Kemajuan teknologi dan informasi telah mengantarkan pada pola kehidupan umat manusia yang lebih mudah. Sehingga merubah pola sinteraksi antar anggota masyarakat. Pada era teknologi dan informasi ini, khususnya internet, seseorang dapat melakukan perubahan pola transaksi bisnis, baik berskala kecil maupun besar. Yaitu perubahan dari paradigma bisnis konvensional menjadi paradigma bisnis elektronikal. Paradigma baru tersebut dikenal dengan istilah Electronic Commerce, umumnya disingkat E-Commerce.<>
Kontrak elektrik adalah perjanjian para pihak yang dibuat melalui sistem elektronik. Maka jelas, kontrak elektronikal tidak hanya dilakukan melalui internet semata. Tetapi dapat juga dilakukan melalui medium facsimile, telegram, telex, dan telpon. Kontrak elektronikal yang menggunakan media informasi dan komunikasi terkadang mengabaikan rukun jualbeli (baiโ), seperti sighat, ijabqabul, dan syarat pembeli dan penjual yang harus cakap hukum. Bahkan dalam hal transaksi elektronikal ini belum diketahui tingkat keamanan proses transaksi, identifikasi pihak yang berkontrak, pembayaran, dan ganti rugi akibat kerusakan. Bahkan, akad nikah pun sekarang telah ada yang menggunakan fasilitas telpon atao Cybernet, seperti yang terjadi di Arab Saudi.
Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana hukum transaksi via elektronik, seperti media telpon, e-mail, atau Cybernet dalam akad jual beli dan akad nikah? Sahkan pelaksanaan akad jual-beli dan akad nikah yang berada di majlis terpisah?
Hukum akad jualbeli melalui alat elektronik sah, apabila sebelum transaksi kedua belah pihak sudah melihat mabiโ (barang yang diperjualbelikan) atau telah dijelaskan baik sifat maupun jenisnya, serta memenuhi syarat-syarat dan rukun-rukun jual beli lainnya.
Hal ini berdasar pada pendapat Muhammad Ibn Syihabuddin al-Ramli dalam Nihayah al-Muhtaj ila Syarh al-Minhaj
(รหรลฝรยงรโรโรยฃรลฝรยธรโรโกรลฝรยฑรย รยฃรลฝรโ รโรลฝรโกรย รโรลฝรยง รล รลฝรยตรยรยญรโรย) รยรยรล รยบรลฝรล รโรยฑรย รโ รลฝรยญรโรหรย รยงรโรโรยรยรโรโรลฝรยงรยนรย รฦรลฝรโฆรลฝรยง รโฆรลฝรยฑรโรลฝ (รยจรลฝรล รโรยนรย รยงรโรโรยบรลฝรยงรยฆรยรยจรย) รหรลฝรโกรยรหรลฝ รโฆรลฝรยง รโรลฝรโฆรโ รล รลฝรยฑรลฝรโกรย รยงรโรโรโฆรยรยชรลฝรยนรลฝรยงรโรยรยฏรลฝรยงรโ รย รยฃรลฝรหรโ รยฃรลฝรยญรลฝรยฏรยรโกรยรโฆรลฝรยง