Khutbah

Khutbah Jumat Bahasa Mandailing: Sikap Denggan Rasulullah tu Alak Non Muslim

Kam, 18 Mei 2023 | 16:14 WIB

Khutbah Jumat Bahasa Mandailing: Sikap Denggan Rasulullah tu Alak Non Muslim

Khutbah Jumat Bahasa Mandailing. (Foto: NU Online/Freepik)

Relasi damai antara Raslullah dengan non-muslim sudah terjalin sejak awal. Di tanah kelahirannya, Mekah, sudah ada umat dari agama lain, baik dari kalangan Kristen, Yahudi, dan kaum Pagan yang menyembah berhala. Pun ketika Nabi hijrah ke kota Madinah yang notabenenya masyarakat heterogen, hubungan Nabi dengan non-muslim kian harmonis dan damai.  


Untuk itu, teks khutbah Jumat berikut ini berjudul "Khutbah Jumat Bahasa Mandailing: Sikap Denggan Rasulullah tu  Alak Non Muslim”. Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat! (Redaksi).



Khutbah I


أَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَكْرَمَنَا بِااْلإِيْمَانِ وَأَعَزَّنَا بِالْاِسْلَامِ وَرَفَعَنَا بِالإِحْسَانِ ، أحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى وَأَشْكُرُهُ ،أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ إِلّاَ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرُسُوْلُهُ ،أللهم صلّ وسلّم وبارك على سـيّدنا محمّد وعلى أله وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَــانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ  


أمـّا بعد ، فياأيها الناس، اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْــلِمُوْنَ ، وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيْعًا وَلَا تَفَرَّقُوْا . وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَالزَّادِ الّتَقْوَى.وَطَهَّرُوْا قُلُوْبَكُمْ مِنَ الأَدْنَاسِ، وَتَزَيَّنُوْا بِصَـالِحِ الأَعْمَالِ، وَإِلاَّلَمْ يَنْفَعْكُمْ الَّتزَيُّنُ بِلِبَــاسِ الأنفَس  


Hadirin jamaah Jumat na marbahagia

Anggo hita lingi dohot teliti buku-buku sejarah Islam na maredar di tonga masyarakat Indonesia, nagkon hita dapati bahwa kebanyakan isi buku sejarah Islam didominasi penjelasan perang. Arti na, mayoritas buku-buku sejarah i marisi tentang carito perang-perang na dijalani Rasulullah dohot sahabat-sahabat Nabi na lain na. 


Satorus na, anggo hita teliti buku-buku sejarah Islam na mandominasi carito perang Rasulullah dohot sahabat malawan kaum musyrikin, Persia, songon i juo dohot kaum Yahudi dohot Nasrani. Buku-buku sejarah i, maredar di sekolah umum mulai tingkat SD sampe perguruan tinggi. Songon juo, buku i maredar luas di pondok pesantren dohot sekolah swasta. 


Kisah perang na adong di buku-buku sejarah Islam di Indonesia, misal na carito porang Rasulullah dohot suku Quraisy di perang Khandaq, Badar, dohot Uhud. Songon i juo carito Rasulullah malawan Yahudi di porang Bani Qainuqa. Pun, porang sahabat dohot tantara Romawi di Tabuk. Aksi-aksi porang on, dicarito on secara heroik dohot luar biasa. 


Padahal fakta na, sejarah Islam inda melulu soal porang. Sejarah Islam dompak mangolu Rasulullah songon i juo khulafaur rasyidin inda sajo tentang pemberontakan dohot angkat senjata. Sejarah Islam inda sajo tentang invansi dohot pertempuran antara muslim dohot non-muslim.


Sejarah mancatat, Nabi Muhammad tergolong sosok alak na sangat lembut dohot penuh kasih. Bahat riwayat na manunjukkan Nabi penyayang tu segala golongan, tanpa mamandang ras, agama, suku, dohot budaya. Arti na, Rasulullah menyayangi inda sajo kaum muslim, tetapi juo non muslim.    


Hadirin jamaah Jumat na marbahagia

Di bentangan ni sejarah, dapot ita baca bahwa hubungan Nabi Muhammad dohot non muslim, madung terjalin dao sebelum Nabi diangkat menjadi Rasul diumur 40 tahun. Di Mekah, tano kelahiran Rasulullah mangolu bahat komunitas suku, budaya, dohot agama na beragam. Di Mekah di masa Nabi lahir, adong komunitas Yahudi, Kristen, songon i juo kaum Musyrik.


Tarlobi saat Nabi Muhammad dohot sahabat na lain memutuskon untuk hijrah ke negeri Yatsrib— dipudi ni hari margonti manjadi Madinah—, pergaulan Rasulullah dohot non-muslim kian intens. Pasal na, di kota Madinah, hidup masyarakat na heterogen. Di kota na baru on, mangolu berbagai komunitas agama na beragam [Yahudi, Zoroaster, dan Kristen], ras, budaya, dohot suku-suku na sangat bahat. 


Kendati tinggal di kota na beragam agama dohot aliran kepercayaan, Madinah totop manjadi kota na sangat dicintai Nabi. Pun, penduduk Kota Madinah tetap hidup dohot damai dan harmonis. Sejarah mencatat, dipudi ni hari Islam Madinah menjadi kota peradaban. Sian Madinah juo Islam menyebar luas tu jazirah Arab, songon i juo manyebar hingga tu benua Afrika dohot Eropa. 


