Khutbah Jumat: Ibadah Haji, antara Kebutuhan dan Keinginan
NU Online ยท Kamis, 25 Juli 2019 | 13:15 WIB

Dalam hukum Islam dikenal konsep fiqih prioritas. Haji bisa dikesampingkan sementara bila ada kebutuhan yang lebih urgen.
Muhammad Ishom
Kolomnis
ุงูุญูู ูุฏู ูููู ุงููุญูู ูุฏู ูููู ุงููุฐู ููุฏูุงููุง ุณูุจููู ุงูุณููุงูู ูุ ููุฃูููููู ูููุง ุจูุดูุฑูููุนูุฉู ุงููููุจููู ุงูููุฑูู ูุ ุฃูุดูููุฏู ุฃููู ููุง ุงููููู ุฅููููุง ุงููู ููุญูุฏููู ูุง ุดูุฑููู ูููุ ุฐูู ุงููุฌููุงูู ููุงูุฅููุฑุงู ุ ููุฃูุดูููุฏู ุฃููู ุณููููุฏูููุง ููููุจููููููุง ู ูุญูู ููุฏูุง ุนูุจูุฏููู ูู ุฑูุณููููุ ุงูููููู ูู ุตูููู ู ุณููููู ู ููุจุงุฑููู ุนูููู ุณููููุฏููุง ู ูุญูู ูุฏู ููุนูููู ุงููู ููุฃุตูุญุงุจููู ููุงูุชููุงุจูุนููู ุจูุฅุญูุณุงูู ุฅููู ููููู ู ุงูุฏููููุ ุฃูู ููุง ุจูุนูุฏู: ููููุงุฃูููููุง ุงูุฅูุฎูููุงูุ ุฃููุตูููููู ู ูู ููููุณููู ุจูุชูููููู ุงูููู ููุทูุงุนูุชููู ููุนููููููู ู ุชูููููุญูููููุ ููุงูู ุงูููู ุชูุนูุงููู ููู ุงููููุฑูุงูู ุงููููุฑููู ู: ุฃูุนูููุฐู ุจูุงูููู ู ููู ุงูููุดููุทูุงูู ุงูุฑููุฌูููู ุ ุจูุณูู ู ุงูููู ุงูุฑููุญูู ูุงูู ุงูุฑููุญูููู ู: ููุง ุฃููููููุง ุงูููุฐูููู ุขูู ููููุง ุงุชูููููุง ุงููู ููููููููุง ููููููุง ุณูุฏููุฏูุงุ ููุตูููุญู ููููู ู ุฃูุนูู ูุงููููู ู ููููุบูููุฑู ููููู ู ุฐููููุจูููู ู ููู ููู ููุทูุนู ุงููู ููุฑูุณูููููู ููููุฏู ููุงุฒู ููููุฒูุง ุนูุธููู ูุง ููุงู ุชุนุงูู ููุง ุงููููููุง ุงูููุฐููููู ุขู ูููููุง ุงุชููููููุง ุงูููู ุญูููู ุชูููุงุชููู ูููุงู ุชูู ูููุชูููู ุฅููุงูู ููุฃูููุชูู ู ู ูุณูููู ููููู
ุตูุฏููู ุงูููู ุงูุนูุธููู ู
Jamaah Jumat hafidhakumullah,ย
Ibadah haji secara syarโi hukumnya wajib. Tetapi hukum wajibnya tidak bersifat mutlak karena hanya ditujukan kepada mereka yang telah mampu. Dilihat dari ilmu ekonomi, ibadah haji adalah kebutuhan bagi mereka yang telah mampu dan karenanya harus dipenuhi. Bagi mereka, pemenuhan kebutuhan melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci tidak mengganggu pemenuhan kebutuhan-kebutuhan lainnya karena mereka memang memiliki rezeki yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari.ย
Oleh karena itu sangat jelas dinyatakan bahwa ibadah haji adalah wajib bagi orang-orang yang telah mampu sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran, surat Ali Imran, ayat 97, sebagai berikut:
ููููููููู ุนูููู ุงููููุงุณู ุญูุฌูู ุงููุจูููุชู ู ููู ุงุณูุชูุทูุงุนู ุฅููููููู ุณูุจููููุงย
Artinya: โMengerjakan ibadah haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah.โย
Namun demikian kewajiban menunaikan ibadah haji hanyalah sekali dalam seumur hidup sebagaiamana hadits Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam sebagai berikut:ย
ุฃููููููุง ุงููููุงุณู ููุฏู ููุฑูุถู ุงูููู ุนูููููููู ู ุงููุญูุฌูู ููุญูุฌูููุง. ููููุงูู ุฑูุฌููู: ุฃูููููู ุนูุงู ู ููุง ุฑูุณููููู ุงููููุ ููุณูููุชู ุญูุชููู ููุงููููุง ุซููุงูุซูุงุ ููููุงูู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู: ูููู ููููุชู ููุนูู ู ููููุฌูุจูุชูุ ููููู ูุง ุงุณูุชูุทูุนูุชูู ูย
