Khutbah

Khutbah Jumat Bahasa Mandailing: Arti Hakiki Hijrah, Maninggalkon Dosa Dohot Maksiat

Kam, 13 Juli 2023 | 21:00 WIB

Khutbah Jumat Bahasa Mandailing: Arti Hakiki Hijrah, Maninggalkon Dosa Dohot Maksiat

Khutbah Jumat Bahasa Mandailing; Arti Hakiki Hijrah, Maninggalkon Dosa Dohot Maksiat. (Foto: NU Online/Freepik)

Peristiwa 1 Hijriah diperingati sebagai hari hijrahnya Rasulullah dari Kota Makkah menuju Yastrib [kelak diubah menjadi Madinah]. Peristiwa hijrah Rasulullah ini, memberikan makna dan pelajaran berharga bagi Muslim yang hidup hingga kini. Salah satunya, ialah tujuan dari hijrah itu sendiri. 


Teks khutbah Jumat Bahasa Mandailing berikut ini berjudul Khutbah Jumat Bahasa Mandailing; Arti Hakiki Hijrah, Maninggalkon Dosa Dohot Maksiat. Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat! (Redaksi)



Khutbah I


الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَحْدَه لَاشَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ اْلمُبِيْن. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَـمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صادِقُ الْوَعْدِ اْلأَمِيْن. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ 


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Bulan Muharram di kalender Hijriah, secara itungan masuk di bulan na nonor sada. Bulan Muharram juo tarmasuk bulan haram [Asyhurul Hurum] sian opat bulan na lain, Dzulqa'idah, Dzulhijjah, dan Rajab. 


Salanjut na, di bulan Muharram on adong sada peristiwa na sangat porlu ita boto, yakni hijrah na Rasulullah sian Kota Mekkah tu  Madinah [Yastrib], yang juga menandai sebagai tahun baru Hijriyah na diperingati satiop taon. 


Kisah ni hijrah Rasulullah sian Mekah tu Madinah disobobkan bahat faktor, salah satu na, tantangan dohot serangan fisik di bagasan dakwah Nabi Muhammad sian Kaum Quraisy. Di bagasan mardakwah, Nabi Muhammad mandapotkon ancaman pembunuhan sian suku Quraisy, dohot tudingan na sangat brutal; misalna Rasulullah difitnah tukang sihir, tukang ramal, dohot alan na rintik.  Cobaan dakwah na borat on, mambaen Rasulullah mamutuskon  hijrah sian Mekah tu Madinah. Di bagasan ini hijrah on, di Bai'at 'Aqabah I dan II, Nabi Muhammad maroban sekitar 73 alak lai dohot 2 adaboru, untuk hijrah tu kota Madinah. 


Peristiwa Hijrah Rasulullah on sepatut na hita renungi secara mandalam, arana bahat di bagasan na pelajaran tu hita generasi papudi. Peristiwa 1 Muharram inda hanya hita peringati sekadar formalitas, sepatut na hita gali hikmah na, dohot ita transformasikan arti hakiki hijrah imada manuju kehidupan na lebih baik.   


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Manurut khotib, makna hijrah kekinian imada hijrah sian kemaksiatan [dosa] menuju seorang hamba na taat. Motivasi Rasulullah Hijrah tu Madinah, bisa menjadi marnilai tu hita anggo hita manjadi muslim na baik dohot taat. Arana keputusan hijrah Rasulullah hijrah tu Madinah marhasil manjadion Islam agama na ditandai hingga pelosok negeri. Rasulullah SAW marsabda; 


والمهاجر من هجر ما نهى الله عنه


Artina: "Hakikat alak na marhijrah imada alak na maninggalkon segala hal na dilarang Allah SWT” (HR. Bukhari).


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Sian hadis on tergambar jelas, bahwa maksud hijrah salah satu na mamperbaiki kehidupan, sian alak na maksiat manuju alak na takwa. Proses hijrah ons o marhasil diawali sian niat na ikhlas dohot tulus. Ibnu Athaillah di kitab Al Hikam, mangingotkon tu hita, bahwa alak na hijrah na pertama kali diterapkon imada niat na ikhlas. Jadi, anggo alak na giot hijrah harus memperbaiki niat, arana tanpa niat na ikhlas, rencana hijrah na akan percuma dohot inda mandapotkon pahala. 


وانظر إلى قوله صلى الله عليه وسلم فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله ومن كانت هجرته إلى دنيا يصيبها أو امرأة يتزوجها فهجرته إلى ما هاجر إليه فافهم قوله عليه الصلاة والسلام وتأمل هذا الأمر إن كنت ذا فهم


Artina: “Ligi ma sabda Rasulullah SAW, ‘ ise sajo na marhijrah tu Allah dan Rasul na, maka hijrah ma arana Allah dohot Rasul Na, akan tetapi alak na marhijrah arana dunia, maka dunia ma nangkon ia tarimo, atau maksud hijrah nia arana adaboru, on ma nangkon ia tarimo, maka hijrah ma ia sesuai sian tujuan hijrah na. Pahami ma sabda Rasulullah on, renungkon hadis on, so tarmasuk ho alak na paham dalam memahami makna hakiki hijrah” 


Sian penjelasan on juo, dapat ita ligi, na dimaksud alak na hijrah inda bisa ita ligi sian mata zahir sajo, inda bisa juo ita nilai sian pakaian dohot tata cara mangecek, arana hijrah na hakiki, hanya alak nai dohot Allah na mambinoto na. 


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Selanjut na, imada na porlu ita pahami bahwa hakikat ini hijrah imada marpindah sian na jelek tu taat tu Allah. Hijrah inda semata-mata pindah sian satu tempat tu tempat na lain. Hijrah inda marpindah fisik sajo, makna lebih luas dan dohot beragam, songon i juo hikmah sian hijrah on. 


Imam ‘Izzuddin bin Abdis Salam a as-Syafi’i mandokon;


الهجرة هجرتان: هجرة الأوطان، وهجرة الإثم والعدوان، وأفضلهما هجرة الإثم والعدوان؛ لما فيها من إرضاء الرحمن وإرغام النّفس والشّيطان


Arti na; "Adong dua makna hijrah, imada “hijratul authan’  maksud na maninggalkon suatu daerah manuju daerah na lain, padua na ‘hijratul itsmi wal ‘udwan’ (maninggalkon dosa dohot parmusuhan. Sian dua makna hijrah on, na paling utama imada na nonor dua [hijrah maninggalkon dosa dohot permusuhan], atana di dalam hijrah on adong keridhoan sian Allah Zat na Maha Rahman dohot ditundukkon sagalo hawa nafsu dohot bisikan ini setan."


 بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ هَذَا الْيَوْمِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَاِيَاكُمْ بِمَا فِيْهِ الأَيَاتِ وَألذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ جَمِيْعَ أَعْمَالِنَا إِنَّهُ هُوَ الْحَكِيْمُ الْعَلِيْمُ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ 


Khutbah II


 اَلْحَمْدُ لِلهِ حَمْدًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَحَبِيْبُهُ وَخَلِيْلُهَُ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ كَانَ لَهُمْ مِنَ التَّابِعِيْنَ، صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ: فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَذَرُوْا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ. وَحَافِظُوْا عَلَى الطَّاعَةِ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ بِنَفْسِهِ. وَثَنَى بِمَلَائِكَةِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ. اللهم اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وِالْأَمْوَاتِ. اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَةً، اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ عِبَادَ اللهِ، اِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوْا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرُكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ


Zainuddin Lubis, Pegiat Kajian Islam, tinggal di Ciputat