Syariah

Nikah dan Jual-Beli Melalui Internet

NU Online  ยท  Senin, 14 Mei 2012 | 11:06 WIB

Kemajuan teknologi dan informasi telah mengantarkan pada pola kehidupan umat manusia yang lebih mudah. Sehingga merubah pola sinteraksi antar anggota masyarakat. Pada era teknologi dan informasi ini, khususnya internet, seseorang dapat melakukan perubahan pola transaksi bisnis, baik berskala kecil maupun besar. Yaitu perubahan dari paradigma bisnis konvensional menjadi paradigma bisnis elektronikal. Paradigma baru tersebut dikenal dengan istilah Electronic Commerce, umumnya disingkat E-Commerce.<>

Kontrak elektrik adalah perjanjian para pihak yang dibuat melalui sistem elektronik. Maka jelas, kontrak elektronikal tidak hanya dilakukan melalui internet semata. Tetapi dapat juga dilakukan melalui medium facsimile, telegram, telex, dan telpon. Kontrak elektronikal yang menggunakan media informasi dan komunikasi terkadang mengabaikan rukun jualbeli (baiโ€™), seperti sighat, ijabqabul, dan syarat pembeli dan penjual yang harus cakap hukum. Bahkan dalam hal transaksi elektronikal ini belum diketahui tingkat keamanan proses transaksi, identifikasi pihak yang berkontrak, pembayaran, dan ganti rugi akibat kerusakan. Bahkan, akad nikah pun sekarang telah ada yang menggunakan fasilitas telpon atao Cybernet, seperti yang terjadi di Arab Saudi.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana hukum transaksi via elektronik, seperti media telpon, e-mail, atau Cybernet dalam akad jual beli dan akad nikah? Sahkan pelaksanaan akad jual-beli dan akad nikah yang berada di majlis terpisah?

Hukum akad jualbeli melalui alat elektronik sah, apabila sebelum transaksi kedua belah pihak sudah melihat mabiโ€™ (barang yang diperjualbelikan) atau telah dijelaskan baik sifat maupun jenisnya, serta memenuhi syarat-syarat dan rukun-rukun jual beli lainnya.

Hal ini berdasar pada pendapat Muhammad Ibn Syihabuddin al-Ramli dalam Nihayah al-Muhtaj ila Syarh al-Minhaj

(ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฃร™ลฝร˜ยธร™โ€™ร™โ€กร™ลฝร˜ยฑร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝร™โ€กร™ย ร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ลฝร˜ยตร™ยร˜ยญร™โ€˜ร™ย) ร™ยร™ยร™ล  ร˜ยบร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยฑร™ย ร™โ€ ร™ลฝร˜ยญร™โ€™ร™ห†ร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ยร™ยร™โ€šร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร˜ยนร™ย ร™ฦ’ร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยฑร™โ€˜ร™ลฝ (ร˜ยจร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยบร™ลฝร˜ยงร˜ยฆร™ยร˜ยจร™ย) ร™ห†ร™ลฝร™โ€กร™ยร™ห†ร™ลฝ ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร™โ€žร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ ร™ล ร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร™โ€กร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยชร™ลฝร˜ยนร™ลฝร˜ยงร™โ€šร™ยร˜ยฏร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™ห†ร™โ€™ ร˜ยฃร™ลฝร˜ยญร™ลฝร˜ยฏร™ยร™โ€กร™ยร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร˜ยซร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร™โ€ ร™โ€นร˜ยง ร˜ยฃร™ลฝร™ห†ร™โ€™ ร™โ€ฆร™ยร˜ยซร™ลฝร™โ€ฆร™โ€˜ร™ลฝร™โ€ ร™โ€นร˜ยง ร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™ห†ร™โ€™ ร™ฦ’ร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ลฝ ร˜ยญร™ลฝร˜ยงร˜ยถร™ยร˜ยฑร™โ€นร˜ยง ร™ยร™ยร™ล  ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยฌร™โ€™ร™โ€žร™ยร˜ยณร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยจร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ยร˜ยบร™โ€นร˜ยง ร™ยร™ยร™ล  ร™ห†ร™ลฝร˜ยตร™โ€™ร™ยร™ยร™โ€กร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™ห†ร™โ€™ ร˜ยณร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ร˜ยนร™ยร™โ€กร™ย ร˜ยจร™ยร˜ยทร™ลฝร˜ยฑร™ยร™ล ร™โ€šร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยชร™โ€˜ร™ลฝร™ห†ร™ลฝร˜ยงร˜ยชร™ยร˜ยฑร™ย ร™ฦ’ร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ลฝร˜ยฃร™โ€™ร˜ยชร™ยร™ล  ร˜ยฃร™ลฝร™ห†ร™โ€™ ร˜ยฑร™ลฝร˜ยขร™โ€กร™ย ร™ยร™ยร™ล  ร˜ยถร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร˜ยกร™ย ร˜ยฅร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยณร™ลฝร˜ยชร™ลฝร˜ยฑร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร˜ยถร™โ€˜ร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร˜ยกร™ย ร™โ€žร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร™โ€ ร™ลฝร™โ€กร™ย ร™ฦ’ร™ลฝร™ห†ร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร™โ€šร™ย ร˜ยฃร™ลฝร˜ยจร™โ€™ร™ล ร™ลฝร˜ยถร™ลฝ ร™ยร™ยร™ล ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ลฝร˜ยธร™โ€™ร™โ€กร™ลฝร˜ยฑร™ย

