Shalawat/Wirid

Shalawat Masyisyiyyah: Bacaan, Keutamaan, dan Cara Mengamalkannya

NU Online  ยท  Ahad, 23 Januari 2022 | 13:30 WIB

Shalawat Masyisyiyyah: Bacaan, Keutamaan, dan Cara Mengamalkannya

Shalawat Masyisyiyyah mengandung banyak manfaat. Redaksinya disusun oleh seorang wali yang tak diragukan kredibilitasnya.

Shalawat Masyisyiyyah merupakan shalawat yang disusun oleh Sayyid Abdussalam bin Masyisy (w. 626 H), seorang wali qutub dari Maghrib (Maroko). Banyak sekali faedah yang dimiliki shalawat ini, termasuk di antaranya agar terhindar dari segala macam bahaya dan penyakit bagi yang mengamalkannya.
ย 

Sekilas tentang Sayyid Abdussalam bin Masyisy

Sayyid Abdussalam bin Masyisy lahir pada tahun 599 H, bertepatan dengan 1198 M. Nama lengkapnya Sayyid Ibnu Masyisy Abdussalam bin Masyisy. Abu โ€˜Ali al-Hasan al-Maghribi (w. 1347 H) dalam Tabaqรขt asy-Syรขdziliyyah al-Kubrรข menjelaskan, kredibilitas Sayyid Abdussalam dapat dilihat dari perannya sebagai maha guru dari tiga wali quthub, yaitu Sayyid Ibrahim ad-Dasuqi, Sayyid Ahmad al-Badawi, dan Sayyid Abul Hasan asy-Syadzili.
ย 

Ia dikenal sebagai sosok yang memiliki kedudukan sangat terhormat di Maroko. Jika Imam Syafiโ€™i sangat tersohor kemuliaannya di Mesir, maka Sayyid Abdussalam bin Masyisy begitu terkenal di Maroko.
ย 

Ia merupakan sosok wali qutub yang memiliki banyak karamah, di antaranya adalah kejadian luar biasa saat ia lahir. Dikisahkan, saat ia lahir, Syekh Abdul Qadil al-Jilani mendengar suara tanpa rupa, โ€œWahai Abdul Qadir, pergilah ke wilayah Magrib (Maroko). Seorang wali Qutub dari Maghrib telah lahir hari ini.โ€ Syekh Abdul Qadir pun berangkat menuju gunug Al-Aโ€™lam, tempat Sayyid Abdussalam dilahirkan.
ย 

Begitu sampai, Syekh Abdul Qadir bertemu dengan ayahnya, Sayyid Masyisy. Lalu minta ditunjukkan anak yang wali qutub itu. Kamudian Syekh Abdul Qadir mengusap dan mendoakannya. Termasuk karamahnya adalah ia berpuasa sejak masih bayi. Ketika masuk bulan Ramadhan, ia tidak mau menyusu kepada ibunya. Ketika terdengar adzan maghrib, ia akan mendekatinya dan tubuhnya gemetar.
ย 

Ia wafat delam keadaan syahid dibunuh oleh pemberontak bernama Ibnu Abi Thawajin. Dimakamkan di tempat dulu ia lahir, gunung Al-Aโ€™lam. Konon, orang yang berdoa di lokasi makamnya, pasti dikabulkan oleh Allah. Bahkan, ia pernah menjamin, โ€œSiapa saja yang berziarah ke makamku, maka Allah haramkan jasadnya masuk nerakaโ€ (Abul Hasan โ€˜Ali al-Maghribi, Tabaqรขt asy-Syรขdziliyyah al-Kubrรข, [Beirut: Darul Kutub al-โ€˜Ilmiyyah, 2005], h. 59-60).
ย 

Keutamaan Shalawat Masyisyiyyah

Syekh Yusuf bin Ismmaโ€™il an-Nabhani menjelaskan, orang yang mengamalkan shalawat ini akan diberikan kejujuran, hati yang ikhlas, lapang, dimudahkan segala urusan, terlindung dari segala macam bahaya, keburukan, dan penyakit lahir maupun batin; dan mampu mengalahkan musuh dengan kekuatan Allah. Tapi dengan catatan, faedah tersebut bisa diraih apabila mambacanya secara rutin, dengan hati yang jujur dan ikhlas. (An-Nabhani, Mufarrijul Kurรปb wa Mufarriแธซul Qulรปb, [Beirut: Darul Kutub al-'Ilmiyyah, 2008], h. 57).
ย 

Bacaan shalawat, wirid, dan lain-lain (lengkap teks Arab, Latin, dan terjemah) bisa diakses secara mudah di NU Onlineย Super App: nu.or.id/superappย (Androidย dan iOS). Instal sekarang!


