Dalam khutbah, di samping ada beberapa anjuran bagi khatib, juga terdapat beberapa anjuran bagi para pendengarnya. Apa saja adab (etika) saat mendengarkan khutbah? Berikut ini penjelasannya.
Adab pertama, menghadap khatib.
Jamaah dianjurkan untuk menghadap khatib dengan wajahnya. Ada dua alasan kenapa hal ini dianjurkan. Pertama, karena menjalankan etika berkomunikasi. Kedua agar jamaah memperoleh keutamaan menghadap kiblat. Syekh Zakariya Al-Anshari mengatakan:
ู (ูููุจุบู) ุฃู ูุณุชุญุจ ููููู
ุงูุณุงู
ุนูู ูุบูุฑูู
(ุฃู ููุจููุง ุนููู) ุจูุฌูููู
ุ ูุฃูู ุงูุฃุฏุจ ููู
ุง ููู ู
ู ุชูุฌููู
ุงููุจูุฉ
Artinya, โSeyogianya, maksudnya disunahkan bagi jamaah yang mendengarkan dan selainnya, menghadap khatib dengan wajah mereka karena sebagai bentuk etika dan agar mereka dapat menghadap kiblat,โ (Lihat Syekh Zakariya Al-Anshari, Asnal Mathalib, juz I, halaman 258).
Adab kedua, diam dan mendengarkan
Jamaah disunahkan untuk diam dan mendengarkan secara seksama pesan khutbah yang disampaikan khatib. Anjuran ini berlandaskan firman Allah:
ููุฅูุฐูุง ููุฑูุฆู ุงููููุฑูุขูู ููุงุณูุชูู
ูุนููุง ูููู ููุฃูููุตูุชููุง ููุนููููููู
ู ุชูุฑูุญูู
ูููู
Artinya, โApabila dibacakan Al-Quran (khutbah), maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat,โ (Surat Al-Aโraf, ayat 204).
Menurut mayoritas pakar tafsir, ayat tersebut turun saat menjelaskan khutbah Jumat. Ada dua kata anjuran dalam ayat di atas. Pertama โal-istimaโโ. Kedua โal-inshatโ. Al-istimaโ adalah menyibukkan telinga dengan mendengarkan khutbah. Sedangkan al-inshat artinya diam.
Syekh Zakariya Al-Anshari mengatakan:
ู ุฃู (ููุตุชูุง ููุณุชู
ุนูุง) ูุงู ุชุนุงูู {ูุฅุฐุง ูุฑุฆ ุงููุฑุขู ูุงุณุชู
ุนูุง ูู ูุฃูุตุชูุง} ุฐูุฑ ูุซูุฑ ู
ู ุงูู
ูุณุฑูู ุฃูู ูุฑุฏ ูู ุงูุฎุทุจุฉ ูุณู
ูุช ูุฑุขูุง ูุงุดุชู
ุงููุง ุนููู
Artinya, โDan sunah bagi mereka untuk memperhatikan dan mendengarkan khutbah. Allah ๏ทป berfirman, Dan apabila dibacakan Al-Qur'an (khutbah), maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang. Mayoritas pakar tafsir menyebutkan bahwa ayat tersebut turun dalam persoalan khutbah, disebut dengan Al-Quran, karena khutbah memuat ayat Al-Qur'an.โ
ูุงู ูู ุงูุฃุตู ูุงูุฅูุตุงุช ุงูุณููุช ูุงูุงุณุชู
ุงุน ุดุบู ุงูุณู
ุน ุจุงูุณู
ุงุน ุงูุชูู ูุจูููู
ุง ุนู
ูู
ูุฎุตูุต ู
ู ูุฌู
Artinya, โBerkata dalam kitab asal, al-inshat adalah diam. Sedangkan al-istimaโ adalah menyibukkan pendengaran dengan mendengarkan khutbah. Maka di antara keduanya terdapat sisi umum dan khusus dari satu sudut pandang,โ (Lihat Syekh Zakariya Al-Anshari, Asnal Mathalib, juz I, halaman 258).
Adab ketiga, menghindari hal-hal yang dapat melalaikan khutbah.
Saat khutbah berlangsung, jamaah hendaknya tidak mengobrol, bermain gadget, bergurau dan hal-hal lain yang dapat menghilangkan fokus dalam menyimak khutbah. Oleh karenanya, Nabi melarang orang yang bebicara saat khutbah berlangsung. Nabi bersabda:
ุฅุฐูุง ููููุช ููุตูุงุญูุจูู ุฃูููุตูุชู ููููู
ู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ููุงููุฅูู
ูุงู
ู ููุฎูุทูุจู ููููุฏู ููุบูููุชู
Artinya, โJika kamu katakan kepada temanmu, diamlah, di hari Jumat saat khatib berkhutbah, maka kamu telah melakukan perbuatan menganggur (tiada guna),โ (HR Muslim).