(Dan menurut qaul al-Azhhar, sungguh tidak sah) selain dalam masalah fuqaโ€™-sari anggur yang dijual dalam kemasan rapat/tidak terlihat- (jual beli barang ghaib), yakni barang yang tidak terlihat oleh dua orang yang bertransaksi, atau salah satunya. Baik barang tersebut berstatus sebagai alat pembayar maupun sebagai barang yang dibayari. Meskipun barang tersebut ada dalam majlis akad dan telah disebutkan kriterianya secara detail atau sudah terkenal secara luas -mutawatir-, seperti keterangan yang akan datang. Atau terlihat di bawah cahaya, jika cahaya tersebut menutupi warna aslinya, seperti kertas putih. Demikian menurut kajian yang kuat.

Bahkan Sulaiman bin Muhammad al-bujairomi dalam Hasyiyah al-Bujairami โ€˜ala al-Khatib menjelaskan adanya tuntutan menyaksikan mabiโ€™ secara langsung tanpa adanya penghalang walaupu berupa kaca.

ร™โ€šร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ลฝ ร˜ยฎ ร˜ยถ ร™ห†ร™ลฝร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร™โ€ ร™ลฝร˜ยธร™ลฝร˜ยงร˜ยฆร™ยร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยณร™โ€™ร˜ยฃร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยฑร™ยร˜ยคร™โ€™ร™ล ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยจร™ยร™ล ร˜ยนร™ย ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร™ห†ร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร˜ยงร˜ยกร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยฒร™โ€˜ร™ยร˜ยฌร™ลฝร˜ยงร˜ยฌร™ย ร™ห†ร™ลฝร™โ€กร™ยร™ล ร™ลฝ ร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร˜ยชร™ลฝร™ฦ’ร™โ€™ร™ยร™ยร™ล  ร™โ€žร™ยร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยทร™โ€™ร™โ€žร™ยร™ห†ร˜ยจร™ลฝ ร™โ€ ร™ลฝร™ยร™โ€™ร™ล ร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยถร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร˜ยฑร™ย ร™ห†ร™ลฝร™โ€กร™ยร™ห†ร™ลฝ ร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ลฝร˜ยญร™โ€™ร˜ยตร™ยร™โ€žร™ย ร˜ยจร™ยร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร˜ยฅร™ยร˜ยฐร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยดร™โ€˜ร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยกร™ย ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร™ห†ร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร˜ยงร˜ยกร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยฒร™โ€˜ร™ยร˜ยฌร™ลฝร˜ยงร˜ยฌร™ย ร™ล ร™ยร˜ยฑร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยบร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ยร˜ยจร™โ€นร˜ยง ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยฎร™ยร™โ€žร™ลฝร˜ยงร™ยร™ย ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร™โ€กร™ยร™ห†ร™ลฝ ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ย ร˜ยดร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร˜ยญร™ย ร™โ€ฆ ร˜ยฑ

Muhammad Syaubari al-Khudhri berkata: โ€œTermasuk padanan kasus tercegah melihat mabiโ€™-barang yang dijual- adalah melihat mabiโ€™ dari balik kaca. Cara demikian tidak mencukupi syarat jual beli. Sebab, standarnya adalah menghindari bahaya ketidakjelasan mabiโ€™, yang tidak bisa dipenuhi dengan cara tersebut. Sebab, secara umum barang yang terlihat dari balik kaca terlihat beda dari aslinya. Demikian keterangan dari syarh al-Ramli.โ€

