Assalamuโalaikum wr. w.
Nama saya Hadi, usia sudah kepala empat dan rambut saya mulai beruban. Rasanya gatal sekali dan saya sering meminta isteri untuk mencabuti uban saya. Tetapi akhir-akhir ini isteri males mencabuti uban saya, kata isteri saya hukumnya makruh. Yang ingin saya tanyakan kepada ย pak ustad, pertama bagaimana sebenarnya hukum mencabut uban di kepala? Kedua, berapa jumlah uban Rasulullah SAW? Mohon penjelasan pak ustad. Terimakasih.<>
Wassalamuโalaikum wr. wb (Hadi/Kaltim)
ย
Jawaban
Assalamu โalaikum wr. wb
Penanya yang budiman, semoga selalu dirahmati Allah swt. Ada dua pertanyaan diajukan kepada kami. Dua pertanyaan tersebut nampak saling bertalian satu dengan yang lainnya Pertama tentang hukum mencabut uban di kepala. Kedua tentang jumlah uban Rasulullah saw. Dan karena keterbatasan ruang dan waktu maka kami akan menjawab pertanyaan yang pertama. Sedang untuk pertanyaan yang kedua akan kami jawab pada kesempatan yang lain. ย
Munculnya uban biasanya selalu diidentikan dengan ketuaan. Identifikasi ini memang tidak sepenuhnya benar sebab ada juga orang usianya masih muda namun beruban. Banyak faktor yang menyebakan rambut kepala kita beruban seperti faktor usia dan banyaknya beban pikiran.
Namun terlepas dari semua itu, menurut ulama dari kalangan madzhab syafiโiโsebagaimana dikemukakan oleh Muhyiddin Syarf an-Nawawi dalam kitab al-Majmuโ Syarh al-Muhadzdzabโ bahwa mencabut uban hukumnya adalah makruh. Hal ini didasarkan kepada sabda Rasulullah saw:
ย ููุง ุชูููุชููููุง ุงูุดููููุจู ููุฅูููููู ูููุฑู ุงููู ูุณูููู ู ููููู ู ุงููููููุงู ูุฉู
โJangan kalian mencabut uban karena uban itu adalah cahaya orang muslim kelak di hari kiamatโ (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Nasaโi)
Pandangan ini ditegaskan oleh al-Ghazali, al-Baghawi dan ulama lainnya. Bahkan Muhyiddin Syarf an-Nawawi menyatakan: โJika dikatakan haram mencabut uban karena adanya larangan yang jelas dan sahih maka hal itu tidak mustahilโ. Kemakruhan mencabut uban di sini tidak dibedakan antara mencabu uban jenggot dan uban kepala. Dengan kata lain, mencabut uban yang ada di jenggot dan uban yang ada di kepala hukumnya adalah sama-sama makruh.ย ย ย
ููููุฑููู ููุชููู ุงูุดููููุจู ููุญูุฏููุซู ุนูู ูุฑูู ุจููู ุดูุนูููุจู ุนููู ุฃูุจูููู ุนููู ุฌูุฏูููู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู ููุง ุชูููุชููููุง ุงูุดููููุจู ููุฅูููููู ูููุฑู ุงููู ูุณูููู ู ููููู ู ุงููููููุงู ูุฉู ุญูุฏููุซู ุญูุณููู ุฑูููุงูู ุฃูุจูู ุฏูุงููุฏู ููุงูุชููุฑูู ูุฐููู ููุงููููุณูุงุฆูููู ููุบูููุฑูููู ู ุจูุฃูุณูุงูููุฏู ุญูุณูููุฉู ููุงูู ุงูุชููุฑูู ูุฐูููู ุญูุฏููุซู ุญูุณููู ููููุฐูุง. ููุงูู ุฃูุตูุญูุงุจูููุง ููููุฑููู ุตูุฑููุญู ุจููู ุงููุบูุฒูุงููููู ููู ูุง ุณูุจููู ููุงููุจูุบูููููู ููุขุฎูุฑูููู. ูููููู ููููู ููุญูุฑูู ู ูููููููููู ุงูุตููุฑููุญู ุงูุตููุญููุญู ููู ู ููุจูุนูุฏู. ููููุง ููุฑููู ุจููููู ููุชููููู ู ููู ุงููููุญูููุฉู ููุงูุฑููุฃูุณู
