Dewasa ini sering berseliweran di tengah-tengah kita tuduhan โbidโah aqidahโ, yang dialamatkan kepada sejumlah amaliyah umat Islam karena dianggap sebagai praktik di luar ajaran Rasulullah dan mengadung kesyirikan. Padahal sebenarnya hal itu merupakan amaliah fiqih (bukan aqidah) yang cukup dilandasi dengan dalil-dalil yang bersifat dhanni sebagaimana permasalahan fiqih lainnya.
ย
Salah satu amaliyah yang sering dipersepsikan sebagai bidโah aqidah adalah tawasul. Dalam literatur Ahlussunnah wal Jamaah, ada lima jenis tawasul, yaitu tawasul dengan amal shalih, tawasul dengan orang shalih yang hidup, tawasul dengan orang yang telah meninggal, tawasul dengan yang belum wujud, dan tawasul dengan benda mati. Pada kesempatan ini penulis fokus mengupas tawasul kepada orang shalih yang masih hidup.
ย
Tawasul adalah aktivitas mengambil sarana/wasilah agar doa atau ibadahnya dapat diterima dan dikabulkan. Al-wasรฎlah menurut bahasa berarti segala hal yang dapat menyampaikan dan mendekatkan kepada sesuatu, bentuk jamaknya adalah wasรขil (Ibnul Atsir, An-Nihayah fil Gharibil Hadรฎts wal Atsar, 1421 H, Arab Saudi, Daru Ibnul Jauzi, halaman 185).
ย
Sedangkan menurut istilah syariโat, al-wasรฎlah yang diperintahkan dalam Al-Qurโan adalah segala hal yang dapat mendekatkan seseorang kepada Allah Taโala, yaitu berupa amal ketaatan yang disyariโatkan (Ath-Thabari, Tafsir Ath-Thabari, 1992, Beirut, Dar al Kutub al-Ilmiyyah, halaman 567 dan Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, 2012, Beirut, Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah, halaman 103).ย
ย
Dengan kata lain, tawasul dalam tinjauan bahasa (terminologi) bermakna mendekatkan diri. Sementara menurut istilah (etimologi) bermakna pendekatan diri kepada Allah subhanahu wataโala dengan wasilah (media/perantara), baik berupa amal shalih, nama dan sifat, ataupun zat dan jah (derajat) orang shalih, misalnya para nabi, para wali, para ulama, dan sebagainya (Wazarah Al-Auqof, al-Mausuโah al-Fiqhiyah, 1983, Kuwait, Wazarah Al-Auqof, halaman 149-150 dan Yususf Khattar Muhammad, al-Mausuโah al-Yusufiyah, 1999, Damaskus: Nadr, halaman 81).
ย
Sebagian orang mempermasalahkan, salah satunya, jenis tawasul dengan menyebut orang-orang shalih (shalihin) atau keistimewaan mereka di sisi Allah. Padahal, mayoritas ulama mengakui keabsahannya secara mutlak, baik saat para shalihin masih hidup maupun sudah wafat. Adapun dalil yang memperkuat tawasul adalah sebagai berikut:
ย
1. Firman Allah subhanahu wataโala dalam Surat Al-Maidah ayat 35:
ย
ููฐุฃููููููุง ุงูููุฐููููู ุงูฐู
ููููุง ุงุชูููููุง ุงููููฐูู ููุงุจูุชูุบูููุง ุฅููููููู ุงููููุณูููููุฉู ููุฌูุงููุฏูููุง ูููู ุณูุจููููููู ููุนููููููู
ู ุชูููููุญููููู
ย
โHai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah carilah perantara mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kalian bahagia.โ (QS. Al-maidah: 35)
ย
Kata ุงููููุณูููููุฉ (perantara) dalam ayat di atas jika ditinjau dengan disiplin ilmu ushul fiqih termasuk kata โamm (umum), sehingga mencakup berbagai macam perantara. Kata al-wasรฎlah ini berarti setiap hal yang Allah jadikan sebab kedekatan kepada-Nya dan sebagai media dalam pemenuhan kebutuhan dari-Nya. Prinsip sesuatu dapat dijadikan wasilah adalah sesuatu yang diberikan kedudukan dan kemuliaan oleh Allah. Karenanya, wasilahย yang dimaksud dalam ayat ini mencakup berbagai model wasilah, baik berupa para nabi dan shalihin, sepanjang masa hidup dan setelah wafatnya, atau wasilah lain, seperti amal shalih, derajat agung para Nabi dan wali, dan lain sebagainya (Muhammad bin โAlawi Al-Maliki, Mafรขhim Yajib โan Tushahhah, 118).
