Hikmah

Hikmah di Balik Penamaan Ilmu Tasawuf

NU Online  ยท  Sabtu, 7 Agustus 2021 | 15:30 WIB

Hikmah di Balik Penamaan Ilmu Tasawuf

Tasawuf bukanlah ilmu yang diambil dari perkataan-perkataan kosong, akan tetapi ilmu yang didapatkan karena (menahan) rasa lapar, melepas semua kesenangan dan keindahan

Beragama Islam dengan paripurna adalah mengikuti semua yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw dari Allah swt, mengimanainya dengan cara mematuhi semua perintah dan larangannya. Semua itu sudah tergambar sejak masa awal Nabi Muhammad mengajarkan cara beragama yang benar kepada para sahabatnya, kemudian dari sahabat Nabi saw berlanjut pada generasi selanjutnya, yang dikenal dengan tรขbiโ€™รฎn, yaitu orang-orang yang hidup bersama orang-orang yang hidup bersama Rasulullah saw. Dari tiga generasi emas ini, kemudian banyak ulama bermunculan mendakwahkan Islam.

Ulama masa tรขbiโ€™รฎn dan tรขbiโ€™ut tรขbiโ€™รฎn kala itu menuliskan semua ajaran Islam yang mereka pelajari, sampai akhirnya ulama terbagi menjadi beberapa bagian. Ada yang hanya fokus mendalami ilmu hadits kemudian menyebarkannya. Mereka dikenal dengan istilah muhaddits. Ada yang fokus pada ilmu nahwu yang dikenal dengan nama nahwiyyun. Ada yang fokus mendalami tafsir Al-Qurโ€™an, yang dikenal dengan istilah mufassir. Ada yang fokus mendalami ilmu fiqih, yang dikenal dengan istilah faqรฎh. Ada yang hanya fokus dengan pendidikan rohani dan hanya menempuh jalan mendekatkan diri kepada Allah swt, yaitu melalui cara zuhud terhadap dunia dan isinya. Ulama yang disebut terakhir ini dikenal dengan istilah ulama tasawuf atau sufi.


Syekh Yusuf Khatthar Muhammad dalam kitab al-Mausรปโ€™atul Yusรปfiyyah menjelaskan, penamaan ulama dalam bidang-bidang khusus tersebut tidak pernah ditemukan pada masa Rasulullah saw. Penamaan itu hanyalah merupakan istilah dari ilmu-ilmu syariat yang menjadi bidang kajian para ulama. Penamaan ini bukan berarti keluar dari penamaan Islam dan ingin membagi Islam dengan berbagai macam. Sebab syariat Islam memberikan legalitas terhadapnya, sebagaimana dijelaskan:


ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ูƒูู„ู‘ู ุงุณู’ู…ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฃู’ุชู ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุงู„ู’ูƒูŽุฑููŠู’ู…ู ุฃูŽูˆู ุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠู’ููŽุฉู ูŠูŽุญู’ุฑูู…ู ุงู„ุชู‘ูŽุณูŽู…ู‘ููŠ ุจูู‡ู ุจูŽู„ู’ ุฌูŽุงุฆูุฒูŒ ุดูŽุฑู’ุนู‹ุง


Artinya, โ€œTidak semua nama yang tidak ditemukan dalam Al-Qurโ€™anul Karim, atau sunnah syarรฎfah hukumnya haram menamai dengan nama tersebut, bahkan diperbolehkan secara syariat.โ€ (Yusuf Khatthar Muhammad, al-Mausรปโ€™atul Yusรปfiyyah fรฎ Bayรขni Adillatis Shรปfiyyah, [Damaskus, Maktabah Dรขrul Albรขb: 1999], halaman 9).


Menurut Syekh Yusuf Khattar, legalitas tersebut bukan tanpa alasan. Terbukti Allah swt memberikan nama yang berbeda kepada umat Islam, di antaranya: (1) as-Sรขbiqรปn, yaitu orang-orang dahulu dan yang pertama masuk Islam dari kalangan sahabat Anshar dan Muhajir; (2) al-Muqarrabรปn, yaitu orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah; (3) ash-Shรขdiqรปn, yaitu orang-orang yang langsung mempercayai Nabi Muhammad saw dan risalah yang dibawanya, serta mempercayai mukjizat-mukjizat yang terjadi kepadanya; dan (4) asy-Syuhadรขโ€™, yaitu orang-orang yang wafat ketika perang, dan yang lainnya.


Jika Allah sendiri menggunakan penamaan di atas sebagai istilah yang diberikan kepada orang-orang yang sedang mengalami atau sedang menjalani kondisi tertentu, maka hal itu menjadi dalil kebolehan membuat nama baru yang disandingkan kepada para ulama dan orang saleh, sesuai ilmu yang sedang ditekuninya, atau diberi nama sesuai dengan tarekat yang sedang diikuti olehnya.


