Khutbah

Khutbah Jumat: Mari Beragama dengan Sepenuh Jiwa

Rab, 31 Mei 2023 | 20:00 WIB

Khutbah Jumat: Mari Beragama dengan Sepenuh Jiwa

Ilustrasi khatib sedang berkhutbah. (Foto: NU Online/Suwitno).

Khutbah Jumat kali ini mengingatkan kepada umat Islam untuk beragama dengan memeluk agama Islam sepenuh hati dan jiwa. Mari kuatkan keislaman dan keimanan dan praktikkan esensi ajaran agama. Jangan sekali-kali menjadikan agama sebagai prilaku formalitas dengan hanya menjalankan ibadah-ibadah mahdhah semata namun menafikan dan abai terhadap nilai-nilai ajarannya seperti kemanusiaan, kejujuran, saling menghormati, dan tidak berbuat dzalim kepada orang lain.

 

Teks khutbah Jumat berikut ini dengan judul “Khutbah Jumat: Mari Beragama dengan Sepenuh Jiwa” Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat!

 

Khutbah I

 

الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَحْدَه لَاشَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ اْلمُبِيْن. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَـمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صادِقُ الْوَعْدِ اْلأَمِيْن. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى : يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ 

 

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,
Menjadi kewajiban setiap khatib dalam mengawali khutbahnya untuk senantiasa mengingatkan dan mengajak para jamaah wabil khusus kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt. Takwa merupakan bekal yang paling baik dalam mengarungi kehidupan kita. Takwa juga akan senantiasa menjadikan kita terjaga dari melanggar hal-hal yang telah ditentukan oleh agama dengan selalu menguatkan tekad menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Dengan menguatkan ketakwaan, kita akan benar-benar mengaplikasikan esensi dari beragama itu sendiri dan mampu menjadi seorang muslim yang kaffah atau sempurna.

 

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,
Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 208:

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ 

 

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, masuklah ke dalam Islam (kedamaian) secara menyeluruh dan janganlah ikuti langkah-langkah setan! Sesungguhnya ia musuh yang nyata bagimu.”

 

Ayat ini mengingatkan kita untuk senantiasa beragama atau berislam secara utuh dengan tidak meninggalkan satupun kewajiban-kewajiban ibadah yang telah disyariatkan oleh Islam. Kesempurnaan dalam menjalankan ibadah juga bukan hanya terkait ibadah mahdhah, yakni ibadah yang sudah memiliki ketentuan khusus. Namun kesempurnaan ini juga terkait dengan ibadah yang didalamnya memuat nilai-nilai universal agama seperti kemanusiaan, kejujuran, saling menghormati, dan tidak berbuat dzalim kepada orang lain.

 

Kesempurnaan kita dalam beragama Islam ini akan mendatangkan keselamatan sebagaimana makna dari kata Islam itu sendiri yakni selamat. Keselamatan yang akan diraih bukan hanya saat kita hidup di dunia namun saat kita nanti berada di yaumil hisab yakni hari perhitungan saat kita mempertanggungjawabkan apa yang telah kita lakukan di dunia. Pada saat itu, kita tidak memiliki daya upaya untuk mengelak laporan data perbuatan-perbuatan kita di dunia. Hal ini ditegaskan dalam Al-Qur’an surat Yasin ayat 65:

 

اَلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلٰٓى اَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَآ اَيْدِيْهِمْ وَتَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ 

 

Artinya: “Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; tangan mereka akan berkata kepada Kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.”

 

Seharusnya dengan meresapi makna dua firman Allah ini, kita sebagai manusia sadar untuk tidak mengikuti langkah-langkah setan yang dengan berbagai upayanya masuk ke dalam aliran darah kita dan mempengaruhi kita untuk tidak berislam secara sempurna. Dengan peringatan ini kita diarahkan untuk tidak terjebak dalam sikap beragama yang mengedepankan formalitas semata. Sikap ini seperti tetap melaksanakan shalat, zakat, puasa, dan sejenisnya, namun di sisi lain kita tetap melakukan kedzaliman, menyakiti orang lain, dan mengambil hak yang bukan milik kita. Naudzubillah.

 

Terlebih di era modern saat ini, di saat sikap hedonisme (cinta kepada materi dunia) semakin terasa menjangkiti kehidupan manusia. Sikap cinta dunia ini akan rawan sekali menjadikan seseorang melakukan tindakan yang tidak menghiraukan apakah itu halal atau haram. Gemerlap dunia telah membutakan hati. Keserakahan telah mengalahkan kemanusiaan. Kekuasaan telah menumbuhkan kesombongan dan prilaku semena-mena kepada orang lain.