ย
Jika salah satu wasilah tersebut tidak diperbolehkan, mestinya harus ada dalil pengkhususannya (takhsis). Jika tidak ada maka ayat ini tetap dalam keumumannya, sehingga kata al-wasรฎlah dalam ayat ini mencakup berbagai model wasilah atau tawasul yang ada.
ย
2. Hadits tawasul sahabat buta kepada Nabi Muhammad ๏ทบ saat masih Hidup
ย
ุนู ุนุซู
ุงู ุจู ุญููู ูุงู ุณู
ุนุช ุฑุณูู ุงููู ๏ทบ ูุฌุงุกู ุฑุฌู ุถุฑูุฑ ูุดูุง ุฅููู ุฐูุงุจ ุตุฑูุ ููุงู : ูุง ุฑุณูู ุงููู ! ููุณ ูู ูุงุฆุฏ ููุฏ ุดู ุนูู ููุงู ุฑุณูู ุงููู ๏ทบ : :ุงุฆุช ุงูู
ูุถุงุฉ ูุชูุถุฃ ุซู
ุตู ุฑูุนุชูู ุซู
ูู : ุงูููู
ุฅูู ุฃุณุฃูู ูุฃุชูุฌู ุฅููู ุจูุจูู ู
ุญู
ุฏ ูุจู ุงูุฑุญู
ุฉ ูุง ู
ุญู
ุฏ ุฅูู ุฃุชูุฌู ุจู ุฅูู ุฑุจู ููุฌูู ูู ุนู ุจุตุฑูุ ุงูููู
ุดูุนู ููู ูุดูุนูู ูู ููุณูุ ูุงู ุนุซู
ุงู :ููุงููู ู
ุง ุชูุฑููุง ููุง ุทุงู ุจูุง ุงูุญุฏูุซ ุญุชู ุฏุฎู ุงูุฑุฌู ููุฃูู ูู
ููู ุจู ุถุฑ
ย
โDari โUsman bin Hunaif R.A., beliau berkata; โAku mendengar Rasulullah ๏ทบ saat ada seorang lelaki buta datang mengadukan matanya yang tidak berfungsi kepadanya, lalu ia berkata: โWahai Rasulullah ๏ทบ, aku tidak punya pemandu dan sangat payah. Beliau bersabda: โPergilah ke tempat wudhu, berwudhu, shalatlah dua rakaโat, kemudian berdoalah (dengan redaksi): โWahai Allah, aku memohon dan menghadap kepada-Mu, dengan (menyebut) Nabi-Mu Muhammad ๏ทบ, nabi pembawa rahmat. Wahai Muhammad, sungguh aku menghadap kepada Tuhan-Mu dengan menyebutmu, karenanya mataku bisa berfungsi kembali. Ya Allah terimalah syafaatnya bagiku, dan tolonglah diriku dalam kesembuhanku.โ โUtsman berkata: โDemi Allah kami belum sempat berpisah dan perbincangan kami belum begitu lama sampai lelaki itu datang (ke tempat kami) dan sungguh seolah-olah ia tidak pernah buta sama sekaliโ.โ (HR. Al-Hakim, At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi. Shahih)
ย
Hadits ini menunjukkan, bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan tawasul dengan menyebut zat beliau semasa hidupnya. Hal ini terbukti dalam doa tersebut disebutkan redaksi:
ย
ุงููููููู
ูู ุฅููููู ุฃูุณูุฃููููู ููุฃูุชูููุฌูููู ุฅููููููู ุจูููุจูููููู ู
ูุญูู
ููุฏู ููุจูููู ุงูุฑููุญูู
ูุฉู ููุง ู
ุญู
ุฏ ุฅููููู ุฃูุชูููุฌูููู ุจููู ุฅูููู ุฑูุจูููู
ย
โWahai Allah, aku memohon dan menghadap kepada-Mu, dengan (menyebut) Nabi-Mu Muhammad ๏ทบ, nabi pembawa rahmat. Wahai Muhammad, sungguh aku menghadap kepada Tuhan-Mu dengan menyebutmu.โ
