Nasional

6 Niat Puasa Ramadhan, Lengkap Arab, Latin, dan Terjemah

NU Online  ยท  Senin, 11 Maret 2024 | 13:00 WIB

6 Niat Puasa Ramadhan, Lengkap Arab, Latin, dan Terjemah

Ilustrasi Masjid Istiqlal Jakarta. (Foto: Freepik)

Jakarta, NU Online

Niat puasa ramadhan merupakan rukun atau syarat sah puasa. Ada beberapa pelafalan niat puasa Ramadhan. Perbedaan dalam cara mengucapkan niat puasa Ramadhan ini tidak mengubah makna dasar dari niat tersebut.


Berdasarkan artikel Lafal Niat Puasa Ramadhan di NU Online, menjelaskan bahwa redaksi niat puasa nomor 1 diambil dari Kitab Minhajut Thalibin dan Perukunan Melayu. Redaksi nomor 2 dan 6 berasal dari Kitab Asnal Mathalib. Redaksi nomor 3 dikutip dari Kitab Hasyiyatul Jamal dan Kitab Irsyadul Anam. Sedangkan redaksi nomor 4 dan 5 diambil dari Kitab Iโ€™anatut Thalibin.


1. ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุบูŽุฏู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุงุกู ููŽุฑู’ุถู ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู‡ุฐูู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉู ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

 

Nawaitu shauma ghadin โ€˜an adฤโ€™i fardhi syahri Ramadhฤna hฤdzihis sanati lillฤhi taโ€˜ฤlฤ


Artinya, โ€œAku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah taโ€™ala.โ€


Kata โ€œRamadhanaโ€ dianggap sebagai mudhaf ilaihi sehingga diakhiri dengan fathah yang menjadi tanda khafadh atau tanda jarr-nya. Sedangkan kata โ€œsanatiโ€ diakhiri dengan kasrah sebagai tanda khafadh atau tanda jarr dengan alasan lil mujawarah.


2. ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุบูŽุฏู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุงุกู ููŽุฑู’ุถู ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ู‡ุฐูู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉูŽ ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

 

Nawaitu shauma ghadin โ€˜an adฤโ€™i fardhi syahri Ramadhฤna hฤdzihis sanata lillฤhi taโ€˜ฤlฤ.


โ€œAku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah taโ€™ala.โ€

 

Kata โ€œRamadhanaโ€ dianggap sebagai mudhaf ilaihi sehingga diakhiri dengan fathah yang menjadi tanda khafadh atau tanda jarrnya. Sedangkan kata โ€œsanataโ€ diakhiri dengan fathah sebagai tanda nashab atas kezharafannya.


3. ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุบูŽุฏู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุงุกู ููŽุฑู’ุถู ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ู‡ุฐูู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉู ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

 

Nawaitu shauma ghadin โ€˜an adฤโ€™i fardhi syahri Ramadhฤni hฤdzihis sanati lillฤhi taโ€˜ฤlฤ.


โ€œAku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah taโ€™ala.โ€

 

Kata โ€œRamadhaniโ€ dianggap sebagai mudhaf ilaihi yang juga menjadi mudhaf sehingga diakhiri dengan kasrah yang menjadi tanda khafadh atau tanda jarrnya. Sedangkan kata โ€œsanatiโ€ diakhiri dengan kasrah sebagai tanda khafadh atau tanda jarr atas badal ย kata "hฤdzihi" yang menjadi mudhaf ilaihi dari "Ramadhani".


4. ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ

 

Nawaitu shauma Ramadhฤna

 

Artinya, โ€œAku berniat puasa bulan Ramadhan.โ€


5. ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุบูŽุฏู ู…ูู†ู’/ุนูŽู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ

 

Nawaitu shauma ghadin min/'an Ramadhฤna

 

โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹Artinya, โ€œAku berniat puasa esok hari pada bulan Ramadhan.โ€


6. ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุบูŽุฏู ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉู ุนูŽู†ู’ ููŽุฑู’ุถู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ

 

Nawaitu shaumal ghadi min hฤdzihis sanati โ€˜an fardhi Ramadhฤna.


Artinya, โ€œAku berniat puasa esok hari pada tahun ini perihal kewajiban Ramadhan.โ€


Adapun redaksi pelafalan yang tampaknya sulit diterima menurut kaidah gramatikal bahasa Arab (nahwu) adalah komposisi sebagai berikut:


ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ุบูŽุฏู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุงุกู ููŽุฑู’ุถู ุดูŽู‡ู’ุฑู ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ู ู‡ุฐูู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู†ูŽุฉู ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰


Nawaitu shauma ghadin โ€˜an adฤโ€™i fardhi syahri Ramadhฤni hฤdzihis sanatu lillฤhi taโ€˜ฤlฤ


Redaksi pelafalan tersebut tampaknya sulit diterima menurut kaidah ilmu nawhu karena menganggap kata โ€œRamadhaniโ€ sebagai mudhaf dan diakhiri dengan โ€œsanatuโ€ yang entah apa kedudukan gramatikalnya karena agak jauh ta'wilnya untuk ditarik ke arah mana pun.


Adapun argumentasi madzhab Syafiโ€™i atas kewajiban niat puasa wajib di malam hari ditunjukkan antara lain oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqnaโ€™-nya sebagai berikut:


ูˆูŠุดุชุฑุท ู„ูุฑุถ ุงู„ุตูˆู… ู…ู† ุฑู…ุถุงู† ุฃูˆ ุบูŠุฑู‡ ูƒู‚ุถุงุก ุฃูˆ ู†ุฐุฑ ุงู„ุชุจูŠูŠุช ูˆู‡ูˆ ุฅูŠู‚ุงุน ุงู„ู†ูŠุฉ ู„ูŠู„ุง ู„ู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ู…ู† ู„ู… ูŠุจูŠุช ุงู„ู†ูŠุฉ ู‚ุจู„ ุงู„ูุฌุฑ ูู„ุง ุตูŠุงู… ู„ู‡. ูˆู„ุง ุจุฏ ู…ู† ุงู„ุชุจูŠูŠุช ู„ูƒู„ ูŠูˆู… ู„ุธุงู‡ุฑ ุงู„ุฎุจุฑ


Artinya, โ€œDisyaratkan memasang niat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Syarat ini berdasar pada hadits Rasulullah SAW, โ€˜Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.โ€™ Karenanya, tidak ada jalan lain kecuali berniat puasa setiap hari berdasar pada redaksi zahir hadits,โ€ (Lihat Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqnaโ€™, [Beirut, Darul Fikr: 2007 M/1428 H], juz II).