Pembangunan ternyata banyak menimbulkan ekses. Di antaranya yang cukup serius dan merugikan kepentingan rakyat, adalah penggusuran tanah untuk kepentingan pembangunan. Dalih penggusuran tersebut biasanya untuk kepentingan umum. Tetapi, tak jarang diktum kepentingan umum itu adalah selubung saja untuk menutupi kepentingan beberapa oknum tertentu. Hal ini diperparah lagi oleh kenyataan bahwa ganti rugi penggusuran biasanya tidak sesuai dengan yang dikehendaki rakyat.<>Pada dasarnya penggusuran tanah oleh pemerintah demi kepentingan umum (al-maslahah al-โammah) hukumnya adalah boleh, dengan syarat betul-betul pemanfaatannya untuk kepentingan umum yang dibenarkan oleh syaraโ tentunya dengan ganti rugi yang memadai.
Hal ini pernah terjadi ketika sahabat Umar ra diangkat sebagai Khalifah dan jumlah penduduk semakin banyak, ia perluas mesjid Nabawi dengan membeli rumah dan dirobohkannya. Lalu ia menambah perluasannya dengan merobohkan (bangunan) penduduk sekitar mesjid yang enggan menjualnya. Beliau lalu memberi harga tertentu sehingga mereka mau menerimanya. Beliau membangun dinding yang pendek kurang dari tinggi manusia, dan memasang lampu-lampu di atasnya. Beliau adalah orang yang pertama kali membuat dinding untuk mesjid. Begitulah yang diterangkan oleh al-Mawardi dalam Ahkamus Sulthoniyah.
Nampaknya penggusuran tanah oleh pemerintah bukanlah barang baru. Pertanyaan dan permasalahan serupa juga sudah pernah dibahas dalam Hasyiyah โAli Syibramallisi โala Nihayah al-Muhtaj
รหรลฝรโรลฝรยนรลฝ รยงรโรยณรยรยครลฝรยงรโรย รยนรลฝรโฆรโรลฝรยง รล รลฝรโรลฝรยนรย รยจรยรโฆรยรยตรโรยฑรยรโ รลฝรยง รฦรลฝรยซรยรล รโรยฑรโนรยง รโฆรยรโ รลฝ รยงรโรโรโฆรยรโ รลฝรยงรยฏรลฝรยงรยฉรย รโฆรยรโ รโ รยฌรลฝรยงรโ รยรยจรย รยงรโรยณรโรยรโรโรยทรลฝรยงรโ รย รยจรยรโรลฝรยทรโรยนรย รยงรโรยทรโรยรยฑรยรโรลฝรยงรยชรย รยงรโรโรโรลฝรยฏรโรยฑรลฝ รยงรโรโรยรยรโรยงรลฝรโ รยรล รโรลฝ รโกรลฝรโรโ รยฐรลฝรโรยรฦรลฝ รยฌรลฝรยงรยฆรยรยฒรล รหรลฝรโกรลฝรโรโ รโกรยรหรลฝ รโฆรยรโ รลฝ รยงรโรโรยฃรยรโฆรยรหรโรยฑรย รยงรโรโรลฝรยชรยรล รโ รล รลฝรยชรลฝรยฑรลฝรยชรโรลฝรยจรย รยนรลฝรโรลฝรล รโรโกรลฝรยง รโฆรลฝรยตรโรโรลฝรยญรลฝรยฉรล รโรยรยนรลฝรยงรโฆรโรลฝรยฉรย รยงรโรโรโฆรยรยณรโรโรยรโฆรยรล รโรโ รลฝ รยรลฝรยชรลฝรยฌรยรยจรย รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยงรโรโรยฅรยรโฆรลฝรยงรโฆรย รยซรยรโฆรโรลฝ รโฆรลฝรล รลฝรยงรยณรยรยฑรย รยงรโรโรโฆรยรยณรโรโรยรโฆรยรล รโรโ รลฝ รยฃรลฝรโฆรโ รโรยงรลฝรลธ รหรลฝรยงรโรโรยฌรลฝรหรลฝรยงรยจรยรล รยงรโรยธรโรลฝรยงรโกรยรยฑรย รยงรโรโรยฌรลฝรหรลฝรยงรยฒรย รยจรลฝรโรย รยงรโรโรหรยรยฌรยรหรโรยจรย รยญรลฝรล รโรยซรย รยชรลฝรยฑรลฝรยชรโรลฝรยจรลฝ รยนรลฝรโรลฝรล รโรโกรย รโฆรลฝรยตรโรโรลฝรยญรลฝรยฉรล. รหรลฝรยงรโรยธรโรลฝรยงรโกรยรยฑรย รยงรโรโรหรยรยฌรยรหรโรยจรย รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยงรโรโรยฅรยรโฆรลฝรยงรโฆรย