Doa

Doa saat Akan Menggeluti Aktivitas Baru

Kam, 17 Februari 2022 | 10:15 WIB

Doa saat Akan Menggeluti Aktivitas Baru

Doa saat Akan Menggeluti Aktivitas Baru

Setiap hari kita selalu melakukan rutinitas kegiatan. Kita juga kadang kala harus menggeluti bidang-bidang baru. Pada saat memasuki aktivitas atau bidang baru itu, kita memohon kepada Allah agar senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran.


Imam Al-Ghazali menganjurkan kita untuk membaca doa berikut ini ketika kita memulai aktivitas atau memasuki bidang baru yang akan kita geluti. (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 408). Doa ini dikutip dari kitab suci Al-Qur’an.


رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Rabbanā ātinā min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lanā min amrinā rasyadan (Surat Al-Kahfi ayat 10), rabbisyrah lī shadrī, wa yassir lī amrī. (Surat Thahā ayat 25-26).


Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.”

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Sayyid Muhammad Az-Zabidi dalam Kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah Ihya Ulumiddin) mengatakan, doa ini dapat dibaca ketika kita hendak memulai aktivitas atau mulai menggeluti bidang-bidang kehidupan tertentu. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman 103-104).


Kita berharap dengan doa ini, Allah memberikan kemudahan aktivitas kita tanpa hambatan berarti. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

ADVERTISEMENT BY ANYMIND