Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Arti Mimpi tentang Shalat, Wudhu, dan Tayamum

Arti Mimpi tentang Shalat, Wudhu, dan Tayamum
Tafsir Mimpi tentang shalat, wudhu, dan tayamum. (Ilustrasi)
Tafsir Mimpi tentang shalat, wudhu, dan tayamum. (Ilustrasi)

Di antara macam mimpi yang sering dialami orang adalah mimpi shalat. Mimpi melakukan shalat merupakan salah satu mimpi yang dibahas secara khusus dalam bab tersendiri oleh ulama mu’abbirîn (ahli tafsir mimpi), mengingat cakupan pembahasan yang cukup luas. Namun sebelumnya, alangkah lebih sempurna apabila dijelaskan terlebih dahulu makna mimpi melakukan wudhu dan tayamum, mengingat salah satu hal yang dilakukan harus sebelum shalat adalah wudhu, atau tayamum sebagai penggantinya.

 

Tafsir Mimpi tentang Wudhu dan Tayamum

Mimpi melakukan wudhu menunjukkan arti hati terbuka, utang terbayar, hajat terpenuhi, pengabdian kepada pembesar, dan menunjukkan taubat. Jika seseorang bermimpi melakukan wudhu, namun caranya tidak sesuai dengan tuntunan baku perihal rukun dan syaratnya, maka menunjukkan arti tidak terlaksananya makna-makna mimpi melakukan wudhu seperti di atas, atau bisa juga menunjukkan arti ia telah melakukan perilaku bid’ah, sesat, namun merasa melakukan hal yang benar.


Sedangkan mimpi tayammum menunjukkan arti sama seperti mimpi berwudhu, hanya saja tingkatannya ada di bawah mimpi melakukan wudhu. Sebab seperti kita tahu, derajat tayamum ada di bawah wudhu. Misal orang bermimpi tayamum, maka mimpinya menunjukkan arti hajat yang diinginkan terkabul, hanya saja hajat yang tidak sesempurna seperti terkabulnya hajat bagi orang yang mimpi berwudhu. Tayamum juga menunjukkan arti perjalanan, sakitnya orang yang sehat dan sembuhnya orang yang sakit. Sedangkan orang yang bermimpi bertayamum padahal di sekitarnya terdapat air, maka menunjukkan ia telah melakukan amal yang batil. (Abul Abbas Ahmad bin Abdurrahman, Qawâ’idu Tafsîril Ahlâm, [Beirut, ar-Rayyân: 2000 M], cetakan pertama, halaman 400-404).

 

Tafsir Mimpi tentang Shalat

Mimpi melaksanakan shalat diperinci berdasarkan jenis shalat yang dilakukan. Jika seseorang bermimpi melakukan salah satu dari shalat maktubah atau shalat wajib lima waktu, maka menunjukkan isyarat arti mendekatkan diri kepada Allah, kemuliaan, pangkat, kekayaan, hajat yang terpenuhi dan pelunasan utang. Jika ia mimpi melakukan shalat sunnah, maka menunjukkan isyarat arti tambahnya kebaikan dan tertolaknya bala’. 


Adapula sebagian ulama mu’abbir yang mengartikan makna shalat fardhu dan sunnah secara spesifik. Mimpi melaksanakan shalat Subuh menunjukkan arti adanya janji yang akan segera ditepati. Mimpi shalat Dhuhur menunjukkan arti akan tampak hajatnya yang terpenuhi. Jika orangnya memiliki utang, maka utangnya akan terlunasi dan ia akan diberi kecukupan. Shalat Dhuhur terkadang juga menunjukkan arti taubat dan memerangi setan. Shalat Ashar menunjukkan isyarat arti kemenangan, pertolongan, hidayah dan kebaikan. Shalat Maghrib menunjukkan arti selesainya amal yang dilakukannya dan istirahat dari kepayahan. Mimpi shalat Maghrib juga menunjukkan arti berpisahnya salah satu dari kedua orang tua. Mimpi shalat Isya’ menunjukkan isyarat arti habisnya umur atau kematian, sebab shalat Isya’ merupakan pertanda berakhirnya kesibukan beribadah yang dilakukan oleh seseorang. Mimpi shalat Isya’ juga dapat menunjukkan arti persiapan bepergian, pernikahan, dan berpindah dari suatu tempat ke tempat lain. Sedangkan mimpi shalat Jumat menunjukkan arti kelapangan, hal yang diinginkan, kebahagiaan dan berangkat haji. Mimpi melaksanakan shalat Jenazah menunjukkan arti pertolongan dan kurangnya jumlah shalat fardlu yang dilakukannya.

 
Begitu halnya dengan mimpi shalat sunnah, sebagian ulama mu’abbir ada yang mengartikannya secara lebih dispesifikkan pada jenis shalat sunnah yang dilakukan. Shalat Dhuha memiliki arti terbebas dari perbuatan syirik, sumpah yang terpenuhi dan kebahagiaan. Mimpi shalat Tahiyyatul Masjid menunjukkan arti berinfaq kepada kerabat dan fakir miskin. Mimpi shalat Tarawih menunjukkan arti kepayahan dan lunasnya utang. Mimpi shalat Istisqa menunjukkan arti ketakutan, hemat, mahalnya harga-harga barang kebutuhan dan resesi. Mimpi shalat Gerhana Matahari dan Rembulan menunjukkan arti taubat orang fasik, orang kafir masuk Islam, atau kematian orang alim. Mimpi shalat Tasbih menunjukkan arti hidayah, petunjuk pada kebaikan atau terkelolanya rejeki. Mimpi shalat Idul Fitri menunjukkan isyarat arti lunasnya utang, sembuhnya orang yang sakit, terbebas dari kesulitan dan hilangnya rasa susah. Mimpi shalat Idul Adha menunjukkan arti menjaga wasiat dan terpenuhinya nazar. Shalat Istikharah menunjukkan arti kebingungan. Wallâhu a’lam. (Abdul Ghani an-Nabulusi, Ta’thîrul Anâm fî Tafsîril Ahlâm, [al-Amiriyah], juz II, halaman 31-35). 

 


Gus M Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining, Rambipuji, Jember.

 

 


 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Tafsir Mimpi Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×