Syariah

Menggusur Tanah Rakyat untuk Kepentingan Umum

NU Online  ยท  Senin, 28 Mei 2012 | 13:00 WIB

Pembangunan ternyata banyak menimbulkan ekses. Di antaranya yang cukup serius dan merugikan kepentingan rakyat, adalah penggusuran tanah untuk kepentingan pembangunan. Dalih penggusuran tersebut biasanya untuk kepentingan umum. Tetapi, tak jarang diktum kepentingan umum itu adalah selubung saja untuk menutupi kepentingan beberapa oknum tertentu. Hal ini diperparah lagi oleh kenyataan bahwa ganti rugi penggusuran biasanya tidak sesuai dengan yang dikehendaki rakyat.<>Pada dasarnya penggusuran tanah oleh pemerintah demi kepentingan umum (al-maslahah al-โ€™ammah) hukumnya adalah boleh, dengan syarat betul-betul pemanfaatannya untuk kepentingan umum yang dibenarkan oleh syaraโ€™ tentunya dengan ganti rugi yang memadai.

Hal ini pernah terjadi ketika sahabat Umar ra diangkat sebagai Khalifah dan jumlah penduduk semakin banyak, ia perluas mesjid Nabawi dengan membeli rumah dan dirobohkannya. Lalu ia menambah perluasannya dengan merobohkan (bangunan) penduduk sekitar mesjid yang enggan menjualnya. Beliau lalu memberi harga tertentu sehingga mereka mau menerimanya. Beliau membangun dinding yang pendek kurang dari tinggi manusia, dan memasang lampu-lampu di atasnya. Beliau adalah orang yang pertama kali membuat dinding untuk mesjid. Begitulah yang diterangkan oleh al-Mawardi dalam Ahkamus Sulthoniyah.

Nampaknya penggusuran tanah oleh pemerintah bukanlah barang baru. Pertanyaan dan permasalahan serupa juga sudah pernah dibahas dalam Hasyiyah โ€˜Ali Syibramallisi โ€˜ala Nihayah al-Muhtaj

