Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Khutbah Jumat: 11 Keutamaan Hari Arafah

Khutbah Jumat: 11 Keutamaan Hari Arafah
Khutbah Jumat: Sebelas Keutamaan Hari Arafah. (Foto ilustrasi: NU Online/Achmad Mukafi Niam)
Khutbah Jumat: Sebelas Keutamaan Hari Arafah. (Foto ilustrasi: NU Online/Achmad Mukafi Niam)

Sebagaimana Allah memuliakan tempat-tempat tertentu, Allah juga memuliakan waktu-waktu tertentu. Naskah khutbah Jumat berikut ini menjelaskan tentang hari Arafah sebagai hari paling mulia dalam satu tahun. Ia berkait dengan sejumlah sejarah penting, ritual haji, puasa, waktu mustajab, dan lainnya.
 


Teks khutbah Jumat berikut ini dengan judul “Khutbah Jumat: 11 Keutamaan Hari Arafah”. Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat!


Khutbah I

 

الحَمْدُ للهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْاٰنَ 

أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: وَالْفَجْرِ، وَلَيَالٍ عَشْر، وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ (الفجر: ١-٣)

 

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Takwa adalah sebaik-baik bekal untuk meraih kebahagiaan abadi di akhirat. Oleh karena itu, khatib mengawali khutbah yang singkat ini dengan wasiat takwa. Marilah kita semua selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wata’ala dengan melaksanakan semua kewajiban dan meninggalkan segenap larangan.

 

Kaum Muslimin yang berbahagia,

Hari Arafah adalah hari yang paling mulia dalam satu tahun sebagaimana hari Jumat adalah hari yang paling mulia dalam satu minggu. Hari Arafah atau tanggal 9 Dzulhijjah 1443 tahun ini di Indonesia jatuh pada hari Sabtu besok. Hari Arafah memiliki banyak sekali keutamaan. Di antaranya adalah:

 

1. Hari Arafah adalah hari diturunkannya firman Allah ta’ala:

 

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًا (المائدة: ٣)

 

Maknanya: “Pada hari ini telah Aku sempurnakan kaidah-kaidah (dasar-dasar) agamamu untukmu wahai umat Muhammad, telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu” (QS al-Maidah: 3).

 

2. Hari Arafah adalah hari yang Allah bersumpah dengannya. Allah bersumpah dengan apa yang ia kehendaki dari makhluk-Nya, dan Ia tidak bersumpah kecuali dengan sesuatu yang ada manfaatnya. Allah ta’ala bersumpah dalam firman-Nya:

 

وَشَاهِدٍ وَّمَشْهُوْدٍ (البروج: ٣)

 

Maknanya: “Demi yang menyaksikan dan yang disaksikan” (QS al-Buruj: 3).

 

At-Tirmidzi dan lainnya meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: “Yang dimaksud hari yang disaksikan adalah hari Arafah, dan hari yang menyaksikan adalah hari Jumat” (HR at Tirmidzi).

 

Allah ta’ala juga bersumpah dalam firman-Nya:

 

وَالْفَجْرِ، وَلَيَالٍ عَشْر، وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ (الفجر: ١-٣)

 

Maknanya: “Demi waktu fajar. Demi sepuluh malam pertama bulan Dzulhijjah. Demi hari raya qurban dan demi hari arafah” (QS al-Fajr: 1-3)

 

3. Hari Arafah adalah satu di antara hari-hari pada empat bulan haram atau empat bulan yang dimuliakan. Empat bulan yang dimuliakan itu adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

 

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ (التوبة: ٣٦)

 

Maknanya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diagungkan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab)” (QS at-Taubah: 36).

 

4. Hari Arafah adalah salah satu hari dari bulan-bulan haji. Bulan-bulan haji adalah Syawwal, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah. Tidak sah ihram untuk haji pada selain waktu tersebut. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

 

اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ (البقرة: ١٩٧)

 

Maknanya: “Musim haji itu pada bulan-bulan yang telah dimaklumi (ditentukan)” (QS al-Baqarah: 197).

