Ketiga, Dampak yang Ditimbulkan
Poin ini juga tidak kalah urgen sebagaimana dua poin di atas. Sebab, pengalihan isu yang menyajikan konten yang dilegalkan dan bertujuan baik, belum tentu berdampak positif.
Misalkan pengalihan isu dengan tujuan komersil, hukumnya boleh, namun bila dampaknya adalah kemudaratan, seperti menyebabkan pertikaian dan menimbulkan fitnah di masyarakat, maka hukumnya haram.
Syekh Abu Said Al-Khadimi menegaskan, termasuk perbuatan dosa adalah membuat kegaduhan dan provokasi di tengah masyarakat. Dalam Kitab Bariqah Mahmudiyyah, ia mengatakan:
ุงูุซุงู
ู ูุงูุฃุฑุจุนูู ุงููุชูุฉ ููู ุฅููุงุน ุงููุงุณ ูู ุงูุงุถุทุฑุงุจ ุฃู ุงูุงุฎุชูุงู ูุงูุงุฎุชูุงู ูุงูู
ุญูุฉ ูุงูุจูุงุก ุจูุง ูุงุฆุฏุฉ ุฏูููุฉ) ููู ุญุฑุงู
ูุฃูู ูุณุงุฏ ูู ุงูุฃุฑุถ ูุฅุถุฑุงุฑ ุจุงูู
ุณูู
ูู ูุฒูุบ ูุฅูุญุงุฏ ูู ุงูุฏูู
Artinya, โDosa yang ke empat puluh delapan adalah membuat fitnah, yaitu menjatuhkan manusia dalam kekacauan, kerusakan, pertikaian, cobaan tanpa ada faedah untuk agama. Hukumnya adalah haram karena hal tersebut merupakan perbuatan merusak di bumi, membuat mudarat bagi kaum Muslim dan penyimpangan dalam agama,โ (Lihat Al Khadimi, Bariqah Mahmudiyyah, juz III, halaman 123).
Urgensi mengenai penyebaran berita dengan mempertimbangkan dampak, disebutkan oleh Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam bukunya โHaqqul Hurriyyah fil โAlamโ.
Menurutnya, penyebaran berita oleh media wajib memenuhi dua syarat. Pertama, menjaga dokumen rahasia negara yang apabila dibuka dapat menimbulkan kemudaratan yang luar biasa. Kedua, menghindari konten-konten negatif.
Ia menegaskan:
ููุง ูู
ูุน ุงูุงุณูุงู
ูุฐู ุงูุธุงูุฑุฉ ุจู ูุณุชุญุณููุง ู
ุง ุฏุงู
ุช ู
ูุฌูุฉ ูุญู ุงูุฎูุฑ ูุงูููุฏ ุงูุจูุงุก ุงููุงุฏู ูุนูุงุฌ ุธูุงูุฑ ุงูุดุฐูุฐ ูุงูุชุฑุบูุจ ูู ุจุนุถ ุงูุงู
ูุฑ ุงูุญุณูุฉ ูุงูุชูููุฑ ุนู ุงููุจุงุฆุญ
Artinya, โIslam tidak mencegah fenomena media ini, bahkan menganggapnya baik, selama mengarah pada kebaikan, kritik yang membangun, penanganan terhadap beberapa penyimpangan yang tampak, anjuran kebaikan dan menghindarkan keburukan.โ
ููู ุจุดุฑุท ู
ุฑุงุนุงุฉ ุงู
ุฑูู ุงูููู
ุง ุงูุญูุงุธ ุนูู ุงุณุฑุงุฑ ุงูุฏููุฉ ุญุชู ูุง ุชุชุดุฑุจ ุงูู ุงูุงุนุฏุงุก ูุชููู ุณุจุจุง ูู ุงูุงุถุฑุงุฑ ูุงูุงุณุงุกุฉ ููุฐุง ู
ู ุงูููุงุช ุงูู
ุญุงูุธุฉ ุนูู ุงูู
ุตูุญุฉ ุงูุนุงู
ุฉ ุงูุชู ูุฑุนุงูุง ุงูุงุณูุงู
ููุญุฑุต ุนูู ุญู
ุงูุชูุง ูุตูููุง
Artinya, โNamun kebolehan tersebut harus memenuhi dua syarat. Pertama, menjaga rahasia-rahasia negara sehingga tidak tersebar kepada musuh-musuh dan menjadi penyebab kemudaratan dan keburukan. Ini adalah penjagaan pertama atas mashlahat umum yang dijaga dan ditekankan oleh Islam.โ
ูุงูุซุงูู ุงููู ุนู ุชุฑููุฌ ุงูุงุดุงุนุงุช ุงูุถุงุฑุฉ ููุฏ ูุฏุฏ ุงููุฑุขู ุงููุฑูู
ุจู
ุฑูุฌู ุงูุงุดุงุนุงุช ุงูุณูุฆุฉ ูุงููุง ุชุถุนู ุจููุฉ ุงูุงู
ุฉ ุงู ุงูู
ุฌุชู
ุน ูุชุณูุฆ ููุงููุงุฑ ูุงูุงุนู
ุงู ูุงูุณููููุงุช
Artinya, โKedua, menghindari jualan pemberitaan yang membahayakan. Al-Qurโan sungguh mencela terhadap orang-orang yang menjual berita-berita yang negatif, karena melemahkan tekad umat atau masyarakat, memperburuk pikiran, perbuatan dan perilaku,โ (Lihat Syekh Wahbah Az-Zuhaili, Haqqul Hurriyyah fil 'Alami, halaman 128-129).
Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa mengalihkan isu hukumnya diperbolehkan apabila memenuhi tiga syarat. Pertama, kontennya tidak mengandung hal yang diharamkan seperti berita hoaks. Kedua, tidak bertujuan hal yang diharamkan seperti melindungi kezaliman. Ketiga, tidak berdampak kemudaratan seperti menimbulkan kekacauan di masyarakat.
Kebebasan pers yang diakui oleh Islam hendaknya juga memperhatikan batas-batas yang sesuai norma syariโat dan kultur masyarakat. Demikian semoga bermanfaat. Wallahu aโlam. (Selesaiโฆ)
Ustadz M Mubasysyarum Bih