ร™ห†ร™ลฝร™โ€šร™ลฝร˜ยนร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร˜ยณร™ยร˜ยคร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€ฆร™โ€˜ร™ลฝร˜ยง ร™ล ร™ลฝร™โ€šร™ลฝร˜ยนร™ย ร˜ยจร™ยร™โ€ฆร™ยร˜ยตร™โ€™ร˜ยฑร™ยร™โ€ ร™ลฝร˜ยง ร™ฦ’ร™ลฝร˜ยซร™ยร™ล ร™โ€™ร˜ยฑร™โ€นร˜ยง ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™ลฝร˜ยงร˜ยฏร™ลฝร˜ยงร˜ยฉร™ย ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยฌร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ยร˜ยจร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยณร™โ€˜ร™ยร™โ€žร™โ€™ร˜ยทร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ย ร˜ยจร™ยร™โ€šร™ลฝร˜ยทร™โ€™ร˜ยนร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยทร™โ€˜ร™ยร˜ยฑร™ยร™โ€šร™ลฝร˜ยงร˜ยชร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€šร™ลฝร˜ยฏร™โ€™ร˜ยฑร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ยร™ยร™โ€žร˜ยงร™ลฝร™โ€ ร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ลฝ ร™โ€กร™ลฝร™โ€žร™โ€™ ร˜ยฐร™ลฝร™โ€žร™ยร™ฦ’ร™ลฝ ร˜ยฌร™ลฝร˜ยงร˜ยฆร™ยร˜ยฒร™ล’ ร™ห†ร™ลฝร™โ€กร™ลฝร™โ€žร™โ€™ ร™โ€กร™ยร™ห†ร™ลฝ ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€™ร™โ€žร˜ยฃร™ยร™โ€ฆร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€˜ร™ลฝร˜ยชร™ยร™ล ร™โ€™ ร™ล ร™ลฝร˜ยชร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร˜ยชร™โ€˜ร™ลฝร˜ยจร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยตร™โ€™ร™โ€žร™ลฝร˜ยญร™ลฝร˜ยฉร™ล’ ร™โ€žร™ยร˜ยนร™ลฝร˜ยงร™โ€ฆร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยณร™โ€™ร™โ€žร™ยร™โ€ฆร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€ ร™ลฝ ร™ยร™ลฝร˜ยชร™ลฝร˜ยฌร™ยร˜ยจร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยงร™โ€™ร™โ€žร˜ยฅร™ยร™โ€ฆร™ลฝร˜ยงร™โ€ฆร™ย ร˜ยซร™ยร™โ€ฆร™โ€˜ร™ลฝ ร™โ€ฆร™ลฝร™ล ร™ลฝร˜ยงร˜ยณร™ยร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยณร™โ€™ร™โ€žร™ยร™โ€ฆร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€ ร™ลฝ ร˜ยฃร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ ร™โ€žร˜ยงร™ลฝร˜ลธ ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฌร™ลฝร™ห†ร™ลฝร˜ยงร˜ยจร™ยร˜ล’ ร˜ยงร™โ€žร˜ยธร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร™โ€กร™ยร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฌร™ลฝร™ห†ร™ลฝร˜ยงร˜ยฒร™ย ร˜ยจร™ลฝร™โ€žร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ห†ร™ยร˜ยฌร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยจร™ย ร˜ยญร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยซร™ย ร˜ยชร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร˜ยชร™โ€˜ร™ลฝร˜ยจร™ลฝ ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ย ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยตร™โ€™ร™โ€žร™ลฝร˜ยญร™ลฝร˜ยฉร™ล’. ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร˜ยธร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร™โ€กร™ยร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ห†ร™ยร˜ยฌร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยจร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยงร™โ€™ร™โ€žร˜ยฅร™ยร™โ€ฆร™ลฝร˜ยงร™โ€ฆร™ย ร™ยร™ลฝร™ล ร™ลฝร˜ยฌร™ยร˜ยจร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ย ร˜ยตร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร™ยร™ย ร˜ยฃร™ยร˜ยฌร™โ€™ร˜ยฑร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยฐร™ลฝร™โ€žร™ยร™ฦ’ร™ลฝ ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยฃร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ย ร˜ยจร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยชร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ย ร™ยร™ลฝร˜ยฅร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร™โ€žร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ ร™ล ร™ลฝร˜ยชร™ลฝร™ล ร™ลฝร˜ยณร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ ร˜ยฐร™ลฝร™โ€žร™ยร™ฦ’ร™ลฝ ร™โ€žร™ยร˜ยธร™ยร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ย ร™โ€ฆร™ยร˜ยชร™ลฝร™ห†ร™ลฝร™โ€žร™โ€˜ร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ย ร™ยร™ลฝร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร™โ€ฆร™ลฝร™ล ร™ลฝร˜ยงร˜ยณร™ยร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยณร™โ€™ร™โ€žร™ยร™โ€ฆร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€ ร™ลฝ

Ada pertanyaan tentang kasus yang sering terjadi di kota kami, tentang orang-orang pemerintahan yang menyerukan pemotongan beberapa ruas jalan dengan ukuran tertentu: โ€œApakah hal itu boleh? Apakah termasuk perkara yang menghasilkan kemaslahatan umum umat Islam, maka wajib bagi penguasa, lalu orang-orang kaya muslim atau tidak?โ€ Jawabannya adalah: โ€œYang jelas hal itu boleh, bahkan wajib bagi penguasa sekira menghasilkan kemaslahatan. Yang jelas kewajiban itu dibebankan bagi penguasa, dan ia wajib membayar biayanya dari bait al-mal. Bila hal itu tidak mudah dilakukan karena kezaliman pegawainya, maka biaya itu dibebankan pada orang-orang kaya muslim.

Bahkan As-Syathibi dalam muwafaqatnya, secara jelas meqiyaskan alasan pendahuluan kepentingan umum ini dengan pelarangan pembelian barang dagangan sebelum sampai di pasar. Atau juga pelarangan melakukan perdagangan kepada penduduk pedalaman yang buta harga. Karena hal ini menjurus pada monopoli harga yang akan merugikan masyarakat (kepentingan umum).

