Syariah

Titipan Salam atau Salam via WA, Kapan Wajib Dijawab?

NU Online  ยท  Selasa, 23 Juli 2019 | 07:00 WIB

Menitip salam pada orang lain bukan sebatas budaya di masyarakat, tapi lebih dari itu, ia juga merupakan bagian dari norma-norma yang diatur secara khusus dalam syariat. Di dalam menitip salam terkandung kewajiban menyampaikan amanah. Hal ini misalnya seperti yang disampaikan oleh Imam an-Nawawi:

ูŠุณู† ุจุนุซ ุงู„ุณู„ุงู… ุฅู„ู‰ ู…ู† ุบุงุจ ุนู†ู‡ ูˆููŠู‡ ุฃุญุงุฏูŠุซ ุตุญูŠุญุฉ ูˆูŠู„ุฒู… ุงู„ุฑุณูˆู„ ุชุจู„ูŠุบู‡ ู„ุฃู†ู‡ ุฃู…ุงู†ุฉ ูˆู‚ุฏ ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ (ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ูŠุฃู…ุฑูƒู… ุฃู† ุชุคุฏูˆุง ุงู„ุฃู…ุงู†ุงุช ุฅู„ูŠ ุฃู‡ู„ู‡ุง)

โ€œDisunnahkan mengirim salam pada orang yang jauh. Dalam hal ini terdapat beberapa hadits sahih, dan wajib bagi orang yang dititipi salam untuk menyampaikannya, sebab hal ini merupakan sebuah amanah. Allah telah berfirman: โ€˜Sungguh Allah memerintahkan kalian untuk menyampaikan amanah terhadap yang berhak menerimanyaโ€™,โ€ (Syekh Yahya bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmuโ€™ ala Syarh al-Muhadzab, juz 4, hal. 594).

Selain adanya kewajiban menyampaikan titipan salam dari orang lain, wajib pula menjawab salam yang ditujukan kepadanya, baik melalui pesan salam yang dititipkan oleh orang lain ataupun melalui tulisan kertas yang berisi salam yang ditujukan kepadanya. Seperti yang dijelaskan dalam kitab al-Adzkar an-Nawawiyah:

ูˆู‡ุฐุง ุงู„ุฑุฏ ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ููˆุฑ ูˆูƒุฐุง ู„ูˆ ุจู„ุบู‡ ุณู„ุงู… ูู‰ ูˆุฑู‚ุฉ ู…ู† ุบุงุฆุจ ูˆุฌุจ ุนู„ูŠู‡ ุงู† ูŠุฑุฏ ุงู„ุณู„ุงู… ุจุงู„ู„ูุธ ุนู„ู‰ ุงู„ููˆุฑ ุฅุฐุง ู‚ุฑุฃู‡ ุงู‡ู€ย 

"Menjawab titipan salam ini wajib dilakukan secepatnya. Begitu juga wajib menjawab salam ย saat datang pada seseorang sebuah tulisan salam di kertas dari orang yang jauh, wajib baginya untuk menjawab salam tersebut secepatnya tatkala ia membacanya," (Syekh Yahya bin Syaraf an-Nawawi, Al-adzkaar an-Nawawiyah, juz 2, hal. 29).

Sama halnya seperti kertas, pesan yang berisi salam yang ditujukan secara khusus pada seseorang melaluiย Whatsapp, SMS, email, serta aplikasi atau media sosial lainnyaย bisa dipastikan termasuk dalam cakupan referensi di atas, sehingga wajib untuk dijawab.

Lalu hal yang mesti dipertanyakan, sebenarnya bagaimanakah kategori salam yang wajib untuk dijawab tersebut? Apakah semua jenis salam dalam berbagai bentuk lafalnya bisa disebut sebagai salam yang wajib untuk dijawab?

Para ulama memberikan ketentuan bahwa titipan salam wajib dijawab ketika salah satu dari dua hal ada. Pertama, lafal salam disampaikan secara benar oleh orang yang dititipi salam (ar-rasรปl). Misalnya dengan mengatakan โ€œFulan mengucapkan Assalamualaikum kepadamuโ€ maka salam demikian wajib untuk dijawab secepatnya oleh si penerima.

