IMG-LOGO
Doa

Doa untuk Pengantin Baru/Mempelai Pria

Ahad 20 Maret 2016 23:2 WIB
Share:
Doa untuk Pengantin Baru/Mempelai Pria
Turut berbahagia atas kebahagiaan tetangga, sahabat, dan kenalan lainnya merupakan bentuk solidaritas sesama manusia. Sedangkan menyatakan kebahagiaan di depan mereka yang berbahagia bernilai sedekah sebagaimana dianjurkan Rasulullah SAW. Dari sini kita dianjurkan untuk menghadiri perkawinan mereka.

Ketika berjabat tangan dengan mempelai pria, kita perlu mengucapkan selamat atas perkawinannya. Berikut ini doa yang bisa dibaca di hadapan mempelai pria.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah.

Artinya, “Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Doa ini dibaca dengan harapan Allah SWT memberikan kemaslahatan berumah tangga bagi kedua mempelai. Kemaslahatan ini juga diharapkan berpulang untuk undangan yang hadir mendoakan mempelai. (Alhafiz K)

Share:
Ahad 20 Maret 2016 15:0 WIB
Doa saat Mendengar Halilintar
Doa saat Mendengar Halilintar
Ilustrasi (chaygm.wordpress.com)

Dalam kitab al-Muwaththa’ malalui sanad yang shahih disebutkan, kala mendengar guruh (halilintar) Rasulullah menghentikan pembicaraan lalu berucap:

سُبْحانَ الَّذي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالمَلائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhânal-ladzî yusabbihur ra‘du bihamdihi walmalâ-ikatu min khîfatihi

ArtinyaMahasuci (Allah) Dzat yang guruh itu bertasbih dengan memuji-Nya, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya.

Dalam riwayat lain dengan sanad yang dla‘îf (lemah), doa lain Rasulullah saat mendengar guruh adalah:

اللَّهُمَّ لا تَقْتُلْنا بِغَضَبِكَ ولا تُهْلِكْنا بِعَذَابِكَ وَعافِنا قَبْلَ ذلكَ

Allahumma lâ taqtulnâ bighadlabika walâ tuhliknâ bi‘adzâbika wa ‘âfina qabla dzâlika

Ya Allah, jangan Kau bunuh diri kami dengan murka-Mu, dan jangan Kau rusak diri kami dengan siksa-Mu, dan maafkanlah kami sebelum semua itu.

Jika doa yang kedua menunjukkan kecemasan akan murka dan mati sebelum dosa-dosa terampuni, maka yang pertama tidak demikian. Doa yang pertama mengesankan adanya kesadaran bahwa guruh dan malaikat pun bertasbih dan memuji Allah. Keduanya sunnah diamalkan sebagai bentuk dzikir kepada-Nya. (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

(Mahbib)

Ahad 20 Maret 2016 8:4 WIB
Doa Sesaat Sebelum Minum Susu
Doa Sesaat Sebelum Minum Susu
Susu adalah nikmat Allah SWT yang luar biasa. Seperti madu ia berasal dari dalam tubuh tanpa larut atau terkontaminasi dengan darah. Ditambah lagi kandungan zat-zat di dalamnya memberikan keberkahan tersendiri bagi manusia. Berikut ini doa yang dibaca sesaat sebelum minum susu.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَزِدْنَا مِنْهُ

Allâhumma bârik lanâ fîmâ razaqtanâ wazidnâ minhu.

Artinya, “Hai Tuhanku, berkahilah kami pada apa yang telah Kauanugerahkan kepada kami. Tambahkan untuk kami anugerah-Mu,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Susu sebagai anugerah Allah SWT memberikan banyak manfaat bagi manusia. Pada kesempatan tertentu susu merupakan obat bagi sebagian penyakit manusia. Karenanya kita selayaknya bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan susu. (Alhafiz K)
Jumat 18 Maret 2016 20:2 WIB
Doa Setelah Minum Air
Doa Setelah Minum Air
Semua makhluk hidup tidak ada yang memungkiri pentingnya air minum. Air minum membasahi tenggorokan saat haus. Air minum juga menyejukkan lambung. Air minum juga dapat mendorong makanan yang tersangkut di tenggorokan. Berikut ini doa yang bisa dibaca usai menghirup air minum.

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا أُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdulillâhilladzî ja‘alahû ‘adzban furâtan bi rahmatih. Wa lam yaj‘alhu milhan ujâjan bi dzunûbinâ

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini tawar lagi bening dengan sebab rahmat-Nya, dan tidak menjadikan air ini asin pahit lagi butek dengan sebab dosa kami,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Doa ini memberikan pelajaran kepada manusia untuk senantiasa menjaga lingkungan demi menjaga kualitas air tanah. Pasalnya tanah yang sudah terkontaminasi dengan pelbagai racun dan aneka limbah baik rumah tangga maupun industri entah sektor pertambangan entah sektor lainnya juga ikut mencemari kualitas air bersih.

Air minum menyuguhkan kenikmatan bagi segenap makhluk. Jangan sampai Allah mengurangi bahkan-na'udzu billah-mencabut kenikmatan air minum dengan sebab dosa kerusakan yang kita perbuat. (Alhafiz K)