รยซรลฝรโฆรลฝรโ รโนรยง รยฃรลฝรหรโ รโฆรยรยซรลฝรโฆรโรลฝรโ รโนรยง รหรลฝรโรลฝรหรโ รฦรลฝรยงรโ รลฝ รยญรลฝรยงรยถรยรยฑรโนรยง รยรยรล รโฆรลฝรยฌรโรโรยรยณรย รยงรโรโรยจรลฝรล รโรยนรย รหรลฝรยจรลฝรยงรโรยรยบรโนรยง รยรยรล รหรลฝรยตรโรยรยรโกรย รยฃรลฝรหรโ รยณรลฝรโฆรโรยนรยรโกรย รยจรยรยทรลฝรยฑรยรล รโรย รยงรโรยชรโรลฝรหรลฝรยงรยชรยรยฑรย รฦรลฝรโฆรลฝรยง รล รลฝรยฃรโรยชรยรล รยฃรลฝรหรโ รยฑรลฝรยขรโกรย รยรยรล รยถรลฝรหรโรยกรย รยฅรโ รโ รยณรลฝรยชรลฝรยฑรลฝ รยงรโรยถรโรลฝรหรโรยกรย รโรลฝรหรโรโ รลฝรโกรย รฦรลฝรหรลฝรยฑรลฝรโรย รยฃรลฝรยจรโรล รลฝรยถรลฝ รยรยรล รโฆรลฝรยง รล รลฝรยธรโรโกรลฝรยฑรย
(Dan menurut qaul al-Azhhar, sungguh tidak sah) selain dalam masalah fuqaโ-sari anggur yang dijual dalam kemasan rapat/tidak terlihat- (jual beli barang ghaib), yakni barang yang tidak terlihat oleh dua orang yang bertransaksi, atau salah satunya. Baik barang tersebut berstatus sebagai alat pembayar maupun sebagai barang yang dibayari. Meskipun barang tersebut ada dalam majlis akad dan telah disebutkan kriterianya secara detail atau sudah terkenal secara luas -mutawatir-, seperti keterangan yang akan datang. Atau terlihat di bawah cahaya, jika cahaya tersebut menutupi warna aslinya, seperti kertas putih. Demikian menurut kajian yang kuat.
Bahkan Sulaiman bin Muhammad al-bujairomi dalam Hasyiyah al-Bujairami โala al-Khatib menjelaskan adanya tuntutan menyaksikan mabiโ secara langsung tanpa adanya penghalang walaupu berupa kaca.
รโรลฝรยงรโรลฝ รยฎ รยถ รหรลฝรโฆรยรโ รโ รโ รลฝรยธรลฝรยงรยฆรยรยฑรย รยงรโรโรโฆรลฝรยณรโรยฃรลฝรโรลฝรยฉรย รยฑรยรยครโรล รลฝรยฉรย รยงรโรโรโฆรลฝรยจรยรล รยนรย รโฆรยรโ รโ รหรลฝรยฑรลฝรยงรยกรย รยงรโรยฒรโรยรยฌรลฝรยงรยฌรย รหรลฝรโกรยรล รลฝ รโรลฝรยง รยชรลฝรฦรโรยรยรล รโรยรยฃรลฝรโ รโรลฝ รยงรโรโรโฆรลฝรยทรโรโรยรหรยจรลฝ รโ รลฝรยรโรล รย รยงรโรยถรโรลฝรยฑรลฝรยฑรย รหรลฝรโกรยรหรลฝ รโรลฝรยง รล รลฝรยญรโรยตรยรโรย รยจรยรโกรลฝรยง รยฅรยรยฐรย รยงรโรยดรโรลฝรล รโรยกรย รโฆรยรโ รโ รหรลฝรยฑรลฝรยงรยกรย รยงรโรยฒรโรยรยฌรลฝรยงรยฌรย รล รยรยฑรลฝรโฐ รยบรลฝรยงรโรยรยจรโนรยง รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยฎรยรโรลฝรยงรยรย รโฆรลฝรยง รโกรยรหรลฝ รยนรลฝรโรลฝรล รโรโกรย รยดรลฝรยฑรโรยญรย รโฆ รยฑ
