Tafsir

Tafsir Surat Al-Kautsar: Anugerah Tak Terbatas untuk Rasulullah saw

Ahad, 4 Februari 2024 | 05:00 WIB

Tafsir Surat Al-Kautsar: Anugerah Tak Terbatas untuk Rasulullah saw

Ilustrasi: al-Quran (freepik)2

Berikut ini adalah teks, translit, terjemahan, dan kutipan sejumlah tafsir ulama atas surat Al-Kautsar.

 

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: 

 

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ (١) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ (٢) اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ (٣) 

 

(1) Innā a'tainākal-kausar(a). (2) Faşalli lirabbika wanhar. (3) Inna syāni'aka huwal-abtar(u). 

 

Artinya: "(1) Sesungguhnya Kami telah memberimu (Nabi Muhammad) nikmat yang banyak. (2) Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah! (3) Sesungguhnya orang yang membencimu, dialah yang terputus (dari rahmat Allah)." 

 

Ragam Tafsir 

Imam Al-Qurthubi (wafat 671 H) mengatakan bahwa kata al-kautsar adalah bentuk fau'ala dari kata katsrah (banyak), seperti halnya kata an-naufal dari kata an-nafl.

 

Mula-mula kata kautsar digunakan oleh masyarakat Arab untuk mengekspresikan segala sesuatu yang banyak jumlah dan kadarnya. Seperti yang diriwayatkan oleh Sufyan bahwa ketika ada seorang wanita renta ditanya tentang anaknya yang baru kembali dari perjalanannya, "Apakah yang dibawa pulang oleh anakmu?", ia menjawab, "Bi kautsar". Yakni dengan membawa uang yang sangat banyak.

 

Kata Al-Kautsar jika dilekatkan kepada orang maka maknanya orang tersebut memiliki banyak teman dan sahabat. Sedangkan jika dilekatkan kepada orang yang dermawan maka artinya adalah orang itu sangat royal dalam memberi. Apabila kata ini dilekatkan pada suatu tempat yang berdebu maka maknanya adalah tempat tersebut sangat banyak debunya.

 

Kemudian terkait maksudnya kata Al-Kautsar dalam ayat, Al-Qurthubi menyebutkan 16 pendapat ulama. Berikut ini ringkasnya: 

  1. Al-Kautsar adalah nama sungai di surga.
  2. Al-Kautsar adalah kolam pemandian Nabi saw di surga.
  3. Al-Kautsar adalah kenabian dan kitab suci. Ini disampaikan oleh Ikrimah.
  4. Al-Kautsar adalah Al-Qur'an. Ini disampaikan oleh Al-Hasan.
  5. Al-Kautsar adalah agama Islam. Ini diriwayatkan oleh Al-Mughirah.
  6. Al-Kautsar adalah Al-Qur'an yang dimudahkan (untuk dibaca dan dihapalkan) dan syariat yang diringankan (untuk diaplikasi). Ini disampaikan oleh Al Husain bin Al-Fadhl.
  7. Al-Kautsar adalah banyaknya sahabat, pengikut, dan umat Nabi saw. Ini disampaikan oleh Abu Bakar Al-lyasy dan Yaman bin Riab.
  8. Al-Kautsar adalah kemenangan. Ini disampaikan oleh Ibnu Kaisan.
  9. Al-Kautsar adalah derajat dalam berdzikir, diriwayatkan oleh Al-Mawardi.
  10. Al-Kautsar adalah cahaya di dalam hati Nabi saw yang menunjukkan jalan bagi Nabi saw menuju Allah dan menutupi jalan lainnya, diriwayatkan oleh Al-Mawardi.
  11. Al-Kautsar adalah syafaat, diriwayatkan oleh Al-Mawardi.
  12. Al-Kautsar adalah mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi saw berupa doa yang mustajab, diriwayatkan oleh Ats- Tsa'labi.
  13. Al-Kautsar adalah kalimat laa ilaaha illallah muhammadur rasullullah, disampaikan oleh Hilal bin Yasaf.
  14. Al-Kautsar adalah ilmu fiqih yang menyusun aturan dalam beragama.
  15. Al-Kautsar adalah anugerah kewajiban shalat lima waktu.
  16. Al-Kautsar adalah sesuatu yang agung, disampaikan oleh Ibnu Ishaq.
 

Menurut Al-Qurthubi pendapat yang benar adalah pendapat pertama dan pendapat kedua, karena keduanya memaknainya sesuai dengan makna yang disampaikan oleh Nabi saw melalui hadits yang shahih. Pendapat lain hanya makna tambahan melalui penafsiran masing-masing ulama, yang semuanya memang diberikan kepada Nabi saw.

 

Hadits yang Al-Qurthubi maksud adalah hadits riwayat Imam Al-Bukhari dari Anas, dan juga riwayat At-Tirmidzi dari Anas dan Umar. At-Tirmidzi mengomentari bahwa hadits ini termasuk hadits hasan shahih. Rasulullah saw bersabda: 

 

الْكَوْثَرُ: نَهَرٌ فِي الْجَنَّةِ، حَافَّتَاهُ مِنْ ذَهَبٍ، وَمَجْرَاهُ عَلَى الدُّرِّ وَالْيَاقُوتِ، تُرْبَتُهُ أَطْيَبُ مِنَ الْمِسْكِ، وَمَاؤُهُ أَحْلَى مِنَ الْعَسَلِ وَأَبْيَضُ مِنَ الثَّلْجِ. هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

 

Artinya: "Al-Kautsar adalah sebuah sungai di surga, yang kedua tepiannya terbuat dari emas, dan selokan (dinding) sungai itu terbuat dari permata dan jamrud, adapun pasirnya lebih harum dari kasturi, dan airnya lebih manis dari madu dan lebih putih dari salju."(Syamsudin al-Qurthubi, Tafsir Al-Qurthubi, [Mesir, Darul Kutub Al-Mishriyah: 1384 H/1964 M], juz XX, halaman 216-218).

