Jumat adalah hari yang agung, dengannya Allah mengagungkan dan menghiasi Islam. Allah memuliakan umat Muhammad shallallahu 'alahi wasallam dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu.
Terdapat beberapa dalil yang menunjukan keutamaan hari Jumat. Bahkan ada beberapa ulama yang secara khusus menjadikannya dalam satu bentuk karya, seperti kitab al-Lumโah Fi Khashaish al-Jumat, karya Syekh Jalaluddin al-Suyuthi.
Berikut ini di antara dalil yang menyebutkan keutamaan hari Jumat.
Al-Imam al-Syafiโi dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Saโad bin โUbadah sebuah hadits:
ุณููููุฏู ุงููุฃููููุงู
ู ุนูููุฏู ุงูููู ููููู
ู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ูููููู ุฃูุนูุธูู
ู ู
ููู ููููู
ู ุงููููุญูุฑู ููููููู
ู ุงููููุทูุฑู ูููููููู ุฎูู
ูุณู ุฎูุตูุงูู ูููููู ุฎููููู ุงูููู ุขุฏูู
ู ูููููููู ุฃูููุจูุทู ู
ููู ุงููุฌููููุฉู ุฅูููู ุงููุฃูุฑูุถู ูููููููู ุชูููููููู ูููููููู ุณูุงุนูุฉู ููุง ููุณูุฃููู ุงููุนูุจูุฏู ููููููุง ุงูููู ุดูููุฆูุง ุฅููููุง ุฃูุนูุทูุงูู ุฅููููุงูู ู
ูุง ููู
ู ููุณูุฃููู ุฅูุซูู
ูุง ุฃููู ููุทูููุนูุฉู ุฑูุญูู
ู ูููููููู ุชูููููู
ู ุงูุณููุงุนูุฉู ููู
ูุง ู
ููู ู
ููููู ู
ูููุฑููุจู ููููุง ุณูู
ูุงุกู ููููุง ุฃูุฑูุถู ููููุง ุฑูููุญู ููููุง ุฌูุจููู ููููุง ุญูุฌูุฑู ุฅููููุง ูููููู ู
ูุดููููู ู
ููู ููููู
ู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู
โRajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fithri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumatโ.
Mengapa langit, bumi, batu dan benda-benda mati lainnya mengalami kekhawatiran? Padahal benda-benda tersebut merupakan makhluk yang tidak bernyawa?
Syekh Ihsan bin Dakhlan dalam Manahij al-Imdad menjelaskan sebagai berikut:
ุฃููู ููุฎููููู ุงูููู ุชูุนูุงููู ููููุง ุฅูุฏูุฑูุงููุง ููู
ูุง ููููุนู ูููู ุฐููููู ุงููููููู
ู ููุชูุฎูุงูู...ุงูู ุงู ูุงู....ููุงูุณููุฑูู ูููู ุฐููููู ุฃูููู ุงูุณููุงุนูุฉู ููู
ูุง ุชูููุฏููู
ู ุชูููููู
ู ููููู
ู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ุจููููู ุงูุตููุจูุญู ููุทูููููุนู ุงูุดููู
ูุณู ููู
ูุง ู
ููู ุฏูุงุจููุฉู ุงููููุง ูููููู ู
ูุดูููููุฉู ู
ููู ููููุงู
ูููุง ูููู ุตูุจูุงุญู ููุฐูุง ุงููููููู
ู ููุฅูุฐูุง ุฃูุตูุจูุญููู ุญูู
ูุฏููู ุงูููู ุชูุนูุงููู ููุณููููู
ููู ุนูููู ุจูุนูุถูููููู ูููููููู ููููู
ู ุตูุงููุญู ุญูููุซู ููู
ู ุชูููู
ู ููููููุง ุงูุณููุงุนูุฉู
โMaksudnya, Allah menciptakan kepada makhuk-makhluk tidak bernyawa ini pengetahuan tentang hal-hal yang terjadi pada hari Jumat tersebut. Rahasia dari kekhawatiran mereka adalah bahwa hari kiamat sebagaimana telah dijelaskan terjadi pada hari Jumat di antara waktu Subuh dan terbitnya matahari. Maka tidaklah binatang-binatang kecuali khawatir akan datangnya hari kiamat pada pagi hari Jumat ini. Saat pagi hari tiba, mereka memuji kepada Allah dan memberi ucapan selamat satu sama lain, mereka mengatakan; ini hari baik. Kiamat tidak terjadi pada pagi hari iniโ. (Syekh Ihsan bin Dakhlan, Manahij al-Imdad Syarh Irsyad al-โIbad, juz.1, hal.286, cetakan Ponpes Jampes Kediri, tt).