Artinya: โWahai sekalian manusia, sungguh Allah telah mewajibkan bagi kalian ibadah haji maka tunaikanlah haji kalian!โ Seseorang berkata: โApakah setiap tahun, ya Rasulullah?โ Beliau terdiam sehingga orang tersebut mengulangi ucapannya tiga kali. Lalu Rasulullah SAW bersabda: โKalau aku katakan ya, niscaya akan wajib bagi kalian dan kalian tidak akan sanggup.โ (HR. Ahmad, Muslim dan Nasaโi)
Sedangkan bagi mereka yang belum mampu, ibadah hajihanyalah keinginan sehingga tidak wajib dipenuhi. Artinya daripada mereka direpotkan oleh keinginan beribadah haji dengan bersusah payah memaksakan diri menabung hingga mengabaikan kewajiban yang sudahada di depan mata, yakni memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar berupasandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan bagi diri sendiri dan segenap anggota keluarganya, mereka lebih baik dan wajib hukumnya menyibukkan diri pada upaya pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar tersebut sebagai kewajiban syarรญ dan sosial.ย
Jika kebutuhan-kebutuhan dasar tersebut telah terpenuhi, mereka bisa meningkatkan status keinginan beribadah haji menjadi azam atau keinginan kuat. Mereka yang telah memiliki keinginan kuat untuk beribadah haji, tentu akan terdorong untuk menabung sebagian penghasilannya agar bisa menunaikan ibadah haji. Ketika tabungan telah mencapai sejumlah tertentu yang setara dengan ongkos naik haji (ONH) dan biaya-biaya lainnya, maka keinginan kuat tersebut meningkat menjadi kebutuhan.Pada tingkat ini mereka wajib menunaikan ibadah haji dan karenanya harus dipenuhi.
Jamaah Jumat hafidhakumullah,ย
Ibadah hajiseperti itu secara hukum agama sulit dibenarkan. Di dalam ilmu agama juga dikenal konsep fiqih al-aulawiyyat atau fiqih prioritas sebagaimana digagas oleh SyekhDr. Yusuf Al-Qardhawi dari Mesir. Dijelaskan oleh beliau dalam pengantar kitabnya berjudul โFi fiqihil Aulawiyyatโ, halaman 9, tentang maksud fiqih prioritas sebagai berikut:
ย ุฃูุนูููู: ููุถูุนู ูููู ุดูููุกู ููู ู ูุฑูุชูุจูุฉู ุจูุงููุนูุฏูููุ ู ููู ุงููุงูุญูููุงู ู ููุงููููููู ู ููุงููุงูุนูู ูุงููุ ุซูู ู ููููุฏูู ู ุงูุฃูููููู ููุงููุฃููููููุ ุจูููุงุกูุนูููู ู ูุนูุงููููุฑู ุดูุฑูุนูููุฉู ุตูุญูููุญูุฉูุ ููููุฏูู ุฅูููููููุง ููููุฑู ุงููููุญูููุ ููููููุฑูุงููุนููููู
Artinya:โYang dimaksud dengan fiqih prioritas adalah meletakkan segala sesuatu pada peringkatnya dengan dalil, dari segi hukum, nilai, dan pelaksanaannya. Pekerjaan yang mula-mula dikerjakan harus didahulukan berdasarkan penilaian syariโah yang shahih, yang diberi petunjuk oleh cahaya wahyu dan diterangi oleh akal.โย