Namun untuk nikah aqad semacam ini dianggap tidak sah. hal ini sesuai keterangan Muhammad bin Ahmad as-Syatiri dalam Syarh al-Yaqut al-Nafis

ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ยร˜ยจร™โ€™ร˜ยฑร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™ยร™ยร™ล  ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ยร™โ€šร™ยร™ห†ร˜ยฏร™ย ร™โ€žร™ยร™โ€ฆร™ลฝร˜ยนร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ยร™ล ร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร™โ€žร™ยร˜ยตร™ยร™ห†ร™ลฝร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฃร™ลฝร™โ€žร™โ€™ร™ยร™ลฝร˜ยงร˜ยธร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยนร™ลฝร™โ€ ร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ย ร™ห†ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร˜ยดร™โ€˜ร™ยร˜ยฑร™ลฝร˜ยงร˜ยกร™ย ร˜ยจร™ยร™ห†ร™ลฝร˜ยงร˜ยณร™ยร˜ยทร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยชร™โ€˜ร™ยร™โ€žร™ยร™ล ร™ยร™ยร™ห†ร™โ€ ร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร˜ยชร™โ€˜ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™ฦ’ร™โ€™ร˜ยณร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร™โ€šร™ยร™ล ร™ลฝร˜ยงร˜ยชร™ย ร™ฦ’ร™ยร™โ€žร™โ€˜ร™ย ร™โ€กร˜ยฐร™ยร™โ€กร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ห†ร™ลฝร˜ยณร™ลฝร˜ยงร˜ยฆร™ยร™โ€žร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยฃร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ร˜ยซร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ยร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร™โ€ฆร™ยร˜ยนร™โ€™ร˜ยชร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยฏร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ล ร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร™โ€ฆร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร™โ€žร™ย

Yang diperhitungkan dalam akad-akad adalah subtansinya, bukan bentuk lafalnya. Dan jual beli via telpon, teleks dan telegram dan semisalnya telah menjadi alternatif utama dan dipraktikkan.
Sedangkan hukum pelaksanaan akad nikah melalui alat elektronik tidak sah, karena: (a) kedua saksi tidak melihat dan mendengar secara langsung pelaksanaan akad; (b) saksi tidak hadir di majlis akad; (c) di dalam akad nikah disyaratkan lafal yang sharih (jelas). Sedangkan akad melalui alat elektronik tergolong kinayah (samar). Begitu pula pelaksanaan akad nikah yang berada di majlis terpisah tidak sah.

Sebagaimana diterangkan al-Bujairomi dalam Hasyiyah al-Bujairami โ€˜ala al-Khatib

ร™โ€šร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร™โ€žร™ยร™โ€กร™ย (ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร˜ยถร™โ€˜ร™ลฝร˜ยจร™โ€™ร˜ยทร™ย) ร˜ยฃร™ลฝร™ล ร™โ€™ ร™โ€žร™ยร˜ยฃร™ลฝร™โ€žร™โ€™ร™ยร™ลฝร˜ยงร˜ยธร™ย ร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยฒร™โ€˜ร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร˜ยฌร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร˜ยฒร™โ€˜ร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร˜ยฌร™ย ร™ยร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ลฝร™ฦ’ร™โ€™ร™ยร™ยร™ล  ร˜ยณร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยงร˜ยนร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™โ€žร™โ€™ร™ยร™ลฝร˜ยงร˜ยธร™ยร™โ€กร™ยร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร™ยร™ยร™ล  ร˜ยธร™ยร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™โ€žร™ยร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฃร™ลฝร˜ยตร™โ€™ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร˜ยชร™ลฝ ร˜ยชร™ลฝร˜ยดร™โ€™ร˜ยชร™ลฝร˜ยจร™ยร™โ€กร™ย ร™ห†ร™ลฝร™ล ร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยบร™ยร™ล  ร™โ€žร™ยร™โ€žร˜ยดร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร™โ€กร™ยร˜ยฏร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€ ร™ย ร˜ยถร™ลฝร˜ยจร™โ€™ร˜ยทร™ย ร˜ยณร™ลฝร˜ยงร˜ยนร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ลฝร™โ€šร™โ€™ร˜ยฏร™ย ร™โ€žร™ยร˜ยฃร™ลฝร˜ยฌร™โ€™ร™โ€žร™ย ร™โ€žร™ยร˜ยญร™ยร™ห†ร™โ€šร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร˜ยฏร™ย ร™โ€šร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร™โ€žร™ยร™โ€กร™ย (ร˜ยจร™ลฝร™โ€žร™โ€™ ร˜ยฅร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยฃร™ลฝร™ฦ’ร™โ€™ร˜ยซร™ลฝร˜ยฑร™ลฝ) ... ร™ห†ร™ลฝร™ล ร™ยร˜ยดร™โ€™ร˜ยชร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร˜ยทร™ย ร™ยร™ยร™ล  ร™ฦ’ร™ยร™โ€žร™โ€˜ร™ย ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยงร™โ€žร˜ยดร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร™โ€กร™ยร˜ยฏร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€ ร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยถร™โ€นร˜ยง ร˜ยงร™โ€žร˜ยณร™โ€˜ร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ร˜ยนร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยตร™ลฝร˜ยฑร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร˜ยถร™โ€˜ร™ลฝร˜ยจร™โ€™ร˜ยทร™ย ร™ห†ร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยนร™โ€™ร˜ยฑร™ยร™ยร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™โ€žร™ยร˜ยณร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยชร™ลฝร˜ยนร™ลฝร˜ยงร™โ€šร™ยร˜ยฏร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€ ร™ย