Imam Ahmad dan Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Abdillah bin โAmr bin al-โAsh sebuah hadits:
ู
ูุง ู
ููู ู
ูุณูููู
ู ููู
ูููุชู ููููู
ู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ุฃููู ููููููุฉู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ุฅููููุง ููููุงูู ุงูููู ููุชูููุฉู ุงููููุจูุฑู
โTiada seorang Muslim yang mati di hari atau malam Jumat, kecuali Allah menjaganya dari fitnah kuburโ.
Syekh Ihsan bin Dakhlan dalam kitab Manahij al-Imdad Syarh Irsyad al-โIbad, juz.1, hal.286 cetakan Pondok Pesantrena Jampes Kediri, mengutip keterangan dari Imam al-โAzizi bahwa hadits tersebut mencapai derajat hadits Hasan.
Ulama berbeda pendapat mengenai maksud terjaganya orang yang wafat di hari Jumat dari fitnah kubur. Menurut Imam al-Manawi orang tersebut tidak ditanya Malaikat di kuburan. Sedangkan menurut pendapat yang dipegang oleh Imam al-Zayadi, bahwa orang yang mati di hari Jumat tetap ditanya malaikat, namun ia diberi kemudahan dalam menjalaninya.
Syekh Ihsan bin Dakhlan mengatakan:
ููุงูู ุงููู
ูููุงููููู ุจูุฃููู ููุง ููุณูุฃููู ูููู ููุจูุฑููู ุงูููุชูููู ููููุฐูุง ุฎูููุงูู ุธูุงููุฑู ุงููุญูุฏูููุซู ููุงูููุฐููู ุงูุนูุชูู
ูุฏููู ุงูุฒููููุงุฏูููู ุฃูููู ุงูุณููุคูุงูู ููู ุงููููุจูุฑู ุนูุงู
ูู ููููููู ู
ูููููููู ุงููููุง ุดูููููุฏู ุงููู
ูุนูุฑูููุฉู ููู
ูุง ููุฑูุฏู ูููู ุฌูู
ูุงุนูุฉู ู
ููู ุฃููููููู
ู ููุง ููุณูุฆููููููู ู
ูุญูู
ููููู ุนูููู ุนูุฏูู
ู ุงููููุชูููุฉู ูููู ุงููููุจูุฑู ุฃููู ููุณูุฆููููููู ููููุง ููููุชููููููู.ย
โMaksud dari hadits tersebut, Imam al-Manawai mengatakan dengan sekira ia tidak ditanya malaikat di kuburnya. Pendapat al-Manawi ini menyalahi makna zhahirnya hadits. Pendapat yang dipegang Imam al-Zayadi bahwa pertanyaan malaikat di alam kubur menyeluruh untuk setiap orang mukallaf kecuali syahid yang gugur di medan pertempuran. Keterangan yang menyebutkan bahwa segolongan ulama tidak ditanya malaikat di alam kubur diarahkan pada arti ketiadaan fitnah, maksudnya mereka tetap ditanya malaikat dan tidak mendapatkan fitnahโ. (Syekh Ihsan bin Dakhlan, Manahij al-Imdad Syarh Irsyad al-โIbad, juz.1, hal.286, cetakan Ponpes Jampes Kediri, tt).
Menjalankan shalat Jumat merupakan hajinya orang-orang yang tidak mampu. Imam al-Qadlaโi dan Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullahย shallallahu 'alaihi wasallamย bersabda:
ุงูููุฌูู
ูุนูุฉู ุญูุฌูู ุงููููููุฑูุงุกู
โJumat merupakan hajinya orang-orang fakirโ.
