Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Doa Mohon Ampun ala Syekh As-Syadzili

Doa Mohon Ampun ala Syekh As-Syadzili
Doa ampunan dari Syekh As-Syadzili
Doa ampunan dari Syekh As-Syadzili

Setiap kita memiliki doa permohonan ampunan yang lazim dibaca baik yang bersumber dari Al-Quran, hadits, dan doa yang diajarkan oleh ulama. Bahkan sebagian kita ada yang mengamalkan permohonan ampunan doa yang cukup popular yang dinisbahkan kepada Abu Nawas.


Berikut ini adalah kutipan permohonan ampunan dari Syekh As-Syadzili yang berisi kalimat yang sangat indah dan efektif.


اللهُمَّ اجْعَلْ سَيِّئَاتِنَا سَيِّئَاتِ مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَا تَجْعَلْ حَسَنَاتِنَا حَسَنَاتِ مَنْ أَبْغَضْتَ


Allāhummaj‘al sayyi’ātinā sayyi’āti man ahbabta, wa lā taj‘al hasanātinā hasanāti man abghadhta.


Artinya, “Ya Allah, jadikanlah keburukanku sebagai keburukan orang-orang yang Kaucintai, dan jangan jadikan kebaikanku sebagai kebaikan orang-orang yang Kaumurkai,” (Syekh Syarqawi, Syarah Al-Hikam, [Semarang, Thaha Putra: tanpa tahun], juz I, halaman 43).


Demikian doa permohonan ampun ini dikutip oleh Syekh Abdullah As-Syarqawi dalam Syarah Al-Hikam. Doa ini menjadi alternatif istighfar yang dapat diamalkan setiap hari di samping kalimat istighfar yang harian kita baca. Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Doa Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×