
Keterbatasan air, hawa dingin, atau lainnya kadang menyebabkan seseorang merasa perlu tak menunda basuhan ke tubuh secara keseluruhan.
M Ali Zainal Abidin
Kolomnis
Sudah maklum bahwa mandi besar merupakan hal yang wajib dilakukan bagi orang yang junub atau memiliki hadats besar. Kewajiban dalam mandi besar ini salah satunya adalah membasuh seluruh badan secara merata.
ย
Lazimnya seseorang dalam melaksanakan mandi besar adalah tidak akan menyudahi mandinya sebelum seluruh tubuhnya basah oleh siraman air dalam satu waktu yang sama. Namun jika ada orang yang ingin mencicil membasuh tubuhnya dalam mandi besar karena suatu hal, apakah diperbolehkan? Misalnya ketika tengah malam, ia membasuh kepala dan rambutnya saja, lalu ketika subuh ia menyempurnakan mandi dengan membasuh anggota tubuh yang lain dengan tanpa membasuh anggota yang sudah ia basuh tatkala tengah malam. Apakah cara mandi demikian dianggap sah sebagai mandi besar?
ย
Dalam pembahasan thaharah (bersuci dari hadats), terdapat pembahasan khusus yang berkaitan dengan permasalahan mencicil mandi, yakni pembahasan tentang al-muwalah atau yang biasa diartikan dengan membasuh secara beriringan (berturut-turut, tanpa jeda lama, red). Al-Muwalah ini diartikan secara lengkap oleh Syekh Wahbah az-Zuhaili dalam kitabnya, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh:
ย
ุงูู
ูุงูุงุฉ ุฃู ุงูููุงุก: ูู ู
ุชุงุจุนุฉ ุฃูุนุงู ุงููุถูุก ุจุญูุซ ูุง ููุน ุจูููุง ู
ุง ูุนุฏ ูุงุตูุง ูู ุงูุนุฑูุ ุฃู ูู ุงูู
ุชุงุจุนุฉ ุจุบุณู ุงูุฃุนุถุงุก ูุจู ุฌูุงู ุงูุณุงุจูุ ู
ุน ุงูุงุนุชุฏุงู ู
ุฒุงุฌุง ูุฒู
ุงูุง ูู
ูุงูุง ูู
ูุงุฎุง
ย
โal-Muwalah atau al-Walaโ adalah beriringannya membasuh anggota wudhu sekiranya di antara anggota tersebut tidak terjadi pemisah secara urf. Al-Muwalah dapat juga diartikan beriringannya membasuh anggota tubuh sebelum keringnya anggota yang sebelumnya telah dibasuh, besertaan keadaan, waktu, tempat dan iklim yang normalโ (Syekh Wahbah az-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, juz 1, hal. 385).
ย
Muwalah dalam mandi ataupun wudhuโ dalam mazhab Syafiโi memiliki ketentuan hukum yang sama, yakni sunnah. Dalam kitab al-Majmuโ ala syarh al-Muhadzab dijelaskan:
ย
ููุฃูู
ููุง ู
ูููุงููุงุฉู ุงููุบูุณููู ููุงููู
ูุฐูููุจู ุฃููููููุง ุณููููุฉู ููููุฏู ุชูููุฏููู
ู ุจูููุงููููุง ููู ุจูุงุจู ุตูููุฉู ุงููููุถููุกู
ย
โAdapun beriringan (muwalah) dalam mandi, menurut (pendapat yang kuat) mazhab Syafiโi adalah sunnah, penjelasan tentang ini telah dijelaskan dalam bab tentang sifat-sifat wudhuโโ (Syekh Yahya bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmuโ ala Syarh al-Muhadzab, juz 2, hal. 184).
ย
Dasar kesunnahan muwalah dalam wudhuโ dan mandi besar ini berpijak pada salah satu hadits mauquf dari sahabat Ibnu โUmar:
ย
ุฃูููู ุงุจููู ุนูู
ูุฑู ุชูููุถููุฃู ููู ุงูุณูููููุ ููุบูุณููู ููุฏููููู ููููุฌููููู ููุฐูุฑูุงุนููููู ุซูููุงุซูุง ุซูููุงุซูุงุ ุซูู
ูู ุฏูุฎููู ุงููู
ูุณูุฌูุฏู ููู
ูุณูุญู ุนูููู ุฎูููููููู ุจูุนูุฏู ู
ูุง ุฌูููู ููุถููุกููู ููุตููููู
ย
โIbnu Umar berwudhuโ di pasar, ia membasuh dua tangan, wajah dan kedua lengannya sebanyak tiga kali, lalu masuk ke masjid dan mengusap dua selopnya setelah wudhuโnya kering, lalu ia shalatโ (HR. Baihaqi).
