Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Doa Masuk WC atau Toilet serta Faedahnya

Doa Masuk WC atau Toilet serta Faedahnya
Bacalah doa ketika masuk toilet. (Foto: Ilustrasi)
Bacalah doa ketika masuk toilet. (Foto: Ilustrasi)

Islam menganjurkan kita untuk berdoa sebelum masuk ke kamar kecil/wc/toilet. Islam menganjurkan kita untuk menyebut nama Allah atau membaca basmalah sebelum masuk ke kamar kecil/wc/toilet. Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca sebelum masuk ke wc/toilet:


اللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ


Allāhumma innī a‘ūżu bika minal khubuṣi wal khabā’iṣi.


Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.


Doa ini dibaca oleh Rasulullah saw ketika ia hendak masuk ke kamar kecil/wc/toilet. Redaksi doa ini dapat dirujuk dalam Kitab Jami Shahih Bukhari dan Jami Shahih Muslim melalui riwayat sahabat Anas bin Malik ra.


Ada baiknya doa masuk kamar kecil/wc/toilet ini diawali dengan pembacaan basmalah. Pembacaan basmalah dapat menutup aurat manusia dari pandangan jin dan makhluk halus lainnya. Rasulullah bersabda sebagai berikut:


وروينا عن علي رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال ستر ما بين أعين الجن وعورات بني آدم إذا دخل الكنيف أن يقول بسم الله رواه الترمذي


Artinya, “Diriwayatkan dari Sayyidina Ali ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Penghalang pandangan jin dan aurat manusia apabila ia memasuki kamar kecil/wc/toilet adalah bacaan ‘bismillāh,’” (HR At-Tirmiżi).


Doa masuk wc/toilet dibaca bukan hanya sebelum memasuki kamar kecil/wc/toilet. Doa masuk kamar kecil/wc/toilet juga dianjurkan untuk dibaca di ruang terbuka jika membuang air di alam terbuka pada situasi tertentu.


قال أصحابنا ويستحب هذا الذكر سواء كان في البنيان أو في الصحراء


Artinya, “Sahabat kami berkata, ‘Doa ini dianjurkan untuk dibaca (sebelum masuk) baik di kamar kecil/wc/toilet berbentuk bangunan maupun di padang tebuka,’” (Imam An-Nawawi, Al-Azkar, [Mesir, Darul Hadits: 2003 M/1424 H],).


Demikian doa masuk kamar kecil/wc/toilet dan ketentuannya dalam agama Islam. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Doa Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×