Jadi, fiqih prioritas pada intinya adalah menekankan urutan pelaksanaan kewajiban atau beban sesuai dengan tingkatan hukumnya. Berdasarkan pada prinsip ini sesuatu yang hukumnya fardhu ain harus diutamakan daripada sesuatu yang hukumnya fardhu kifayah. Sesuatu yang hukumnya wajib harus didahulukan daripada sesuatu yang hukumnya sunnah. Sesuatu yang manfaatnya besar dan luas harus didahulukan daripada sesuatu yang manfaatnya kecil dan terbatas, dan seterusnya. Atau dalam bahasa ekonomi, pemenuhan atas kebutuhan harus didahulukan daripada pemenuhan atas keinginan. Inilah yang disebut skala prioritas dalam ilmu manajemen.ย
Syekh Dr. Yusuf Al-Qardhawi memberikan contoh dalam masalah ini bahwa ibadah haji bagi orang-orang yang telah melaksanakannya tidak wajib melaksanakan kembali pada tahun-tahun berikutnya.Bagi mereka ibadah haji berikutnya sudah turun tingkatan hukumnya, yakni tidak wajib. Bagi orang-orang seperti itu juga berlaku fiqih prioritas dimana mereka harus lebih mengutamakan ibadah lain yang hukumnya wajib daripada melakukan ibadah haji atau umrah kesekian kali yang hukumnya hanya sunnah.
Dalam kaitan itu,Syekh Dr. Yusuf Al-Qardhawi mengkritik orang-orang kaya yang sering melakukan ibadah hajidan umroh ke Tanah Suci, tetapi pada saat yang sama mereka abai terhadap fakta bahwa di masyarakat masihbanyak orang miskin Muslim. Tidak sedikit dari mereka berpindah agama karena tidak mendapatkan pertolongan dari saudara-saudara Muslim yang kaya. Orang-orang kaya itu sebetulnya wajib hukumnya berjihad di jalan Allah dengan menggunakan hartanya untuk mencegah pemurtadan di antara orang-orang miskin Muslim tersebut, misalnya dengan memberikan beasiswa untuk bersekolah, mengikuti kursus ketrampilan atau menyediakan modal yang cukup untuk bekerja.ย
Jamaah Jumat hafidhakumullah,ย
Namun, jika kegiatan menabung untuk ibadah haji ternyata menjadikan anak-anak tidak mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan yang cukup dan kesehatan yang memadai, hal ini tentu tidak sesuai dengan prinsip fiqih prioritas. Bagaimanapun mencari ilmu hukumnya wajib, dan orang tua wajib hukumnya mengusahakan biaya sekolah bagi anak-anaknya, disamping kewajiban lain yakni menafkahi dan mengobatkan mereka yang sakit.ย
Dalam kondisi seperti itu ibadah haji tidak wajib bagi mereka dari kalangan ekonomi lemah. Mereka harus memprioritaskan terlaksananya kewajiban-kewajiban yang nyata-nyata ada di depan mata dan hukumnya wajib, yakni kewajiban memberikan nafkah, membiayai pendidikan dan kesehatan mereka sebagaimana disebutkan di atas. Setelah semua kewajiban itu terpenuhi, mereka dapat meningkatkan upayanya untuk dapat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci dengan semua potensi yang mereka miliki.ย
Jika ternyata tidak mampu, tentu tidak menjadi masalah karena ibadah haji memang hanya diwajibkan bagi yang telah mampu. Mereka tetap mendapat pahala dari keinginan atau niatnya menunaikan ibadah haji tersebut. Hal ini berdasarkan hadits Rasululullah shallahu alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi sebagai berikut:
