Syariah

Menunda Penguburan Jenazah

NU Online  ยท  Rabu, 16 Mei 2012 | 10:18 WIB

Pengurusan jenazah hukumnya fardhu kifayah, dan anjuran Rasulullah Saw. dalam hal ini adalah disegerakan. Namun, kadangkala pada praktiknya muncul beberapa masalah karena berkenaan dengan kepentingan studi, penyelidikan hukum atau adat.ย  Seperti penyelidikan terhadap pembunuhan, pelatihan medis untuk operasi bedah atau karena kecelakaan. <>Bahkan dalam dunia kedokteran terdapat program pengawetan jenazah untuk kepentingan studi, di mana pihak calon jenazah telah berwasiat dan disetujui oleh keluarganya untuk menjadi bahan latihan tenaga medis. Kemudian setelah meninggal dunia, jenazahnya tersebut diawetkan dalam batas waktu tertentu untuk bahan latihan para calon dokter. Setelah digunakan untuk latihan, kemudian jenazah tersebut dirapikan kembali dan dilakukan prosesi penguburan jenazah sebagaimana mestinya menurut ajaran Islam. Dengan demikian, otomatis hal ini menimbulkan masalah tertundanya penguburan jenazah, baik karena otopsi, pengawetan jenazah atau karena ikut adat setempat.

Mengakhirkan penguburan jenazah pada dasarnya tidak diperbolehkan kecuali; (a) untuk mensucikan jenazah berpenyakit menular yang menurut dokter harus ditangani secara khusus; (b) untuk dilakukan otopsi dalam rangka penegakan hukum atau juga keterangan lainnya; (c) untuk menunggu kedatangan wali jenazah dan atau menunggu terpenuhinya empat puluh orang yang akan menyolati dengan segera selama tidak dikhawatirkan ada perubahan pada jenazah.

Muhammad Khatib as-sirbini dalam Mughni al-Muhtaj ila Maโ€™rifah Alfazh al-Minhaj berpendapat:

(ร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร˜ยชร™ยร˜ยคร™ลฝร˜ยฎร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฑร™ย) ร˜ยงร™โ€žร˜ยตร™โ€˜ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยงร˜ยฉร™ย (ร™โ€žร™ยร˜ยฒร™ยร™ล ร™ลฝร˜ยงร˜ยฏร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™โ€ฆร™ยร˜ยตร™ลฝร™โ€žร™โ€˜ร™ยร™ล ร™โ€ ร™ลฝ) ร™โ€žร™ยร™โ€žร™โ€™ร˜ยฎร™ลฝร˜ยจร™ลฝร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยตร™โ€˜ร™ลฝร˜ยญร™ยร™ล ร˜ยญร™ย ร˜ยฃร™ลฝร˜ยณร™โ€™ร˜ยฑร™ยร˜ยนร™ยร™ห†ร˜ยง ร˜ยจร™ยร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฌร™ยร™โ€ ร™ลฝร˜ยงร˜ยฒร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร˜ยจร™ลฝร˜ยฃร™โ€™ร˜ยณร™ลฝ ร˜ยจร™ยร˜ยงร™โ€ ร™โ€™ร˜ยชร™ยร˜ยธร™ลฝร˜ยงร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ ร™โ€šร™ยร˜ยฑร™โ€™ร˜ยจร™ย ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร™โ€žร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ ร™ล ร™ยร˜ยฎร™โ€™ร˜ยดร™ลฝ ร˜ยชร™ลฝร˜ยบร™ลฝร™ล ร™โ€˜ร™ยร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร™ล ร™โ€˜ร™ยร˜ยชร™ย ร˜ยชร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ร˜ยจร™ยร™ล ร™โ€กร™ล’ ร˜ยดร™ลฝร™โ€ฆร™ยร™โ€žร™ลฝ ร™ฦ’ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยงร™โ€ฆร™ยร™โ€กร™ย ร˜ยตร™ยร™ห†ร˜ยฑร™ลฝร˜ยชร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€ ร™ย ร˜ยฅร˜ยญร™โ€™ร˜ยฏร™ลฝร˜ยงร™โ€กร™ยร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร˜ยฅร˜ยฐร™ลฝร˜ยง ร˜ยญร™ลฝร˜ยถร™ลฝร˜ยฑร™ลฝ ร˜ยฌร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ร˜ยนร™ล’ ร™โ€šร™ลฝร™โ€žร™ยร™ล ร™โ€žร™ล’ ร™โ€šร™ลฝร˜ยจร™โ€™ร™โ€žร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร˜ยตร™โ€˜ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยงร˜ยฉร™ย ร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ยร™โ€ ร™โ€™ร˜ยชร™ลฝร˜ยธร™ลฝร˜ยฑร™ย ร˜ยบร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยฑร™ยร™โ€กร™ยร™โ€ฆร™โ€™ ร™โ€žร™ยร™ล ร™ลฝร™ฦ’ร™โ€™ร˜ยซร™ยร˜ยฑร™ยร™ห†ร˜ยง ร™โ€ ร™ลฝร˜ยนร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ ร™โ€šร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร˜ยฒร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร™ฦ’ร™ลฝร˜ยดร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยบร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยฑร™ยร™โ€กร™ย ร˜ยฅร˜ยฐร™ลฝร˜ยง ร™ฦ’ร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ยร™ห†ร˜ยง ร˜ยฏร™ยร™ห†ร™โ€ ร™ลฝ ร˜ยฃร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยนร™ยร™ล ร™โ€ ร™ลฝ ร™ยร™ลฝร™ล ร™ยร™โ€ ร™โ€™ร˜ยชร™ลฝร˜ยธร™ลฝร˜ยฑร™ย ร™ฦ’ร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ยร™โ€กร™ยร™โ€ฆร™โ€™ ร˜ยนร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ ร™โ€šร™ยร˜ยฑร™โ€™ร˜ยจร™ย ร™โ€žร™ยร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝ ร™โ€กร™ลฝร˜ยฐร™ลฝร˜ยง ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ลฝร˜ยฏร™ลฝร˜ยฏร™ลฝ ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยทร™โ€™ร™โ€žร™ยร™ห†ร˜ยจร™ล’ ร™ยร™ยร™ล ร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร™ห†ร™ลฝร™ยร™ยร™ล  ร™โ€ฆร™ยร˜ยณร™โ€™ร™โ€žร™ยร™โ€ฆร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยงร˜ยจร™โ€™ร™โ€ ร™ย ร˜ยนร™ลฝร˜ยจร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร˜ยณร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝร™โ€กร™ย ร™ล ร™ยร˜ยคร™ลฝร˜ยฎร™โ€˜ร™ยร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยตร™โ€˜ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยงร˜ยฉร™ลฝ ร™โ€žร™ยร™โ€žร™โ€™ร˜ยฃร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยนร™ยร™ล ร™โ€ ร™ลฝ ร™โ€šร™ยร™ล ร™โ€žร™ลฝ ร™ห†ร™ลฝร˜ยญร™ยร™ฦ’ร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยชร™ยร™โ€กร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝร™โ€กร™ย ร™โ€žร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ ร™ล ร™ลฝร˜ยฌร™โ€™ร˜ยชร™ลฝร™โ€ฆร™ยร˜ยนร™โ€™ ร˜ยฃร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยนร™ยร™ห†ร™โ€ ร™ลฝ ร˜ยฅร™โ€žร™โ€˜ร™ลฝร˜ยง ร™ฦ’ร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ลฝ ร™โ€žร™โ€žร™โ€กร™ย ร™ยร™ยร™ล ร™โ€กร™ยร™โ€ฆร™โ€™ ร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ล’ ร™ห†ร™ลฝร˜ยญร™ยร™ฦ’ร™โ€™ร™โ€ฆร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยงร˜ยฆร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™ฦ’ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฃร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยนร™ยร™ล ร™โ€ ร™ลฝ ร™ฦ’ร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ยร˜ยคร™โ€™ร˜ยฎร™ลฝร˜ยฐร™ย ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยญร™ลฝร˜ยฏร™ยร™ล ร˜ยซร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยชร™ลฝร™โ€šร™ลฝร˜ยฏร™โ€˜ร™ยร™โ€ฆร™ย

(Dan tidak tunda) pelaksanaan shalat jenazah (karena memperbanyak orang yang menyolatinya) berdasarkan hadits shahih: โ€œBersegeralah kalian dengan urusan jenazah.โ€ Dan boleh menanti walinya sebentar selama tidak dikhawatirkan perubahan kondisinya. Peringatan.ย  Ungkapan al-Nawawi tersebut meliputi dua kasus. Pertama, ketika sebelum shalat jenazah telah hadir beberapa orang, maka yang belum hadir tidak perlu ditunggu. Meskipun demikian, al-Zarkasi dan ulama selainnya berpendapat: โ€œBila mereka belum mencapai 40 orang, maka ditunggu sebentar agar mencapai jumlah tersebut. Sebab, jumlah jamaah 40 orang ini dianjurkan dalam menyolati jenazah. Dalam kitab Shahih Muslim, terdapat riwayat dari Ibn Abbas, bahwa sungguh beliau menunda shalat jenazah karena menanti jumlah jamaah 40 orang. Disebutkan hikmahnya adalah tiada berkumpul 40 orang jamaah melainkan salah seorangnya adalah wali Allah. Dan hukum 100 orang sama dengan 40 orang, seperti kesimpulan yang diambil dari hadits tadi.