Di kehidupan sosial di Madinah, Rasulullah margaul dohot masyarakat non muslim na tinggal dan manotop di Madinah. Nabi senantiasa markerja samo sian kaum non-muslim untuk manjago Madinah tetap aman dan damai sian gangguan musuh. 


Untuk manjago keutuhan dohot keamanan Madinah, Rasulullah dohot penduduk Madinah manyusun sada perjanjian na dikenal dohot sebutan Piagam Madinah [Konstitusi Madinah]. Isi Piagam Madinah tersebut merupakan sebuah dokumen tentang perjanjian formal antara penduduk Madinah.


Sejati na, Piagam Madinah, manganut asas-asas kemasyarakatan yakni al-ikhâ’ [persaudaraan], al-musawah [persamaan hak], al-tasâmuh [toleransi], al-tasyawur [musyawarah], al-ta’âwun [kerjasama] dan al-adalah [keadilan]. Nilai-nilai on ma na manjadi pegangan masyarakat Madinah, agar manjadi negeri na tentram dohot damai.


Di bagasan kitab Sirah Nabawiyah, Ibnu Katsir manjelaskon bahwa Piagam Madinah berisi sekitar 48 pasal. Pasal-pasal na adong di Piagam i, mangatur pelbagai hal na marsangkutan sian masyarakat Madinah. Di bagasan Piagam i juo manjamin persatuan hidup berbagai golongan warga Madinah. Di Pasa Nomor 1 misal na ditekankan persatuan umat; “Mereka adalah umat yang satu, lain dari kelompok manusia yang lain”.


Hadirin Jamaah Jumat na marbahagia

Di sisi na lain, Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah, di bagasan kitab na marjudul _Ahkām ahl al-dzimmah, jilid I, halaman 397, mancarito on kisah tentang delegasi Bani Najran na manganut agama Kristen tu negeri Madinah. Maksud dohot tujuan utusan Bani Najran na marjumlah 14 alak i marsuo dohot Rasulullah membangun diplomasi dohot perjanjian damai dohot Rasulullah. 


Manurut riwayat, Bani Najran sampe di Madinah martopotan di waktu Ashar. Menarik na, alai langsung masuk tu bagasan Masjid Nabawi. Di masjid Nabawi, Bani Najran juo malaksana on sembahyang , sambil menghadop tu arah timur. 


Lebih lanjut, maligi alai masuk masjid dohot maribadah Rasulullah mabiarkon non muslim sian Najran masuk masjid dohot sembahyang. Di samping i, Nabi Muhammad sempat menegur sada alak sahabat na marmaksud malarang Bani Najran masuk tu masjid dohot maribadah. Nabi di bagasan sabda na manyuru para sahabat na giot malarang maribadah dohot masuk masjid, so mambiarkon alai maribadah sesuai dohot agama dohot keyakinan na. 


Hadirin  jamaah Jumat na marbahagia

Sian penjelasan na adong diginjang dapot ita simpulkon bahwa sana porang na tarjadi di masa Rasulullah dohot sahabat, inda disebabkan parbedaan agama ataupun disobobkon urusan teologis. Akan tetapi, porang na  markecamuk di masa Rasulullah disebabkon serangan awal dohot parmusuhan dari non muslim. Perang on lebih disobabkon faktor ekternal, misal na pengkhianatan perjanjian ataupun mampertahankan tanah air.


لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ   


Artinya: "Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil."


Di bagasan kitab Tafsir al Jalalain karya Imam Jalaluddin Asy Suyuthi dan Mahalli dijelaskon bahwa ayat on mangandung pengertian, Allah inda melarang alak na maragama Islam [muslim] marbuat kebajikan tu alak na kafir, selama alai inda memerangi memerangi dohot mengusir alak Islam.


Demikian juo penjelasan na samo diutara on Ibnu Katsir di kitab Tafsir Al-Quran Al-Azhim , bahwa umat Islam dipatola syariat untuk mambantu alak na lemah dari kalangan non muslim. Songon i juo manolong non muslim na mambutuhkon, semisal malehen sedekah atau partolongan materi na lain. Allah senantiasa manyuru manusia untuk berbuat kebaikan tanpa mamandang latar belakang. Songon i, juo Allah manyuruh Muslim untuk mamparbuat adil tu satiop alak, tanpa memandang ras, suku, agama, budaya, dan latar belakang sosial alak na lain. 


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ هَذَا الْيَوْمِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَاِيَاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ وَالصَّدَقَةِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْاَنِ وَجَمِيْعِ الطَّاعَاتِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ جَمِيْعَ أَعْمَالِنَا إِنَّهُ هُوَ الْحَكِيْمُ الْعَلِيْمُ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ   


Khutbah II   


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَّ بَعْدَهُ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ المُجَاهِدِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا آيُّهَا الحَاضِرُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ، وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى. فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ: وَالْعَصْرِ. إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ. إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ.


 إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، فِى الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.


 اللهم اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ رَبَّنَا اغْفِرْ وََارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ. رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا، رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا، رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.


 عِبَادَ اللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ وَاشْكُرُوْا عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُاللهِ أَكْبَرُ


Zainuddin Lubis, Pegiat kajian Islam, tinggal di Ciputat