M. Tatam Wijaya
Kolomnis
Sebagai Dzat Yang Maha Mencipta, Allah Maha Tahu akan kekurangan hamba-hamba-Nya. Karena itu, Dia senantiasa membuka ruang bagi mereka untuk memperbaiki dan menutupi kekurangan tersebut. Demikian halnya dalam urusan shalat fardhu. Tahu akan kekurangan shalat fardhu yang mereka lakukan, Dia mensyariatkan shalat sunnah pengiringnya.
ย
Itulah shalat sunnah rawatib. Salah satu hikmahnya adalah sebagai penambal atau penyempurna kekurangan yang mungkin selalu terjadi di dalamnya. Padahal, setiap Muslim tahu bahwa amal shalat fardhu adalah amal hamba yang pertama kali dihisab, sebagaimana yang dikemukakan dalam hadits riwayat Abu Hurairah berikut ini. Dalam riwayat tersebut, Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam bersabda:
ย
ุฅูููู ุฃูููููู ู ูุง ููุญูุงุณูุจู ุจููู ุงููุนูุจูุฏู ุงููู ูุณูููู ู ููููู ู ุงููููููุงู ูุฉูุ ุงูุตููููุงุฉู ุงููู ูููุชููุจูุฉูุ ููุฅููู ุฃูุชูู ููููุงุ ููุฅููููุง ููููู: ุงููุธูุฑููุง ูููู ูููู ู ููู ุชูุทููููุนูุ ููุฅููู ููุงูู ูููู ุชูุทููููุนู ุฃูููู ูููุชู ุงููููุฑููุถูุฉู ู ููู ุชูุทููููุนูููุ ุซูู ูู ููููุนููู ุจูุณูุงุฆูุฑู ุงููุฃูุนูู ูุงูู ุงููู ูููุฑููุถูุฉู ู ูุซููู ุฐููููู
ย
Artinya, โSesungguhnya amal hamba yang pertama kali dihisab pada hari Kiamat adalah shalat fardhu. Itu pun jika sang hamba menyempurnakannya. Jika tidak, maka disampaikan, โLihatlah oleh kalian, apakah hamba itu memiliki amalan (shalat) sunnah?โ Jika memiliki amalan shalat sunnah, sempurnakan amalan shalat fardhu dengan amal shalat sunnahnya. Kemudian, perlakukanlah amal-amal fardhu lainnya seperti tadi,โ (HR. Ibnu Majah).
ย
ย
ููููุฏู ุฐูููุฑู ุงูุฑููุงููุนูููู ููู ุงููููููุงู ู ุนูููู ุงููู ูุฑููุกูุฉู ุฃูููู ู ููู ุงุนูุชูุงุฏู ุชูุฑููู ุงูุณูููููู ุงูุฑููููุงุชูุจู ููุชูุณูุจููุญูุงุชู ุงูุฑูููููุนู ููุงูุณููุฌููุฏู ุฑูุฏููุชู ุดูููุงุฏูุชูููุ ููุชูููุงูููููู ุจูุงูุณููููููุ ููููุฐูุง ุตูุฑููุญู ููู ุฃูููู ุงููู ูููุงุธูุจูุฉู ุนูููู ุงุฑูุชูููุงุจู ุฎูููุงูู ุงููู ูุณูููููู ุชูุฑูุฏูู ุงูุดููููุงุฏูุฉู ุจููู ู ูุนู ุฃูููููู ููุง ุฅุซูู ู ููููู.
ย
Imam Ar-Rafiโi menyebutkan dalam pembahasan tentang muruah bahwa orang yang biasa meninggalkan shalat-shalat sunnah rawatib, tasbih rukuk, dan sujud, layak ditolak kesaksiannya karena dianggap menyepelekan sunah. Ini jelas bahwa melanggengkan diri melakukan sesuatu yang bertentangan dengan perkara sunah menyebabkan ditolaknya kesaksian walaupun tidak ada dosa di dalamnya. (Lihat: Ibnu Hajar al-Haitami, Al-Jawazir โan Iqtirafil-Kabaโir, [Beirut: Darul Fikr], 1987, cet. pertama, jilid 2, hal. 318).
