Jumlah tanah wakaf di Indonesia tersebar di 435.768 lokasi dengan luas 4.359.443.170 meter persegi. Dari jumlah sebanyak itu, baru 287.160 lokasi yang sudah bersertifikat wakaf. Sedangkan sisanya belum. Setiap tahun jumlah tanah wakaf selalu bertambah, namun tidak seimbang dengan jumlah nadzir (pengelola wakaf) yang mendaftarkan tanah wakaf kepada pihak yang berwenang.
Tidak jarang di kemudian hari muncul sengketa tanah antara nadzir dengan keluarga waqif (orang yang mewakafkan) atau bahkan intern nadzir itu sendiri. Sedangkan bukti sertifikat saat orang yang mewakafkan dahulu masih hidup, tidak ada yang mengurus. Ada yang karena saling lempar tanggungjawab yang menyebabkan pengurusan sertifikat tertunda-tunda. Ada pula yang tidak menduga akan terjadi perselisihan di kemudian hari sebab pada waktu waqif masih hidup semuanya aman seolah tanpa ada masalah.ย
Sekarang mari kita telisik satu persatu. Pertama, bagaimana sebenarnya hukum mensertifikatkan tanah wakaf sebagaimana kasus di atas? Hanya mubah, sunah atau bahkan wajib?ย
Menurut sebagian riwayat, diceritakan bahwa Sayyidah Fatimah pernah memberikan wakaf, beliau kemudian menyuruh orang lain mencatatnya. Hal ini memberikan pelajaran berharga kepada kita tentang sebuah sikap hati-hati terhadap urusan material. Kejadian pencatatan saat Sayyidah Fathimah tentu masih pada era rendah literasi. Beliau sudah menjalankan hal tersebut. Kejadian itu terekam dalam catatan Sayyid Ahmad bin Umar as-Syรขthiry sebagai berikut:ย
ููุงู ุจุนุถูู
: ุงู ุณูุฏุชูุง ูุงุทู
ุฉ ุนูููุง ุงูุณูุงู
ูููุช ูุงู
ุฑุช ุจูุชุงุจุฉ ุงูููู.ย
Artinya: โSebagian ulama mengatakan, sesungguhnya Sayyidah Fathimah โalaihรข as-salรขm pernah berwakaf. Beliau menyuruh untuk mencatatkan wakaf itu.โ (Sayyid Muhammad bin Ahmad as-Syรขthiry, Syarah Al-Yรขqรปt an-Nafรฎs, [Dรขrul Hรขwรฎ], juz 2, halaman 214).ย
Masih dalam kitab yang sama, Sayyid Muhammad juga berkomentar tentang hukum mensertifikatkan tanah wakaf. Beliau berpendapat pada dasarnyam mensertifikatkan hukumnya adalah sunnah selama tidak dikhawatirkan akan terjadi sengketa yang bisa menjadikan tanah wakaf terbengkalai. Apabila ditakutkan akan terjadi masalah di kemudian hari, hukum mensertifikatkan tanah berubah menjadi wajib.ย
ูุงูุญูู
ูู ุชุณุฌูู ุงูุดูุงุฏุฉ ููุชุงุจุชูุง ุงููุฏุจ ุฅูุง ุฅุฐุง ุฎูู ุฃู ุชุฑุชุจ ุนูููุง ุถูุงุน ุญู ุงูู
ุญุฌูุฑ ุฃู ููู ููุฌุจ ูุชุงุจุฉ ุงูู
ุญุถุฑ ูุงูุฅุดูุงุฏ ุนููู
Artinya: โHukum mencatatkan sertifikat adalah sunnah kecuali dikhawatirkan menimbulkan harta orang mahjรปr (orang yang tidak boleh bertransaksi menurut kriteria agama) atau pun harta wakaf yang akan menjadi tidak terawat (terbengkalai), maka hukum mensertifikatkan adalah wajib.โ (Sayyid Muhammad bin Ahmad, Syarah al-Yรขqรปt an-Nรขfรฎs, [Dรขrul Minhรขj, Beirut, 2007], halaman 894).ย
Kalau meninjau fiqih maqashid, setiap pengelola wakaf memang mempunyai kewajiban menjaga dengan sungguh-sungguh atas harta yang di bawah naungan tanggungjawabnya. Sehingga jika dalam menjaga harta itu melalui usaha mensertifikatkan, maka mensertifikatkan tanah wakaf hukumnya wajib. Terlebih lagi apabila kita mengacu dunia seperti sekarang, banyak ahli waris yang gelap mata, lupa daratan, berani menyerobot wakaf orang tuanya, maka mensertifikatkan tentu bisa menjadi wajib.ย
Sedikit berbeda, sebagian pakar fiqih Indonesia memandang bahwa mencatatkan sertifikat hukumnya fardlu kifayah mengingat potensi perselisihan yang besar sedangkan sertifikat dapat menghindarkan perseteruan. Hal itu disamakan dengan dalil bahwa semua transaksi keuangan harus dicatat, termasuk jual beli, pernikahan, perceraian, maupun tentang ikrar apapun, semuanya penting untuk dicatat. (Lihat: Raudlatuth Thรขlibin, 11:276)
Kedua, siapa sebenarnya yang paling bertanggungjawab terhadap proses pensertifikatan tanah wakafย di Indonesia menurut aturan baku syaraโ?
