Nabi Muhammad SAW menyebut imam atau pemimpin yang adil sebagai satu dari tujuh kelompok yang mendapat naungan Allah di hari kiamat. Sebenarnya agama tidak hanya menuntut pemimpin untuk bersikap adil, tetapi juga umat manusia secara umum sebagaimana tercantum dalam Surat An-Nahl ayat 90.
ุฅูููู ุงูููููู ููุฃูู
ูุฑู ุจูุงููุนูุฏููู ููุงููุฅูุญูุณูุงูู ููุฅููุชูุงุกู ุฐูู ุงููููุฑูุจูู ููููููููู ุนููู ุงููููุญูุดูุงุกู ููุงููู
ูููููุฑู ููุงููุจูุบููู ููุนูุธูููู
ู ููุนููููููู
ู ุชูุฐููููุฑูููู
Artinya, โSungguh Allah memerintahkan (kamu) untuk berbuat adil dan berbuat baik,โ (Surat An-Nahl ayat 90).
Sementara pada surat lain, Allah juga memerintahkan manusia untuk bersikap adil. Pada Surat Al-Hujurat ayat 9 berikut ini, Allah menyatakan restu-Nya untuk mereka yang berbuat adil.
ููุฃูููุณูุทููุง ุฅูููู ุงูููููู ููุญูุจูู ุงููู
ูููุณูุทูููู
Artinya, โBerbuat adillah, Sungguh Allah menyukai orang-orang yang berbuat adil,โ (Surat Al-Hujurat ayat 9).
Adapun sebutan imam atau pemimpin yang adil dapat ditemukan dalam riwayat Bukhari dan Muslim berikut ini. Imam atau pemimpin yang adil disebut pertama sebagai kelompok yang mendapat naungan Allah di hari kiamat.
ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุงูู ุณูุจูุนูุฉู ููุธููููููู
ู ุงูููููู ููู ุธูููููู ููููู
ู ููุง ุธูููู ุฅููููุง ุธูููููู ุงููุฅูู
ูุงู
ู ุงููุนูุงุฏููู ููุดูุงุจูู ููุดูุฃู ููู ุนูุจูุงุฏูุฉู ุงูููููู ููุฑูุฌููู ููููุจููู ู
ูุนูููููู ุจูุงูู
ูุณูุงุฌูุฏู ููุฑูุฌูููุงูู ุชูุญูุงุจููุง ููู ุงูููููู ุงุฌูุชูู
ูุนูุง ุนููููููู ููุชูููุฑููููุง ุนููููููู ููุฑูุฌููู ุทูููุจูุชููู ุงู
ูุฑูุฃูุฉู ุฐูุงุชู ู
ูููุตูุจู ููุฌูู
ูุงูู ููููุงูู ุฅููููู ุฃูุฎูุงูู ุงูููููู ููุฑูุฌููู ุชูุตูุฏูููู ุจูุตูุฏูููุฉู ููุฃูุฎูููุงููุง ุญูุชููู ููุง ุชูุนูููู
ู ุดูู
ูุงูููู ู
ูุง ุชููููููู ููู
ูููููู ููุฑูุฌููู ุฐูููุฑู ุงูููููู ุฎูุงููููุง ููููุงุถูุชู ุนูููููุงูู ู
ุชูู ุนููู
Artinya, โDari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhammad SAW, ia bersabda, โAda tujuh kelompok orang yang dinaungi oleh Allah pada hari tiada naungan selain naungan-Nya, yaitu pemimpin yang adil, pemuda yang mengisi hari-harinya dengan ibadah, seseorang yang hatinya terpaut dengan masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah di mana keduanya bertemu dan berpisah karena Allah, seorang yang dibujuk berzina oleh lawan jenis yang berpangkat dan rupawan lalu menjawab, โAku takut kepada Allah,โ seseorang yang bersedekah diam-diam sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dilakukan tangan kanannya, dan seseorang yang berzikir di kesunyian dengan menitikkan air mata,โโ (HR Bukhari dan Muslim).
Penyebutan pertama imam atau pemimpin yang adil ini bukan tanpa makna. Penyebutan pertama imam atau pemimpin yang adil menunjukkan betapa pentingnya keadilan imam atau pemimpin.
