
Mengakui ketidakmampuan diri bukanlah hal mudah. Banyak dari kita, tidak terpikir untuk melakukannya.
Muhammad Afiq Zahara
Kolomnis
Dalam kitab Tadzkirah al-Auliyรขโ, Imam Fariduddin โAttar mencatat sebuah munajat Imam Hasan al-Bashri. Berikut riwayatnya:
ย
ูุญูู ุฃูู ุฑุญู ู ุงููู ูุงู ูููู ูู ุจุนุถ ู ูุงุฌุงุชู: ุฅูููุ ุฃููุนูู ูุชู ุนูููููู ููู ูุง ุดูููุฑูุชูููุ ููุฃูููุฒูููุชู ุนูููููู ุจููููููุงุชู ููู ูุง ุตูุงุจูุฑูุชูุ ููุนูููู ููุฐูุง ููู ูุง ููุทูุนูุชู ุนููููู ููุนูู ูููุ ููู ูุง ุฃูุฏูู ูุชู ุนููููู ุงูุจููุงูุกูุ ููุฃูููุชู ููุฑูููู ู ููุทููููู ููุง ููุธูููุฑู ู ููููู ุฅููููุง ุงูููุฑูู ู ููุงููููุทููู
ย
Dikisahkan bahwa Imam Hasan al-Bashri rahimahullah berujar dalam sebagian munajatnya:
ย
โTuhanku, Engkau (limpahkan) nikmat-Mu kepadaku, dan aku tidak bersyukur kepada-Mu. (Tuhanku), Engkau turunkan ujian kepadaku, dan aku tidak bersabar. Meski demikian, Engkau tidak menghentikan nikmat-nikmat-Mu untukku, dan tidak memperlama ujianku. (Sungguh) Engkau adalah Tuhan yang Maha Mulia nan Maha Halus, tidak tertampak dari-Mu kecuali kemuliaan dan kelembutan.โ (Imam Fariduddin Attar, Tadzkirah al-Auliyรขโ, alih bahasa Arab oleh Muhammad al-Ashiliy al-Wasthani al-Syafiโi (836 H), Damaskus: Darul Maktabi, 2009, hlm 69)
ย
****
ย
Kita mulai pembahasan ini dengan sebuah tafsir. Ketika Imam Abu Yazid al-Busthami ditanya tentang maksud ayat (Al-Baqarah: 156): โinnรข lillahi wa innรข ilaihi rรขjiโรปnโ (sungguh kita [semua] milik Allah, dan sungguh kepada-Nya kita kembali), ia menjawab:
ย
ุฅูุง ููู: ุฅูุฑุงุฑ ููู ุจุงูู ููุ ูุฅูุง ุฅููู ุฑุงุฌุนูู: ุฅูุฑุงุฑ ุนูู ุงููููู ุจุงูู ูู
ย
โ(Maksud kalimat) โinnรข lillahiโ adalah pengakuan (hanya) milik Allah lah kekuasaan, sedangkan (maksud kalimat) โinnรข ilaihi rรขjiโรปnโ adalah pengakuan (dengan) keyakinan (penuh) atas kekuasaan(-Nya).โ (Imam Abu Nuโaim Ahmad bin Abdullah al-Asfahani, ย Hilyah al-Auliyรขโ wa Thabaqรขt al-Ashfiyรขโ, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1988, juz 10, h. 39-40)
ย
Kita harus jujur, selama ini, ketika kita mengucapkan โinnรข lillahi wa innรข ilaihi rรขjiโรปnโ, kita hanya membacanya saja, atau hanya sampai di lidah. Bacaan itu tidak sampai benar-benar menjadi penegasan dan pengakuan kita atas kekuasaan-Nya. Padahal, jika merujuk pada penjelasan Imam Abu Yazid al-Busthami, di dalam ucapan, โinnรข lillahi wa innรข ilaihi rรขjiโรปnโ terkandung makna yang dalam, yaitu pengakuan, keyakinan, kesadaran, penegasan dan kepasrahan. Tidak hanya ucapan seremonial yang tidak membekas dan menetap di hati kita.