Berkaitan dengan larangan melakukan aktivitas yang melalaikan khutbah, Syekh Sulaiman Al-Jamal mengatakan:
ูููุฑู ุงูู
ุดู ุจูู ุงูุตููู ููุณุคุงู ูุฏูุฑุงู ุงูุฅุจุฑูู ูุงููุฑุจ ูุณูู ุงูู
ุงุก ูุชูุฑูุฉ ุงูุฃูุฑุงู ูุงูุชุตุฏู ุนูููู
ุ ูุฃูู ูููู ุงููุงุณ ุนู ุงูุฐูุฑ ูุงุณุชู
ุงุน ุงูุฎุทุจุฉ ุง ูู . ุจุฑู
ุงูู .
Artinya, โMakruh berjalan di antara shaf untuk meminta-minta, mengedarkan kendi atau geriba untuk memberi minuman, membagikan kertas dan bersedekah kepada jamaah, sebab hal tersebut dapat melalaikan manusia dari zikir dan mendengarkan khutbah,โ (Syekh Sulaiman Al-Jamal, Hasyiyatul Jamal, juz II, halaman 36).
Adab keempat, berdoa di dalam hati
Sebagaimana dijelaskan banyak hadits Nabi, terdapat satu waktu di antara satu kali 24 jam di hari Jumat yang sangat mujarab untuk dibuat berdoa. Ulama mengistilahkan waktu tersebut dengan โSaโatul Ijabahโ (waktu terkabulnya doa). Barang siapa berdoa di waktu tersebut, maka segala permintaannya akan terkabul.
Dalam hadits riwayat Al-Bukhari disebutkan:
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุฐูููุฑู ููููู
ู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ููููุงูู ููููู ุณูุงุนูุฉู ููุง ููููุงููููููุง ุนูุจูุฏู ู
ูุณูููู
ู ูููููู ููุงุฆูู
ู ููุตููููู ููุณูุฃููู ุงูููู ุชูุนูุงููู ุดูููุฆูุง ุฅููููุง ุฃูุนูุทูุงูู ุฅููููุงูู ููุฃูุดูุงุฑู ุจูููุฏููู ูููููููููููุง
Artinya, โDari Sahabat Abi Hurairah RA, sungguh Rasulullah SAW menyebut hari Jumat kemudian berkomentar perihal Jumat, โPada hari itu terdapat waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya dalam keadaan beribadah seraya ia meminta kepada Allah sesuatu hajat, kecuali Allah mengabulkan permintaannya.โ Rasulullah memberi isyarat dengan tangannya bahwa waktu tersebut sangat sebentar,โ (HR Al-Bukhari).
Menurut pendapat yang kuat dalam mazhab Syafiโi, waktu ijabah yang paling diharapkan adalah waktu di antara duduknya khatib di atas mimbar saat pertama kali ia naik, sampai salamnya imam jamaah shalat Jumat.
Al-Imam An-Nawawi mengatakan:
ุณุงุนุฉ ุงูุฅุฌุงุจุฉ ูู ู
ุง ุจูู ุฃู ูุฌูุณ ุงูุฅู
ุงู
ุนูู ุงูู
ูุจุฑ ุฃูู ุตุนูุฏู ุฅูู ุฃู ููุถู ุงูุฅู
ุงู
ุงูุตูุงุฉ ุซุจุช ูุฐุง ูู ุตุญูุญ ู
ุณูู
ู
ู ููุงู
ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู
ู
ู ุฑูุงูุฉ ุฃุจู ู
ูุณู ุงูุฃุดุนุฑู ูููู ูููุง ุงููุงู ูุซูุฑุฉ ู
ุดููุฑุฉ ุบูุฑ ูุฐุง ุงุดูุฑูุง ุฃููุง ุจุนุฏ ุงูุนุตุฑ ูุงูุตูุงุจ ุงูุฃูู
Artinya, โWaktu ijabah adalah waktu di antara duduknya khatib di atas mimbar saat pertama kali ia naik, hingga imam shalat Jumat menyelesaikan shalatnya. Hal ini sesuai dengan keterangan dalam Shahih Muslim dari sabda Nabi, riwayatnya Sahabat Abi Musa Al-Asyโari. Pendapat lain mengatakan, ada beberapa versi yang banyak dan masyhur selain pendapat yang pertama. Yang paling masyhur adalah setelah Ashar hari Jumat. Pendapat yang benar adalah yang pertama,โ (Lihat Al-Imam An-Nawawi, Tahriru Alfazhit Tanbih, juz I, halaman 87).
Waktu ijabah yang dimaksud sangat sebentar. Oleh karenanya bagi jamaah dianjurkan untuk berdoa di dalam hati selama khutbah berlangsung, dengan harapan bisa menemui waktu ijabah tersebut. Berdoa saat khutbah berlangsung tidak perlu diucapkan dengan lisan, namun cukup dihadirkan di dalam hati, sehingga hal tersebut tidak bertentangan dengan anjuran diam saat khutbah berlangsung.
