibaca usai menghirup air minum.

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا أُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdulillâhilladzî ja‘alahû ‘adzban furâtan bi rahmatih. Wa lam yaj‘alhu milhan ujâjan bi dzunûbinâ

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini tawar lagi bening dengan sebab rahmat-Nya, dan tidak menjadikan air ini asin pahit lagi butek dengan sebab dosa kami,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Doa ini memberikan pelajaran kepada manusia untuk senantiasa menjaga lingkungan demi menjaga kualitas air tanah. Pasalnya tanah yang sudah terkontaminasi dengan pelbagai racun dan aneka limbah baik rumah tangga maupun industri entah sektor pertambangan entah sektor lainnya juga ikut mencemari kualitas air bersih.

Air minum menyuguhkan kenikmatan bagi segenap makhluk. Jangan sampai Allah mengurangi bahkan-na'udzu billah-mencabut kenikmatan air minum dengan sebab dosa kerusakan yang kita perbuat. (Alhafiz K)

Share: