Pengurusan jenazah hukumnya fardhu kifayah, dan anjuran Rasulullah Saw. dalam hal ini adalah disegerakan. Namun, kadangkala pada praktiknya muncul beberapa masalah karena berkenaan dengan kepentingan studi, penyelidikan hukum atau adat.ย Seperti penyelidikan terhadap pembunuhan, pelatihan medis untuk operasi bedah atau karena kecelakaan. <>Bahkan dalam dunia kedokteran terdapat program pengawetan jenazah untuk kepentingan studi, di mana pihak calon jenazah telah berwasiat dan disetujui oleh keluarganya untuk menjadi bahan latihan tenaga medis. Kemudian setelah meninggal dunia, jenazahnya tersebut diawetkan dalam batas waktu tertentu untuk bahan latihan para calon dokter. Setelah digunakan untuk latihan, kemudian jenazah tersebut dirapikan kembali dan dilakukan prosesi penguburan jenazah sebagaimana mestinya menurut ajaran Islam. Dengan demikian, otomatis hal ini menimbulkan masalah tertundanya penguburan jenazah, baik karena otopsi, pengawetan jenazah atau karena ikut adat setempat.
Mengakhirkan penguburan jenazah pada dasarnya tidak diperbolehkan kecuali; (a) untuk mensucikan jenazah berpenyakit menular yang menurut dokter harus ditangani secara khusus; (b) untuk dilakukan otopsi dalam rangka penegakan hukum atau juga keterangan lainnya; (c) untuk menunggu kedatangan wali jenazah dan atau menunggu terpenuhinya empat puluh orang yang akan menyolati dengan segera selama tidak dikhawatirkan ada perubahan pada jenazah.
Muhammad Khatib as-sirbini dalam Mughni al-Muhtaj ila Maโrifah Alfazh al-Minhaj berpendapat:
(รหรลฝรโรลฝรยง รยชรยรยครลฝรยฎรโรลฝรยฑรย) รยงรโรยตรโรลฝรโรลฝรยงรยฉรย (รโรยรยฒรยรล รลฝรยงรยฏรลฝรยฉรย รโฆรยรยตรลฝรโรโรยรล รโ รลฝ) รโรยรโรโรยฎรลฝรยจรลฝรยฑรย รยงรโรยตรโรลฝรยญรยรล รยญรย รยฃรลฝรยณรโรยฑรยรยนรยรหรยง รยจรยรยงรโรโรยฌรยรโ รลฝรยงรยฒรลฝรยฉรย รหรลฝรโรลฝรยง รยจรลฝรยฃรโรยณรลฝ รยจรยรยงรโ รโรยชรยรยธรลฝรยงรยฑรย รยงรโรโรหรลฝรโรยรล รโรย รยนรลฝรโ รโ รโรยรยฑรโรยจรย รโฆรลฝรยง รโรลฝรโฆรโ รล รยรยฎรโรยดรลฝ รยชรลฝรยบรลฝรล รโรยรยฑรย รยงรโรโรโฆรลฝรล รโรยรยชรย รยชรลฝรโ รโรยจรยรล รโกรล รยดรลฝรโฆรยรโรลฝ รฦรลฝรโรลฝรยงรโฆรยรโกรย รยตรยรหรยฑรลฝรยชรลฝรล รโรโ รย รยฅรยญรโรยฏรลฝรยงรโกรยรโฆรลฝรยง รยฅรยฐรลฝรยง รยญรลฝรยถรลฝรยฑรลฝ รยฌรลฝรโฆรโรยนรล รโรลฝรโรยรล รโรล รโรลฝรยจรโรโรลฝ รยงรโรยตรโรลฝรโรลฝรยงรยฉรย รโรลฝรยง รล รยรโ รโรยชรลฝรยธรลฝรยฑรย รยบรลฝรล รโรยฑรยรโกรยรโฆรโ รโรยรล รลฝรฦรโรยซรยรยฑรยรหรยง รโ รลฝรยนรลฝรโฆรโ รโรลฝรยงรโรลฝ รยงรโรยฒรโรลฝรยฑรโรฦรลฝรยดรยรล รโรย รหรลฝรยบรลฝรล รโรยฑรยรโกรย รยฅรยฐรลฝรยง รฦรลฝรยงรโ รยรหรยง รยฏรยรหรโ รลฝ รยฃรลฝรยฑรโรยจรลฝรยนรยรล รโ รลฝ รยรลฝรล รยรโ รโรยชรลฝรยธรลฝรยฑรย รฦรลฝรโฆรลฝรยงรโรยรโกรยรโฆรโ รยนรลฝรโ รโ รโรยรยฑรโรยจรย รโรยรยฃรลฝรโ รโรลฝ รโกรลฝรยฐรลฝรยง รยงรโรโรยนรลฝรยฏรลฝรยฏรลฝ รโฆรลฝรยทรโรโรยรหรยจรล รยรยรล รโกรลฝรยง รหรลฝรยรยรล รโฆรยรยณรโรโรยรโฆรย รยนรลฝรโ รโ รยงรยจรโรโ รย รยนรลฝรยจรโรลฝรยงรยณรย รยฃรลฝรโ รโรลฝรโกรย รล รยรยครลฝรยฎรโรยรยฑรย รยงรโรยตรโรลฝรโรลฝรยงรยฉรลฝ รโรยรโรโรยฃรลฝรยฑรโรยจรลฝรยนรยรล รโ รลฝ รโรยรล รโรลฝ รหรลฝรยญรยรฦรโรโฆรลฝรยชรยรโกรย รยฃรลฝรโ รโรลฝรโกรย รโรลฝรโฆรโ รล รลฝรยฌรโรยชรลฝรโฆรยรยนรโ รยฃรลฝรยฑรโรยจรลฝรยนรยรหรโ รลฝ รยฅรโรโรลฝรยง รฦรลฝรยงรโ รลฝ รโรโรโกรย รยรยรล รโกรยรโฆรโ รหรลฝรโรยรล รโรล รหรลฝรยญรยรฦรโรโฆรย รยงรโรโรโฆรยรยงรยฆรลฝรยฉรย รฦรลฝรยงรโรโรยฃรลฝรยฑรโรยจรลฝรยนรยรล รโ รลฝ รฦรลฝรโฆรลฝรยง รล รยรยครโรยฎรลฝรยฐรย รโฆรยรโ รโ รยงรโรโรยญรลฝรยฏรยรล รยซรย รยงรโรโรโฆรยรยชรลฝรโรลฝรยฏรโรยรโฆรย
(Dan tidak tunda) pelaksanaan shalat jenazah (karena memperbanyak orang yang menyolatinya) berdasarkan hadits shahih: โBersegeralah kalian dengan urusan jenazah.โ Dan boleh menanti walinya sebentar selama tidak dikhawatirkan perubahan kondisinya. Peringatan.ย Ungkapan al-Nawawi tersebut meliputi dua kasus. Pertama, ketika sebelum shalat jenazah telah hadir beberapa orang, maka yang belum hadir tidak perlu ditunggu. Meskipun demikian, al-Zarkasi dan ulama selainnya berpendapat: โBila mereka belum mencapai 40 orang, maka ditunggu sebentar agar mencapai jumlah tersebut. Sebab, jumlah jamaah 40 orang ini dianjurkan dalam menyolati jenazah. Dalam kitab Shahih Muslim, terdapat riwayat dari Ibn Abbas, bahwa sungguh beliau menunda shalat jenazah karena menanti jumlah jamaah 40 orang. Disebutkan hikmahnya adalah tiada berkumpul 40 orang jamaah melainkan salah seorangnya adalah wali Allah. Dan hukum 100 orang sama dengan 40 orang, seperti kesimpulan yang diambil dari hadits tadi.