Ungkapan al-Khatib al-Syirbini (Dan hafal), maksudnya hafal ucapan wali istri dan suami. Maka tidak cukup hanya mendengar ucapan mereka dalam tempat gelap. Sebab, suara yang satu dengan yang lainnya itu mirip. Bagi dua orang saksi nikah sebaiknya juga menghapal jam akad untuk menentukan nasab anak (dari pasangan tersebut). Ungkapan al-Khatib al-Syirbini (Bahkan lebih dari enam syarat) โ€ฆ Dan bagi masing-masing dari dua saksi nikah disyaratkan mampu mendengar, melihat, menghafal dan mengetahui bahasa dua orang yang berakad.


Selain itu satu hadits dari al-Daruquthni dalam Sunan al-Daruquthni sangat jelas mengenai hal ini

ร˜ยนร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยนร™ลฝร˜ยงร˜ยฆร™ยร˜ยดร™ลฝร˜ยฉร™ลฝ ร™โ€šร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ลฝร˜ยชร™โ€™ ร™โ€šร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ลฝ rย  ร™โ€žร™ลฝร˜ยง ร˜ยจร™ยร˜ยฏร™โ€˜ร™ลฝ ร™ยร™ยร™ล  ร˜ยงร™โ€žร™โ€ ร™โ€˜ร™ยร™ฦ’ร™ลฝร˜ยงร˜ยญร™ย ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยฃร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยนร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร˜ยฒร™โ€˜ร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร˜ยฌร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร˜ยดร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร™โ€กร™ยร˜ยฏร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€ ร™ย ร˜ยฃร™ลฝร˜ยจร™ยร™ห† ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฎร™ลฝร˜ยตร™ยร™ล ร˜ยจร™ย ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยฌร™โ€™ร™โ€กร™ยร™ห†ร™โ€žร™ล’ ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร˜ยณร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร™โ€กร™ย ร™โ€ ร™ลฝร˜ยงร™ยร™ยร˜ยนร™ย ร˜ยจร™โ€™ร™โ€ ร™ย ร™โ€ฆร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยณร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร˜ยฉร™ลฝ (ร˜ยฑร™ลฝร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€กร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยฏร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร˜ยฑร™ยร™โ€šร™ยร˜ยทร™โ€™ร™โ€ ร™ยร™ล )

โ€œDari โ€˜Aisyah, ia berkata: Nabi bersabda: โ€œDalam nikah harus ada empat orang, yaitu wali, calon suami, dan dua orang saksi.โ€ Abu al-Khashib tidak diketahui. Namanya adalah Nafiโ€™ bin Maisarah. (HR. Daruquthni)

Disarikan dari Hasil Keputusan Muktamar NU ke-XXXIIย di Asrama Haji Sudiang Makassar Tanggal 7-11 Rabiโ€™ul Akhir 1431 H/22 โ€“ 27 Maret 2010 M (Redaktur: Ulil A Hadrawy)