Allah dan Rasul-Nya telah berpesan agar umat Islam tetap fokus beramal saleh saat akhlak terpuji dan nilai-nilai etik diabaikan yaitu bertebarnya bidah, rendahnya penghormatan terhadap manusia, fitnah, hoaks, provokasi, distorsi informasi, dan ujaran kebencian.
Keduanya mengingatkan bahwa ada kalanya akhlak terpuji dan nilai etik tidak lagi dijunjung sebagian masyarakat karena ada kepentingan tertentu.
Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 105 berpesan agar umat Islam tetap istiqamah dalam menjalankan amal saleh dan menjaga akhlak dan adab serta menjunjung nilai-nilai etik yang disepakati sebagaimana mestinya di tengah keedanan:
ููุง ุฃููููููุง ุงูููุฐูููู ุขู
ููููุง ุนูููููููู
ู ุฃูููููุณูููู
ู ููุง ููุถูุฑููููู
ู ู
ููู ุถูููู ุฅูุฐูุง ุงููุชูุฏูููุชูู
ู ุฅูููู ุงูููููู ู
ูุฑูุฌูุนูููู
ู ุฌูู
ููุนูุง ููููููุจููุฆูููู
ู ุจูู
ูุง ููููุชูู
ู ุชูุนูู
ูููููู
Artinya, โWahai orang yang beriman, jagalah diri kalian. Takkan memudharatkan kalian oleh orang yang sesat bila kalian telah mendapat petunjuk. Hanya kepada Allah tempat kembali kalian semua, dan Dia kelak mengabarkan kalian atas apa yang pernah kalian lakukan,โ (Surat Al-Maidah ayat 105).
Keutamaan istiqamah dan amal saleh seorang Muslim di tengah keedanan sebagian masyarakat disebutkan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut:
ุนููู ุฃูุจูู ุฃูู
ููููุฉู ุงูุดููุนูุจูุงููููู ููุงูู ุณูุฃูููุชู ุฃูุจูุง ุซูุนูููุจูุฉู ุงููุฎูุดูููููู ููุงูู ููููุชู ููุง ุฃูุจูุง ุซูุนูููุจูุฉู ูููููู ุชูููููู ููู ููุฐููู ุงููุขููุฉู ุนูููููููู
ู ุฃูููููุณูููู
ู ููุงูู ุฃูู
ูุง ููุงูููููู ููููุฏู ุณูุฃูููุชู ุนูููููุง ุฎูุจููุฑูุง ุณูุฃูููุชู ุนูููููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููููุงูู ุจููู ุงุฆูุชูู
ูุฑููุง ุจูุงููู
ูุนูุฑูููู ููุชูููุงููููุง ุนููู ุงููู
ูููููุฑู ุญูุชููู ุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชู ุดูุญููุง ู
ูุทูุงุนูุง ููููููู ู
ูุชููุจูุนูุง ููุฏูููููุง ู
ูุคูุซูุฑูุฉู ููุฅูุนูุฌูุงุจู ููููู ุฐูู ุฑูุฃููู ุจูุฑูุฃููููู ููุนููููููู ุจูููููุณููู ููุฏูุนู ุนููููู ุงููุนูููุงู
ูู ููุฅูููู ู
ููู ููุฑูุงุฆูููู
ู ุฃููููุงู
ู ุงูุตููุจูุฑู ุงูุตููุจูุฑู ููููู ู
ูุซููู ููุจูุถู ุนูููู ุงููุฌูู
ูุฑู ููููุนูุงู
ููู ูููููู
ู ู
ูุซููู ุฃูุฌูุฑู ุฎูู
ูุณูููู ุฑูุฌูููุง ููุนูู
ูููููู ู
ูุซููู ุนูู
ููููู ุฑูุงู ุงุจู ู
ุงุฌู ูุงูุชุฑู
ุฐู ููุงู ุญุฏูุซ ุญุณู ุบุฑูุจ ูุฃุจู ุฏุงูุฏ ููุฒูุงุฏู ูููููู ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฃูุฌูุฑู ุฎูู
ูุณูููู ุฑูุฌูููุง ู
ููููุง ุฃููู ู
ูููููู
ูุ ููุงูู ุจููู ุฃูุฌูุฑู ุฎูู
ูุณูููู ู
ูููููู
ู