ย
Jumlah rakaat shalat sunnah rawatib memang beragam, mengingat banyaknya riwayat tentangnya. Menukil riwayat Al-Bukhari dan Muslim, ulama Syafiโi membaginya menjadi dua golongan: ada yang muakkad, ada yang ghair muโakkad. Yang muakkad berjumlah sepuluh rakaat. Sisanya adalah ghair muakkad. Sepuluh rakaat yang muakkad adalah:
ย
(ููุฑูููุงุชูุจู ุงููููุฑูุงุฆูุถู) ุงููู ูุคููููุฏูุฉู (ุนูุดูุฑู)ุ ููุงููุญูููู ูุฉู ูููููุง ุชูููู ูููู ู ูุง ููููุตู ู ููู ุงููููุฑูุงุฆูุถู ููุถูููุง ู ููู ุงููููู ููููุนูู ูุฉูุ ูููููู (ุฑูููุนูุชูุงูู ููุจููู ุงูุตููุจูุญู ูู) ุฑูููุนูุชูุงูู ููุจููู (ุงูุธููููุฑู ููุฑูููุนูุชูุงูู ุจูุนูุฏู ุงูุธููููุฑู ูู) ุฑูููุนูุชูุงูู ุจูุนูุฏู (ุงููู ูุบูุฑูุจู ูู) ุฑูููุนูุชูุงูู ุจูุนูุฏู (ุงููุนูุดูุงุกู) ููููุงุชููุจูุงุนู ุฑูููุงูู ุงูุดููููุฎูุงูู
ย
Artinya, โShalat sunnah rawatib pengikut fardhu yang ditekankan adalah sepuluh rakaat. Hikmahnya adalah menyempurnakan kekurangan shalat fardhu sebagai karunia dan nikmat dari Allah. Sepuluh rakaat tersebut adalah dua rakaat sebelum subuh, dua rakaat sebelum dhuhur, dua rakaat setelah dhuhur, dua rakaat setelah magrib, dan dua rakaat setelah isya, karena ikut kepada riwayat Al-Bukhari dan Muslim.โ (Lihat: Asnal Mathalib fi Syarh Raudlatith-Thalib, jilid 1, hal. 202).
ย
ย
Di samping sebagai penyempurna shalat fardhu, shalat sunnah rawatib juga memiliki keutamaan umum untuk mengantarkan seorang hamba kepada ridla Allah dan kenikmatan surga, sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat An-Nasaโi dari Ummu Habibah berikut ini, meski terdapat sedikit perbedaan jumlah rakaat:
ย
ุซูููุชูุง ุนูุดูุฑูุฉู ุฑูููุนูุฉู ู ููู ุตููููุงูููููุ ุจููููู ูููู ุจูููุชู ููู ุงููุฌููููุฉูุ ุฃูุฑูุจูุนู ุฑูููุนูุงุชู ููุจููู ุงูุธููููุฑูุ ููุฑูููุนูุชูุงูู ุจูุนูุฏู ุงูุธููููุฑูุ ููุฑูููุนูุชูุงูู ููุจููู ุงููุนูุตูุฑูุ ููุฑูููุนูุชูุงูู ุจูุนูุฏู ุงููู ูุบูุฑูุจูุ ููุฑูููุนูุชูุงูู ููุจููู ุตูููุงุฉู ุงูุตููุจูุญู
ย
Artinya, โDua belas rakaat yang ditunaikan seseorang maka sebuah rumah di surga akan dibangunkan untuknya, yakni empat rakaat sebelum dhuhur, dua rakaat setelah dhuhur, dua rakaat sebelum ashar, dua rakaat setelah magrib, dan dua rakaat sebelum subuh.โ
ย
Sementara keutamaan khusus yang dimiliki shalat sunnah rawatib adalah empat rakaat sebelum dan setelah dhuhur, berdasarkan riwayat berikut:
ย
ู ููู ุญูุงููุธู ุนูููู ุฃูุฑูุจูุนู ุฑูููุนูุงุชู ููุจููู ุงูุธููููุฑู ููุฃูุฑูุจูุนู ุจูุนูุฏูููุง ุญูุฑููู ููู ุงูููููู ุนูููู ุงููููุงุฑู
ย
ย
Masih dalam riwayat At-Tirmidzi disebutkan, empat rakaat sebelum shalat ashar mengundang rahmat Allah subhanahu wataโala.