โMakruh mencabut uban karena didasarkan kepaa hadits riwayat โAmr bin Syuaib dari bapaknya dari kakeknya dari Nabi saw beliau bersabda: โJangan kalian mencabut uban karena uban itu adalah cahaya orang muslim kelak di hari kiamatโ. Ini adalalah hadist hasan yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud at-Tirmidzi, Nasai, dan lainnya dengan sanad hasan. At-Tirmidzi berkata: โBahwa hadits ini adalah hadits hasan. Para ulama dari madzhab kami (madzhab syafiโi) berpendapat bahwa makruh mencabut uban. Pandangan ini ditegaskan oleh al-Ghazali sebagaimana keterangan yang terdahulu, al-Baghawi dan ulama lainnya. Seandainya dikatakan haram mencabut uban karena adanya larangan yang jelas maka mungkin saja. Dan tidak ada perbedaan hukum kemakruhanya antara mencabut uban jenggot dan kepalaโ (Muhyiddin Syarf an-Nawawi, al-Majmuโ Syarh al-Muhadzdzab, Bairut-Dar al-Fikr, juz, I, hlm. 293)
Namun ada pandangan lain yang dikemukakan oleh imam Abu Hanifah yang terdapat dalam kitab al-Khulashah yang dinukil dari kitab al-Muntaqa. Menurutnya, hukum mencabut uban tidaklah makruh kecuali jika bertujuan untuk berhias diri (tazayyun). Pandangan ini menurut ath-Thahawi sebaiknya tidak dipahami secara literalis. Beliau memberi catatan, bahwa pandangan imam Abu Hanifah tersebut seyogyanya dipahami ketika uban yang dicabut adalah sedikit, tetapi jika banyak maka hukumnya tetap makruh karena adanya hadits yang melarang untuk mencabut uban yang diriwayatkan Abu Dawud sebagaimana disebutkan di atas.ย ย
ููููู ุงููุฎูููุงุตูุฉู ุนููู ุงููู ูููุชูููู ููุงูู ุฃูุจูู ุญููููููุฉู ููุง ููููุฑููู ููุชููู ุงูุดููููุจู ุฅููููุง ุนูููู ููุฌููู ุงูุชููุฒูููููู ุงู ููููููุจูุบูู ุญูู ููููู ุนูููู ุงููููููููู ุฃูู ููุง ุงููููุซููุฑู ููููููุฑููู ููุฎูุจูุฑู ุฃูุจูู ุฏูุงููุฏู ููุง ุชูููุชููููุง ุงูุดููููุจู ููุฅูููููู ูููุฑู ุงููู ูุณูููู ู ููููู ู ุงููููููุงู ูุฉู
โDi dalam kitab al-Khulashah yang dinukil dari kitab al-Muntaqa terdapat keterangan yang menyatakan bahwa imam Abu Hanifah tidak memakruhkan mencabut uban kecuali dengan tujuan berhias diri. Dan seyogynya pandangan ini dipahami ketika uban yang dicabut adalah sedikit, namun jika banyak maka hukumnya tetap makruh berdasarkan hadits riwayat Abu Dawud: โJangan kalian mencabut uban karena uban itu adalah cahaya orang muslim kelak di hari kiamatโโ (Lihat, ath-Thahawi, Hasyiyah โala Maraqi al-Falah Syarh Nur al-Idlah, Bulaq-Mathbaโah al-Amiriyah al-Kubra, 1318 H, h. 342).
Demikian jawaban yang dapat kami kemukakan. Semoga bisa dipahami dengan baik. Bagi orang yang sudah beruban tak perlu risau dan malu dengan ubannya karena uban adalah cahaya orang muslim kelak di hari kiamat. Dan kami selalu terbuka untuk menerima saran dan kritik dari para pembaca.
ย
Wallahul muwaffiq ila aqwamith thariq
Wassalamuโalaikum wr. wb
ย
Mahbub Maโafi Ramdlan
ย
ย
Terpopuler
1
Khutbah Jumat: Menggali Hikmah Ibadah Haji dan Kurban
2
Khutbah Jumat: Menggapai Pahala Haji Meskipun Belum Berkesempatan ke Tanah Suci
3
Niat Puasa Dzulhijjah, Raih Keutamaannya
4
Pengrajin Asal Cianjur Sulap Tenda Mina Jadi Pondok Teduh dan Hijau
5
Khutbah Jumat: Persahabatan Sejati, Jalan Keselamatan Dunia dan Akhirat
6
Prabowo Serukan Solusi Dua Negara agar Konflik Israel-Palestina Reda
Terkini
Lihat Semua