Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Doa Keluar Kamar Kecil, WC, atau Toilet

Doa Keluar Kamar Kecil, WC, atau Toilet
Islam menganjurkan kita untuk berdoa setelah keluar kamar kecil, WC, atau toilet. (Foto: Ilustrasi)
Islam menganjurkan kita untuk berdoa setelah keluar kamar kecil, WC, atau toilet. (Foto: Ilustrasi)

Islam menganjurkan kita untuk berdoa setelah keluar kamar kecil, WC, atau toilet. Islam menganjurkan kita untuk meminta ampun dan bertahmid setelah keluar kamar kecil, WC, atau toilet. Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca sebelum masuk ke kamar kecil, WC, atau toilet:


غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ


Ghufrānakal ḥamdu lillāhil lażī ażhaba ‘annil ażā wa ‘āfānī.


Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku dan menjaga kesehatanku.”


Doa keluar kamar kecil, WC, atau toilet ini dibaca oleh Rasulullah saw. Redaksi “ghufrānaka” pada doa ini dapat dirujuk dalam Kitab Sunan Abi Dawud dan Sunan At-Tirmiżi. Adapun redaksi berikutnya diriwayatkan oleh Sunan An-Nasa’i dan Sunan Ibni Majah. Doa ini diriwayatkan oleh Siti Aisyah ra:


ثم سبب الحمد في هذا المقام ترادف الفضل والإنعام على المتبرز بإزالة ضرر ما في جوفه الذي لو بقي منه أدنى شيئ لأضرّ إضرارا بينا


Artinya, “Sebab tahmid atau hamdalah pada konteks ini setara dengan keutamaan dan syukur nikmat atas keluarnya zat yang akan mengganggu metabolisme tubuh bila tetap bertahan di dalamnya. (al-Futūhāt al-Rabbāniyyah ‘alā al-Ażkār al-Nawāwiyyah, juz I/404).


Adapun berikut ini adalah doa alternatif yang juga dibaca oleh Rasulullah saw ketika keluar kamar kecil, WC, atau toilet.


الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَحْسَنَ إِلَيَّ فِي أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ


Alhamdulillāhil lażī fī awwalihī wa ākhirihī.


Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah berbuat baik kepadaku pada awal dan akhirnya.” (HR Ibnu Sunni dari sahabat Anas bin Malik ra). Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Doa Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×