... ร™ยร™โ€žร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยตร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ยร˜ยญร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ลฝร˜ยงร™โ€ฆร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฉร™ลฝ ร™โ€ฆร™ยร™โ€šร™ลฝร˜ยฏร™โ€˜ร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยฉร™ล’ ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยตร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ยร˜ยญร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฎร™ลฝร˜ยงร˜ยตร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยจร™ยร˜ยฏร™ลฝร™โ€žร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€žร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝร™โ€กร™โ€™ร™ล ร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยชร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€šร™โ€˜ร™ยร™โ€ฐ ร˜ยงร™โ€žร˜ยณร™โ€˜ร™ยร™โ€žร™ลฝร˜ยนร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยนร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยจร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยญร™ลฝร˜ยงร˜ยถร™ยร˜ยฑร™ย ร™โ€žร™ยร™โ€žร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยงร˜ยฏร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร˜ยชร™โ€˜ร™ยร™ยร™ลฝร˜ยงร™โ€šร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยณร™โ€˜ร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™ยร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยชร™ลฝร˜ยถร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€ ร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยตร™โ€˜ร™ยร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร˜ยนร™ย ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยนร™ลฝ ร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€™ร™โ€žร˜ยฃร™ลฝร˜ยตร™โ€™ร™โ€žร™ลฝ ร™ยร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ยร™โ€ฆร™โ€™ ร˜ยงร™โ€™ร™โ€žร˜ยฃร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ลฝร˜ยฉร™ย ... ร™โ€žร™ลฝร™ฦ’ร™ยร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยจร™ยร˜ยญร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยซร™ย ร™โ€žร˜ยงร™ลฝ ร™ล ร™ลฝร™โ€žร™โ€™ร˜ยญร™ลฝร™โ€šร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยฎร™ยร˜ยตร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยตร™ย ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยถร™ลฝร˜ยฑร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฉร™โ€น

... sesungguhnya kepentingan umum itu didahulukan di atas kepentingan khusus, berdasarkan dalil pelarangan pembelian barang sebelum sampai pasar, penjualan barang orang kota ke orang pedalaman (yang buta harga) dan kesepakatan ulama salaf terhadap jaminan yang harus ditanggung oleh tukang (jika terjadi kerusakan) besertaan hukum dasar bagi mereka adalah amanah. ... sekiranya yang khusus itu tidak mengalami bahaya.

Adapun mengenai kreteria kepentingan umum, para ulama fiqih terdahulu biasa menyebutkan tiga hal yaitu masjid, jalan umum dan kuburan. Seperti halnya yang dikemukakan oleh ad-dasuqi dalam Hasyiyah al-Dasuqi โ€˜ala al-Syarh al-Kabir. Tentunya pemaknaan kepentingan umum ini akan terus berkembang hingga kini, termasuk di dalamnya adalah fasilitas umum misalnya taman kota, halte, dan juga WC umum.

ร™ห†ร™ลฝร˜ยฃร™ลฝร™โ€ฆร™โ€˜ร™ลฝร˜ยง ร™โ€žร™ลฝร™ห†ร™โ€™ ร˜ยฃร™ยร˜ยฌร™โ€™ร˜ยจร™ยร˜ยฑร™ลฝ ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ย ร˜ยฌร™ลฝร˜ยจร™โ€™ร˜ยฑร™โ€นร˜ยง ร˜ยญร™ลฝร™โ€žร˜ยงร™ลฝร™โ€žร˜ยงร™โ€น ร™ฦ’ร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ย ร™โ€žร˜ยงร™ลฝร˜ยฒร™ยร™โ€ฆร™โ€นร˜ยง ร™ฦ’ร™ลฝร˜ยฌร™ลฝร˜ยจร™โ€™ร˜ยฑร™ยร™โ€กร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยจร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยฏร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร˜ยฑร™ย ร™โ€žร™ยร˜ยชร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร˜ยณร™ยร˜ยนร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยณร™โ€™ร˜ยฌร™ยร˜ยฏร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™ห†ร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยทร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฑร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€šร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™ห†ร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร™โ€šร™โ€™ร˜ยจร™ลฝร˜ยฑร™ลฝร˜ยฉร™ย

Adapun jika dipaksa untuk menjual dengan pemaksaan yang halal, maka penjualannya sah sebagaimana pemaksaan menjual tanah untuk perluasan mesjid, jalan umum atau kuburan.