ย
Ini penting untuk memahami munajat di atas. Sebab, untuk dapat melakukan pengakuan (al-iโtirรขf) seperti yang dilakukan Imam Hasan al-Bashri, dibutuhkan kesadaran penuh bahwa nikmat Tuhan tidak berhenti karena kurangnya syukur, dan ujian Tuhan tidak diperlama karena sedikitnya sabar. Karena Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Nikmat-Nya dilimpahkan ke segala makhluk. Dia tidak berkurang kekuasaan, kemuliaan, dan keagungan-Nya karena maksiat hamba-Nya. Sayyid Abdul Aziz ad-Darani (w. 697 H) menggambarkan ini dengan menulis:
ย
ูุง ูุชุฌู ู ุจุทุงุนุฉ ุงูุนุงู ููู ููุง ูุชุฒูู ุจุฐูุฑ ุงูุฐุงูุฑูู ููุง ูุจุฑู ู ุฅูุญุงุญ ุงูุณุงุฆููู, ููุง ูููุต ู ููู ุฅุนุฑุงุถ ุงูุบุงูููู
ย
โDia tidak indah sebab ketaatan orang-orang yang beramal (baik). Dia tidak indah sebab dzikirnya orang-orang yang berdzikir. Dia tidak (bisa) dipaksa oleh desakan permintaan orang-orang yang meminta. Kekuasaan-Nya tidak akan berkurang karena pembangkangan orang-orang yang lalai.โ (Sayyid Abdul Aziz al-Darani, Thahรขrah al-Qulรปb wa al-Khudlรปโ li โAllรขm al-Ghuyรปb, Beirut: Dar al-Kutub al-โIlmiyyah, 2003, h. 140)
ย
Artinya, Tuhan itu โMahaโ segalanya, mahaindah, mahakuasa, mahatinggi, mahabaik, dan maha-maha lainnya. Kemahaan-Nya tidak berbatas. Maksiat manusia tidak mengurangi kemahaan-Nya. Amal manusia tidak menjadi sebab kemahaan-Nya. Tuhan sudah maha segalanya, dan manusia lah yang butuh kepada-Nya, bukan sebaliknya.
ย
Karena itu, Imam Hasan al-Bashri, dalam munajatnya, sangat merasai kasih sayang Allah. Katanya, โTuhanku, Engkau (limpahkan) nikmat-Mu kepadaku, dan aku tidak bersyukur kepada-Mu. (Tuhanku), Engkau turunkan ujian kepadaku, dan aku tidak bersabar.โ
ย
Ia sedang mengecilkan dirinya, dan mengakui ketidakmampuannya untuk selalu bersyukur dan bersabar. Dengan kata lain, Imam Hasan al-Bashri sedang mengikrarkan kehambaannya. Ia menyampaikan ketidakmampuannya kepada Allah. Meski demikian, Allah masih terus memberinya nikmat yang tidak terhitung. Nikmat yang selalu hadir setiap saat tanpa mampu disyukuri secara sempurna olehnya. Belum sempat ia mensyukuri nikmat-nikmat Allah yang telah lalu, nikmat-Nya yang lain telah datang.
ย
Katanya lagi, โMeski demikian, Engkau tidak menghentikan nikmat-nikmat-Mu untukku, dan tidak memperlama ujianku. (Sungguh) Engkau adalah Tuhan yang Maha Mulia nan Maha Halus, tidak tertampak dari-Mu kecuali kemuliaan dan kelembutan.โ
ย
Mengakui ketidakmampuan diri bukanlah hal mudah. Banyak dari kita, tidak terpikir untuk melakukannya. Seakan-akan keadaan diri hanya terbagi dua; susah dan senang, atau bahagia dan derita. Padahal, di tengah-tengahnya, ada keadaan diri yang paling sering dirasai manusia, yaitu keadaan โbiasa-biasa sajaโ. Keadaan ini sering membuat manusia melupakan dan melalaikan dirinya. Manusia hanya mudah terkesan oleh kesenangan dan kesusahan. Ingatan kita begitu kuat saat berada dalam keadaan senang dan susah. Hampir semua dari kita memiliki rekaman memori tentang keduanya, tapi sangat sedikit tentang keadaan yang โbiasa-biasa saja.โ
ย
Jika kita renungkan secara dalam, keadaan โbiasa-biasa sajaโ ini merupakan nikmat besar dari Allah. Sebuah proses normalisasi di antara keduanya. Karena pada umumnya, kesenangan selalu dikaitkan dengan tercapainya keinginan, dan kesusahan selalu dikaitkan dengan gagalnya meraih keinginan. Keluasan jiwa manusia dengan ragam dimensinya, sepertinya lebih mudah untuk mengenali dua keadaan itu.