Lafal Shalawat Masyisyiyyah

Berikut adalah teks lengkap shalawat Masyisyiyyah sebagaimana ditulis oleh Syekh Yusuf bin Ismaโ€™il an-Nabhani dalam kitabnya, Afdhalusshalรขt โ€˜Alรข Sayyidis Sรขdรขt:
ย 

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ ู…ูู†ู’ู‡ู ุงู†ู’ุดูŽู‚ู‘ูŽุชู ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ุฑูŽุงุฑูุŒ ูˆูŽุงู†ู’ููŽู„ูŽู‚ูŽุชู ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุฑูุŒ ูˆูŽูููŠู’ู‡ู ุงุฑู’ุชูŽู‚ูŽุชู ุงู„ู’ุญูŽู‚ูŽุงุฆูู‚ูุŒ ูˆูŽุชูŽู†ูŽุฒู‘ูŽู„ูŽุชู’ ุนูู„ููˆู…ู ุงูฐุฏูŽู…ูŽ ููŽุฃูŽุนู’ุฌูŽุฒูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู„ูŽุงุฆูู‚ูŽุŒ ูˆูŽู„ูŽู‡ู ุชูŽุถูŽุงุกูŽู„ูŽุชู ุงู„ู’ููู‡ููˆู…ู ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุฏู’ุฑููƒู’ู‡ู ู…ูู†ู‘ูŽุง ุณูŽุงุจูู‚ูŒ ูˆูŽู„ูŽุง ู„ูŽุงุญูู‚ูŒุŒ ููŽุฑููŠูŽุงุถู ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽูƒููˆู’ุชู ุจูุฒูŽู‡ู’ุฑู ุฌูŽู…ูŽุงู„ูู‡ู ู…ููˆู’ู†ูู‚ูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽุญููŠูŽุงุถู ุงู„ู’ุฌูŽุจูŽุฑููˆุชู ุจูููŽูŠู’ุถู ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุฑูู‡ู ู…ูุชูŽุฏูŽูู‘ูู‚ูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽู„ูŽุง ุดูŽูŠู’ุกูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุจูู‡ู ู…ูŽู†ููˆู’ุทูŒ. ุฅูุฐู’ ู„ูŽูˆู’ู„ูŽุง ุงู„ู’ูˆูŽุงุณูุทูŽุฉู ู„ูŽุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ู‚ููŠู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุณููˆุทูุŒ ุตูŽู„ูŽุงุฉู‹ ุชูŽู„ููŠู‚ู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ูƒูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ูƒูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ูย 

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุณูุฑู‘ููƒูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุงู…ูุนู ุงู„ุฏู‘ูŽุงู„ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽุญูุฌูŽุงุจููƒูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ุธูŽู…ู ุงู„ู’ู‚ูŽุงุฆูู…ู ู„ูŽูƒูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ูƒูŽ. ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽู„ู’ุญูู‚ู’ู†ููŠู’ ุจูู†ูŽุณูŽุจูู‡ูุŒ ูˆูŽุญูŽู‚ู‘ูู‚ู’ู†ููŠ ุจูุญูŽุณูŽุจูู‡ูุŒ ูˆูŽุนูŽุฑู‘ููู’ู†ููŠ ุฅููŠู‘ูŽุงู‡ู ู…ูŽุนู’ุฑูููŽุฉู‹ ุฃูŽุณู’ู„ูŽู…ู ุจูู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ู…ูŽูˆูŽุงุฑูุฏู ุงู„ู’ุฌูŽู‡ู’ู„ูุŒ ูˆูŽุฃูƒู’ุฑูŽุนู ุจูู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ู…ูŽูˆูŽุงุฑูุฏู ุงู„ู’ููŽุถู’ู„ูุŒ ูˆูŽุงุญู’ู…ูู„ู’ู†ููŠู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽุจููŠู’ู„ูู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุญูŽุถู’ุฑูŽุชููƒูŽุŒ ุญูŽู…ู’ู„ู‹ุง ู…ูŽุญู’ูููˆู’ูู‹ุง ุจูู†ูุตู’ุฑูŽุชููƒูŽ. ูˆูŽุงู‚ู’ุฐููู’ ุจููŠู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ู ููŽุฃูŽุฏู’ู…ูŽุบูŽู‡ู. ูˆูŽุฒูุฌู‘ูŽ ุจููŠู’ ูููŠู’ ุจูุญูŽุงุฑู ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุฏููŠู‘ูŽุฉู. ูˆูŽุงู†ู’ุดูู„ู’ู†ููŠู’ ู…ูู†ู’ ุฃูˆู’ุญูŽุงู„ู ุงู„ุชู‘ูŽูˆู’ุญููŠู’ุฏู. ูˆูŽุฃุบู’ุฑูู‚ู’ู†ููŠู’ ูููŠู’ ุนูŽูŠู’ู†ู ุจูŽุญู’ุฑู ุงู„ู’ูˆูŽุญู’ุฏูŽุฉู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ู„ูŽุง ุฃูŽุฑูŽู‰ ูˆูŽู„ูŽุง ุฃูŽุณู’ู…ูŽุนูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุฃูŽุฌูุฏูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุฃูุญูุณู‘ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุจูู‡ูŽุงย 

ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุงู„ู’ุญูุฌูŽุงุจูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ุธูŽู…ูŽ ุญูŽูŠูŽุงุฉูŽ ุฑููˆู’ุญููŠู’ุŒ ูˆูŽุฑููˆู’ุญูŽู‡ู ุณูุฑู‘ูŽ ุญูŽู‚ููŠู‚ูŽุชููŠู’ุŒ ูˆูŽุญูŽู‚ููŠู’ู‚ูŽุชูŽู‡ู ุฌูŽุงู…ูุนูŽ ุนูŽูˆูŽุงู„ูู…ููŠู’ ุจูุชูŽุญู’ู‚ููŠู’ู‚ู ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ุงู„ู’ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู. ูŠูŽุง ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ูŠูŽุง ุงูฐุฎูุฑู ูŠูŽุง ุธูŽุงู‡ูุฑู ูŠูŽุง ุจูŽุงุทูู†ู. ุงูุณู’ู…ูŽุนู’ ู†ูุฏูŽุงุฆููŠู’ ุจูู…ูŽุง ุณูŽู…ูุนู’ุชูŽ ู†ูุฏูŽุงุกูŽ ุนูŽุจู’ุฏููƒูŽ ุฒูŽูƒูŽุฑููŠู‘ูŽุง. ูˆูŽุงู†ู’ุตูุฑู’ู†ููŠู’ ุจููƒูŽ ู„ูŽูƒูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽูŠู‘ูุฏู’ู†ููŠู’ ุจููƒูŽ ู„ูŽูƒูŽุŒ ูˆูŽุงุฌู’ู…ูŽุนู’ ุจูŽูŠู’ู†ููŠ ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽูƒูŽุŒ ูˆูŽุญูู„ู’ ุจูŽูŠู’ู†ููŠู’ ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุบูŽูŠู’ุฑููƒูŽ. ุงู„ู„ู‡ูุŒ ุงู„ู„ู‡ูุŒ ุงู„ู„ู‡ู. ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ููŽุฑูŽุถูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุงูฐู†ูŽ ู„ูŽุฑูŽุงุฏู‘ููƒูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุนูŽุงุฏู. ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุงูฐุชูู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ู„ูŽุฏูู†ู’ูƒูŽ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู‹ ูˆูŽ ู‡ูŽูŠู‘ูุฆู’ ู„ูŽู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑูู†ูŽุง ุฑูŽุดูŽุฏู‹ุง. ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุชูŽู‡ู ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู’ู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุงูฐู…ูŽู†ููˆุง ุตูŽู„ู‘ููˆู’ุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูู…ููˆู’ุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู…ู‹ุง

 