Begitu tingginya posisi kepentingan umum, sehingga jikalau terjadi pembangkangan terhadap keputusan pemerintah ini, fiqih tidak melarang adanya pemaksaan. Dengan catatan pihak pemerintah benar-benar amanah (tidak ada kepentingan pribadi atau golongan) dan dengan ganti rugi yang berdasar pada konsep โ€˜saling relaโ€™. Begitulah yang dikemukakan oleh Musthafa Ahmad al-Zarqa dalam Madkhal al-Fiqh al-โ€˜Amm
ย 
ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร™โ€žร˜ยตร™โ€˜ร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยฑร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยซร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ยร™ล ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™โ€กร™ยร™ล ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร˜ยงร˜ยณร™โ€™ร˜ยชร™ยร™โ€ฆร™โ€™ร™โ€žร˜ยงร™ลฝร™ฦ’ร™ย ร™โ€žร™ยร˜ยฃร™ลฝร˜ยฌร™โ€™ร™โ€žร™ย ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยตร™ลฝร˜ยงร™โ€žร™ยร˜ยญร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ลฝร˜ยงร™โ€ฆร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™ยร™ลฝร™โ€šร™ลฝร˜ยฏร™โ€™ ร˜ยฃร™ลฝร˜ยฌร™ลฝร˜ยงร˜ยฒร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร˜ยดร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร˜ยนร™ย ร˜ยงร™โ€™ร™โ€žร˜ยฅร™ยร˜ยณร™โ€™ร™โ€žร˜ยงร™ลฝร™โ€ฆร™ยร™ล ร™โ€˜ร™ย ร˜ยงร˜ยณร™โ€™ร˜ยชร™ยร™โ€ฆร™โ€™ร™โ€žร˜ยงร™ลฝร™ฦ’ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€™ร™โ€žร˜ยฃร™ลฝร˜ยฑร™โ€™ร˜ยถร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยฌร™ลฝร˜ยงร™ห†ร™ยร˜ยฑร™ลฝร˜ยฉร™ย ร™โ€žร™ยร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยณร™โ€™ร˜ยฌร™ยร˜ยฏร™ย ร˜ยฌร™ลฝร˜ยจร™โ€™ร˜ยฑร™โ€นร˜ยง ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยฃร™ลฝร˜ยตร™โ€™ร˜ยญร™ลฝร˜ยงร˜ยจร™ยร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร˜ยฅร™ยร˜ยฐร™ลฝร˜ยง ร˜ยงร™โ€ฆร™โ€™ร˜ยชร™ลฝร™โ€ ร™ลฝร˜ยนร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยง ร˜ยนร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ ร˜ยจร™ลฝร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ยร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร™ห†ร™ลฝร˜ยถร™ลฝร˜ยงร™โ€šร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยณร™โ€™ร˜ยฌร™ยร˜ยฏร™ย ร˜ยจร™ยร˜ยฃร™ลฝร™โ€กร™โ€™ร™โ€žร™ยร™โ€กร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยงร˜ยญร™โ€™ร˜ยชร™ลฝร˜ยงร˜ยฌร™ลฝ ร˜ยฅร™ยร™โ€žร™ลฝร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร™ฦ’ร™ลฝร™โ€ฆร™ลฝร˜ยง ร˜ยฃร™ลฝร˜ยฌร™ลฝร˜ยงร˜ยฒร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยง ร™โ€ฆร™ยร˜ยซร™โ€™ร™โ€žร™ลฝ ร˜ยฐร™ลฝร™โ€žร™ยร™ฦ’ร™ลฝ ร™โ€žร™ยร˜ยฃร™ลฝร˜ยฌร™โ€™ร™โ€žร™ย