Peyebutan pertama imam atau pemimpin yang adil menandai nilai kehadirannya di tengah masyarakat karena berurusan dengan kepentingan publik dan hajat hidup orang banyak, terutama sebagai pihak yang paling pertama memenuhi kelompok dhuafa dan kelompok masyarakat yang terpinggirkan haknya.
ูุจุฏุฃ ุจุงูุดุฎุต ุงูุนุงุฏู ูุฃู ุญูุงุชู ูู ููููุงุณ ูุฅู ุงูุญุงูู
ุงูุนุงุฏู ูู ุงููุงุณุฑ ูุดููุฉ ุงูุธูู
ุฉ ูุงูู
ุฌุฑู
ูู ููู ุณูุฏ ุงูุถุนูุงุก ูุงูู
ุณุงููู ูุจู ููุชุธู
ุฃู
ุฑ ุงููุงุณ ููุฃู
ููู ุนูู ุฃุฑูุงุญูู
ูุฃู
ูุงููู
ูุฃุนุฑุงุถูู
Artinya, โAllah mengawali tujuh kelompok dengan menyebut โorang yang adilโ terlebih dahulu karena kehidupannya itu menyangkut dirinya dan nasib orang banyak. Pemerintah yang adil ini adalah ia yang mematahkan โduriโ orang-orang zalim dan pelaku kriminal. Ia adalah sandaran kaum dhuafa dan orang-orang miskin. Dengan kehadiran pemerintah yang adil, urusan publik terselesaikan sehingga mereka merasa aman dan terjamin jiwa, harta, dan nama baiknya,โ (Lihat Syekh Hasan Sulaiman Nuri dan Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki, Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Maram, [Beirut, Darul Fikr: 1996 M/1416 H], cetakan pertama, juz II, halaman 256).
Tetapi imam atau pemimpin yang adil bukan lagi berbicara jenis kelamin atau terbatas pada aparat pemerintah belaka. Imam atau pemimpin memiliki pengertian yang luas. Kata imam atau pemimpin juga mencakup siapa yang mengemban amanah dalam bentuk apa pun yang dituntut untuk bersikap adil.
Imam atau pemimpin, kata Syekh Hasan Sulaiman Nuri dan Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki, bisa diterjemahkan sebagai seorang suami, seorang istri, seorang ayah, seorang ibu, seorang anak, seorang guru, seorang murid, seorang kepala bagian, seorang komandan, dan lain sebagainya yang mengemban kewajiban tertentu.
ุงูุฅู
ุงู
ุงูุนุงุฏู ุงูุญุงูู
ุงูุนุงู
ุงูุชุงุจุน ูุฃูุงู
ุฑ ุงููู ุชุนุงูู ููุถุน ูู ุดูุก ู
ูุถุนู ู
ู ุบูุฑ ุฅูุฑุงุท ููุง ุชูุฑูุท ูุฏุฎู ูู ุฐูู ุงูุฃู
ูุฑ ูููุงุจู ูุงูุฑุฌู ูู ุฃููู ูุงูู
ุฑุฃุฉ ูู ุจูุชูุง ูุงูู
ุฏุฑุณ ูู ูุตูู
Artinya, โImam atau pemimpin yang adil pemerintah secara umum yang mengikuti perintah Allah. Ia menempatkan segala sesuatu di tempatnya tanpa kelebihan dan tanpa kekurangan. Kata โpemerintahโ di sini mencakup presiden dan aparatnya sampai yang terbawah, seorang di tengah istri dan anak-anaknya, seorang istri di rumah, seorang guru di dalam kelas,โ (Lihat Syekh Hasan Sulaiman Nuri dan Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki, Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Maram, [Beirut, Darul Fikr: 1996 M/1416 H], cetakan pertama, juz II, halaman 256).
Dari keterangan itu, kita dapat menarik simpulan bahwa Allah mengapresiasi dan mencintai imam atau pemimpin yang adil. Imam atau pemimpin memiliki pengertian yang cukup luas, yaitu mencakup siapa yang mengemban kewajiban tertentu. Walllahu aโlam. (Alhafiz K)