Allรขhumma shalli โ€˜alรข man minhun syaqqatil asrรขr, wan falaqatil anwรขr, wa fรฎhir taqatil haqรขโ€™iq. Wa tanazzalat โ€˜ulรปmu รขdama alaihis salรขm fa aโ€™jazal khalรขโ€™iq. Wa lahรป tadhรข alatil fuhรปmu falam yudrikhu minnรข saabiquw wa lรข lรขhiq. Fariyรขdhul malakรปti bizahri jamรขlihรฎ mรปniqatun wa แธซiyรขdhul jabarรปti bifaidhi anwรขrihรฎ mutadaffiqatun wa lรข syiโ€™a illa wa huwa bihรฎ manรปthun. Idz laulal wรขsithatu ladzahaba kamรข qรฎlal mausรปthu. Shalรขtan talรฎqu bika minka ilaihi kamรข huwa ahluh.ย 

Allรขhumma innahรป sirrukal jรขmiโ€™ud dรขllu โ€˜alaika. Wa แธซijรขbukal aโ€™dzamul qรขโ€™imu laka baina yadaika. Allรขhumma alแธซiqnรฎ binasabihi wa haqqiqnรฎ bi hasabihi. Wa โ€˜arrifnรฎ iyyรขhu maโ€™rifatan aslamu bihรข min mawรขridil jahli. Wa akraโ€™u bihรข min mawรขridil fadhli. Waแธซmilnรฎ โ€˜alรข sabรฎlihi ilรข แธซadhratika. แธชamlan maแธซfรปdzan binushratika. Waqdzif bรฎ โ€˜alal bhรขthili fa admaghuhรป wa zujja bรฎ fรฎ biแธซรขril aแธซadiyyati. Wangsyulnรฎ min awhแธซรขlit tawแธซรฎdi. Wa aghriqnรฎ fรฎ โ€˜aini baแธซril waแธซati แธซattรข lรข arรข wa lรข asmaโ€™a wa lรข ajida wa lรข uแธซissa illรข bihรข.

Wajโ€™alillรขhummal hijรขba al-aโ€™dzama แธซayรขta rรปhรฎ wa ruแธซihi sirra haqรฎqatรฎ wa haqรฎqatihi jรขmiโ€™a โ€˜awรขlimi bitaแธซqรฎqil haqqil awwal yรข awwalu yรข รขkhiru yรข dzรขhiru yรข bรขthinu ismaโ€™ nidรขโ€™รฎ bimรข samiโ€™ta nidรขโ€™a โ€˜abdika sayyidinรข Zakariyyรข wangshurnรฎ bika laka, wa ayyidnรฎ bika laka, wajmaโ€™ baynรฎ wa bainaka wa แธซul baini wabaina ghairika. Allรขh Allรขh Allรขh Innalladzรฎ faradha โ€˜alaikal qurโ€™รขna larรขdduka ilรข maโ€™รขd. Rabbanรข รขtinรข min ladunka rahmah, wa hayyiโ€™ lanรข min amrinรข rasyadรข. Innallรขha wa malรขikatahรป yushallรปna โ€˜alannabiy, yรข ayyuhalladzรฎna รขmanรป shallรป โ€˜alaihi wa sallimรป taslรฎmรข.
ย 

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada orang yang darinya rahasia-rahasia memancar. Darinya cahaya-cahaya semburat. Di dalamnya hakikat-hakikat naik dan pengetahuan Adam mewujud. Sehingga makhluk-makhluk yang lain terpesona. Terhadapnya pikiran terasa kerdil; tidak ada yang sanggup menggapainya dari orang-orang terdahulu hingga orang-orang kemudian. Maka taman-taman malaikat bernyanyi ria dengan keindahannya. Tidak satupun makhluk yang tidak tergantung kepadanya. Karena kalau tidak ada perantara, niscaya mausuth akan lenyap. Bershalawatlah dengan shalawat yang patut bagi-Mu, dari-Mu kepadanya, sebagaimana ia memang berhak mendapatkannya.
ย 

Ya Allah, sesungguhnya dia adalah rahasia-Mu yang universal, yang menunjukkan keberadaan-Mu dan hijab terbesarMu yang berdiri di hadapanMu. Ya Allah, masukkan aku ke dalam kelompoknya. Tariklah aku ke dalam dekapannya. Perkenalkan aku kepadanya. Sehingga aku bisa selamat dari sumber-sumber kebodohan dan bisa mereguk dari mata air keutamaan. Bimbinglah aku di atas jalannya untuk menuju kepada-Mu dengan bimbingan yang dipayungi pertolongan. Kuatkanlah aku untuk menyikut kebathilan sehingga aku bisa mengalahkannya. Luruhkan aku dalam lautan ahadiyyah. Renggutlah keakuanku ke dalam samudera tauhid dan tenggelamkanlah aku ke dalam inti api keesaan, sehingga aku tidak melihat, mendengar, mendapatkan dan merasa kecuali dengannya.
ย 