Sedangkan pembedahan jenazah setelah lama diawetkan untuk kepentingan studi hanya dibolehkan dalam kondisi darurat atau hajat saja. Seperti yang diterangkan oleh Wahbah al-Zuhaili dalam Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh
รหรลฝรยจรยรโ รลฝรยงรยกรโน รยนรลฝรโรลฝรโฐ รโกรยฐรยรโกรย รยงรโรโรยขรยฑรลฝรยงรยกรย รยงรโรโรโฆรยรยจรยรล รยญรลฝรยฉรย รล รลฝรยฌรยรหรยฒรย รยงรโรยชรโรลฝรยดรโรยฑรยรล รยญรย รยนรยรโ รโรยฏรลฝ รยงรโรยถรโรลฝรยฑรยรหรยฑรลฝรยฉรย รยฃรลฝรหรย รยงรโรโรยญรลฝรยงรยฌรลฝรยฉรย รยจรยรโรลฝรยตรโรยฏรย รยงรโรยชรโรลฝรยนรโรโรยรล รโฆรย รโรยรยฃรลฝรยบรโรยฑรลฝรยงรยถรย รยทรยรยจรโรยรล รโรลฝรยฉรย รยฃรลฝรหรโ รโรยรโฆรลฝรยนรโรยฑรยรยรลฝรยฉรย รยณรลฝรยจรลฝรยจรย รยงรโรโรหรลฝรยรลฝรยงรยฉรย รหรลฝรยฅรยรยซรโรยจรลฝรยงรยชรย รยงรโรโรยฌรยรโ รลฝรยงรล รลฝรยฉรย รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยงรโรโรโฆรยรยชรโรลฝรโกรลฝรโฆรย รยจรยรยงรโรโรโรลฝรยชรโรโรย รหรลฝรโ รลฝรยญรโรหรย รยฐรโรยรฦรลฝ รโรยรยฃรลฝรยบรโรยฑรลฝรยงรยถรย รยฌรยรโ รลฝรยงรยฆรยรล รโรลฝรยฉรย รยฅรยรยฐรลฝรยง รยชรลฝรหรลฝรโรโรลฝรยรลฝ รยนรลฝรโรลฝรล รโรโกรลฝรยง รยงรโรโรหรยรยตรยรหรโรย รยฅรยรโรลฝรโฐ รยงรโรโรยญรลฝรโรโรย รยรยรล รยฃรลฝรโฆรโรยฑรย รยงรโรโรยฌรยรโ รลฝรยงรล รลฝรยฉรย รโรยรโรโรยฃรลฝรยฏรยรโรโรลฝรยฉรย รยงรโรยฏรโรลฝรยงรโรโรลฝรยฉรย รยนรลฝรโรลฝรโฐ รหรยรยฌรยรหรยจรย รยงรโรโรยนรลฝรยฏรโรโรย รยรยรล รยงรโรโรยฃรลฝรยญรโรฦรลฝรยงรโฆรย รยญรลฝรยชรโรลฝรโฐ รโรลฝรยง รล รยรยธรโรโรลฝรโฆรลฝ รยจรยรยฑรลฝรยฃรโรล รย รหรลฝรโรลฝรยง รล รลฝรยรโรโรยรยชรย รโฆรยรโ รลฝ รยงรโรโรยนรยรโรลฝรยงรยจรย รโฆรยรยฌรโรยฑรยรโฆรล รยฃรลฝรยซรยรล รโฆรล
Berdasarkan pendapat (Syafiโiyah dan Malikiyah) yang memperbolehkan (pembedahan mayit karena menelan harta) ini, maka diperbolehkan melakukan otopsi (operasi) pada tubuh mayit dalam kondisi darurat atau dibutuhkan, untuk kepentingan pendidikan kedokteran, mengetahui sebab kematian, menetapkan pidana atas tersangka kasus pembunuhan dan kepentingan pidana semisalnya. Yaitu ketika otopsi (operasi) tersebut menjadi satu-satunya jalan dalam mengungkap kasus kriminalitas berdasarkan dalil-dalil wajibnya penegakan keadilan hukum. Sehingga seseorang tidak terzalimi berdasarkan suatu asumsi (saja) dan seorang penjahat tidak bisa berkelit dari hukuman yang setimpal.
Demikianlah keterangan mengenai diperbolehkannya mengakhirkan penguburan jenazah dari berbagai sumber.
Disarikan dari Hasil Keputusan Muktamar NU ke-XXXIIย di Asrama Haji Sudiang Makassar Tanggal 7-11 Rabiโul Akhir 1431 H/22 โ 27 Maret 2010 M (Redaktur: Ulil A Hadrawy)
Terpopuler
1
Saat Jamaah Haji Mengambil Inisiatif Berjalan Kaki dari Muzdalifah ke Mina
2
Meski Indonesia Tak Bisa Lolos Langsung, Peluang Piala Dunia Belum Pernah Sedekat Ini
3
Belasan Tahun Jadi Petugas Pemotongan Hewan Kurban, Riyadi Bagikan Tips Hadapi Sapi Galak
4
Cerpen: Tirakat yang Gagal
5
Jamaah Haji Indonesia Diimbau Tak Buru-buru Thawaf Ifadhah, Kecuali Jamaah Kloter Awal
6
Jamaah Haji Indonesia Bersyukur Tuntaskan Fase Armuzna
Terkini
Lihat Semua