Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Problem Fiqih Promo Belanja Gratis di Platform Akulaku

Problem Fiqih Promo Belanja Gratis di Platform Akulaku
Problem Fiqih Promo Belanja Gratis di Platform Akulaku
Problem Fiqih Promo Belanja Gratis di Platform Akulaku

Akulaku merupakan salah satu platform belanja online yang menyediakan fasilitas kredit bagi penggunanya melalui kartu kredit online (paylater). Kartu kredit online ini sebenarnya sudah pernah penulis sampaikan kajiannya dalam tulisan yang bertajuk “Kartu Kredit Online atau Paylater menurut Hukum Islam.” Namun, bagaimana bila paylater ini diterapkan pada kredit di Akulaku ini? Yuk, simak kajiannya!

Sekilas tentang Akulaku

Akulaku merupakan platform yang resmi bergerak dalam jual beli online secara kredit serta telah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan. Dengan adanya legalitas ini, penyelenggaraan sistem elektronik dari Akulaku telah dijamin keamanannya di atas kertas, secara hukum (dejure).

Pihak Akulaku sendiri menjelaskan bahwa Akulaku adalah platform perbankan dan keuangan digital yang menyasar wilayah negara-negara di seluruh wilayah Asia Tenggara dan telah beroperasi di 4 negara besar: Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Malaysia.

Ia menargetkan pasar negara berkembang dengan kelompok konsumen yang kurang terlayani tetapi berkredibilitas dengan pertumbuhan cepat. Akulaku saat ini menyediakan layanan perbankan digital, kredit konsumen, investasi digital, dan broker asuransi kepada pengguna, serta memenuhi kebutuhan keuangan untuk berbagai pelanggan.

Sistem Kredit di Akulaku

Ada dua cara belanja dengan menggunakan platform Akulaku.

  1. Dapat dilakukan dengan jalan kredit barang di platform Akulaku itu sendiri.
  2. Dapat diilakukan dengan jalan kredit di merchant lain, sementara pembayarannya ditalangi oleh Akulaku.

Promo Belanja Gratis di Akulaku

Di sisi lain, platform Akulaku juga menawarkan belanja gratis 0 rupiah. Bagaimana mekanismenya? Berikut ini yang dapat penulis himpun dari beberapa penjelasan yang tersebar.

Situs Cicilan.id menuliskan:

Bagi kamu yang ingin yang ingin tahu tentang cara mendapatkan barang gratis di Akulaku, maka simak terus ulasan ini hingga akhir.”

Akulaku juga memberikan kemudahan pembayaran, yaitu bisa menggunakan metode cicilan dengan tenor yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan kamu. Dengan begitu, membeli barang di Akulaku akan terasa lebih ringan karena menggunakan metode cicilan tersebut.

Yang menarik dari tulisan ini adalah ketika situs tersebut menyampaikan: “Namun, tahukah kamu jika di Akulaku kamu bisa mendapatkan barang secara gratis? Mungkin hal tersebut masih belum diketahui oleh kebanyakan pengguna Akulaku. Oleh sebab itu, banyak pengguna Akulaku yang tidak memanfaatkan kesempatan ini.

Lebih lanjut disampaikan dalam situs tersebut: “Program belanja gratis Akulaku merupakan  program Promosi, yang mana bisa berakhir kapan pun. Prosesnya bahkan lebih mudah dibandingkan dengan Cara Menonaktifkan Akulaku yang juga bisa di aplikasikan di dalam aplikasi itu.”

“Barang-barang gratis tersebut juga memiliki nominal yang tidak sedikit sehingga nantinya bisa kamu jual lagi ataupun bisa digunakan untuk diri sendiri. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui caranya maka simak saja ulasan berikut ini.”

Cara Mendapatkan Barang Gratis di Akulaku

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang disampaikan oleh manajemen guna mendapatkan barang gratis di Akulaku:

  1. Pertama, silakan buka aplikasi Akulaku.
  2. Bagi yang belum memiliki aplikasi tersebut, silakan download terlebih dahulu di Play Store ataupun App Store sesuai dengan Smartphone yang digunakan.
  3. Setelah berhasil didownload, selanjutnya tinggal lakukan registrasi dengan mengikuti semua arahan yang diberikan oleh Akulaku hingga selesai.
  4. Jika sudah berhasil membuat akun, maka tinggal buka aplikasi Akulaku.
  5. Setelah masuk pada tampilan awal Akulaku, selanjutnya pilih menu “Personal” yang terletak di pojok kiri sebelah bawah.
  6. Jika sudah, silakan pilih pada barang yang bertuliskan “Ambil Gratis” di sebelah atas.
  7. Setelah itu nantinya akan muncul berbagai macam pilihan barang gratis seperti, Rice Cooker, Mixer, Helm, dan masih banyak lagi barang gratis lainnya yang terdapat pada halaman tersebut.
  8. Silakan pilih barang yang kamu suka atau yang kamu butuhkan.
  9. Jika sudah menemukan barang pilihan kamu, maka tinggal pilih tombol “Ambil gratis“.
  10. Setelah kamu pilih tombol tersebut, nantinya kamu akan diarahkan pada tampilan “Belanja Gratisku“.