ย
Dengan demikian, kita harus mulai belajar untuk mengenali keragaman nikmat Allah dan ujian-Nya. Terutama yang berada di wilayah โbiasa-biasa sajaโ, karena di dalamnya mengandung nikmat luar biasa yang harus kita syukuri. Sebagai contoh, manusia sering dikatakan sebagai tempatnya salah dan lupa. โLupaโ (an-nisyรขn) adalah akibat langsung dari โingatโ. โLupaโ ini sebenarnya adalah anugerah Allah yang luar biasa. Bayangkan saja jika manusia tidak diberi ability to forget (kemampuan untuk lupa), ia akan kesulitan memasuki proses normalisasi secara mulus. Patah hati akan tajam tertanam di pikirannya; kegagalan akan diam terekam di perasaannya; kesenangan akan lekat mengikat di otaknya, sehingga akan sulit memasuki proses normalisasi atau penyegaran ulang. Bahasa sekarangnya, susah move on. Jika kita berpikir tentang hal ini, maka kita harus bersyukur telah diberi kemampuan untuk lupa sebagaimana kita juga harus beryukur telah diberi kemampuan untuk ingat.
ย
Karena itu, Imam Hasan al-Bashri bersimpuh mengakui keterbatasannya. Ia mengakhiri munajatnya dengan pujian, โ(Sungguh) Engkau adalah Tuhan yang Maha Mulia nan Maha Halus, tidak tertampak dari-Mu kecuali kemuliaan dan kelembutan.โ Meski ia begitu sering lupa bersyukur, dan ia begitu sering lupa bersabar, Allah tetap melimpahkan nikmat-Nya dan tidak memperlama ujian-ujian-Nya, karena Dia adalah Tuhan yang mahahalus dan mahamulia.
ย
Sebagai penutup, kita perlu membaca dan merenungkan doa Sayyidina Abu Bakr berikut ini:
ย
ุงูููู ู ุฃูููุชู ุฃุนููู ู ุจูู ู ููู ููููุณููุ ูุฃูุง ุฃุนููู ู ุจูููููุณูู ู ููููู ุ ุงูููู ู ุงุฌูุนูููููู ุฎูููุฑูุง ู ูู ููุง ููุธููููููุ ููุงุบูููุฑู ููู ู ูุง ูุง ููุนูููู ูููุ ููุง ุชุคุงุฎุฐูู ุจู ุง ูููููู
ย
โYa Allah, Engkau lebih tahu (keadaan)ku daripada diriku sendiri, dan aku lebih tahu (keadaan) diriku dari mereka (yang memujiku). Ya Allah, jadikan (diri)ku lebih baik dari yang mereka sangkakan, dan ampunilah aku atas apa yang mereka tidak ketahui (pujian yang tidak benar), dan jangan hukum aku dengan apa yang mereka katakan.โ (Imam โIzzuddin Ali ibnu โAtsir al-Jazari, Usd al-Ghรขbah fรฎ Maโrifah al-Shahรขbah, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, juz 3, h. 324)
ย
Wallahu aโlam bish-shawwab...
ย
ย
Muhammad Afiq Zahara, alumni PP. Darussaโadah, Bulus, Kritig, Petanahan, Kebumen
Terpopuler
1
Koordinator Aksi Demo ODOL Diringkus ke Polda Metro Jaya
2
Khutbah Jumat: Meraih Keutamaan Bulan Muharram
3
5 Fadilah Puasa Sunnah Muharram, Khusus Asyura Jadi Pelebur Dosa
4
Khutbah Jumat: Memaknai Muharram dan Fluktuasi Kehidupan
5
Khutbah Jumat: Meraih Ampunan Melalui Amal Kebaikan di Bulan Muharram
6
5 Doa Pilihan untuk Hari Asyura 10 Muharram, Lengkap dengan Latin dan Terjemahnya
Terkini
Lihat Semua