Terkait hadits tersebut, Syekh Ihsan bin Dakhlan menjelaskan:
ููุนููููู ุฐูููุงุจู ุงููุนูุงุฌูุฒููููู ุนููู ุงููุญูุฌูู ุงูููู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ูููู ููููู
ู ููุงููุญูุฌูู ูููู ุญูุตููููู ุงูุซููููุงุจู ููุงููู ุชูููุงููุชู ูููููููู ุงููุญูุซูู ุนูููู ููุนูููููุง ููุงูุชููุฑูุบูููุจู ูููููู.ย
โMaksudnya, berangkatnya orang-orang yang tidak mampu berhaji menuju shalat Jumat, seperti berangkat menuju tempat haji dalam hal mendapatkan pahala, meskipun berbeda tingkat pahalanya. Dalam hadits ini memberi dorongan untuk melakukan Jumatโ. (Syekh Ihsan bin Dakhlan, Manahij al-Imdad Syarh Irsyad al-โIbad, juz.1, hal.282, cetakan Ponpes Jampes Kediri, tt).
Dalam hadits lain disebutkan:
ู
ููู ุบูุณูููู ููููู
ู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ููุงุบูุชูุณููู ููุจููููุฑู ููุงุจูุชูููุฑู ููู
ูุดูู ููููู
ู ููุฑูููุจู ููุฏูููุง ู
ููู ุงููุฅูู
ูุงู
ู ููุงุณูุชูู
ูุนู ููููู
ู ููููุบู ููุงูู ูููู ุจูููููู ุฎูุทูููุฉู ุนูู
ููู ุณูููุฉู ุฃูุฌูุฑู ุตูููุงู
ูููุง ููููููุงู
ูููุง
โBarang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun. (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).
Hadits ini menurut Imam al-Tirmidzi berstatus hadits Hasan dan menurut al-Hakim mencapai derajat hadits Shahih.
Dalam hadits Imam Muslim disebutkan:
ู
ููู ุชูููุถููุฃู ููุฃูุญูุณููู ุงููููุถููุกู ุซูู
ูู ุฃูุชูู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ููุฏูููุง ููุงุณูุชูู
ูุนู ููุฃูููุตูุชู ุบูููุฑู ูููู ู
ูุง ุจููููููู ููุจููููู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ููุฒูููุงุฏูุฉู ุซูููุงุซูุฉู ุฃููููุงู
ู
โBarang siapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuniโ. (HR. Muslim).
Muslim yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, ia akan dinanugi cahaya di antara dua Jumat. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
ู
ููู ููุฑูุฃู ุณููุฑูุฉู ุงูููููููู ููููู
ู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ุฃูุถูุงุกู ูููู ู
ููู ุงูููููุฑู ู
ูุง ุจููููู ุงููุฌูู
ูุนูุชูููููย
โBarang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumatโ.ย
Hadits tersebut diriwayatkan dan dishahihkan oleh imam al-Hakim.
Nabi menganjurkan agar memperbanyak membaca shalawat pada hari Jumat. Dalam sebuah hadits ditegaskan:ย
ุฃูููุซูุฑููุง ุนูููููู ู
ููู ุงูุตููููุงุฉู ููููููุฉู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ููููููู
ู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ููู
ููู ุตููููู ุนูููููู ุตูููุงุฉู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ุจูููุง ุนูุดูุฑูุงย
โPebanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kaliโ.
Hadits tersebut diriwayatkan al-Baihaqi dengan beberapa sanad yang baik (hasan).
Demikianlah penjelasan mengenai keutamaan hari Jumat. Masih banyak lagi dalil-dalil yang menyebutkan keutamaan hari Jumat, jauh lebih banyak dari apa yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat. Semoga kita senantiasa mendapat taufiq dari Allah untuk bisa menjalankan amaliyyah di hari Jumat dengan konsisten.ย
(Ustadz M. Mubasysyarum Bih)