รยรลฝรล รลฝรยฌรยรยจรย รยนรลฝรโรลฝรล รโรโกรย รยตรลฝรยฑรโรยรย รยฃรยรยฌรโรยฑรลฝรยฉรย รยฐรลฝรโรยรฦรลฝ รโฆรยรโ รโ รยฃรลฝรโฆรโรหรลฝรยงรโรย รยจรลฝรล รโรยชรย รยงรโรโรโฆรลฝรยงรโรย รยรลฝรยฅรยรโ รโ รโรลฝรโฆรโ รล รลฝรยชรลฝรล รลฝรยณรโรลฝรยฑรโ รยฐรลฝรโรยรฦรลฝ รโรยรยธรยรโรโรโฆรย รโฆรยรยชรลฝรหรลฝรโรโรยรล รโรโกรย รยรลฝรยนรลฝรโรลฝรโฐ รโฆรลฝรล รลฝรยงรยณรยรยฑรย รยงรโรโรโฆรยรยณรโรโรยรโฆรยรล รโรโ รลฝ
Ada pertanyaan tentang kasus yang sering terjadi di kota kami, tentang orang-orang pemerintahan yang menyerukan pemotongan beberapa ruas jalan dengan ukuran tertentu: โApakah hal itu boleh? Apakah termasuk perkara yang menghasilkan kemaslahatan umum umat Islam, maka wajib bagi penguasa, lalu orang-orang kaya muslim atau tidak?โ Jawabannya adalah: โYang jelas hal itu boleh, bahkan wajib bagi penguasa sekira menghasilkan kemaslahatan. Yang jelas kewajiban itu dibebankan bagi penguasa, dan ia wajib membayar biayanya dari bait al-mal. Bila hal itu tidak mudah dilakukan karena kezaliman pegawainya, maka biaya itu dibebankan pada orang-orang kaya muslim.
Bahkan As-Syathibi dalam muwafaqatnya, secara jelas meqiyaskan alasan pendahuluan kepentingan umum ini dengan pelarangan pembelian barang dagangan sebelum sampai di pasar. Atau juga pelarangan melakukan perdagangan kepada penduduk pedalaman yang buta harga. Karena hal ini menjurus pada monopoli harga yang akan merugikan masyarakat (kepentingan umum).
... รยรโรยฃรลฝรโ รโรลฝ รยงรโรโรโฆรลฝรยตรลฝรยงรโรยรยญรลฝ รยงรโรโรยนรลฝรยงรโฆรโรลฝรยฉรลฝ รโฆรยรโรลฝรยฏรโรลฝรโฆรลฝรยฉรล รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยงรโรโรโฆรลฝรยตรลฝรยงรโรยรยญรย รยงรโรโรยฎรลฝรยงรยตรโรลฝรยฉรย รยจรยรยฏรลฝรโรยรล รโรโรย รยงรโรโ รโรลฝรโกรโรล รย รยนรลฝรโ รโ รยชรลฝรโรลฝรโรโรยรโฐ รยงรโรยณรโรยรโรลฝรยนรย รหรลฝรยนรลฝรโ รโ รยจรลฝรล รโรยนรย รยงรโรโรยญรลฝรยงรยถรยรยฑรย รโรยรโรโรยจรลฝรยงรยฏรยรล รโรย รหรลฝรยงรยชรโรยรยรลฝรยงรโรย รยงรโรยณรโรลฝรโรลฝรยรย รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยชรลฝรยถรโรโฆรยรล รโรโ รย รยงรโรยตรโรยรโ รโรลฝรยงรยนรย รโฆรลฝรยนรลฝ รยฃรลฝรโ รโรลฝ รยงรโรโรยฃรลฝรยตรโรโรลฝ รยรยรล รโรโกรยรโฆรโ รยงรโรโรยฃรลฝรโฆรลฝรยงรโ รลฝรยฉรย ... รโรลฝรฦรยรโ รโ รยจรยรยญรลฝรล รโรยซรย รโรยงรลฝ รล รลฝรโรโรยญรลฝรโรย รยงรโรโรยฎรยรยตรยรหรโรยตรย รโฆรลฝรยถรลฝรยฑรโรลฝรยฉรโน
... sesungguhnya kepentingan umum itu didahulukan di atas kepentingan khusus, berdasarkan dalil pelarangan pembelian barang sebelum sampai pasar, penjualan barang orang kota ke orang pedalaman (yang buta harga) dan kesepakatan ulama salaf terhadap jaminan yang harus ditanggung oleh tukang (jika terjadi kerusakan) besertaan hukum dasar bagi mereka adalah amanah. ... sekiranya yang khusus itu tidak mengalami bahaya.
