Syariah

Menyentuh Alat Kelamin Membatalkan Wudhu

NU Online  ยท  Sabtu, 15 Juni 2019 | 05:30 WIB

Bagi sebagian orang keterangan mengenai perkara yang membatalkan wudhu sudahlah jelas dan maklum adanya, seperti kentut, kencing dan buang air besar yang menyebabkan keluarnya barang kotor dan najis dari badan.

Namun perkara lain yang membatalkan wudhu bagi sebagain orang tidaklah demikian jelas. Karena pemahamannya memerlukan pengetahuan yang mendalam. Misalnya batalnya wudhu karena ย dengan istri dan alat kelamin sendiri. Bagaimana bisa bersentuhan langsung dengan istri membatalkan wudhu? Padahal hanya istrilah perempuan yang boleh dijadikan โ€˜teman satu ranjangโ€™ dalam melewati berbagai malam? Atau bukankah hanya istri yang melahirkan anak turun kita?ย 

Demikian pula dengan alasan menyentuh alat kelamin sendiri dengan telapak tangan, apalagi menyentuh alat kelamin orang lain. Hal ini secara logika agak susah diterima, mengingat alat kelamin termasuk dari bagian tak terpisahkan dari tubuh kita. sebagaimana tangan dan kaki. Akan tetapi demikianlah adanya keterangan dari berbagai sumber yang berdasar pada hadits Rasulullah saw.

ูˆุงู„ุฎุงู…ุณ ูˆู‡ูˆ ุงุฎุฑ ุงู„ู†ูˆุงู‚ุถ ู…ุณ ูุฑุฌ ุงู„ุฃุฏู…ู‰ ุจุจุงุทู† ุงู„ูƒู ู…ู† ู†ูุณู‡ ูˆุบูŠุฑู‡ ุฐูƒุฑุง ุงูˆ ุงู†ุซู‰ ุตุบูŠุฑุง ุงูˆูƒุจูŠุฑุง ุญูŠุง ุงูˆ ู…ูŠุชุง

Dan yang kelima, yaitulah keterangan terakhir dari perkara yang membatalkan wudhu adalah menyentuh (farji) alat kelamin manusia dengan telapak tangan, baik alat kelamin sendiri maupun alat kelamin orang lain, laki-laki maupun perempuan, anak kecil ataupun orang dewasa, hidup ataupun mati.

Hal ini berpijak pada sebuah hadits shahih yang kuat sekali yang berbunyi:ย 

ู…ู† ู…ุณ ุฐูƒุฑู‡ ูู„ุงูŠุตู„ู‰ ุญุชู‰ ูŠุชูˆุถุฃ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุฎู…ุณุฉ ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐู‰)

Barang siapa yang menyentuh dzakarnya, maka tidaklah ia bersembahyang hingga ia berwudhuย (Hadits riwayat Al-khamsah -lima orang imam hadits- dan dinilai sahih oleh Turmudzi).

Meskipun pendapat Syafiโ€™iyyah ini bukanlah satu-satunya, akan tetapi pendapat ini didukung oleh mayoritas ulama. Dan bahwasannya perbedaan pendapat tersebut lebih bermuara pada penilaian para ulama tentang hadits yang ada. Bukan pada substansi perkaranya. Hal ini dapat dilihat dalam keterangan Ibn Rusyd dalamย Bidayatul Mujtahid

ูˆุณุจุจ ุงุฎุชู„ุงูู‡ู… ููŠ ุฐู„ูƒ ุฃู† ููŠู‡ ุญุฏูŠุซูŠู† ู…ุชุนุงุฑุถูŠู†: ุฃุญุฏู‡ู…ุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ูˆุงุฑุฏ ู…ู† ุทุฑูŠู‚ ุจุณุฑุฉ ุฃู†ู‡ุง ุณู…ุนุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„ โ€œุฅุฐุง ู…ูŽุณูŽู‘ ุฃุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ู ููŽู„ู’ูŠูŽุชูŽูˆูŽุถูŽู‘ุฃู’โ€ ูˆู‡ูˆ ุฃุดู‡ุฑ ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ูˆุงุฑุฏุฉ ููŠ ุฅูŠุฌุงุจ ุงู„ูˆุถูˆุก ู…ู† ู…ุณ ุงู„ุฐูƒุฑุŒ ูˆุตุญุญู‡ ูŠุญูŠู‰ ุจู† ู…ุนูŠู† ูˆุฃุญู…ุฏ ุจู† ุญู†ุจู„ุŒ ูˆุถุนูู‡ ุฃู‡ู„ ุงู„ูƒูˆูุฉุ› ูˆู‚ุฏ ุฑูˆูŠ ุฃูŠุถุง ู…ุนู†ุงู‡ ู…ู† ุทุฑูŠู‚ ุฃู… ุญุจูŠุจุฉุŒ ูˆูƒุงู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุญู†ุจู„ ูŠุตุญุญู‡.

Maka, menjadi penting bagi kita selaku orang awam mengetahuai berbagai hal syarโ€™i semacam ini. Wallahu aโ€™alam bi shawab.ย Ulil Hadrawy


Catatan: Naskah ini terbit pertama kali di NU Online pada Senin, 29 April 2013 pukul 09:00. Redaksi mengunggahnya ulang dengan sedikit penyuntingan.