Setelah melakukan prosedur di atas, selanjutnya pengguna tidak bisa langsung mendapatkan barang gratis tersebut karena ada persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk mendapatkannya, Anda membutuhkan dua bantuan dari teman agar bisa mendapatkan barang gratis ini.

Caranya, Anda diminta untuk mengajak dua orang saja untuk (1) mendownload aplikasi Akulaku, dan (2) mengajukan limit pinjaman.

Penting dicatat bahwa pengajuan limit pinjaman ini tidak hanya berlaku atas teman Anda, melainkan juga Anda sendiri telah melakukannya pada saat pengajuan akun Anda sendiri. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pada halaman “Belanja Gratisku“, silakan pilih tombol “Ajukan Sekarang” dan nantinya kamu akan diarahkan ke Whatsapp kamu.
  2. Setelah itu, kamu bisa undang semua kontak yang ada di Whatsapp milikmu. Undangan tersebut berisi sebuah link yang nantinya bisa di klik oleh orang yang kamu undang.
  3. Jika orang yang kamu undang sudah meng-klik link tersebut, maka akan diarahkan pada menu referral.
  4. Nah, pada menu tersebut orang yang kamu undang akan memasukkan nomor HP kamu lalu memilih tombol “Ambil voucher dan bantu dia“.
  5. Kemudian, ketika ada dua orang yang ada dikontak kamu sudah mendownload Akulaku dan sudah mendapatkan limit pinjaman, maka misi untuk mendapatkan barang gratis tersebut bisa berhasil.
  6. Setelah itu, kembali lagi ke aplikasi Akulaku pada halaman “Belanja Gratisku“.
  7. Dalam halaman tersebut terdapat pemberitahuan bahwa “pengajuan limit teman berhasil sama dengan berhasil bantu satu kali“.
  8. Nah, dibawah tulisan tersebut terdapat dua kolom yang berisi nama teman yang sudah membantu kamu.
  9. Jika misinya sudah selesai, maka kamu bisa pilih “Ajukan Sekarang” dan kamu bisa langsung klaim barang gratis dari Akulaku tersebut.
  10. Nah, setelah berhasil mendapatkan barang gratis di Akulaku, kamu juga bisa mendapatkan barang gratis lainnya dengan cara seperti yang sudah dijelaskan diatas. Syaratnya cukup mengundang 2 orang yang belum pernah mendownload aplikasi Akulaku atau pengguna baru.

Jika 2 orang yang kamu ajak sudah mendownload aplikasi Akulaku dan mengajukan limit Akulaku, maka bisa dipastikan kamu berhasil mendapatkan barang gratis yang kamu inginkan.

Problem Fiqih pada Promo Akulaku

Berbekal mencermati deskripsi di atas, ada sejumlah permasalahan fiqih yang menghendaki untuk diurai. Setidaknya, ada 4 permasalahan yang penting untuk dikupas, antara lain sebagai berikut:

  1. Apa status limit pinjaman yang disampaikan lewat kredit Akulaku di atas, yang mana pengajuan kredit tersebut ternyata tidak diikuti dengan penyerahan uang di kemudian hari?
  2. Darimana pihak platform Akulaku dan pelapak yang terafiliasi di dalamnya mendapatkan keuntungan sementara pihak pembeli tidak ada penyerahan uang? Padahal, pihak pelapak secara jelas mengeluarkan barang dengan nilai Rp 0,-
  3. Sahkah pekerjaan mencari anggota tersebut dipandang sebagai ganti dari barang?
  4. Halalkah barang tersebut di tangan konnsumen, bila ia tidak menyerahkan uang sebagai ganti harga?

Keempat hal ini akan menjadi pancatan utama kajian peneliti dalam mengurai skema transaksi yang berlaku pada kredit Akulaku. Peneliti hanya fokus pada kajian fiqihnya, berbekal deskripsi yang ada. Bilamana ada kesalahan dalam deskripsi, maka dapat dimungkinkan terjadi perbedaan hukum yang berlaku, kelak ke depan. Wallahu fi auni ‘abdi ma dama al-abdu fi auni akhihi.

Ustadz Muhammad Syamsudin, Peneliti Bidang Ekonomi Syariah - Aswaja NU Center PWNU Jatim



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Ekonomi Syariah Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×