Adapun mengenai kreteria kepentingan umum, para ulama fiqih terdahulu biasa menyebutkan tiga hal yaitu masjid, jalan umum dan kuburan. Seperti halnya yang dikemukakan oleh ad-dasuqi dalam Hasyiyah al-Dasuqi โala al-Syarh al-Kabir. Tentunya pemaknaan kepentingan umum ini akan terus berkembang hingga kini, termasuk di dalamnya adalah fasilitas umum misalnya taman kota, halte, dan juga WC umum.
รหรลฝรยฃรลฝรโฆรโรลฝรยง รโรลฝรหรโ รยฃรยรยฌรโรยจรยรยฑรลฝ รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยงรโรโรยจรลฝรล รโรยนรย รยฌรลฝรยจรโรยฑรโนรยง รยญรลฝรโรยงรลฝรโรยงรโน รฦรลฝรยงรโ รลฝ รยงรโรโรยจรลฝรล รโรยนรย รโรยงรลฝรยฒรยรโฆรโนรยง รฦรลฝรยฌรลฝรยจรโรยฑรยรโกรย รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยจรลฝรล รโรยนรย รยงรโรยฏรโรลฝรยงรยฑรย รโรยรยชรลฝรหรโรยณรยรยนรลฝรยฉรย รยงรโรโรโฆรลฝรยณรโรยฌรยรยฏรย รยฃรลฝรหรย รยงรโรยทรโรลฝรยฑรยรล รโรโรย รยฃรลฝรหรย รยงรโรโรโฆรลฝรโรโรยจรลฝรยฑรลฝรยฉรย
Adapun jika dipaksa untuk menjual dengan pemaksaan yang halal, maka penjualannya sah sebagaimana pemaksaan menjual tanah untuk perluasan mesjid, jalan umum atau kuburan.
Begitu tingginya posisi kepentingan umum, sehingga jikalau terjadi pembangkangan terhadap keputusan pemerintah ini, fiqih tidak melarang adanya pemaksaan. Dengan catatan pihak pemerintah benar-benar amanah (tidak ada kepentingan pribadi atau golongan) dan dengan ganti rugi yang berdasar pada konsep โsaling relaโ. Begitulah yang dikemukakan oleh Musthafa Ahmad al-Zarqa dalam Madkhal al-Fiqh al-โAmm
ย
รหรลฝรยงรโรยตรโรยรหรโรยฑรลฝรยฉรย รยงรโรยซรโรลฝรยงรโ รยรล รลฝรยฉรย รโกรยรล รลฝ รยงรโรยงรยณรโรยชรยรโฆรโรโรยงรลฝรฦรย รโรยรยฃรลฝรยฌรโรโรย รโฆรลฝรยตรลฝรยงรโรยรยญรย รยงรโรโรยนรลฝรยงรโฆรโรลฝรยฉรย รยรลฝรโรลฝรยฏรโ รยฃรลฝรยฌรลฝรยงรยฒรลฝ รยงรโรยดรโรลฝรยฑรโรยนรย รยงรโรโรยฅรยรยณรโรโรยงรลฝรโฆรยรล รโรย รยงรยณรโรยชรยรโฆรโรโรยงรลฝรฦรลฝ รยงรโรโรยฃรลฝรยฑรโรยถรย รยงรโรโรโฆรยรยฌรลฝรยงรหรยรยฑรลฝรยฉรย รโรยรโรโรโฆรลฝรยณรโรยฌรยรยฏรย รยฌรลฝรยจรโรยฑรโนรยง รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยฃรลฝรยตรโรยญรลฝรยงรยจรยรโกรลฝรยง รยฅรยรยฐรลฝรยง รยงรโฆรโรยชรลฝรโ รลฝรยนรยรหรโรยง รยนรลฝรโ รโ รยจรลฝรล รโรยนรยรโกรลฝรยง รหรลฝรยถรลฝรยงรโรลฝ รยงรโรโรโฆรลฝรยณรโรยฌรยรยฏรย รยจรยรยฃรลฝรโกรโรโรยรโกรย รหรลฝรยงรยญรโรยชรลฝรยงรยฌรลฝ รยฅรยรโรลฝรล รโรโกรลฝรยง รฦรลฝรโฆรลฝรยง รยฃรลฝรยฌรลฝรยงรยฒรยรหรโรยง