ูููุฉู ุงูู ูุคูู ููู ุฎูููุฑู ู ููู ุนูู ููููู
Artinya: โNiat seorang mukmin lebih utama daripada amalnya.โ
Hadits lain yang diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim berbunyi sebagaimana penggalan berikut:ย
ููู ููู ููู ูู ุจูุญูุณูููุฉู ููููู ู ููุนูู ูููููุง ููุชูุจูููุง ุงูููููู ูููู ุนูููุฏููู ุญูุณูููุฉู ููุงู ูููุฉูย
Artinya: โMaka barang siapa memiliki keinginan atau berniat melakukan sesuatu kebaikan lalu tidak jadi melaksanakannya, Allah akan mencatat pahalanya di sisi-Nya satu kebaikan sempurna.โ
Jamaah Jumat hafidhakumullah,ย
ูุงู ููููููููู ุงูููู ููููุณูุง ุฅููุงูู ููุณูุนูููุง
Artinya: โAllah tidak membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya.โ
Hal senada juga ditegaskan dalam Surah Al Maidah, ayat 6:
ู ูุง ููุฑูููุฏู ุงูููู ููููุฌูุนููู ุนูููููููู ู ู ููู ุญูุฑูุฌู
Artinya: โAllah tidak menginginkan bagi kalian sesuatu yang memberatkan kalian.โ
Kedua ayat tersebut hendaknya menjadi pedoman bagi kaum Muslimin dalam menyikapi kewajiban-kewajiban agama sebagaimana dirumuskan dalam Rukun Islam, khususnya kewajiban beribadah haji ke Tanah Suci di Makkah al-Mukarramah, Saudi Arabia, yang memang membutuhkan biaya yang sangat banyak dan kemampuan fisik yang tidak bisa dianggap enteng. Ibadah haji memang tidak terlepas dari kedua hal ini.ย
ุฌูุนููููุง ุงูููู ููุฅูููุงูู ู ููู ุงูููุงุฆูุฒููู ุงูุขู ูููููุ ููุฃุฏูุฎูููููุง ูุฅููููุงูู ููู ุฒูู ูุฑูุฉู ุนูุจูุงุฏููู ุงูู ูุคูู ููููููู : ุฃุนููุฐู ุจูุงูููู ู ููู ุงูุดููููุทุงูู ุงูุฑููุฌููู ูุ ุจูุณูู ู ุงูููู ุงูุฑููุญูู ุงูู ุงูุฑููุญููู ู: ููุง ุฃููููููุง ุงูููุฐูููู ุขู ููููุง ุงุชูููููุง ุงูููููู ููููููููุง ููููููุง ุณูุฏููุฏูุงย
Khutbah II
ุงูููุญูู ูุฏู ูููู ุนูููู ุฅูุญูุณูุงูููู ููุงูุดููููุฑู ูููู ุนูููู ุชููููููููููู ููุงูู ูุชูููุงูููู. ููุฃูุดูููุฏู ุฃููู ูุงู ุงููููู ุฅููุงูู ุงูููู ููุงูููู ููุญูุฏููู ูุงู ุดูุฑููููู ูููู ููุฃูุดูููุฏู ุฃููู ุณููููุฏูููุง ู ูุญูู ููุฏูุง ุนูุจูุฏููู ููุฑูุณููููููู ุงูุฏููุงุนูู ุฅููู ุฑูุถูููุงูููู. ุงููููู ูู ุตูููู ุนูููู ุณููููุฏูููุง ู ูุญูู ููุฏู ููุนูููู ุงููููู ููุฃูุตูุญูุงุจููู ููุณููููู ู ุชูุณูููููู ูุง ููุซููุฑูุง
ย
Baca juga naskah khutbah lainnya di Kumpulan Khutbah Idul Adha Terfavorit
Terpopuler
1
Innalillahi, Nyai Nafisah Ali Maksum, Pengasuh Pesantren Krapyak Meninggal Dunia
2
Keutamaan Bulan Muharram dan Amalan Paling Utama di Dalamnya
3
Innalillahi, Buya Bagindo Leter Ulama NU Minang Meninggal Dunia dalam Usia 91 Tahun
4
Waketum PBNU Jelaskan Keistimewaan Belajar di Pesantren dengan Sanad
5
Khutbah Jumat Bahasa Jawa: Hikmah Hijrah Nabi Muhammad kanggo Generasi Milenial lan Z
6
Khutbah Jumat: Menyadari Hakikat Harta dan Mengelolanya dengan Baik
Terkini
Lihat Semua