Tasawuf/Akhlak AL-HIKAM

Ini Pengertian Allah Tidak Pandang Rupa dan Amalmu Menurut Ibnu Athaillah

NU Online  ยท  Kamis, 28 September 2017 | 02:34 WIB

Ibadah seharusnya dipahami sebagai bentuk penyerahan, kedhaifan, dan kefakiran manusia di hadapan Allah. Tetapi ketika ibadah membuat pelakunya ujub pada dirinya sendiri dan angkuh terhadap orang lain yang tidak mengamalkannya, maka ibadah ini menjadi tercela sebagai disebutkan oleh Ibnu Athaillah pada hikmah berikut ini.

ู…ุนุตูŠุฉ ุฃูˆุฑุซุช ุฐู„ุงู‹ ูˆุงูุชู‚ุงุฑุงู‹ ุฎูŠุฑ ู…ู† ุทุงุนุฉ ุฃูˆุฑุซุช ุนุฒุงู‹ ูˆุงุณุชูƒุจุงุฑุงู‹

Artinya, โ€œSebuah maksiat yang berbuah kerendahan diri dan kefakiran (di hadapan Allah) lebih baik daripada amal ibadah yang melahirkan bibit kebanggan dan keangkuhan.โ€

Hikmah ini menegaskan bahwa manusia tidak boleh jauh-jauh dari sifat kerendahan dan kefakirannya di hadapan Allah. Manusia tidak boleh memakai kebanggaan dan keangkuhan yang menjadi sifat ketuhanan. Ketaatan seseorang bukan alasan baginya untuk bersikap angkuh dan merasa suci sebagai disebut Syekh Ibnu Abbad berikut ini.

ุงู„ุฐู„ ูˆุงู„ุงูุชู‚ุงุฑ ู…ู† ุตูุงุช ุงู„ุนุจูˆุฏูŠุฉ ูˆ ุงู„ุนุฒ ูˆุงู„ุงุณุชูƒุจุงุฑ ู…ู†ุงู‚ุถุงู† ู„ู‡ุง ู„ุฃู†ู‡ู…ุง ู…ู† ุตูุงุช ุงู„ุฑุจูˆุจูŠุฉ ูˆู„ุง ุฎูŠุฑ ููŠ ุงู„ุทุงุนุฉ ุฅุฐุง ู„ุฒู… ุนู†ู‡ุง ุดูŠุก ู…ู…ุง ูŠู†ุงู‚ุถ ุตูุงุช ุงู„ุนุจูˆุฏูŠุฉ ู„ุฃู†ู‡ุง ุชุญุจุทู‡ุง ูˆุชุจุทู„ู‡ุง ูƒู…ุง ู„ุง ู…ุจุงู„ุงุฉ ุจุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ุฅุฐุง ู„ุฒู…ุชู‡ุง ุตูุงุช ุงู„ุนุจูˆุฏูŠุฉ ู„ุฃู†ู‡ุง ุชู…ุญูˆู‡ุง ูˆุชุฒูŠู„ู‡ุง ูˆู‚ุงู„ ุณูŠุฏูŠ ุฃุจูˆ ู…ุฏูŠู† ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุงู†ูƒุณุงุฑ ุงู„ุนุงุตู‰ ุฎูŠุฑ ู…ู† ุตูˆู„ุฉ ุงู„ู…ุทูŠุน

Artinya, โ€œKerendahan diri dan kefakiran adalah sifat kehambaan. Kebanggan dan keangkuhan bertolak belakang dengan sifat kehambaan karena dua sifat yang disebut terakhir adalah sifat ketuhanan. Tak ada kebaikan apapun pada amal ibadah yang lazim padanya sifat (bangga dan angkuh) yang bertolak belakang dengan sifat kehambaan karena sifat ketuhanan itu dapat mengugurkan dan membatalkan amal itu sendiri. Sebaliknya, (Allah) tidak peduli pada maksiat yang lazim padanya sifat kehambaan (kerendahan diri) karena sifat itu akan menghapus dan menghilangkan kadar kesalahan maksiat tersebut. Syekh Abu Madyan berkata, โ€˜Kerendahan diri pelaku maksiat lebih baik daripada kewibawaan orang yang beramal saleh,โ€™โ€ (Lihat Syekh Ibnu Abbad, Syarhul Hikam, Semarang, Maktabah Al-Munawwir, tanpa catatan tahun, juz I, halaman 72).

