Kematian bagi makhluk hidup adalah suatu kemestian. Meskipun berbeda cara dan penyebabnya sakit, tua, kecelakaan, dan seterusnya. Jasadnya pun, bisa dimana saja, atau musnah sama sekali tanpa bekas. Kematian lambat atau cepat adalah mutlak bagi makhluk termasuk manusia.
Manusia adalah makhluk yang terbebani tanggung jawab dalam hayatnya, terutama terhitung sejak baligh. Perbuatan manusia akan dibalas menurut baik dan buruknya. Pertanggungjawaban mereka akan dihisab kelak di hari Kiamat. Allah sebagai hakim yang adil, takkan keliru dalam menghitung dan mengadili amal setiap orang.<>Namun, sebelum pembalasan hari Kiamat, nikmat dan siksa kubur benar adanya. Manusia yang telah terpisah jiwa dari raganya, akan didatangi malaikat untuk pertanyaan tentang Tuhan, rasul, pedoman hidup dan seterusnya. Malaikat ini akan bersikap sesuai perintah, menyiksa dan memberikan nikmat bagi mayit.
Manusia kecuali para rasul, dalam hidupnya tak lepas dari dosa. Dosa inilah yang lalu mesti ditebus dengan siksa kubur oleh yang bersangkutan. Jerit pedih mereka yang sudah mati memang tak didengar oleh manusia yang hidup. Dalam keterangan Rasulullah, hanya hewan hidup lah yang mendengar jeritan mayit yang tersiksa. Mayit pun harus menanggung kelakuan buruknya di dunia. Mereka hanya bisa menerima siksa tanpa bisa melakukan sesuatu apapun.
Mengingat itu, kita yang masih hidup mesti mengambil satu langkah agar dapat meringankan siksa kubur mayit. Lebih istimewa lagi, kita lakukan terhadap orang yang kita kenal, cintai atau yang sangat berjasa dalam kehidupan kita, orang tua, guru, atau kiai.
Diantaranya dengan memberikan hadiah kepada mayyit. Hadiah itu bisa berupa shalat dua rakaat atau berupa sedekah yang pahalanya ditujukan kepada mayyit. Seperti yang diterangkan Rasulullah SAW dalam sabdanya;
ุฑูู ุนู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฃูู ูุงู ูุง ูุฃุชู ุนูู ุงูู ูุช ุฃุดุฏ ู ู ุงููููุฉ ุงูุฃููู, ูุงุฑุญู ูุง ุจุงูุตุฏูุฉ ู ู ูู ูุช. ูู ู ูู ูุฌุฏ ูููุตู ุฑูุนุชูู ููุฑุฃ ูููู ุง: ุฃู ูู ูู ุฑูุนุฉ ู ููู ุง ูุงุชุญุฉ ุงููุชุงุจ ู ุฑุฉ, ูุขูุฉ ุงููุฑุณู ู ุฑุฉ, ูุฃููุงูู ุงูุชูุงุซุฑ ู ุฑุฉ, ููู ูู ุงููู ุฃุญุฏ ุนุดุฑ ู ุฑุงุช, ููููู ุจุนุฏ ุงูุณูุงู : ุงูููู ุฅูู ุตููุช ูุฐู ุงูุตูุงุฉ ูุชุนูู ู ุง ุฃุฑูุฏ, ุงูููู ุงุจุนุซ ุซูุงุจูุง ุฅูู ูุจุฑ ููุงู ุจู ููุงู ููุจุนุซ ุงููู ู ู ุณุงุนุชู ุฅูู ูุจุฑู ุฃูู ู ูู ู ุน ูู ู ูู ููุฑ ููุฏูุฉ ูุคูุณููู ุฅูู ููู ูููุฎ ูู ุงูุตูุฑ.