รโฆรยรยซรโรโรลฝ รยฐรลฝรโรยรฦรลฝ รโรยรยฃรลฝรยฌรโรโรย รยชรลฝรหรโรยณรยรล รโรยนรย รยงรโรยทรโรลฝรยฑรยรล รโรโรย รยฅรยรยฐรลฝรยง รยฏรลฝรยนรลฝรยชรโ รยญรลฝรยงรยฌรลฝรยฉรย รยงรโรโ รโรลฝรยงรยณรย รยฅรยรโรลฝรโฐ รยชรลฝรหรโรยณรยรล รโรยนรยรโกรย รหรลฝรยฐรลฝรโรยรฦรลฝ รยจรยรยงรโรโรโรยรล รโรโฆรลฝรยฉรย รยงรโรโรลฝรยชรยรล รโ รล รยรยณรลฝรยงรหรยรล รโรโกรลฝรยง รยงรโรโรยนรยรโรลฝรยงรยฑรย รยงรโรโรโฆรยรยณรโรยชรลฝรโฆรโรโรลฝรฦรย รยญรลฝรยชรโรลฝรโฐ รโรลฝรโรลฝรยฏรโ รโ รลฝรยตรโรลฝ รยงรโรโรยรยรโรลฝรโกรลฝรยงรยกรย รยนรลฝรโรลฝรโฐ รยฃรลฝรโ รโรลฝรโกรย รล รลฝรยฌรยรหรโรยฒรย รยฃรลฝรโ รโ รล รยรยครโรยฎรลฝรยฐรลฝ รโรยรยชรลฝรหรโรยณรยรล รโรยนรย รยงรโรยทรโรลฝรยฑรยรล รโรโรย รยฌรลฝรยงรโ รยรยจรล รโฆรยรโ รลฝ รยงรโรโรโฆรลฝรยณรโรยฌรยรยฏรย รยนรยรโ รโรยฏรลฝ รยงรโรโรยญรลฝรยงรยฌรลฝรยฉรย
Contoh kedua adalah pengambilan hak milik demi kepentingan umum. Agama Islam memperbolehkan pengambilan hak milik tanah yang berdampingan dengan mesjid secara paksa jika si pemilik enggan menjualnya. Sementara mesjid sudah sempit bagi para jamaahnya dan mereka membutuhkannya. Seperti halnya para ulama memperbolehkan kasus semacam itu untuk perluasan jalan umum ketika masyarakat sangat membutuhkannya, dengan memberikan (ganti rugi) harga yang sepadan dengan harga tanah yang diambil hak miliknya. Bahkan para fuqaha juga telah menjelaskan, bahwa boleh mengambil satu sisi dari mesjid untuk keperluan perluasan jalan umum ketika dibutuhkan.
Sampai di sini jelas kiranya bahwa fiqih sangat memperhatikan kepentingan umum, adapun pemerintah sebagai pengayom dan pengambil kebijakanharuslah tetap berada dalam koridor obyektif. Sehingga kepentingan umum itu benar-benar berfungsi sebagai kepentingan umum, bukan kepentingan pribadi atau golongan.
Disarikan dari Keputusan Muktamar NU Ke-29 Di Cipasung Tasikmalaya Desember 1994 M. (Redaktur; Ulil Hadrawy)
ย
Terpopuler
1
Saat Jamaah Haji Mengambil Inisiatif Berjalan Kaki dari Muzdalifah ke Mina
2
Meski Indonesia Tak Bisa Lolos Langsung, Peluang Piala Dunia Belum Pernah Sedekat Ini
3
Belasan Tahun Jadi Petugas Pemotongan Hewan Kurban, Riyadi Bagikan Tips Hadapi Sapi Galak
4
Cerpen: Tirakat yang Gagal
5
Jamaah Haji Indonesia Diimbau Tak Buru-buru Thawaf Ifadhah, Kecuali Jamaah Kloter Awal
6
Jamaah Haji Indonesia Bersyukur Tuntaskan Fase Armuzna
Terkini
Lihat Semua