 

5. Hari Arafah adalah salah satu hari dari hari-hari  ma’lumat (hari-hari yang ditentukan) yang Allah perintahkan kepada kita untuk memperbanyak ibadah di dalamnya. Allah ta’ala berfirman:

 

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ (الحج: ٢٨)

 

Maknanya: “Dan menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan” (QS al-Hajj: 28)

 

Menurut Ibnu ‘Abbas, hari-hari yang ditentukan yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah sepuluh hari pertama Dzulhijjah.

 

6. Hari Arafah adalah hari raya bagi orang-orang yang melakukan wukuf sebagaimana disabdakan oleh baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

 

إنَّ يومَ عرفةَ ويومَ النَّحرِ وأيَّامَ التَّشريقِ عيدُنا أَهْلَ الإسلامِ (رواه الترمذي وغيره)

 

Maknanya: “Sesungguhnya hari Arafah, hari raya kurban dan hari-hari tasyriq adalah hari raya kita, umat Islam” (HR at Tirmidzi dan lainnya)

 

7. Hari Arafah adalah hari dilakukannya wukuf di tanah Arafah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 

الحَجُّ عَرَفَةُ (رواه الترمذي والنسائي)

 

8. Hari Arafah adalah hari yang Allah mengampuni di dalamnya dosa dan membebaskan dari neraka orang-orang yang Ia kehendaki. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللهُ فِيْهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ ‏‏عَرَفَةَ (رواه مسلم)

 

Maknanya: “Tidak ada hari yang Allah membebaskan hamba dari neraka sebanyak yang Ia bebaskan pada hari arafah” (HR Muslim).

 

9. Hari Arafah adalah sebab terampuninya dosa-dosa dua tahun. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ (رواه مسلم)

 

Maknanya: “Puasa Arafah dapat menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun setelahnya” (HR Muslim).

 

Puasa Arafah disunnahkan bagi orang yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Sedangkan orang yang sedang menunaikan ibadah haji, tidak disunnahkan baginya berpuasa. Karena haji adalah ibadah fisik, bisa jadi puasa akan menyebabkan lemahnya fisik.

 

10. Hari Arafah adalah hari yang doa di dalamnya tidak seperti doa pada hari-hari yang lain. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ (رواه الترمذي)

 

Maknanya: “Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah” (HR at Tirmidzi).

 

11. Hari Arafah adalah hari ternistanya setan, karena pada hari itu ia melihat betapa banyak hamba-hamba Allah yang bertadlarru’ (tunduk merendah) kepada Allah dan betapa banyak Allah mengampuni dosa para hamba-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 

مَا رُؤِيَ الشَّيْطَانُ يَوْمًا هُوَ فِيْهِ أَصْغَرُ، وَلَا أَدْحَرُ وَلَا أَحْقَرُ، وَلَا أَغْيَظُ مِنْهُ فِي يَوْمِ عَرَفَةَ (رواه الإمام مالك)

 

Maknanya: “Tidaklah setan terlihat lebih terhina, lebih terusir, lebih ternista dan lebih marah kecuali pada hari arafah” (HR Imam Malik)

 

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Marilah kita perbanyak ibadah dan amal shalih pada hari Arafah besok. Kita lakukan puasa Arafah dan kita ajak keluarga dan anak-anak kita untuk berpuasa Arafah. Kita perbanyak tahlil, takbir, tahmid, tasbih dan dzikir-dzikir yang lain. Jika kita masih diberi kesempatan untuk beribadah dan memperbanyak amal shalih pada hari Arafah tahun ini, kita tidak tahu apakah masih menjumpai hari Arafah tahun depan.

 

Semoga Allah ta’ala menerima semua ketaatan kita, menganugerahkan kekuatan kepada ktia untuk memperbanyak amal kebaikan, menurunkan rahmat-Nya kepada kita, mengampuni dosa-dosa kita dan membebaskan kita dari api neraka. Amin ya Rabbal’alamin.

 

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 

Khutbah II

 

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى، وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ 

 أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

 

Ustadz Nur Rohmad, Anggota Tim Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Aswaja NU Center Mojokerto dan Dosen STAI Al-Azhar, Gresik



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Khutbah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×