Muhammad Syaubari al-Khudhri berkata: โTermasuk padanan kasus tercegah melihat mabiโ-barang yang dijual- adalah melihat mabiโ dari balik kaca. Cara demikian tidak mencukupi syarat jual beli. Sebab, standarnya adalah menghindari bahaya ketidakjelasan mabiโ, yang tidak bisa dipenuhi dengan cara tersebut. Sebab, secara umum barang yang terlihat dari balik kaca terlihat beda dari aslinya. Demikian keterangan dari syarh al-Ramli.โ
Namun untuk nikah aqad semacam ini dianggap tidak sah. hal ini sesuai keterangan Muhammad bin Ahmad as-Syatiri dalam Syarh al-Yaqut al-Nafis
รหรลฝรยงรโรโรยนรยรยจรโรยฑรลฝรยฉรย รยรยรล รยงรโรโรยนรยรโรยรหรยฏรย รโรยรโฆรลฝรยนรลฝรยงรโ รยรล รโกรลฝรยง รโรลฝรยง รโรยรยตรยรหรลฝรยฑรย รยงรโรโรยฃรลฝรโรโรยรลฝรยงรยธรย รหรลฝรยนรลฝรโ รย รยงรโรโรยจรลฝรล รโรยนรย รหรลฝ รยงรโรยดรโรยรยฑรลฝรยงรยกรย รยจรยรหรลฝรยงรยณรยรยทรลฝรยฉรย รยงรโรยชรโรยรโรยรล รยรยรหรโ รย รหรลฝรยงรโรยชรโรลฝรโรลฝรฦรโรยณรย รหรลฝรยงรโรโรยจรลฝรยฑรโรโรยรล รลฝรยงรยชรย รฦรยรโรโรย รโกรยฐรยรโกรย รยงรโรโรหรลฝรยณรลฝรยงรยฆรยรโรย รหรลฝรยฃรลฝรโฆรโรยซรลฝรยงรโรยรโกรลฝรยง รโฆรยรยนรโรยชรลฝรโฆรลฝรยฏรลฝรยฉรย รยงรโรโรล รลฝรหรโรโฆรย รหรลฝรยนรลฝรโรลฝรล รโรโกรลฝรยง รยงรโรโรยนรลฝรโฆรลฝรโรย
Yang diperhitungkan dalam akad-akad adalah subtansinya, bukan bentuk lafalnya. Dan jual beli via telpon, teleks dan telegram dan semisalnya telah menjadi alternatif utama dan dipraktikkan.
Sedangkan hukum pelaksanaan akad nikah melalui alat elektronik tidak sah, karena: (a) kedua saksi tidak melihat dan mendengar secara langsung pelaksanaan akad; (b) saksi tidak hadir di majlis akad; (c) di dalam akad nikah disyaratkan lafal yang sharih (jelas). Sedangkan akad melalui alat elektronik tergolong kinayah (samar). Begitu pula pelaksanaan akad nikah yang berada di majlis terpisah tidak sah.
Sebagaimana diterangkan al-Bujairomi dalam Hasyiyah al-Bujairami โala al-Khatib
รโรลฝรหรโรโรยรโกรย (รหรลฝรยงรโรยถรโรลฝรยจรโรยทรย) รยฃรลฝรล รโ รโรยรยฃรลฝรโรโรยรลฝรยงรยธรย รหรลฝรโรยรล รโรย รยงรโรยฒรโรลฝรหรโรยฌรลฝรยฉรย รหรลฝรยงรโรยฒรโรลฝรหรโรยฌรย รยรลฝรโรลฝรยง รล รลฝรฦรโรยรยรล รยณรลฝรโฆรลฝรยงรยนรย รยฃรลฝรโรโรยรลฝรยงรยธรยรโกรยรโฆรลฝรยง รยรยรล รยธรยรโรโรโฆรลฝรยฉรย รโรยรยฃรลฝรโ รโรลฝ รยงรโรโรยฃรลฝรยตรโรหรลฝรยงรยชรลฝ รยชรลฝรยดรโรยชรลฝรยจรยรโกรย รหรลฝรล รลฝรโ รโรยจรลฝรยบรยรล รโรยรโรยดรโรลฝรยงรโกรยรยฏรลฝรล รโรโ รย รยถรลฝรยจรโรยทรย รยณรลฝรยงรยนรลฝรยฉรย รยงรโรโรยนรลฝรโรโรยฏรย รโรยรยฃรลฝรยฌรโรโรย รโรยรยญรยรหรโรย รยงรโรโรหรลฝรโรลฝรยฏรย รโรลฝรหรโรโรยรโกรย (รยจรลฝรโรโ รยฅรโรลฝรโฐ รยฃรลฝรฦรโรยซรลฝรยฑรลฝ) ... รหรลฝรล รยรยดรโรยชรลฝรยฑรลฝรยทรย รยรยรล รฦรยรโรโรย รโฆรยรโ รโ รยงรโรยดรโรลฝรยงรโกรยรยฏรลฝรล รโรโ รย รยฃรลฝรล รโรยถรโนรยง รยงรโรยณรโรลฝรโฆรโรยนรย รหรลฝรยงรโรโรยจรลฝรยตรลฝรยฑรย รหรลฝรยงรโรยถรโรลฝรยจรโรยทรย รหรลฝรโฆรลฝรยนรโรยฑรยรยรลฝรยฉรย รโรยรยณรลฝรยงรโ รย รยงรโรโรโฆรยรยชรลฝรยนรลฝรยงรโรยรยฏรลฝรล รโรโ รย