Yang paling bertanggungjawab terhadap proses pensertifikatan adalah nadzir (pengelola). Karena dialah yang berkewajiban menjaga barang yang diwakafkan sebagaimana yang diungkapkan banyak ulama. Di antaranya dalam kitab Asnal Mathรขlib berikut ini:ย
ู (ูุฑุน ูุนูู ุงููุงุธุฑ ุงูุนู
ุงุฑุฉ ุ ูุงูุฅุฌุงุฑุฉ ูุฌู
ุน ุงูุบูุฉ ูุญูุธูุง) ูุญูุธ ุงูุฃุตูู ูู
ุง ุตุฑุญ ุจู ุงูุฃุตู
Artinya: โCabang masalah. Bagi nรขdzir wajib memakmurkan harta wakaf (tidak membiarkan begitu saja), menyewakan, mengumpulkan keuntungan dan menjaganya. Begitu pula harus menjaga harta pokoknya sebagaimana sudah dijelaskan pada kitab asal (Raudlatuh Thรขlib).โ (Zakariya al-Anshรขri-Zainuddin Abu Yahya As Saniki, Asnal Mathรขlib, Dรขrul Kutub al-Islรขmรฎ, juz 2, halaman 471).ย
Sekarang sudah semakin terang, bagaimana hukum mensertifikatkan, siapa penanggungjawab yang harus bergerak. Lalu, ketiga uang dari mana biaya pensertifikatan itu berasal? Bolehkah diambilkan dari zakat yang dikumpulkan kepada LAZIS (lembaga amil zakat infak dan shadaqah), misalnya?ย
Hukum menggunakan dana zakat untuk pensertifikatan tanah wakaf adalah tidak boleh menurut konsensus empat ulama mujtahid (ittifaq madzahib al-arbaโah).ย
ุฃู
ุง ุจูุงุก ุงูู
ุณุงุฌุฏ ูุงูู
ุฏุงุฑุณ ู
ู ุงู
ูุงู ุงูุฒูุงุฉ ูุง ูุฌูุฒ ููุฐุง ู
ุง ุฃุฌู
ุน ุนููู ุงูุฃุฆู
ุฉ ุงูุฃุฑุจุนุฉ
Artinya: โAdapun membangun masjid-masjid, sekolahan dari harta-harta zakat hukumnya tidak boleh. Hal ini berdasarkan atas kesepakatan imam madzhab empat.โ (Sayyid Muhammad bin Ahmad, Syarah al-Yรขqรปt an-Nรขfรฎs, [Dรขrul Minhรขj, Beirut, 2007], halaman 290).ย
Kalau ambil dari harta zakat tidak boleh, ambilnya dari mana?ย
Biaya sertifikat dapat diambilkan dari sumber yang telah ditunjuk oleh orang yang mewakafkan saat dia mewakafkan hartanya. Misal, โsaya ini mewakafkan tanah saya untuk masjid, namun nanti biaya sertifikat diambilkan dari hasil penjualan kayu dari pohon yang ada di atasnya.โย
Atau jika waqif tidak mengatakan apa-apa, bisa diambilkan dari hasil untung usaha yang dikembangkan dari harta wakaf itu sendiri. Opsi berikutnya adalah baitul mรขl, atau dimintakan orang-orang kaya sekitar.ย
ูููุฉ ุงูููู ู
ู ุญูุซ ุดุฑุท ุงููุงูู ูุงูู ูู
ุง ุงุชุจุน ุดุฑุทู ูู ุณุจููู ูุฌุจ ุงุชุจุงุน ุดุฑุทู ูู ูููุชูุ ูุฅู ูู
ูู
ูู ูู
ู ุบูุชูุ ูุงู ุงูููู ุงูุชุถู ุชุญุจูุณ ุฃุตูู ูุชุณุจูู ู
ููุนุชูุ ููุง ูุญุตู ุฐูู ุงูุง ุจุงูุงููุงู ุนูููุ ููุงู ุฐูู ู
ู ุถุฑูุฑุชูุ ูุงู ุชุนุทูุช ู
ูุงูุน ุงูุญููุงู ุงูู
ูููู ููููุชูู ุนูู ุงูู
ูููู ุนููู ูุงูู ู
ูููุ ููุญุชู
ู ูุฌูุจูุง ูู ุจูุช ุงูู
ุงูุ ูุงููู ุชุนุงูู ุฃุนูู
ุจุงูุตูุงุจ.
Artinya: โBiaya wakaf diambilkan dari syarat yang diajukan oleh orang yang mewakafkan. Sebab wakaf harus mengikuti kemauan orang mewakafkan dalam hal biaya operasionalnya. Jika tidak memungkinkan maka diambilkan dari keuntungan harta wakaf. Sebab harta wakaf itu harta yang asli tidak boleh bergerak, namun asas manfaatnya bisa dikembangkan. Hal itu tidak akan berhasil kecuali dengan memutarkan bisnis pada harta wakaf tersebut. Sebab proses demikian menjadi sebuah keterdesakan. Apabila misalnya orang menerima wakaf hewan yang sudah tidak produktif, maka biayanya dibebankan pada orang yang menerima wakaf itu, karena hewan tersebut menjadi miliknya. Jika tidak memungkinkan bisa jadi biayanya dibebankan kepada baitul mรขl.โ (Imam Nawawi, Al-Majmuโ, Syarah al-Muhaddzab, [Dรขrul Fikr], juz 15, halaman 366). Wallรขhu aโlam.
(Ahmad Mundzir)ย