Artinya, โDari Abu Umayyah As-Syaโbani, ia berkata, โAku bertanya kepada Abu Tsaโlabah Al-Khusyani. Kubilang, โWahai Abu Tsaโlabah, apa pendapatmu perihal โJagalah dirimu,โ [Surat Al-Maidah ayat 105]?โ Ia menjawab, โAku pernah menanyakan ini kepada Rasul yang bersifat awas. Rasulullah SAW menjawab, โHendaklah kalian mematuhi perbuatan baik, dan menahan diri dari perbuatan mungkar sampai kalian melihat keinginan bakhil yang diikuti, hawa nafsu yang dituruti, dunia yang diutamakan, dan orang yang sombong dengan pendapatnya sendiri. Kamu wajib menjaga diri. Abaikan orang awam karena setelah itu kelak terdapat hari-hari yang harus dijalani dengan kesabaran. Keutamaan sabar kelak setara dengan genggaman bara api [di kegelapan]. Orang yang beribadah di tengah mereka itu saat demikian seperti pahala 50 orang yang mengamalkan ibadah yang sama,โโโ HR Ibnu Majah dan At-Tirmidzi. At-Tirmidzi bilang, โHadits ini hasan gharib.โ Dalam riwayat Abu Dawud terdapat tambahan, โWahai Rasulullah, apakah pahala 50 kami atau mereka?โ Rasulullah menjawab, โPahala 50 orang dari kalian,โโ (Lihat Imam Zakiyuddin Abdul Azhim Al-Mundziri, At-Targhib wat Tarhib minal Haditsis Syarif, [Beirut, Darul Fikr: 1998 M/1418 H], juz IV, halaman 24).
Imam Zakiyuddin Abdul Azhim Al-Mundziri dalam At-Targhib wat Tarhib minal Haditsis Syarif memasukkan hadits ini dengan judul โAt-Targhib fil Amalis Shalih inda Fasadiz Zamanโ/Keutamaan Beramal Saleh di Tengah Zaman Edan.
Sabar dalam arti istiqamah dalam amal saleh dan menahan diri dari kemungkaran dan nafsu kemarahan yang tengah melanda banyak orang memiliki arti yang besar sehingga dijanjikan oleh Rasulullah SAW dengan keutamaan yang besar.
Sedangkan berikut ini adalah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan beberapa perawi dengan redaksi serupa yang juga dikutip dalam At-Targhib wat Tarhib minal Haditsis Syarif. Berikut ini adalah hadits riwayat Imam Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah.
ุนู ู
ุนูู ุจู ูุณุงุฑ ูุงู ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุงููุนูุจูุงุฏูุฉู ููู ุงููููุฑูุฌู ููููุฌูุฑูุฉู ุฅูููููู ุฑูุงู ู
ุณูู
ูุงูุชุฑู
ุฐู ูุงุจู ู
ุงุฌู.
Artinya, โDari Maโqil bin Yasar, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, โ[Keutamaan] Ibadah di masa pembunuhan setara dengan hijrah kepadaku,โโ (HR Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).
Imam An-Nawawi dalam syarah Shahih Muslimnya menjelaskan pengertian kata โal-harjโ atau masa konflik berdarah. Menurutnya, masa tersebut adalah masa kekacauan di mana nyawa manusia tidak berharga dan kebanyakan manusia ketika itu lebih mengutamakan pelampiasan hawa nafsu dibanding aktivitas ibadah dan amal saleh.
ุงูู
ุฑุงุฏ ุจุงููุฑุฌ ููุง ุงููุชูุฉ ูุงุฎุชูุงุท ุฃู
ูุฑ ุงููุงุณ ูุณุจุจ ูุซุฑุฉ ูุถู ุงูุนุจุงุฏุฉ ููู ุฃู ุงููุงุณ ูุบูููู ุนููุง ููุดุชุบููู ุนููุง ููุงูุชูุฑุบ ููุง ุฅูุง ุฃูุฑุงุฏ
Artinya, โMaksud dari kata โmasa pembunuhanโ di sini adalah fitnah atau kekacauan, ketidakjelasan urusan masyarakat [antara yang hak dan batil]. Sebab banyaknya keutamaan ibadah di saat-saat demikian adalah kelalaian masyarakat dari ibadah dan sibuk pada aktivitas di luar ibadah. Hanya segelintir orang saja yang menyempatkan diri untuk beribadah,โ (Lihat Imam An-Nawawi, Minhajul Muslim bi Syarhi Shahih Muslim, [Kairo, Darul Hadits: 1998 M/1419 H], cetakan ketiga, juz IX, halaman 313).