 

Syekh Thanthawi (wafat 2010 H) menjelaskan alasan Allah memulai firmannya dengan huruf ta'kid (انا) supaya mukhatab memberi perhatian terhadap kabar yang disampaikan dan mengisyaratkan bahwa yang akan diberikan adalah sesuatu yang agung. 

 

Karena itu tafsirnya ayat adalah, "Sesungguhnya Kami telah memberimu wahai Rasulullah dengan anugerh dan kedermawaan Kami kebaikan yang banyak termasuk darinya sungai yang besar, kolam yang menyucikan (di Surga), maka bersukacitalah kamu dan umatmu. Jangan hiraukan ucapan musuh-musuhmu tentangmu." (Muhammad Sayyid Thanthowi, Tafsir Al-Washit [Kairo, Dar Nahdlah: 1997 M] juz XV halaman 522).

 

Syekh Wahbah Az-Zuhaili menjelaskan ayat kedua dengan berkata:

"Sebagaimana Kami menganugerahkan kebaikan yang sangat banyak kepadamu di dunia dan akhirat, di antaranya sungai Al-Kautsar, senantiasalah engkau menunaikan shalat wajib dan sunah. Tunaikanlah shalat dengan hati ikhlas karena mengharap ridha Tuhanmu. Sembelihlah hewan kurbanmu berupa kambing, unta, atau hewan sembelihan lainnya karena Allah dan dengan menyebut nama Allah yang tiada sekutu bagi-Nya. Sesungguhnya Dialah yang telah mendidikmu dan melimpahkan berbagai kenikmatan kepadamu." 

 

Sementara Ibnu Katsir sebagaiman dikutip Az-Zuhaili berkata, "Yang benar adalah bahwa maksud dari menyembelih di dalam ayat ini adalah menyembelih hewan dam ibadah haji."

 

Az-Zuhaili mengutip Ibnu Jarir berkomentar mengenai tafsir ayat tersebut, "Yang benar adalah perkataan orang yang mengatakan bahwa maknanya:

 

"Jadikanlah seluruh shalatmu untuk Tuhanmu, dengan niat ikhlas hanya kepada-Nya tidak kepada tuhan-tuhan yang lain. Demikian juga jadikanlah hewan sembelihanmu hanya untuk-Nya, bukan untuk berhala-berhala. Itu semua kamu lakukan demi rasa syukur atas segala yang telah Dia berikan kepadamu berupa kemuliaan dan kebaikan yang tiada tandingannya. Dia mengkhususkan hal itu hanya untukmu." (Wahbah bin Musthafa Az-Zuhaili, At-Tafsirul Munir, [Damaskus, Darul Fikr: 1418 H], juz XXX, halaman 433).

 

Imam Al-Baidlawi (wafat 685 H) menafsirkan ayat "Inna syāni'aka huwal abtar(u)", dengan berkata:
 

"Sesungguhnya orang yang membencimu, Allah membencinya, dialah yang terputus yakni orang yang tidak memiliki penerus karena tidak tersisa keturunannya tidak pula kebaikannya untuk diingat. Sedangkan engkau; keturunan, reputasi kebaikan dan peningalan keutamaanmu masih ada dan diingat hingga Hari Kiamat, dan bagimu di Akhirat kenikmatan yang tidak dapat disifati." (Nasiruddin As-Syirazi Al-Baidhawi, Anwarut Tanzil wa Asrarut Ta'wil, [Beirut, Darul Ihya': 1418 H], juz VI, halaman 342).

 

Sementara Syekh Nawawi Banten (wafat 1316 H) secara lugas menjelaskan:

 

"Sesungguhnya orang yang membencimu itu yang sesungguhnya terputus dari segala kebaikan. Ia adalah Abu Jahal sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Abbas." (Muhammad Nawawi Al-Jawi, At-Tafsîrul Munîr li Ma’âlimit Tanzîl, [Surabaya, Al-Hidayah], juz II, halaman 453). 

 

Sederhananya, dalam surat Al-Kautsar Allah telah memberikan banyak sekali kebaikan kepada Nabi Muhammad saw sampai tanpa batas, di antaranya sungai di surga, sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan At-Tirmidzi. 

 

Allah memerintahkan Nabi saw dan umatnya untuk menunaikan shalat wajib dan sunah dengan penuh keikhlasan hanya karena Allah, menyembelih hewan dam ibadah haji, kurban, dan yang lainnya dengan menyebut nama Allah.

 

Orang-orang yang benci kepada Nabi saw dan risalahnya adalah orang-orang yang terputus dari kebaikan dunia dan akhirat. Eksistensi mereka tidak akan dikenang pasca kematiannya karena mereka tidak beriman. Wallahu a'lam bisshawab.

 


Ustadz Muhamad Hanif Rahman, Dosen Ma'had Aly Al-Iman Bulus dan Pengurus LBM NU Purworejo