ูƒูู„ู‘ู ูˆูŽุงุญูุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุณูู…ููŠูŽ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ู†ูุณู’ุจูŽุฉู‹ ู„ูุนูู„ู’ู…ูู‡ู ูˆูŽูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ู†ูุณู’ุจูŽุฉูŒ ุงูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู‚ูŽุจูŽุงุฆูู„ู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุทูŽุงู†ู


Artinya, โ€œSemua penamaan dari salah satu mereka disebabkan penisbatan kepada ilmunya. Begitu juga dengan penisbatan kepada suku bangsa, dan tanah air.โ€ (Muhammad, al-Mausรปโ€™atul Yusรปfiyyah, halaman 10).


Contoh penisbatan nama pada tanah air adalah Nabi Muhammad saw al-Quraisy al-Makki, sahabat Abu Dzarrin al-Ghifรขri al-Makki, Bilal bin Rabah al-Habsy, dan Salman al-Fรขrisi. Semuanya berafiliasi pada tanah air mereka masing-masing. Begitu juga dengan penamaan ilmu tasawuf. Banyak pendapat yang berbeda dalam mendefinisikan salah satu cabang ilmu yang sangat populer ini, utamanya bagi orang-orang yang sedang mencari jalan menuju Allah swt. Syekh Ibnu Ajibah mengatakan:


ุชูŽู†ูŽุงุฒูŽุนูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ูููŠ ุงู„ุตู‘ููˆู’ูููŠ ูˆูŽุงุฎู’ุชูŽู„ูŽูููˆู’ุง * ูˆูŽุธูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ุจูŽุนู’ุถู ู…ูุดู’ุชูŽู‚ู‘ู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุตู‘ููˆู’ูู


Artinya, โ€œUlama berselisih pendapat perihal ilmu tasawuf sampai terjadi perbedaan, dan ada sebagian yang menganggap bahwa tasawuf diambil dari kata shรปf.โ€ (Ahmad bin Muhammad bin โ€˜Ajibah al-Hasani, รŽqรขdhul Himam fรฎ Syarhil Hikam, halaman 3).


Yang menarik, banyak sekali pendapat ulama dalam menjawab alasan di balik penamaan ilmu tasawuf. Di antaranya Imam Junaid al-Baghdadi (220-298 H), ulama yang dikenal sebagai pemimpin sufi sekaligus ahli fiqih yang handal keturunan Persia mengatakan:


ู‡ููˆูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูู…ููŠู’ุชูŽูƒูŽ ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ุนูŽู†ู’ูƒูŽ ูˆูŽูŠูุญู’ูŠููŠู’ูƒูŽ ุจูู‡ู. ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽูŠู’ุถู‹ุง: ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู’ู†ูŽ ู…ูŽุนูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุจูู„ูŽุง ุนูŽู„ูŽุงู‚ูŽุฉู


Artinya, โ€œTasawuf ialah ilmu yang menjadikan (nafsumu) dimatikan oleh Allah (dari memenuhi keinginanmu), dan Allah menghidupkan (hatimu) dengan selalu ingat terhadap-Nya. Ia juga berkata: tasawuf adalah harus bersama dengan Allah tanpa disertai ikatan (dengan yang lain).โ€ (Ibnu โ€˜Ajibah, รŽqรขdhul Himam, halaman 3).


Syekh Abdul Qadir al-Jilani (470-561 H) sosok figur ulama kharismatik bergelar Shultรขnul Auliyรขโ€™ al-Qutbur Rabbรขni wal Ghautsur Rahmรขni pendiri tarekat Qadiriyah mendefinisikan ilmu tasawuf dengan mengatakan:


ุงู„ุชูŽุตูŽูˆู‘ููู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูŽุง ุฃูุฎูุฐูŽ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู‚ููŠู’ู„ู ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽุงู„ูุŒ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ุฃูุฎูุฐูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฌููˆู’ุนู ูˆูŽู‚ูŽุทู’ุนู ุงู„ู’ู…ูŽุฃู’ู„ููˆู’ููŽุงุชู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุณู’ุชูŽุญู’ุณูู†ูŽุงุชู


Artinya, โ€œTasawuf bukanlah ilmu yang diambil dari perkataan-perkataan kosong, akan tetapi ilmu yang didapatkan karena (menahan) rasa lapar, melepas semua kesenangan dan keindahan (dunia).โ€ (Abdul Qadir al-Jilani, Adรขbus Sulรปk, halaman 56).