Diriwayatkan dari Rasulullah, Ia bersabda, โTiada beban siksa yang lebih keras dari malam pertama kematiannya. Karenanya, kasihanilah mayit itu dengan bersedekah. Siapa yang tidak mampu bersedekah, maka hendaklah sembahyang dua rakaโat. Di setiap rakaโat, ia membaca surat Alfatihah 1 kali, Ayat Kursi 1 kali, surat Attaktsur 1 kali, dan surat Al-ikhlash 11 kali. Setelah salam, ia berdoa, โAllahumma inni shallaitu hadzihis shalata wa taโlamu ma urid. Allahummab โats tsawabaha ila qabri fulan ibni fulan (sebut nama mayit yang kita maksud),โ Tuhanku, aku telah lakukan sembahyang ini. Kau pun mengerti maksudku. Tuhanku, sampaikanlah pahala sembahyangku ini ke kubur (sebut nama mayit yang dimaksud), niscaya Allah sejak saat itu mengirim 1000 malaikat. Tiap malaikat membawakan cahaya dan hadiah yang kan menghibur mayit sampai hari Kiamat tiba.โ [Syekh Nawawi Albantani, Nihayatuz Zain, (Bandung, Almaarif) Hal. 107].
Hadiah semacam ini dalam tradisi Islam Nusantara dikenal dengan berbagai sebutan sesuai kaedah local masing-masing. Ada yang menyebutnya โtahlilanโ, ada yang menyebutnya arwahan, ada yang menyebut samadiahan dan lain sebagainya. Semua itu merupakan perilaku terpuji yang telah me-tradisi dalam wacana Islam Nusantara. Begitu pula dengan shalat hadiah dua rakaat untuk mayit, yang kesunnahannya dilakukan saat malam pertama mayit meninggal. Walaupun taka apa pula jika dilakukan setelah jauh-jauh hari sepeninggal si mayit.
Pahala dari berbagai hadiah itu juga mengalir bagi kita yang masih hidup dan melakukannya, seperti yang diterangkan dalam sebuah hadits
ุฃู ูุงุนู ุฐูู ูู ุซูุงุจ ุฌุณูู , ู ูู ุฃูู ูุง ูุฎุฑุฌ ู ู ุงูุฏููุง ุญุชู ูุฑู ู ูุงูู ูู ุงูุฌูุฉ.
โSiapa saja yang melakukan sedekah atau sembahyang itu, akan mendapat pahala yang besar. Di antaranya, ia takkan meninggalkan dunia sampai melihat tempatnya di surga kelak.โ
Sejumlah ulama menganjurkan akan baiknya sembahyang 2 rakaโat ini. Ringan dan mudah dilakukan, โBeruntunglah orang yang melakukan sembahyang ini setiap malam dan menghadiahkan pahalanya untuk mayit kaum muslimin.โ
Sebagai umat Islam, kita dipanggil untuk peduli dan menanam bibit kasih sayang terhadap alam, hewan dan manusia baik hidup maupun sudah meninggal. Hanya saja, bentuk kasih yang dipersembahkan mesti disesuaikan bagi penerimanya. Untuk saudara kita yang sudah meninggal, kita bisa melakukan sedekah dan sembahyang 2 rakaโat di atas.
Inilah yang dicontohkan Rasulullah SAW. para ulama dan kiai mengawetkan ajaran luhur Rasulullah dengan menuliskan, mengajarkan, menyontohkannya kepada masyarakat luas. Dengan demikian, ajaran Nabi Muhammad SAW. akan lestari hingga hari akhir kelak.
Redaktur: Ulil A. Hadrawiy
Penulis: Alhafiz Kurniawan
Terpopuler
1
Soal Tambang Nikel di Raja Ampat, Ketua PBNU: Eksploitasi SDA Hanya Memperkaya Segelintir Orang
2
Meski Indonesia Tak Bisa Lolos Langsung, Peluang Piala Dunia Belum Pernah Sedekat Ini
3
Cerpen: Tirakat yang Gagal
4
Jamaah Haji Indonesia Diimbau Tak Buru-buru Thawaf Ifadhah, Kecuali Jamaah Kloter Awal
5
Jamaah Haji Indonesia Bersyukur Tuntaskan Fase Armuzna
6
Pentingnya Kematangan Pola Pikir dan Literasi Finansial dalam Perencanaan Keuangan
Terkini
Lihat Semua