Syariah

Dalil Pensyariatan dan Keutamaan Wakaf

NU Online  ยท  Senin, 19 Agustus 2019 | 12:45 WIB

Dalil Pensyariatan dan Keutamaan Wakaf

Pemanfaatan harta wakaf memiliki aturan khusus yang berbeda dari jenis pemberian lain seperti hibah dan zakat

Para ahli fiqih mendefinisikan wakaf sebagai praktik sedekah harta secara permanen dengan membekukan pemanfaatannya (tasaruf) untuk hal-hal yang diperbolehkan syariat. Semisal mewakafkan tanah untuk yayasan tertentuโ€”status wakaf ini menjadikan tanah tersebut tidak diperbolehkan untuk dijual atau dihibahkan, pengelolanya hanya diperkenankan mengatur pemanfaatan tanah tersebut untuk kemaslahatan yayasan.ย 
ย 
Ulama sepakat bahwa wakaf merupakan ibadah yang dianjurkan syariat. Sebelum ijmaโ€™ (konsensus ulama), terdapat banyak dalil yang menjelaskan pensyariatan dan keutamaan wakaf.
ย 
Di antaranya firman Allah:
ย 
ู„ูŽู† ุชูŽู†ูŽุงู„ููˆุงู’ ุงู„ู’ุจูุฑู‘ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูู†ููู‚ููˆุงู’ ู…ูู…ู‘ูŽุง ุชูุญูุจู‘ููˆู†ูŽ ูˆูŽู…ูŽุง ุชูู†ููู‚ููˆุงู’ ู…ูู† ุดูŽูŠู’ุกูย  ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุจูู‡ู ุนูŽู„ููŠู…ูŒ.
ย 
โ€œKamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinyaโ€ (QS Ali Imran: 92).
ย 
Sahabat Abu Thalhah saat mendengar ayat tersebut bergegas mewakafkan kebun โ€œBairuhaโ€, kebun kurma miliknya yang paling ia sukai. Nabi pun sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Abu Thalhah, hingga beliau bersabda โ€œBagus sekali. Itu adalah investasi yang menguntungkan (di akhirat)โ€ (HR al-Bukhari).
ย 
Baca juga:
ย 
Nabi bersabda:
ย 
ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ย  ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฅูุฐูŽุง ู…ูŽุงุชูŽ ุงู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ุงูู†ู’ู‚ูŽุทูŽุนูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุนูŽู…ูŽู„ูู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูู†ู’ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉูย  ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ุนูู„ู’ู…ู ูŠูู†ู’ุชูŽููŽุนู ุจูู‡ู ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽู„ูŽุฏู ุตูŽุงู„ูุญู ูŠูŽุฏู’ุนููˆู’ ู„ูŽู‡ูย ย 
ย 
โ€œKetika anak Adam mati, terputuslah amalnya kecuali tiga perkara; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannyaโ€ (HR Muslim).
ย 
Anak saleh yang dimaksud dalam hadits tersebut minimal adalah seorang Muslim yang mendoakan kedua orang tuanya. Lebih sempurna lagi bila ia juga merupakan pribadi yang memenuhi hak-hak Allah dan hamba-hamba-Nya, saleh secara spiritual dan saleh secara sosial.ย 
ย 
Menurut para ulama sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya) dalam konteks hadits di atas, diarahkan kepada makna wakaf, karena wakaf adalah satu-satunya bentuk sedekah yang dapat dimanfaatkan secara permanen oleh pihak penerimanya, sebab syariat memberi aturan agar benda yang diwakafkan dibekukan tasarufnya; murni untuk dimanfaatkan oleh pihak yang diberi wakaf. Semisal mewakafkan tanah menjadi masjid, pahalanya akan terus mengalir untuk pewakaf seiring dengan kelestarian pemanfaatan masjid oleh orang-orang Islam selaku pihak yang berhak memanfaatkan masjid tersebut.
ย 
Hal ini berbeda dengan sedekah atau hibah biasa, misalnya menghibahkan tanah kepada pihak tertentu, pahalanya tidak dapat dijamin bisa lestari, sebab bisa saja pihak penerima hibah menjualnya. Di sisi lain, kepemilikan tanah tersebut menjadi hak penerima hibah, berbeda dengan harta wakafan yang status kepemilikannya kembali kepada Allah.
ย 
Syekh Khathib al-Syarbini menjelaskan:
ย 