ย
ุฑูุญูู ู ุงููููย ุงู ูุฑูุฃู ุตููููู ููุจููู ุงููุนูุตูุฑู ุฃูุฑูุจูุนูุง
ย
Artinya, โAllah merahmati seseorang yang shalat sunnah empat rakaat sebelum ashar.โ
ย
Bahkan, ada shalat sunnah rawatib yang menandingi kebaikan dunia dan isinya. Dialah shalat sunnah fajar atau dua rakaat shalat sunnah subuh. Demikian yang disebutkan dalam riwayat Muslim dan At-Tirmidzi.
ย
ุฑููุนูุชูุง ุงูููุฌูุฑ ุฎูุฑ ู ู ุงูุฏููููููุง ููู ูุง ูููููุง
ย
Artinya, โDua rakaat fajar lebih baik dari dunia dan pengisinya.โ
ย
Sementara shalat sunnah rawatib ghair muakkad dua rakaat sebelum shalat magrib dan sebelum shalat isya, dalilnya adalah:
ย
ุจููููู ููููู ุฃูุฐูุงูููููู ุตููุงูุฉู )ุซููุงูุซูุง( ููู ููู ุดูุงุกู
ย
Artinya, โDi antara dua adzan itu ada shalat sunnah (3 kali) bagi dia yang menghendaki,โ (HR. Al-Bukhari).
ย
Kemudian, shalat sunnah rawatib Jumat diqiyaskan kepada shalat dhuhur, baik dalam muakkad maupun ghair muakkad-nya, yakni dua rakaat muakkad sebelum dan setelahnya, dan dua rakaat ghair muakkad sebelum dan setelahnya, sebagaimana dalam riwayat Muslim:
ย
ุฅุฐูุง ุตููููู ุฃูุญูุฏูููู ู ุงููุฌูู ูุนูุฉู ููููููุตูููู ุจูุนูุฏูููุง ุฃูุฑูุจูุนูุง
ย
Artuinya, โJika salah seorang kalian shalat Jumat, maka shalatlah setelahnya empat rakaat.โ
ย
Walhasil, shalat sunnah rawatib memiliki keutamaan yang besar, baik yang muakkad maupun yang ghair muakkad. Antara lain menjadi penambal kekurangan shalat fardhu, pengundang ridla dan rahmat Allah, penanding kebaikan dunia, dan pengantar nikmat akhirat. Siapa pun yang ingin meraih sejumlah keutamaan itu, maka tunaikanlah tanpa melihat muakkad dan ghair muakkad-nya. Sebab, yang ghair mukkad pun memiliki keutamaan besar dan sayang sekali bila dilewatkan. Dalam keadaan sempit, sekurang-kurangnya adalah yang muakkad. Jangan pernah melewatkannya, karena orang yang biasa melewatkannya, menurut Imam Ar-Rafii, layak ditolak kesaksiannya. Wallahu aโlam.
ย
ย
Penulis: M. Tatam
Terpopuler
1
Idul Adha Berpotensi Tak Sama, Ketinggian Hilal Dzulhijjah 1446 H di Indonesia dan Arab Berbeda
2
Gus Baha Ungkap Baca Lafadz Allah saat Takbiratul Ihram yang Bisa Jadikan Shalat Tak Sah
3
Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1446 H Jatuh pada Jumat, 6 Juni 2025 M
4
Pos-Pos Petugas Penentu Kelancaran Lalu Lintas Jamaah di Jamarat Mina
5
Jamaah Diimbau Hindari Sebar Video Menyesatkan, Bisa Merusak Ibadah Haji
6
Hilal Awal Dzulhijjah 1446 H Berpotensi Terlihat di Aceh
Terkini
Lihat Semua