ร˜ยชร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร˜ยณร™ยร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยทร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฑร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€šร™ย ร˜ยฅร™ยร˜ยฐร™ลฝร˜ยง ร˜ยฏร™ลฝร˜ยนร™ลฝร˜ยชร™โ€™ ร˜ยญร™ลฝร˜ยงร˜ยฌร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝร˜ยงร˜ยณร™ย ร˜ยฅร™ยร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยชร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร˜ยณร™ยร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ยร™โ€กร™ย ร™ห†ร™ลฝร˜ยฐร™ลฝร™โ€žร™ยร™ฦ’ร™ลฝ ร˜ยจร™ยร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€šร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยฉร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€˜ร™ลฝร˜ยชร™ยร™ล ร™โ€™ ร™ล ร™ยร˜ยณร™ลฝร˜ยงร™ห†ร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€กร™ลฝร˜ยง ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยนร™ยร™โ€šร™ลฝร˜ยงร˜ยฑร™ย ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ยร˜ยณร™โ€™ร˜ยชร™ลฝร™โ€ฆร™โ€™ร™โ€žร™ลฝร™ฦ’ร™ย ร˜ยญร™ลฝร˜ยชร™โ€˜ร™ลฝร™โ€ฐ ร™โ€žร™ลฝร™โ€šร™ลฝร˜ยฏร™โ€™ ร™โ€ ร™ลฝร˜ยตร™โ€˜ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™ยร™ยร™โ€šร™ลฝร™โ€กร™ลฝร˜ยงร˜ยกร™ย ร˜ยนร™ลฝร™โ€žร™ลฝร™โ€ฐ ร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€˜ร™ลฝร™โ€กร™ย ร™ล ร™ลฝร˜ยฌร™ยร™ห†ร™โ€™ร˜ยฒร™ย ร˜ยฃร™ลฝร™โ€ ร™โ€™ ร™ล ร™ยร˜ยคร™โ€™ร˜ยฎร™ลฝร˜ยฐร™ลฝ ร™โ€žร™ยร˜ยชร™ลฝร™ห†ร™โ€™ร˜ยณร™ยร™ล ร™โ€™ร˜ยนร™ย ร˜ยงร™โ€žร˜ยทร™โ€˜ร™ลฝร˜ยฑร™ยร™ล ร™โ€™ร™โ€šร™ย ร˜ยฌร™ลฝร˜ยงร™โ€ ร™ยร˜ยจร™ล’ ร™โ€ฆร™ยร™โ€ ร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร™โ€ฆร™ลฝร˜ยณร™โ€™ร˜ยฌร™ยร˜ยฏร™ย ร˜ยนร™ยร™โ€ ร™โ€™ร˜ยฏร™ลฝ ร˜ยงร™โ€žร™โ€™ร˜ยญร™ลฝร˜ยงร˜ยฌร™ลฝร˜ยฉร™ย

Contoh kedua adalah pengambilan hak milik demi kepentingan umum. Agama Islam memperbolehkan pengambilan hak milik tanah yang berdampingan dengan mesjid secara paksa jika si pemilik enggan menjualnya. Sementara mesjid sudah sempit bagi para jamaahnya dan mereka membutuhkannya. Seperti halnya para ulama memperbolehkan kasus semacam itu untuk perluasan jalan umum ketika masyarakat sangat membutuhkannya, dengan memberikan (ganti rugi) harga yang sepadan dengan harga tanah yang diambil hak miliknya. Bahkan para fuqaha juga telah menjelaskan, bahwa boleh mengambil satu sisi dari mesjid untuk keperluan perluasan jalan umum ketika dibutuhkan.

Sampai di sini jelas kiranya bahwa fiqih sangat memperhatikan kepentingan umum, adapun pemerintah sebagai pengayom dan pengambil kebijakanharuslah tetap berada dalam koridor obyektif. Sehingga kepentingan umum itu benar-benar berfungsi sebagai kepentingan umum, bukan kepentingan pribadi atau golongan.

Disarikan dari Keputusan Muktamar NU Ke-29 Di Cipasung Tasikmalaya Desember 1994 M. (Redaktur; Ulil Hadrawy)

ย