Syariah

Penggunaan Uang Kotak Amal Masjid

NU Online  ยท  Rabu, 19 Juni 2013 | 02:09 WIB

Penggunaan Uang Kotak Amal Masjid

Penggunaan Uang Kotak Amal Masjid

Mengurus masjid sebagai tempat ibadah bukanlah perkara yang sulit, tetapi juga tidak bisa dianggap mudah. Apalagi jika masjid telah memiliki pemasukan (uang kas amal) yang cukup banyak. Sehingga perlu pengaturan dan penanganan khusus. Mengingat uang masjid adalah milik umat, dan bukan milik perseorangan atupun kelompok.
ย 

Memang uang hasil kotak amal tidaklah dapat dikategorikan sebagai barang wakaf, mengingat uang adalah barang yang habis dipergunakan dan bukan termasuk baqa'ul โ€˜ain (barang kekal yang tidak bisa habis dipergunakan), demikian diterangkan dalam Fathul Qarib Hamisya al-Bajuri
ย 

ุงู„ูˆู‚ู ุฌุงุฆุฒ ูˆู„ู‡ ุซู„ุงุซุฉ ุดุฑูˆุท ุงุญุฏู‡ุง ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ู…ูˆู‚ูˆู ู…ู…ุง ูŠู†ุชูุน ุจู‡ ู…ุน ุจู‚ุงุก ุนูŠู†ู‡
ย 

Bahwa waqaf boleh dilaksanakan jika ada tiga syarat, salah satunya barang yang diwakafkan adalah barang yang bermanfaat dan juga barang yang kekal.ย 
ย 

Hal lain yang menjadikan uang kotak amal tidak dapat digolongkan sebagai wakaf adalah tidak adanya shigat waqaf ketika seseorang memberikan uang tersebut, sehingga posisi uang kotak amal hanya menjadi shadaqah bukan wakaf.
ย 

ย ูˆุงู† ู…ู„ูƒ ู„ุงุฌู„ ุงู„ุงุญุชูŠุงุฌ ุงูˆ ุงู„ุซูˆุงุจ ู…ู† ุบูŠุฑ ุงู„ุตูŠุบุฉ ูƒุงู† ุตุฏู‚ุฉ ูู‚ุทย 


โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹โ€‹Oleh karena itu, sah-sah saja mempergunakan uang kotak amal asalkan dalam kerangka kepentingan pengembangan masjid termasuk di dalamnya memberikan bisyaroh (penghargaan) kepada segenap takmir masjid yang telah mengabdikan hidupnya untuk kemakmuran masjid. Tentunya hal itu dengan seizin hakim (pemerintah) setempat dan jumlahnya harus lebih sedikit dari upah minimum. Begitulah fatwa Ibnu shabbagh yang dinukil dalam kitab Iโ€™anatuth Thalibin:
ย 

ูˆุงูุชู‰ ุงุจู† ุงู„ุตุจุงุบ ุจุงู†ู‡ ุงู„ุงุณุชู‚ู„ุงู„ ุจุฐุงู„ูƒ ู…ู† ุบูŠุฑ ุงู„ุญุงูƒู… (ู‚ูˆู„ู‡ ุงู„ุงุณุชู‚ู„ุงู„ ุจุฐุงู„ูƒ) ุงู‰ ุจุฃุฎุฐ ุงู„ุฃู‚ู„ ู…ู† ู†ูู‚ุฉ ูˆุฃุฌุฑุฉ ู…ุซู„ู‡
ย 

Maka dengan demikian diperbolehkan jika masjid menggunakan uang hasil kotak amal untuk membiayai kebutuhan, termasuk juga memberi bisyaroh kepada khotib Jumโ€™ah dan shalat Iโ€™ed, juga membayar listrik, air, dan lain keperluan masjid. (Ulilย Hadrawi)