Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Doa saat Mengalami Kerugian dalam Berjualan

Doa saat Mengalami Kerugian dalam Berjualan
Doa saat Rugi dalam Berjualan
Doa saat Rugi dalam Berjualan

Aktivitas penjualan tidak selamanya menghasilkan keuntungan. Aktivitas penjualan mengalami dinamikanya sendiri sesuai hukum pasar. Aktivitas penjualan terkadang mengalami kerugian dengan berbagai faktor penyebabnya. Rugi bukan sesuatu yang asing dalam aktivitas pasar. Rugi sesuatu yang lazim dalam hukum pasar.


Dalam kondisi rugi, kita tidak perlu menyesali diri. Kita harus tetap optimis untuk menjalankan aktivitas perdagangan. Kita dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut saat mengalami kerugian dalam berjualan:


عَسَى رَبُّنَا أَنْ يُبْدِلَنَا خَيْرًا مِنْهَا إِنَّا إِلَى رَبِّنَا رَاغِبُونَ


‘Asā rabbuna an yubdilanā khayran minhā, innā ilā rabbinā rāghibūna (Surat Al-Qalam ayat 32).


Artinya: “Semoga Tuhan memberikan ganti untuk kami dengan yang lebih baik dari yang ini. Sunnguh kami mengharapkan (ampunan) kepada Tuhan kami,” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 408).


Sayyid Muhammad Az-Zabidi dalam Kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah Ihya Ulumiddin) mengatakan, doa ini disebutkan oleh penulis Kitab Qutul Qulub Syekh Abu Thalib Al-Makki. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman 103)


Doa ini mengisyaratkan kepada kita yang merugi untuk tidak pesimis. Doa ini membangun optimisme dan harapan kita untuk kembali lagi melakukan aktivitas berjualan atau berdagang. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Doa Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×