Sedangkan pembedahan jenazah setelah lama diawetkan untuk kepentingan studi hanya dibolehkan dalam kondisi darurat atau hajat saja. Seperti yang diterangkan oleh Wahbah al-Zuhaili dalam Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh

ร™ห†ร™ลฝร˜ยจร™ยร™โ€ ร™ลฝร˜ยงร˜ยกร™โ€น ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร™โ€กร˜ยฐร™ยร™โ€กร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยขร˜ยฑร™ลฝร˜ยงร˜ยกร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยจร™ยร™ล ร˜ยญร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™ล ร™ลฝร˜ยฌร™ยร™ห†ร˜ยฒร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยชร™โ€˜ร™ลฝร˜ยดร™โ€™ร˜ยฑร™ยร™ล ร˜ยญร™ย ร˜ยนร™ยร™โ€ ร™โ€™ร˜ยฏร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร˜ยถร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฑร™ยร™ห†ร˜ยฑร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™ห†ร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยญร™ลฝร˜ยงร˜ยฌร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยจร™ยร™โ€šร™ลฝร˜ยตร™โ€™ร˜ยฏร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยชร™โ€˜ร™ลฝร˜ยนร™โ€™ร™โ€žร™ยร™ล ร™โ€ฆร™ย ร™โ€žร™ยร˜ยฃร™ลฝร˜ยบร™โ€™ร˜ยฑร™ลฝร˜ยงร˜ยถร™ย ร˜ยทร™ยร˜ยจร™โ€˜ร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™ห†ร™โ€™ ร™โ€žร™ยร™โ€ฆร™ลฝร˜ยนร™โ€™ร˜ยฑร™ยร™ยร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยณร™ลฝร˜ยจร™ลฝร˜ยจร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ห†ร™ลฝร™ยร™ลฝร˜ยงร˜ยฉร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยฅร™ยร˜ยซร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยงร˜ยชร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฌร™ยร™โ€ ร™ลฝร˜ยงร™ล ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยชร™โ€˜ร™ลฝร™โ€กร™ลฝร™โ€ฆร™ย ร˜ยจร™ยร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€šร™ลฝร˜ยชร™โ€™ร™โ€žร™ย ร™ห†ร™ลฝร™โ€ ร™ลฝร˜ยญร™โ€™ร™ห†ร™ย ร˜ยฐร™โ€žร™ยร™ฦ’ร™ลฝ ร™โ€žร™ยร˜ยฃร™ลฝร˜ยบร™โ€™ร˜ยฑร™ลฝร˜ยงร˜ยถร™ย ร˜ยฌร™ยร™โ€ ร™ลฝร˜ยงร˜ยฆร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยฅร™ยร˜ยฐร™ลฝร˜ยง ร˜ยชร™ลฝร™ห†ร™ลฝร™โ€šร™โ€˜ร™ลฝร™ยร™ลฝ ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ห†ร™ยร˜ยตร™ยร™ห†ร™โ€žร™ย ร˜ยฅร™ยร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยญร™ลฝร™โ€šร™โ€˜ร™ย ร™ยร™ยร™ล  ร˜ยฃร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฌร™ยร™โ€ ร™ลฝร˜ยงร™ล ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™โ€žร™ยร™โ€žร™โ€™ร˜ยฃร™ลฝร˜ยฏร™ยร™โ€žร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยฏร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร™ห†ร™ยร˜ยฌร™ยร™ห†ร˜ยจร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ลฝร˜ยฏร™โ€™ร™โ€žร™ย ร™ยร™ยร™ล  ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฃร™ลฝร˜ยญร™โ€™ร™ฦ’ร™ลฝร˜ยงร™โ€ฆร™ย ร˜ยญร™ลฝร˜ยชร™โ€˜ร™ลฝร™โ€ฐ ร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ยร˜ยธร™โ€™ร™โ€žร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝ ร˜ยจร™ยร˜ยฑร™ลฝร˜ยฃร™โ€™ร™ล ร™ย ร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ลฝร™ยร™โ€™ร™โ€žร™ยร˜ยชร™ย ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ยร™โ€šร™ลฝร˜ยงร˜ยจร™ย ร™โ€ฆร™ยร˜ยฌร™โ€™ร˜ยฑร™ยร™โ€ฆร™ล’ ร˜ยฃร™ลฝร˜ยซร™ยร™ล ร™โ€ฆร™ล’

Berdasarkan pendapat (Syafiโ€™iyah dan Malikiyah) yang memperbolehkan (pembedahan mayit karena menelan harta) ini, maka diperbolehkan melakukan otopsi (operasi) pada tubuh mayit dalam kondisi darurat atau dibutuhkan, untuk kepentingan pendidikan kedokteran, mengetahui sebab kematian, menetapkan pidana atas tersangka kasus pembunuhan dan kepentingan pidana semisalnya. Yaitu ketika otopsi (operasi) tersebut menjadi satu-satunya jalan dalam mengungkap kasus kriminalitas berdasarkan dalil-dalil wajibnya penegakan keadilan hukum. Sehingga seseorang tidak terzalimi berdasarkan suatu asumsi (saja) dan seorang penjahat tidak bisa berkelit dari hukuman yang setimpal.

Demikianlah keterangan mengenai diperbolehkannya mengakhirkan penguburan jenazah dari berbagai sumber.

Disarikan dari Hasil Keputusan Muktamar NU ke-XXXIIย di Asrama Haji Sudiang Makassar Tanggal 7-11 Rabiโ€™ul Akhir 1431 H/22 โ€“ 27 Maret 2010 M (Redaktur: Ulil A Hadrawy)