Syekh Ibnu Ajibah mengaitkan masalah ini dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, โ€œAllah tidak memandang rupa dan amalmu, tetapi hatimu.โ€ Ia dengan tegas mengingatkan bahwa jantung dari hubungan manusia dan Allah adalah adab. Manusia dituntut untuk beradab dengan baik di hadapan-Nya (husnul adab). Allah akan murka jika manusia melakukan suโ€™ul adab kepada-Nya.

ู‚ู„ุช ุงู†ู…ุง ูƒุงู†ุช ุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ุงู„ุชูŠ ุชูˆุฌุจ ุงู„ุงู†ูƒุณุงุฑ ุฃูุถู„ ู…ู† ุงู„ุทุงุนุฉ ุงู„ุชูŠ ุชูˆุฌุจ ุงู„ุงุณุชูƒุจุงุฑ ู„ุฃู† ุงู„ู…ู‚ุตูˆุฏ ู…ู† ุงู„ุทุงุนุฉ ู‡ูˆ ุงู„ุฎุถูˆุน ูˆุงู„ุฎุดูˆุน ูˆุงู„ุงู†ู‚ูŠุงุฏ ูˆุงู„ุชุฐู„ู„ ูˆุงู„ุงู†ูƒุณุงุฑ ุฃู†ุง ุนู†ุฏ ุงู„ู…ู†ูƒุณุฑุฉ ู‚ู„ูˆุจู‡ู… ู…ู† ุฃุฌู„ูŠ ูุฅุฐุง ุฎู„ุช ุงู„ุทุงุนุฉ ู…ู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ุนุงู†ูŠ ูˆุงุชุตูุช ุจุฃุถุฏุงุฏู‡ุง ูุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ุงู„ุชูŠ ุชูˆุฌุจ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ุนุงู†ูŠ ูˆุชุฌู„ุจ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ุญุงุณู† ุฃูุถู„ ู…ู†ู‡ุง ุฅุฐ ู„ุง ุนุจุฑุฉ ุจุตูˆุฑุฉ ุงู„ุทุงุนุฉ ูˆู„ุง ุจุตูˆุฑุฉ ุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ูˆุฅู†ู…ุง ุงู„ุนุจุฑุฉ ุจู…ุง ูŠู†ุชุฌ ุนู†ู‡ู…ุง ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ู„ุง ูŠู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ุตูˆุฑูƒู… ูˆู„ุง ุฅู„ู‰ ุฃุนู…ุงู„ูƒู… ูˆุฅู†ู…ุง ูŠู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ู‚ู„ูˆุจูƒู… ูุซู…ุฑุฉ ุงู„ุทุงุนุฉ ู‡ูŠ ุงู„ุฐู„ ูˆุงู„ุงู†ูƒุณุงุฑ ูˆุซู…ุฑุฉ ุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ู‡ูŠ ุงู„ู‚ุณูˆุฉ ูˆุงู„ุงุณุชูƒุจุงุฑ ูุฅุฐุง ุงู†ู‚ู„ุจุช ุงู„ุซู…ุฑุงุช ุงู†ู‚ู„ุจุช ุงู„ุญู‚ุงุฆู‚ ุตุงุฑุช ุงู„ุทุงุนุฉ ู…ุนุตูŠุฉ ูˆุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ุทุงุนุฉ... ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุฃุจูˆ ุงู„ุนุจุงุณ ุงู„ู…ุฑุณูŠ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูƒู„ ุฅุณุงุกุฉ ุฃุฏุจ ุชุซู…ุฑ ุฃุฏุจุงู‹ ูู„ูŠุณุช ุจุฅุณุงุกุฉ ุฃุฏุจ ูˆูƒุงู† ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูƒุซูŠุฑ ุงู„ุฑุฌุงุก ู„ุนุจุงุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุบุงู„ุจ ุนู„ูŠู‡ ุดู‡ูˆุฏ ูˆุณุน ุงู„ุฑุญู…ุฉ... ูˆู‚ุงู„ ุดูŠุฎ ุดูŠูˆุฎู†ุง ุฑุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู…ุนุตูŠุฉ ุจุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑ ู…ู† ุฃู„ู ุทุงุนุฉ ุจุงู„ู†ูุณ