ย
3. Hadits tawasul dengan orang shalih yang Hidup
ย
Tawasul dengan orang shalih yang hidup, disebutkan dalam kitab Shahih Bukhari (Imam Bukhori, Shahih Bukhari, 1987, Beirut, Dar Ibn Katsir, halaman 99)ย sebagai berikut:
ย
ุญูุฏููุซูููุง ุงููุญูุณููู ุจููู ู
ูุญูู
ููุฏู ููุงูู ุญูุฏููุซูููุง ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุงููุฃูููุตูุงุฑูููู ููุงูู ุญูุฏููุซูููู ุฃูุจูู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุงููู
ูุซููููู ุนููู ุซูู
ูุงู
ูุฉู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุฃูููุณู ุนููู ุฃูููุณู ุจููู ู
ูุงูููู ุฃูููู ุนูู
ูุฑู ุจููู ุงููุฎูุทููุงุจู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ููุงูู ุฅูุฐูุง ููุญูุทููุง ุงุณูุชูุณูููู ุจูุงููุนูุจููุงุณู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงููู
ูุทููููุจู ููููุงูู ุงููููููู
ูู ุฅููููุง ูููููุง ููุชูููุณูููู ุฅููููููู ุจูููุจููููููุง ููุชูุณููููููุง ููุฅููููุง ููุชูููุณูููู ุฅููููููู ุจูุนูู
ูู ููุจููููููุง ููุงุณูููููุง ููุงูู ููููุณููููููู
ย
โDiriwayatkan dari Anas bin Malik sesungguhnya Umar bin Khatthab radliyallahu โanh ketika masyarakat tertimpa paceklik, dia meminta hujan kepada Allah dengan wasilah Abbas bin Abdul Mutthalib, dia berdoa โYa Allah! Dulu kami bertawasul kepada-Mu dengan perantara Nabi kami, lalu kami diberi hujan. Kini kami bertawasul kepadamu dengan perantara paman Nabi kami, berikanlah kami hujanโ. Perawi Hadits mengatakan โMereka pun diberi hujan.โ (HR Bukhari)
ย
Dari Hadits di atas, jelas sekali bahwa Sayyidina Umar radliyallahu โanh memohon kepada Allah dengan wasilah Abbas, paman Rasulullah ๏ทบ padahal Sayyidina Umar lebih utama dari Abbas dan dapat memohon kepada Allah tanpa wasilah. Dengan demikian tawasul dengan orang shalih yang masih hidup diperbolehkan.
ย
Berpijak pada beberapa keterangan di atas terkait bagaimana Islam memandangย tawasul dengan orang shalih yang masih hidup, ada beberapa dasar yang bisa dipakai pegangan, yang pertama Nabi Muhammad ๏ทบ mengajarkan tawasul dengan menyebut zat beliau semasa hidupnya, dan yang kedua, Sayyidina Umar bin Khattab memohon kepada Allah dengan wasilah Abbas, paman Rasulullah ๏ทบ. Hal iniย cukup memberikan bukti yang bahwa tawasul dengan orang shalih yang masih hidup diperbolehkan dan dibenarkan dalam syariโat (masyruโiyyah). Wallahu โAlam.
ย
ย
Aang Fatihul Islam, Ketua Lembaga Dakwah PCNU Jombang
ย