Kedua, orang yang menitipkan salam (al-mursil) mengucapkan lafal salam secara benar kepada orang dititipi salam, misalnya dengan mengatakan โ€œSampaikan kata Assalamualaikum kepada zaid darikuโ€ maka tatkala salam ini disampaikan kepada zaid, wajib baginya untuk menjawab salam tersebut.ย 

Ketentuan demikian seperti yang ย dijelaskan dalam kitab ย Bughyah al-Mustarsyidin:

ูุฑุน : ุฅุฐุง ุฃุฑุณู„ ุงู„ุณู„ุงู… ู…ุน ุบูŠุฑู‡ ุฅู„ู‰ ุขุฎุฑ ุŒ ูุฅู† ู‚ุงู„ : ุณู„ู… ู„ูŠ ุนู„ู‰ ูู„ุงู† ุŒ ูู‚ุงู„ ุงู„ุฑุณูˆู„ : ูู„ุงู† ูŠู‚ูˆู„ : ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒ ุฃูˆ ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒ ู…ู† ูู„ุงู† ูˆุฌุจ ุงู„ุฑุฏ ุŒ ูˆุญุงุตู„ ุฐู„ูƒ ุฃู†ู‡ ู„ุง ุจุฏ ููŠ ุงู„ุงุนุชุฏุงุฏ ุจู‡ ู„ูˆุฌูˆุจ ุงู„ุฑุฏ ู…ู† ุตูŠุบุฉ ู…ู† ุงู„ู…ุฑุณู„ ุฃูˆ ุงู„ุฑุณูˆู„ ุŒ ูู„ูˆ ู‚ุงู„ ุงู„ู…ุฑุณู„ : ุณู„ู… ู„ูŠ ุนู„ู‰ ูู„ุงู† ุŒ ูู‚ุงู„ ุงู„ุฑุณูˆู„ ู„ูู„ุงู† : ุฒูŠุฏ ูŠุณู„ู… ุนู„ูŠูƒ ุŒ ูู„ุง ุงุนุชุฏุงุฏ ุจู‡ ูˆู„ุง ูŠุฌุจ ุจู‡ ุงู„ุฑุฏ ุŒ ู†ู‚ู„ู‡ (ู… ุฑ) ุนู† ูˆุงู„ุฏู‡

โ€œJika seseorang menitipkan salam pada seseorang untuk disampaikan pada orang lain, jika ia mengatakan: โ€œSampaikan salamku pada si Fulanโ€ lalu orang yang dititipi salam (tatkala bertemu dengan si fulan) mengatakan: โ€œFulan mengatakan 'Assalamu Alaika' padamuโ€ atau mengatakan 'Assalamu alaika'ย dari si Fulanโ€ maka wajib untuk menjawab salamnya. Kesimpulan tentang masalah ini, bahwa penitipan salam hanya bisa dianggap dan wajib untuk dijawab ketika terdapat kata salam dari orang yang menitipkan salam atau orang yang dititipi salam. Jika orang yang menitipkan salam berkata: โ€œSampaikan salamku untuk fulanโ€ lalu orang yang dititipi salam berkata: โ€œZaid menyalamimuโ€ maka salam yang dititipkan tersebut tidak dianggap dan tidak wajib untuk dijawabโ€ (Abdurrahman bin Muhammad Baโ€™lawi, Bughyah al-Mustarsyidin, Hal. 540)

Maka dengan demikian dapat dipahami bahwa titipan salam yang sebatas bahasa keakraban atau sekadar basa-basi, tanpa menyebutkan lafal salam secara benar tidak wajib untuk dijawab, seperti dengan ucapan โ€œTitip salam buat orang tuamu yaโ€ atau โ€œKamu dapat salam dari si fulanโ€. Namun bukanlah hal yang dipersoalkan jika titipan salam dengan bahasa keakraban tersebut dijawab dengan kata โ€œWaโ€™alaikumussalamโ€ meskipun hal tersebut bukanlah hal yang diwajibkan. Wallahu aโ€™lam.
ย 
ย 
Ustadz M. Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pondok Pesantren Annuriyah, Kaliwining, Rambipuji, Jember