Mencium tangan para ulama merupakan perbuatan yang dianjurkan agama. Karena perbuatan itu merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada mereka.
ย
Dalam sebuah hadits dijelaskan:
ย
ุนููู ุฒูุงุฑูุนู ููููุงูู ูููู ููููุฏู ุนูุจูุฏู ุงููููููุณู ููุงูู ููู
ููุง ููุฏูู
ูููุง ุงููู
ูุฏูููููุฉู ููุฌูุนูููููุง ููุชูุจูุงุฏูุฑู ู
ููู ุฑูููุงุญูููููุง ููููููุจูููู ููุฏู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุฑูุฌููููู โ ุฑูููุงูู ุฃุจููู ุฏูุงููุฏ
ย
โDari Zariโ ketika beliau menjadi salah satu delegasi suku Abdil Qais, beliau berkata, Ketika sampai di Madinah kami bersegera turun dari kendaraan kita, lalu kami mengecup tangan dan kaki Nabi shallallahu โalaihi wasallamโ (HR Abu Dawud).
ย
ุนููู ุงุจููู ุฌูุฏูุนูุงููุ ูุงูู ูุงูููุณู: ุงูู
ูุณูุณูุชู ุงููููุจูููู ุจูููุฏููู ูุงูู:ููุนูู
ูุ ููุจููููุง
ย
โDari Ibnu Jadโan ia berkata kepada Anas bin Malik, apakah engkau pernah memegang Nabi dengan tanganmu ini? Sahabat Anas berkata: โYa, lalu Ibnu Jadโan mencium tangan Anas tersebutโโ (HR Bukhari dan Ahmad)
ย
ุนููู ุฌูุงุจุฑู ุฑูุถููู ุงูููู ุนููููู ุงูููู ุนูู
ูุฑู ูุจููู ููุฏู ุงููููุจููู.
ย
โDari Jabir radliyallahu โanh sesungguhnya Umar mencium tangan Nabiโ (HR Ibnu al-Muqarri).
ย
ุนููู ุงูุจูู ู
ูุงูููู ุงูุงุดุฌูุนููู ูุงูู: ูููุชู ูุงูุจููู ุงูุจููู ุงููููู ุฑูุถููู ุงูููู ุนููููู: ููุงููููููู ููุฏููู ุงูุชูู ุจูุงููุนูุชู ุจูููุง ุฑูุณููููู ุงููู ุตููู ุงููู ุนููููู ููุณููู
ูุ ูููุงููููููููููุงุ ููุจููุชูููุง.
ย
โDari Abi Malik al-Asyjaโi berkata: saya berkata kepada Ibnu Abi Aufa r.a. โulurkan tanganmu yang pernah engkau membaiโat Rasul dengannya, maka ia mengulurkannya dan aku kemudian menciumnyaโ (HR Ibnu al-Muqarri).
ย
ุนููู ุตูููููุจู ูุงูู: ุฑูุฃููุชู ุนููููููุง ูููุจูู ููุฏู ุงูุนูุจููุงุณู ููุฑูุฌููููููู.
ย
โDari Shuhaib ia berkata: saya melihat sahabat Ali mencium tangan sahabat Abbas dan kakinyaโ (HR Bukhari).
ย
Atas dasar hadits-hadits tersebut di atas para ulama menetapkan hukum sunah mencium tangan, ulama, guru, orang shalih serta orang-orang yang kita hormati karena agamanya.
ย
Berikut ini adalah pendapat ulama
ย
1. Ibnu Hajar al-Asqalani
ย
Imam Ibnu Hajar al-Asqalani telah menyitir pendapat Imam Nawawi sebagai berikut:
ย
ูุงูู ุงูุงูู
ูุงู
ู ุงููููููุงูููู: ุชูุจููููู ููุฏู ุงูุฑููุฌููู ููุฒูููุฏููู ููุตููุงูุญููู ููุนูููู
ููู ุงููู ุดุฑููููู ุงููู ููุญููู ุฐุงูููู ู
ููู ุงููุงูู
ูููุฑู ุงูุฏูููููููููุฉู ูุงู ููููุฑููู ุจูู ููุณูุชูุญูุจูู.
ย
โImam Nawawi berkata: mencium tangan seseorang karena zuhudnya, kebaikannya, ilmunya, atau karena kedudukannya dalam agama adalah perbuatan yang tidak dimakruhkan, bahkan hal yang demikian itu disunahkan.โ
ย
Pendapat ini juga didukung oleh Imam al-Bajuri dalam kitabย Hasyiah, juz 2, hal.116.
ย
2. Imam al-Zailaโi
ย
Beliau berkata:
ย
ย ููุฌูููุฒูุชูุจููููู ููุฏู ุงููุนูุงููู
ู ุงููู ุงููู
ูุชูููุฑููุนู ุนูููู ุณูุจููููู ุงูุชุจูุฑููู...
ย
โ(Dibolehkan) mencium tangan seorang ulama dan orang yang wiraโi karena mengharap barakahnya.โ
ย
(Disarikan dari bukuย Amaliah NU dan Dalil-dalilnyaย yang diterbitkan Lembaga Taโmir Masjid PBNU)
ย
(Red: Ulil Hadrawi)
ย