Ungkapan al-Khatib al-Syirbini (Dan hafal), maksudnya hafal ucapan wali istri dan suami. Maka tidak cukup hanya mendengar ucapan mereka dalam tempat gelap. Sebab, suara yang satu dengan yang lainnya itu mirip. Bagi dua orang saksi nikah sebaiknya juga menghapal jam akad untuk menentukan nasab anak (dari pasangan tersebut). Ungkapan al-Khatib al-Syirbini (Bahkan lebih dari enam syarat) โฆ Dan bagi masing-masing dari dua saksi nikah disyaratkan mampu mendengar, melihat, menghafal dan mengetahui bahasa dua orang yang berakad.
Selain itu satu hadits dari al-Daruquthni dalam Sunan al-Daruquthni sangat jelas mengenai hal ini
รยนรลฝรโ รโ รยนรลฝรยงรยฆรยรยดรลฝรยฉรลฝ รโรลฝรยงรโรลฝรยชรโ รโรลฝรยงรโรลฝ rย รโรลฝรยง รยจรยรยฏรโรลฝ รยรยรล รยงรโรโ รโรยรฦรลฝรยงรยญรย รโฆรยรโ รโ รยฃรลฝรยฑรโรยจรลฝรยนรลฝรยฉรย รยงรโรโรหรลฝรโรยรล รโรย รหรลฝรยงรโรยฒรโรลฝรหรโรยฌรย รหรลฝรยงรโรยดรโรลฝรยงรโกรยรยฏรลฝรล รโรโ รย รยฃรลฝรยจรยรห รยงรโรโรยฎรลฝรยตรยรล รยจรย รโฆรลฝรยฌรโรโกรยรหรโรล รหรลฝรยงรยณรโรโฆรยรโกรย รโ รลฝรยงรยรยรยนรย รยจรโรโ รย รโฆรลฝรล รโรยณรลฝรยฑรลฝรยฉรลฝ (รยฑรลฝรหรลฝรยงรโกรย รยงรโรยฏรโรลฝรยงรยฑรยรโรยรยทรโรโ รยรล )
โDari โAisyah, ia berkata: Nabi bersabda: โDalam nikah harus ada empat orang, yaitu wali, calon suami, dan dua orang saksi.โ Abu al-Khashib tidak diketahui. Namanya adalah Nafiโ bin Maisarah. (HR. Daruquthni)
Disarikan dari Hasil Keputusan Muktamar NU ke-XXXIIย di Asrama Haji Sudiang Makassar Tanggal 7-11 Rabiโul Akhir 1431 H/22 โ 27 Maret 2010 M (Redaktur: Ulil A Hadrawy)
Terpopuler
1
Saat Jamaah Haji Mengambil Inisiatif Berjalan Kaki dari Muzdalifah ke Mina
2
Meski Indonesia Tak Bisa Lolos Langsung, Peluang Piala Dunia Belum Pernah Sedekat Ini
3
Belasan Tahun Jadi Petugas Pemotongan Hewan Kurban, Riyadi Bagikan Tips Hadapi Sapi Galak
4
Cerpen: Tirakat yang Gagal
5
Jamaah Haji Indonesia Diimbau Tak Buru-buru Thawaf Ifadhah, Kecuali Jamaah Kloter Awal
6
Jamaah Haji Indonesia Bersyukur Tuntaskan Fase Armuzna
Terkini
Lihat Semua