ย
Sedangkan ketika persoalan tentang muwalah ini disikapi dalam lintas mazhab, rupanya para ulama berbeda pendapat terkait status hukum muwalah dalam mandi besar. Mazhab Maliki berpandangan bahwa muwalah dalam mandi adalah hal yang wajib, sehingga jika seseorang membasuh anggota tubuhnya dalam mandi besar tidak dilakukan secara beriringan atau dilakukan secara dicicil, sekiranya dipisah dalam rentang waktu yang lama, maka wajib mengulang kembali basuhan mandi dari awal. Tiga mazhab yang lain berpandangan bahwa muwalah dalam mandi adalah hal yang disunnahkan. Namun menurut mazhab Hanbali, wajib mengulang kembali niat tatkala membasuh basuhan kedua, setelah mengeringnya basuhan pertama. Penjelasan demikian terangkum dalam kitabย al-Mausuโah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah:
ย
ุงุฎูุชููููู ุงููููููููุงุกู ููู ุงููู ูููุงูุงูุฉู ููู ูููู ู ููู ููุฑูุงุฆูุถู ุงููุบูุณูู ุฃููู ู ููู ุณูููููููุ ููุฐูููุจู ุงููุญููููููููุฉู ููุงูุดููุงููุนููููุฉู ููุงููุญูููุงุจูููุฉู ุฅูููู ุณูููููููุฉู ุงููู ูููุงูุงูุฉู ููู ุบูุณูู ุฌูู ููุนู ุฃูุฌูุฒูุงุกู ุงููุจูุฏููู ููููุนูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู.
ููููุตูู ุงููุญูููุงุจูููุฉู ุนูููู ุฃูููููู ุฅูุฐูุง ููุงุชูุชู ุงููู ูููุงูุงูุฉู ููุจูู ุฅูุชูู ูุงู ู ุงููุบูุณููุ ุจูุฃููู ุฌูููู ู ูุง ุบูุณููููู ู ููู ุจูุฏููููู ุจูุฒูู ููู ู ูุนูุชูุฏููู ููุฃูุฑูุงุฏู ุฃููู ููุชูู ูู ุบูุณููููู - ุฌูุฏููุฏู ูุฅูุชูู ูุงู ููู ูููููุฉู ููุฌููุจูุงุ ูุงูููููุทูุงุนู ุงูููููููุฉู ุจูููููุงุชู ุงููู ูููุงูุงูุฉูุ ููููููุนู ุบูุณูู ู ูุง ุจููููู ุจูุฏูููู ูููููุฉู.
ููุฐูููุจู ุงููู
ูุงูููููููุฉู ุฅูููู ุฃูููู ุงููู
ูููุงูุงูุฉู ู
ููู ููุฑูุงุฆูุถู ุงููุบูุณูู
ย
โPara ulama fiqih berbeda pendapat mengenai beriringan (al-Muwalah) apakah merupakan bagian dari kewajiban mandi atau kesunnahan mandi? Mazhab Hanafi, Syafiโi dan Hanbali berpandangan tentang kesunnahan Muwalah dalam membasuh seluruh anggota badan, berdasarkan perbuatan Nabi Muhammad shallallahu โalaihi wa sallam.
ย
Ulama Hanabilah menegaskan bahwa ketika muwalah tidak dilaksanakan oleh seseorang sebelum sempurnanya basuhan mandi, sekiranya anggota yang dibasuh menjadi kering sebab adanya jarak waktu yang normal dan ia ingin menyempurnakan basuhannya, maka ia wajib memperbarui niatnya pada saat menyempurnakan basuhannya, sebab terputusnya niat dengan tidak ber-muwalah, maka basuhan yang masih tersisa dianggap terlaksana tanpa adanya niat. Sedangkan menurut mazhab maliki, muwalah merupakan kewajiban mandiโ (Kementrian Wakaf dan Urusan Keagamaan Kuwait, al-Mausuโah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, juz 31, hal. 210).
ย
Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mencicil mandi besar adalah hal yang diperbolehkan dan sah sebagai basuhan mandi besar menurut pendapat yang kuat dalam mazhab Syafiโi. Bahkan tetap sah meskipun sampai basuhan yang awal mengering pada saat melanjutkan basuhan pada anggota lain yang tersisa, sebab muwalah bukanlah kewajiban dalam mandi besar.
ย
Meski begitu, sebaiknya seseorang menandai dengan seksama batas basuhan awal yang telah diniati sebagai mandi besar. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada anggota tubuh yang tidak terbasuh oleh air pada saat menyempurnakan basuhan kedua karena basuhan awal sudah mengering. Jika seseorang ragu-ragu apakah bagian anggota tubuh telah dibasuh pada saat basuhan awal atau belum dibasuh, maka wajib untuk membasuh anggota tersebut. Wallahu aโlam.
ย
ย
Ustadz M. Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pondok Pesantren Annuriyyah, Kaliwining, Rambipuji, Jember
Terpopuler
1
Khutbah Jumat: Inilah Obat bagi Jiwa yang Hampa dan Kering
2
Khutbah Jumat: Bahaya Tamak dan Keutamaan Mensyukuri Nikmat
3
Kontroversi MAN 1 Tegal: Keluarkan Siswi Juara Renang dari Sekolah
4
Kader PMII Dipiting saat Kunjungan Gibran di Blitar, Beda Sikap ketika Masih Jadi Wali Kota
5
Pihak MAN 1 Tegal Bantah Keluarkan Siswi Berprestasi Gara-gara Baju Renang
6
Kronologi Siswi MAN 1 Tegal Dikeluarkan Pihak Sekolah
Terkini
Lihat Semua