Syekh Jalaluddin Al-Bulqini sebagaimana dikutip Syekh Mahfuzh At-Tarmasi menjawab sebagai berikut.
ููุณูุฆููู ุงููุจูููููููููููู ูููููู ููุณูุชูุญูุจูู ุงูุฏููุนูุงุกู ูููู ุญูุงูู ุงููุฎูุทูุจูุฉู ูููููู ู
ูุฃูู
ูููุฑู ุจูุงููุฅูููุตูุงุชูุ ููุฃูุฌูุงุจู ุจูุฃูููููู ููููุณู ู
ููู ุดูุฑูุทู ุงูุฏููุนูุงุกู ุงููุชูููููููุธู ุจููู ุงุณูุชูุญูุถูุงุฑู ุฐููููู ุจูููููุจููู ููุงูู ูููู ุฐููููู
Artinya, โImam Al-Bulqini ditanya. โBagaimana mungkin jamaah Jumat disunahkan berdoa saat berlangsungnya khutbah sementara ia diperintahkan diam?โ Ia menjawab, โDoa tidak disyaratkan untuk diucapkan. Menghadirkan doa di dalam hati saat khutbah berlangsung sudah cukup,โโ (Lihat Syekh Mahfuzh Termas, Hasyiyatut Tarmasi โalal Minhajil Qawim, [Jeddah, Darul Minhaj: 2011 M], cetakan pertama, juz 4, halaman 344).
Adab kelima, mendoakan jamaah yang bersin
Saat jamaah mendengar orang yang bersin dan ia mengucapkan hamdalah, maka sunah untuk mendoakannya. Mendoakan orang yang bersin adalah dengan berkata โYarhamukallahโ (semoga Allah merahmatimu). Demikian pula sunah bagi jamaah yang bersin untuk mendoakan balik orang yang mendoakannya, dengan ucapan โYahdikumullah wa yushlihu balakumโ (Semoga Allah menunjukanmu dan memperbaiki keadaanmu). Anjuran ini sebagaimana dijelaskan oleh beberapa hadits Nabi.
Adab keenam, membaca shalawat ketika khatib menyebut nama atau sifat Nabi
Saat Khatib menyebut nama atau sifat Nabi, semisal ketika khatib membaca โAllahumma shalli โala sayyidina Muhammadโ, maka jamaah dianjurkan untuk membaca shalawat. Bacaan shalawat tersebut dianjurkan tidak terlalu keras agar tidak mengganggu keberlangsungan khutbah.
Adab ketujuh, mendoakan taraddhi untuk para sahabat ketika nama mereka disebut
Di bagian akhir khutbah kedua, biasanya khatib menyebut para nama sahabat seperti Abu Bakr, Umar, Utsman dan Ali. Maka, ketika mendengar nama mereka, jamaah disunahkan membaca taraddhi, yaitu mendoakan ridla untuk mereka, contohnya โRadliyallahu โanhumโ (Semoga Allah meridhai mereka).
Adab kedelapan,ย mengamini doanya khatib
Ketika khatib berdoa, jamaah dianjurkan untuk membaca โAminโ. Anjuran membaca โaminโ dan taraddhi sebaiknya dilakukan tidak dengan suara yang keras agar tidak mengganggu.
Syekh Zainuddin Al-Malibari mengatakan:
ููุณู ุชุดู
ูุช ุงูุนุงุทุณ ูุงูุฑุฏ ุนููู ูุฑูุน ุงูุตูุช ู
ู ุบูุฑ ู
ุจุงูุบุฉ ุจุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู
ุนููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุนูุฏ ุฐูุฑ ุงูุฎุทูุจ ุงุณู
ู ุฃู ูุตูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ย ูุงู ุดูุฎูุง ููุง ูุจุนุฏ ูุฏุจ ุงูุชุฑุถู ุนู ุงูุตุญุงุจุฉ ุจูุง ุฑูุน ุตูุชย ููุฐุง ุงูุชุฃู
ูู ูุฏุนุงุก ุงูุฎุทูุจย ุงู
Artinya, โSunah mendoakan orang yang bersin dan baginya sunah membalas mendoakan. Demikian pula sunah mengeraskan suara dengan tidak berlebihan, dengan bacaan shalawat dan salam kepada Nabi ketika khatib menyebut nama atau sifat Nabi. Guruku berkata, tidak jauh dari kebenaran kesunahan membaca taraddli untuk para sahabat tanpa mengeraskan suara, demikian pula sunah mengamini doanya khathib,โ (Syekh Zainuddin Al-Malibari, Fathul Muโin Hamisy Iโanatut Thalibin, juz II, halaman 99).
Demikianlah delapan adab saat mendengarkan khotbah. Semoga kita bisa mengamalkannya.
(Ustadz M Mubasysyarum Bih)