Qunut Nazilah ini mencontoh Rasulullah SAW Yang memanjatkan doa Qunut Nazilah selama satu bulan atas mushibah terbunuhnya qurraโ (para sahabat Nabi SAW yang hafal al Qurโan) di sumur Maโunah. Juga diriwayatkan dari Abi Hurairah ra. bahwa โRasulullah SAW kalau hendak mendoakan untuk kebaikan seseorang atau doa atas kejahatan seseorang, maka beliau doa qunut setelah rukuโ (HR. Bukhori dan Ahmad).<>
Kedua, qunut shalat witir. Menurut pengikut Imam Abu Hanifah (hanafiyah) qunut witir dilakukan dirakaat yang ketiga sebelum rukuโ pada setiap shalat sunnah. Menurut pengikut Imam Ahmad bin Hambal (hanabilah) qunut witir dilakukan setelah rukuโ. Menurut Pengikut Imam Syafiโi (syafiโiyyah) qunut witir dilakukan pada akhir shalat witir setelah rukuโ pada separuh kedua bulan Ramadlan. Akan tetapi menurut pengikut Imam Malik qunut witir tidak disunnahkan.
Ketiga, doa qunut pada rakaโat kedua shalat Shubuh. Menurut pengikut Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad doa qunut shalat Shubuh hukumnya tidak disunnahkan karena hadits Nabi SAW bahwa ia pernah melakukan doa qunut pada saat shalat Fajar selama sebulan telah dihapus (mansukh) dengan ijmaโ sebagaiman diriwayatkan oleh Ibnu Masโud:
โDiriwayatkan oleh Ibn Masโud: Bahwa Nabi SAW telah melakukan doa qunut selama satu bulan untuk mendoakan atas orang-orang Arab yang masih hidup, kemudian Nabi SAW meninggalkannya.โ (HR. Muslim)
Menurut pengikut Imam Malik (Malikiyyah) doa qunut shalat Shubuh hukumnya sunnah tetapi disyaratkan pelan saja (sirr). Begitu juga menurut Syafiโiyyah hukumnya sunnah abโadl (kalau lupa tertinggal disunatkan sujud sahwi) dilakukan pada rakaโat yang kedua shalat Shubuh. Sebab Rasulullah SAW ketika mengangkat kepala dari rukuโ (iโtidal) pada rakaat kedua shalat Shubuh beliau membaca qunut. Dan demikian itu โRasulullah SAW lakukan sampai meninggal dunia (wafat)โ. (HR. Ahmad dan Abd Raziq) Imam Nawawi menerangkan dalam kitab Majmuโnya:
โDalam Madzhab kita (madzhab Syafiโi) disunnahkan membaca qunut dalam shalat Shubuh, baik karena ada mushibah maupun tidak. Inilah pendapat mayoritas ulmaโ salafโ. (al-Majmuโ, juz 1 : 504)
Penulis berpendapat tentang bagaimana dua hadits tentang doa qunut pada shalat Shubuh yang tampaโ tidak sejalan. Cara kompromi untuk mendapat kesimpulan hukum (thariqatu al-jamโi wa al-taufiiq) dapat diuraikan, bahwa hadits Abu Masโud (dalil pendapat Hanafiyyah dan Hanabilah) menegaskan bahwa Nabi SAW telah melakukan qunut selama sebulan lalu meninggalkannya tidak secara tegas bahwa hadits tersebut melarang qunut shalat Shubuh setelah itu. Hanya menurut interpretasi ulama yang menyimpulkan bahwa qunut shalat Shubut dihapus (mansukh) dan tidak perlu diamalkan oleh umat Muhammad SAW. Sedangkan hadits Anas bin Malik (dalil pendapat Malikiyyah dan Syafiโiyyah) menjelaskan bahwa Nabi SAW melakukan qunut shalat Shubuh dan terus melakukannya sampai beliau wafat.
Kesimpulannya, ketika interpretasi sebagian ulama bertentangan dengan pendapat ulama lainnya dan makna teks tersurat (dzahirun nashs) hadits, maka yang ditetapkan (taqrir) adalah hukum yang sesuai dengan pendapat ulama yang berdasrkan teks tersurat hadits shahih. Jadi, hukum doa qunut pada shalat Shubuh adalah sunnah abโadl, yakni ibadah sunnah yang jika lupa tertinggal mengerjakannya disunatkan melakukan sujud sahwi setelah duduk dan membaca tahiyat akhir sebelum salam. Wallahu aโlam bi -shawab.
Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masaโil PBNU
Terpopuler
1
Khutbah Jumat: Larangan Pamer dan Bangga dengan Dosa-dosa
2
Pastikan Arah Kiblat Tepat Mengarah ke Ka'bah Sore ini
3
Trump Turunkan Tarif Impor Jadi 19 Persen, Ini Syarat yang Harus Indonesia Penuhi
4
Khutbah Jumat: Membumikan Akhlak Nabi di Tengah Krisis Keteladanan
5
Khutbah Jumat: Sesuatu yang Berlebihan itu Tidak Baik, Termasuk Polusi Suara
6
Sejumlah SD Negeri Sepi Pendaftar, Ini Respons Mendikdasmen
Terkini
Lihat Semua