Jadikanlah hijab terbesar pada kehidupan ruhku dan ruhnya, pada rahasia substansiku dan substansinya untuk sublimasi duniaku dengan keyakinan akan kebenaran yang Haq al-Awwal. Wahai Dzat Yang Maha Awal dan Maha Akhir, Wahai Dzat Yang Dzahir dan Yang Bathin, dengarlah seruanku, sebagaimana Engkau mendengar seruan hambaMu Zakariya. Tolonglah aku dengan-Mu dan untukMu. Satukanlah diriku dengan-Mu dan pisahkanlah yang menghalangiku denganMu; Allah, Allah, Allah. Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-ukum) Al-Qurโ€™an, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali. Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."
ย 

(Syekh Yusuf bin Isma'il an-Nabhani, Afdhalusshalรขt โ€˜Alรข Sayyidis Sรขdรขt, [Beirut: Darul Kutub al-'Ilmiyyah, 2016], halaman 62-63).

 

Cara Mengamalkaย Shalawatย Masyisyiyah

Cara pengamalannya bermacam-macam, sesuai dengan ijazah yang didapatkan. Syekh Yusuf an-Nabhani dalam kitabnya Afdhalusshalรขt โ€˜Alรข Sayyidis Sรขdรขt menjelaskan,

 

ู‚ุฏ ุฃูˆุฑุฏู‡ุง ุงู„ุดู‡ุงุจ ุฃุญู…ุฏ ุงู„ู†ุฎู„ูŠ ูˆุชู„ู…ูŠุฐู‡ ุงู„ุดู‡ุงุจ ุงู„ู…ู†ูŠู†ูŠ ููŠ ุซุจุชูŠู‡ู…ุง ูˆุฐูƒุฑ ุงู„ู†ุฎู„ูŠ ุฃู†ู‡ ุฃุฎุฐู‡ุง ุนู† ุงู„ุดูŠุฎ ุฃุญู…ุฏ ุงู„ุจุงุจู„ูŠ ูˆุงู„ุดูŠุฎ ุนูŠุณู‰ ุงู„ุซุนุงู„ุจูŠ ู‚ุงู„ ูˆุฃู…ุฑุงู†ูŠ ุฃู† ุฃู‚ุฑุฃู‡ุง ุจุนุฏ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุตุจุญ ู…ุฑุฉ ูˆุจุนุฏ ุตู„ุงุฉ ุงู„ู…ุบุฑุจ ู…ุฑุฉ ู‚ุงู„ ูˆุฑุฃูŠุช ููŠ ุจุนุถ ุงู„ุชุนุงู„ูŠู‚ ุชู‚ุฑุฃ ุซู„ุงุซ ู…ุฑุงุช ุจุนุฏ ุงู„ุตุจุญ ูˆุจุนุฏ ุงู„ู…ุบุฑุจ ูˆุจุนุฏ ุงู„ุนุดุงุก

 

Artinya: โ€œSyekh Ahmad an-Nakhili dan muridnya, Asy-Syihab al-Manini menyebutkan shalawat ini di dalam makalah mereka. An-Nakhili mengatakan bahwa ia menerima shalawat ini dari Syekh Ahmad al-Babili dan Syaikh Isa ats-Tsa'alibi. Ia berkata, โ€˜Beliau menyuruhku untuk membacanya setelah shalat Subuh satu kali dan setelah shalat Maghrib satu kali.โ€™ Ia melanjutkan, โ€˜Dan aku lihat dalam beberapa tulisan, bahwa shalawat ini dibaca masing-masing 3 kali, setelah shalat Subuh, Maghrib, dan Isya'. (Syekh Yusuf bin Ismaโ€™il an-Nabhani, h. 63). Wallรขhu aโ€™lam.
ย 

Muhamad Abror, penulis keislaman NU Online; alumnus Pondok Pesantren KHAS Kempek-Cirebon dan Maโ€™had Aly Saโ€™idusshiddiqiyah Jakarta