 

Di depan mampu mengungkapkan teori agama secara manis, namun di belakang, praktik-praktik yang melanggar tuntunan agama masih saja dilakukan. Sikap-sikap inilah yang menjadikan seseorang jauh dari beragama secara sempurna. Inilah golongan orang yang dalam hadits Nabi riwayat Imam Muslim disebut sebagai golongan orang Muflis atau orang-orang yang merugi. Rasulullah mengingatkan:

 

إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلَاةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ 

 

“Sesungguhnya orang yang merugi dari umatku adalah orang yang datang besok pada hari kiamat, sedang ia membawa pahala shalat, pahala puasa, pahala zakat.”

 

 وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا 

 

“Namun ia juga datang dengan amalan mencaci ini, menuduh ini, makan hartanya orang ini, mengalirkan darahnya orang ini, memukul orang ini.”

 

  فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ 

 

“Nah, kemudian pahala kebaikan orang yang ini pun akan diberikan kepada orang yang ini, orang yang ini pahalanya diberikan kepada orang ini.”

 

 فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ 

 

“Apabila pahalanya yang dibuat menebus sudah habis, dosa dari orang yang didzalimi akan diberikan kepada orang ini. Lalu, dimasukkanlah ia ke dalam api neraka.”

 

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,
Perlu disadari bahwa beragama bukan hanya sebatas teori dan kognisi. Tidak sebatas tahu jika mencuri dan mengambil hak orang lain itu dilarang, namun nyatanya tetap melakukannya.  Tahu jika berbohong itu perbuatan dosa, namun tetap mengerjakannya. Antara sisi kognitif (akal), psikomotor (tindakan) dan afektif (sikap) dalam beragama seharusnya berjalan seiringan. Sehingga beragama bukan hanya dikulitnya saja, namun benar-benar mampu mempraktikan esensi dan nilai-nilai yang diajarkan oleh agama. Beragama dengan sepenuh hati dan jiwa inilah yang menjadi cara untuk menyempurnakan keislaman kita.

 

Di sinilah pentingnya mengolah karunia Allah swt berupa hati nurani dan nafsu. Dua hal ini merupakan kekuatan yang jika diolah dengan baik akan mampu menjadikan kita golongan orang yang selamat dan mampu beragama dengan totalitas. Hati nurani selalu membisikkan kepada kita hal-hal yang baik seperti kejujuran, keadilan, dan berkata yang baik dan benar dan sejenisnya.

 

Namun di sisi lain, nafsu menyeret kita kepada tindakan-tindakan ceroboh yang dapat menjerumuskan pada jurang kehinaan seperti merasa hebat dan sombong, merasa lebih dari orang lain, dan sejenisnya. Maka jika nafsu telah menguasai diri, sikap merasa paling sempurna, menyepelekan orang lain, dan sombong pun akan bersemayam pada diri seseorang.

 

Termasuk jika beragama hanya dengan nafsu. Agama akan dijadikan alat kepentingan untuk memperoleh apa yang diinginkan. Jika nafsu telah menguasai, maka seseorang akan beragama dengan mementingkan kulitnya saja dari pada isi ajaran agama itu sendiri. Mari renungkan firman Allah swt:

 

ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ اَيْنَ مَا ثُقِفُوْٓا اِلَّا بِحَبْلٍ مِّنَ اللّٰهِ وَحَبْلٍ مِّنَ النَّاسِ وَبَاۤءُوْ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الْمَسْكَنَةُ ۗ 

 

Artinya: “Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka (berpegang) pada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia. Mereka mendapat murka dari Allah dan (selalu) diliputi kesengsaraan.” (QS Ali Imran: 112).

 

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,
Demikian khutbah singkat kali ini. Semoga kita diberikan kekuatan oleh Allah swt untuk dapat menjadi seorang muslim yang secara totalitas dalam beragama. Semoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan dalam setiap langkah kehidupan kita. Amin

 

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا، وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 

Khutbah II

 

اَلْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِ الْمُصْطَفَى، أَشْهَدُ أَنْ لَّا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الشُّرَفَا

 

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ، أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا، اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ 

 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

 

عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

 

H Muhammad Faizin, Sekretaris PCNU Kabupaten Pringsewu, Lampung