Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Doa Mengantar Seseorang Pergi

Doa Mengantar Seseorang Pergi
Doa mengantar seseorang pergi.
Doa mengantar seseorang pergi.

Kita dianjurkan untuk mendoakan keselamatan bagi orang yang sedang menempuh perjalanan. Kita juga sebaiknya mendoakan kelancaran perjalanan ketika mengantar seseorang pergi agar yang bersangkutan diberikan kemudahan sepanjang perjalanan.
 

Baca juga: Doa Naik Kendaraan


Adapun berikut ini adalah doa Rasulullah ketika mengantar salah seorang sahabatnya pergi: 


اللَّهُمَّ اطْوِ لَهُ البَعِيْدَ (البُعْدَ)، وَهَوِّنْ عَلَيْهِ السَّفَرَ


Allahummathwi lahul ba‘īda (bu’da) wa hawwin ‘alayhis safara.


Artinya, “Ya Allah, dekatkan jarak tempuhnya yang jauh dan mudahkanlah perjalanan baginya.”
 


Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dan Ibnu Majah yang mengisahkan salah seorang sahabat yang meminta diri kepada Nabi Muhammad saw.


روينا في كتاب الترمذي وابن ماجه عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رجلا قال يا رسول الله إني أريد أن أسافر فأوصني، قال عليك بتقوى الله تعالى، والتكبير على كل شرف، فلما ولى الرجل قال اللهم اطو له البعيد، وهون عليه السفر، قال الترمذي حديث حسن


Artinya, “Diriwayatkan kepada kami di Kitab At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari sahabat Abu Hurairah ra. Ia bercerita, suatu hari seorang sahabat datang dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, aku hendak beperjalanan. Aku memohon wasiatmu.’ ‘Hendaklah kamu bertakwa kepada Allah, dan bertakbir kala perjalanan menanjak.’ Setelah orang itu berpaling, Rasulullah berdoa, ‘Ya Allah, dekatkan jarak tempuhnya yang jauh dan mudahkanlah perjalanan baginya.’ Imam At-Tirmidzi berkata, ‘Ini hadits hasan,’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).


Doa ini penting diucapkan oleh mereka yang mengantar keluarga atau sahabatnya pergi agar yang bersangkutan nyaman dan diberikan keselamatan serta kelancaran dalam perjalanan. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Doa Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×