Adapun berikut ini adalah redaksi yang tersebut dalam riwayat Imam Ahmad. Riwayat ini menyebutkan kata โamalโ, bukan โibadahโ.ย
ุนู ู
ุนูู ุจู ูุณุงุฑ ุงูู
ุฒูู ูุงู ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุงููุนูู
ููู ููู ุงููููุฑูุฌู ููููุฌูุฑูุฉู ุฅูููููู ุฑูุงู ุฃุญู
ุฏ
Artinya, โDari Maโqil bin Yasar, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, โ[Keutamaan] amal di masa pembunuhan/konflik berdarah setara dengan hijrah kepadaku,โโ (HR Ahmad).
Sedangkan berikut ini adalah redaksi yang tersebut dalam riwayat Imam At-Thabarani. Riwayat ini menyebutkan kata โal-fitnahโ setelah kata โal-harjโ.ย
ุนู ู
ุนูู ุจู ูุณุงุฑ ุงูู
ุฒูู ูุงู ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุงููุนูู
ููู ููู ุงููููุฑูุฌู ููุงูููุชูููุฉู ููููุฌูุฑูุฉู ุฅูููููู ุฑูุงู ุงูุทุจุฑุงูู
Artinya, โDari Maโqil bin Yasar, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, โ[Keutamaan] amal di masa pembunuhan/konflik berdarah dan fitnah setara dengan hijrah kepadaku,โโ (HR At-Thabarani).
Imam Zakiyuddin Abdul Azhim Al-Mundziri menyebutkan bahwa istiqamah seseorang pada ibadah dan amal saleh di tengah zaman edan memiliki keutamaan luar biasa sebagaimana dikatakan dalam hadits Rasulullah SAW.ย
ูููู ุงููุฑุฌ ูู ุงูุงุฎุชูุงู ูุงููุชู ููุฏ ูุณุฑ ูู ุจุนุถ ุงูุฃุญุงุฏูุซ ุจุงููุชู ูุฃู ุงููุชู ูุงูุงุฎุชูุงู ู
ู ุฃุณุจุงุจู ูุฃููู
ุงูู
ุณุจุจ ู
ูุงู
ุงูุณุจุจย
Artinya, โPerkataan โAl-harjโ adalah pertikaian dan fitnah/kekacauan. Kata ini pada sebagian hadits diartikan sebagai konflik berdarah/pembunuhan karena pertikaian dan fitnah/kekacauan merupakan sebab konflik berdarah sehingga kata โal-harjโ sebagai akibat ditempatkan di posisi sebab,โ (Lihat Zakiyuddin Abdul Azhim Al-Mundziri, At-Targhib wat Tarhib minal Haditsis Syarif, [Beirut, Darul Fikr: 1998 M/1418 H], juz IV, halaman 25).
Beberapa keterangan Al-Quran, hadits, dan pandangan ulama ini mengingatkan agar umat Islam tetap istiqamah menjaga tali Allah dan tali manusia. Semua itu mengamanatkan agar umat Islam tidak terhanyut dan terseret dalam arus keedanan yang mengancam kemanusiaan berupa konflik berdarah.
Dengan kata lain, umat Islam diimbau agar tidak terhanyut dalam pusaran kebencian, kepentingan berkuasa, dan nafsu kemarahan yang diekspresikan melalui provokasi, hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian yang menjadi sebab pertikaian.
Semua ekspresi kemarahan itu mengancam keutuhan berbangsa, persatuan, persaudaraan karena dapat menciptakan suasana saling curiga dan saling membenci hingga puncaknya konflik berdarah, perang saudara, baku hantam, dan saling membunuh.
Sebaliknya, justru umat Islam diminta untuk menjaga kewarasan di tengah pusaran nafsu dan keedanan.
Umat Islam dituntut berpartisipasi dan berkontribusi nyata menciptakan suasana dan semangat persaudaraan sesama Muslim, sesama warga negara Indonesia, dan sesama warga dunia.
Hanya dengan jalan demikian, umat Islam akan mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah. Wallahu aโlam. (Alhafiz K)