Artinya, โ€œBuat saya, maksiat yang membuahkan kerendahan diri lebih utama dibanding ketaatan ibadah yang memicu keangkuhan karena tujuan hakiki atas amal ibadah adalah ketundukan, penyerahan, kepatuhan, ketaklukan, dan kerendahan diri sebagai terncantum pada hadits qudsi โ€˜Aku bersama mereka yang rendah diri demi Aku.โ€™ Kalau sebuah ibadah sunyi dari makna-makna kehambaan, tetapi justru melahirkan benih sifat ketuhanan, maka maksiat yang membuahkan makna kehambaan dan mendatangkan kebaikan-kebaikan lebih utama dibandingkan amal ibadah karena bentuk konkret ibadah (formalitas) atau maksiat tidak menjadi ukuran. Yang jadi patokan adalah hasil atau buah dari keduanya sebagai tercantum pada hadits Rasulullah SAW โ€˜Allah tidak memandang bentuk rupa dan amalmu. Allah hanya melihat hatimu.โ€™ Buah ibadah harusnya ketaklukan dan kerendahan diri. Sementara efek maksiat adalah kekerasan hati dan keangkuhan. Tetapi jika buah keduanya itu bersalahan, maka hakikat keduanya itu pun berubah di mana amal ibadah lahiriyah itu sejatinya maksiat
dan maksiat lahiriyah itu hakikatnya adalah ibadah... Syekh Abul Abbas Al-Mursi berkata, โ€˜Setiap suโ€™ul adab (maksiat secara formal) yang berbuah adab tidak bisa disebut sebagai suโ€™ul adab.โ€™ Syekh Abul Abbas Al-Mursi juga kerap mengimbau para hamba Allah yang terperosok di jurang dosa karena kuasa-Nya untuk melihat keluasan rahmat-Nya... Mahaguru kami berkata, โ€˜Sebuah maksiat kepada Allah lebih baik daripada seribu amal ibadah dengan nafsu,โ€™โ€ (Lihat Syekh Ibnu Ajibah, Iqazhul Himam fi Syarhil Hikam, Beirut, Darul Fikr, tanpa catatan tahun, juz I, halaman 143).

Perihal ini, Syekh Ibnu Ajibah mengutip hadits Rasulullah SAW di mana ujub yang melahirkan kebesaran dan keangkuhan merupakan sebuah penyakit berbahaya.

ูˆู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ูˆ ู„ู… ุชุฐู†ุจูˆุง ู„ุฎุดูŠุช ุนู„ูŠูƒู… ู…ุง ู‡ูˆ ุฃุดุฏ ู…ู† ุฐู„ูƒ ุงู„ุนุฌุจ ูƒุฐุง ููŠ ุงู„ุตุญูŠุญูŠู† ูˆู‚ุงู„ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ู„ูˆู„ุง ุฃู† ุงู„ุฐู†ุจ ุฎูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุนุฌุจ ู…ุง ุฎู„ุง ุงู„ู„ู‡ ุจูŠู† ู…ุคู…ู† ูˆุฐู†ุจ ุฃุจุฏุงู‹

Artinya, โ€œRasulullah SAW bersabda, โ€˜Kalau pun kamu sekalian tidak berdosa, aku khawatir sesuatu yang lebih buruk dari itu menjangkiti kamu semua, yaitu ujubโ€™ sebagaimana tercantum pada Shahih Bukhari dan Shahih Muslim. Rasulullah SAW juga bersabda, โ€˜Kalau sekiranya dosa itu tidak lebih baik daripada ujub, niscaya Allah takkan memisahkan seorang mukmin dan dosa selamanya,โ€™โ€ (Lihat Syekh Ibnu Ajibah, Iqazhul Himam fi Syarhil Hikam, Beirut, Darul Fikr, tanpa catatan tahun, juz I, halaman 143).

