Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Kisah Kesederhanaan Rasulullah Saw dalam Hal Makanan dan Minuman

Kisah Kesederhanaan Rasulullah Saw dalam Hal Makanan dan Minuman
Ilustrasi
Ilustrasi

Rasulullah saw merupakan pemimpin hebat yang diakui masyarakat dunia. Tetapi Rasulullah saw terkenal sebagai hamba Allah yang menerima rezeki yang ada. Banyak riwayat menyebutkan jenis pakaian dan makanan Rasulullah saw yang menunjukkan sikap qanaah Rasulullah saw.


Ibnu Majah dan Al-Hakim meriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah saw mengonsumsi khasyin, mengenakan pakaian tenunan berbahan wol yang murah, dan bersepatu sandal tambalan.


"Apakah khasyin itu?" sahabat bertanya kepada cucu Rasulullah saw, Hasan ra.


"Gandum yang kasar dan keras. Tidaklah Rasulullah mendorong makanannya melalui tenggorokan kecuali dengan seteguk air," jawab Hasan ra. (Al-Mundziri, At-Targhib wat Tarhib, [Beirut, Darul Fikr: 1998 M/1418 H], juz III, halaman 76).


*


Kisah kesederhanaan Rasulullah saw lainnya diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi. Suatu hari putri Rasulullah saw, Sayyidah Fathimah ra, mengunjungi ayahnya. Ia membawa selembar roti yang bulat pipih (qursh) yang akan diberikan kepada ayahnya. 


"Fathimah, apa potongan ini?" tanya Rasulullah saw.


"Ini qursh (roti) yang kuadon sendiri. Aku kurang terlalu suka ini sehingga aku mendatangimu dengan potongan ini," jawab Fathimah ra.


"Ketahuilah, potongan roti ini menjadi makanan pertama yang masuk ke dalam mulut ayahmu sejak tiga hari terakhir," jawab Rasulullah saw.


Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi yang dikutip oleh Sayyid Bakri bin Sayyid M Syatha Dimyathi. (Sayyid Bakri, Kifayatul Atqiya, [Surabaya, Maktabah Ahmad bin Sa’ad bin Nabhan wa Awladuh: tanpa tahun], halaman 19). Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Sirah Nabawiyah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×