ูˆุงู„ูˆู„ุฏ ุงู„ุตุงู„ุญ ู‡ูˆ ุงู„ู‚ุงุฆู… ุจุญู‚ูˆู‚ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆุญู‚ูˆู‚ ุงู„ุนุจุงุฏ ุŒ ูˆู„ุนู„ ู‡ุฐุง ู…ุญู…ูˆู„ ุนู„ู‰ ูƒู…ุงู„ ุงู„ู‚ุจูˆู„ . ูˆุฃู…ุง ุฃุตู„ู‡ ููŠูƒููŠ ููŠู‡ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ู…ุณู„ู…ุง ุŒ ูˆุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุงู„ุฌุงุฑูŠุฉ ู…ุญู…ูˆู„ุฉ ุนู†ุฏ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุนู„ู‰ ุงู„ูˆู‚ู ูƒู…ุง ู‚ุงู„ู‡ ุงู„ุฑุงูุนูŠ ูุฅู† ุบูŠุฑู‡ ู…ู† ุงู„ุตุฏู‚ุงุช ู„ูŠุณุช ุฌุงุฑูŠุฉุŒ ุจู„ ูŠู…ู„ูƒ ุงู„ู…ุชุตุฏู‚ ุนู„ูŠู‡ ุฃุนูŠุงู†ู‡ุง ูˆู…ู†ุงูุนู‡ุง ู†ุงุฌุฒุง. ูˆุฃู…ุง ุงู„ูˆุตูŠุฉ ุจุงู„ู…ู†ุงูุน ูˆุฅู† ุดู…ู„ู‡ุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ูู‡ูŠ ู†ุงุฏุฑุฉ ูุญู…ู„ ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุนู„ู‰ ุงู„ูˆู‚ู ุฃูˆู„ู‰.
ย 
โ€œAnak saleh adalah orang yang memenuhi hak-hak Allah dan hamba-hamba-Nya. Mungkin saja ini diarahkan kepada kesempurnaan diterimanya doa. Adapun inti diterimanya doa, maka cukup anak yang muslim. Sedekah jariyah diarahkan kepada wakaf menurut para ulama seperti yang dikatakan imam al-Rafiโ€™i, sesungguhnya selain wakaf dari beberapa sedekah tidak mengalir pahalanya, bahkan pihak yang diberi sedekah memiliki benda dan manfaatnya secara langsung. Adapun wasiat dengan beberapa manfaat meski tercakup oleh hadits, akan tetapi jarang diterapkan. Maka mengarahkan sedekah dalam hadits atas arti wakaf lebih utamaโ€ (Syekh Khathib al-Syarbini,ย Mughni al-Muhtaj, juz 2 hal. 485).
ย 
Setelah anjuran wakaf disabdakan Nabi, para sahabat sangat gemar mewakafkan hartanya. Bahkan menurut catatan sejarah, wakaf menjadi ibadah yang nge-trend dan sangat populer di kalangan mereka. Hingga sahabat Jabir menuturkan tiada sahabat yang memiliki kemampuan finansial kecuali mewakafkan hartanya. Imam al-Syafiโ€™i menegaskan ada 80 sahabat Anshar yang bersedekah wakaf.
ย 
Disebutkan dalam kitab al-Fiqh al-Manhaji keterangan sebagai berikut:
ย 
ูˆู‚ุฏ ุงุดุชู‡ุฑ ุงู„ูˆู‚ู ุจูŠู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ูˆุงู†ุชุดุฑุŒ ุญุชู‰ ู‚ุงู„ ุฌุงุจุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡: ู…ุง ุจู‚ู‰ ุฃุญุฏ ู…ู† ุฃุตุญุงุจ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ - ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… - ู„ู‡ ู…ู‚ุฏุฑุฉ ุฅู„ุง ูˆู‚ู. ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: ุจู„ุบู†ูŠ ุฃู† ุซู…ุงู†ูŠู† ุตุญุงุจูŠุงู‹ ู…ู† ุงู„ุฃู†ุตุงุฑ ุชุตุฏู‘ู‚ูˆุง ุจุตุฏู‚ุงุช ู…ุญุฑู…ุงุช. ูˆุงู„ุดุงูุนูŠ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ูŠุทู„ู‚ ู‡ุฐุง ุงู„ุชุนุจูŠุฑ (ุตุฏู‚ุงุช ู…ุญุฑู…ุงุช) ุนู„ู‰ ุงู„ูˆู‚ู.
ย 
โ€œDan telah masyhur berwakaf di antara sahabat dan menyeluruh, sehingga sahabat Jabir berkata; tidaklah tersisa dari para sahabat Nabi yang memiliki kemampuan (finansial) kecuali mewakafkan hartanya. Al-Imam al-Syafiโ€™i berkata; telah sampai kepadaku bahwa 80 sahabat dari Anshar bersedekah dengan sedekah yang diharamkan (dijual dan dihibahkan). Al-Syafiโ€™i mengucapkan redaksi โ€˜sedekah yang diharamkanโ€™ ini untuk arti wakafโ€ (Syekh Dr. Mushtafa al-Khin dkk.,ย al-Fiqh al-Manhaji, juzย 5, hal.ย 11).
ย 
Wakaf pertama kali dalam sejarah Islam adalah wakaf yang dilakukan Sahabat Umar atas sebidang tanah Khaibar yang dimilikinya. Hal itu beliau lakukan atas perintah Nabi. Sahabat Umar memberi beberapa syarat atas pewakafan tanah tersebut, di antaranya tidak boleh dijual, diwariskan dan dihibahkan. Sahabat Umar juga memberi syarat agar pengelolanya diperkenankan memakan atau memberi makan kerabatnya dari hasil bumi tanah tersebut dengan sewajarnya, tidak berlebihan dan bebas layaknya orang yang memiliki hak kepemilikan secara pribadi. Riwayat lain menyebutkan wakaf pertama kali dalam Islam adalah wakafnya Nabi atas harta yang beliau terima dari Mukhairiq, seorang alim dari Bani Nadlir. Nabi menerima pemberian harta wasiat dari Mukhairiq di tahun ketiga Hijriyyah, kemudian selang beberapa waktu Nabi mewakafkannya (lihat: Syekh Ibnu Hajar al-Haitami,ย Tuhfah al-Muhtaj, juz 6, hal. 236).
ย 
Sangat terang dari uraian di atas bagaimana agama memberi anjuran berwakaf dan memberinya keutamaan yang besar untuk investasi pahala di akhirat.ย 

ย 
Ustadz M. Mubasysyarum Bih, Dewan Pembina Pondok Pesantren Raudlatul Quran, Geyongan, Arjawinangun, Cirebon, Jawa Barat.
ย 
ย