Syekh Ahmad Zarruq menjelaskan hikmah ini dengan moderat. Dengan uraian filosofis ia menyebutkan bahwa idealnya manusia taat kepada Allah lahir dan batin. Menurutnya, ketaatan lahir (formalitas ibadah) tidak menjamin seseorang taat dengan batin kepada Allah.

ู‚ู„ุช: ุงู„ุฎูŠุฑ ูู‰ ุงู„ุทุงุนุฉย  ุจุงู„ุฐุงุช ูˆุงู„ุดุฑ ููŠู‡ุง ุจุงู„ุนุฑุถุŒ ูˆุงู„ุดุฑ ูู‰ ุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ุจุงู„ุฐุงุช ูˆุงู„ุฎูŠุฑ ููŠู‡ุง ุจุงู„ุนุฑุถ. ูˆุฎูŠุฑ ุงู„ุทุงุนุฉ ู…ู† ุญูŠุซ ุฅู†ู‡ุง ุนุจูˆุฏูŠุฉ ู„ู‡ ูˆุฎุถูˆุน ุจูŠู† ูŠุฏูŠู‡ ูˆุฑุฌูˆุน ุฅู„ูŠู‡ ูˆุทู„ุจ ู„ู…ุง ุนู†ุฏู‡ุŒ ูˆุดุฑ ุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ููŠ ุถุฏ ุฐู„ูƒุŒ ูุฅุฐุง ุฃูˆุฌุจุช ุงู„ุทุงุนุฉ ู…ุง ู‡ูˆ ุจุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ููŠ ุงู„ุฐุงุช ูƒุงู†ุช ุดุฑุงุŒ ูˆุฅุฐุง ุฃูˆุฌุจุช ุงู„ู…ุนุตูŠุฉ ู…ุง ู‡ูˆ ููŠ ุงู„ุทุงุนุฉ ุจุงู„ุฐุงุช ูƒุงู†ุช ุฎูŠุฑุง

Artinya, โ€œBuat saya, kebaikan yang terkandung dalam ketaatan kepada Allah itu bersifat identik. Sedangkan keburukan yang terkandung dalam ketaatan bersifat tidak identik. Sebaliknya, keburukan pada maksiat bersifat identik. Sedangkan kebaikan yang terkandung pada maksiat bersifat tidak identik. Kebaikan yang terkandung dalam ketaatan dilihat dari kehambaan, ketundukan di hadapan Allah, penyerahan diri kepada-Nya, dan pengharapan karunia-Nya. Sementara keburukan pada maksiat ditinjau dari semua kebalikan sifat ketaatan (bangga dan angkuh). Tetapi ketika sebuah amal ketaatan melahirkan bibit keburukan yang identik pada maksiat (ujub dan angkuh), maka amal ibadah itu bernilai buruk. sebaliknya, ketika sebuah maksiat berbuah kebaikan yang identik pada amal ketaatan (rendah diri dan fakir), maka maksiat (formalitas) itu bernilai baik,โ€ (Lihat Syekh Ahmad Zarruq, Syarhul Hikam, As-Syirkatul Qaumiyyah, 2010 M/1431 H, halaman 97).

Singkat kata, Allah menuntut manusia untuk berserah diri, menyatakan kedhaifan dan kefakiran melalui amal ibadah baik lahir maupun batin. Hikmah ini bukan berarti merupakan anjuran Syekh Ibnu Athaillah untuk berbuat maksiat. Kita tetap harus berupaya untuk menaati perintah Allah dan mengejar ibadah sunah. Penekanannya terletak pada sejauhmana manusia menjaga husnul adab di hadapan-Nya dengan sifat kerendahan diri dan kefakiran. Dengan kata lain, ibadah tidak hanya mengandung formalitas, tetapi juga perlu dipertimbangan substansinya. Penulis Al-Hikam ini mengingatkan bahaya ujub yang kemudian memandang orang lain tidak lebih taat, tidak lebih suci, dan tidak lebih baik dibanding orang yang menaati perintah Allah. Wallahu aโ€˜lam. (Alhafiz K)