Sementara Imam Al-Ghazali mengatakan:


ุงู„ุชูŽุตูŽูˆู‘ููู ู‡ููˆูŽ ุชูŽุฌู’ุฑููŠู’ุฏู ุงู„ู’ู‚ูŽู„ู’ุจู ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูˆูŽุงุนู’ุชูู‚ูŽุงุฏู ู…ูŽุง ุณููˆูŽุงู‡ู ุงูุนู’ุชูู‚ูŽุงุฏู‹ุง ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุงูŠูŽุถูุฑู‘ู ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ููŽุนู


Artinya, โ€œTasawuf adalah melepaskan hati (dari segala ketergantungan) karena Allah taโ€™ala, dan meyakini dengan seyakin-yakinnya bahwa setiap sesuatu selain Allah tidak dapat memberikan bahaya dan manfaat.โ€ (Muhammad Abul Yusr Abidin, Hikรขyatush Shรปfiyyah, [Maktabah Dรขrul Basyair: 2010], halaman 25).


Tiga definisi di atas mencerminkan bahwa ilmu tasawuf merupakan cabang ilmu yang menempati posisi sangat strategis dalam menuntun manusia menuju jalan yang benar. Karenanya, cabang ilmu yang satu ini sangat penting untuk dipelajari. Tasawuf juga bukan sekedar teori, namun lebih pada aksi. Orang tidak dikatakan sebagai ahli tasawuf jika hatinya masih mati, lupa Allah Dzat yang menghidupkan manusia, dan lebih cenderung berpikir selain-Nya. Bukan pula dikatakan ahli tasawuf, jika seseorang masih menikmati keindahan dan kenyamanan dunia serta isinya. Juga tidak dikatakan sebagai ahli tasawuf, jika hatinya masih dipenuhi dunia namun lupa pada pemilik dunia. Demikian pula jika masih meyakini bahwa selain Allah bisa memberikan bahaya dan manfaat.


Syekh Abul โ€˜Abbas Ahmad bin Ahmad bin Muhammad bin Isa Zarruq al-Fasi, (wafat, 899 H) seorang ulama shufi menganut akidah Imam Asyโ€™ari dari Maroko mengatakan:


ุงู„ุชูŽุตูŽูˆู‘ููู ุนูู„ู’ู…ูŒ ู‚ูุตูุฏูŽ ู„ูุฅูุตู’ู„ูŽุงุญู ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆู’ุจู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูƒูŽุงู„ู’ููู‚ู’ู‡ู ู„ูุฅูุตู’ู„ูŽุงุญู ุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ู ูˆูŽุญููู’ุธู ุงู„ู†ู‘ูุธูŽุงู…ู


Artinya, โ€œIlmu Tasawuf adalah ilmu yang dimaksudkan untuk memperbaiki hati. Ia bagaikan ilmu fiqih, yaitu untuk memperbaiki amal perbuatan, dan menjaga aturan agama.โ€ (Ahmad Zarruq al-Fasi, Qawรขโ€™idut Tashawwuf, [Beirut, Dรขrul Kutubil โ€˜Ilmiyyah, 2005], halaman 25).
ย ย  ย 

Dari definisi di atas bisa kita pahami, diri seseorang tersusun dari anggota lahir (tubuh) dan batin (hati). Hati adalah anggota yang terdapat dalam tubuh, dan tubuh merupakan bungkus dari hati. Jika tubuh tidak ada, maka meniscayakan hati juga tidak bisa ditemukan. Begitu juga jika dalam tubuh tidak ada hati, maka tubuh akan mati. Seolah, keduanya memiliki keterikatan yang tidak bisa dipisahkan.


Jika dalam hidup hanya mengedepankan anggota batin dan sama sekali tidak menjaga anggota lahirnya dari perbuatan maksiat dan perbuatan durhaka lainnya, maka sama sekali tidak ada manfaat yang bisa diraih dari adanya anggota batin, selaku anggota yang berperan penting dalam menentukan tujuan seseorang, seperti niat. Begitu juga sebaliknya, jika hanya mengedepankan anggota lahir dengan memperbanyak melakukan shalat, sedekah, puasa dan ibadah lainnya, akan tetapi hatinya masih saja dipenuhui sifat-sifat tercela (madzmรปmah), seperti riyaโ€™, sombong, merasa paling baik, dan lainnya, maka sama sekali tidak ada manfaat dari ibadah-ibadah yang dilakukan anggota lahir. Dalam hal ini Imam Malik ra berkata:


ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุตูŽูˆู‘ูŽููŽ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽููŽู‚ู‘ูŽู‡ูŽ ููŽู‚ูŽุฏู’ ุชูŽุฒูŽู†ู’ุฏูŽู‚ูŽุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุชูŽููŽู‚ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽุตูŽูˆู‘ูŽูู’ ููŽู‚ูŽุฏู’ ุชูŽููŽุณู‘ูŽู‚ูŽุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฌูŽู…ูŽุนูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ูŽุง ููŽู‚ูŽุฏู’ ุชูŽุญูŽู‚ู‘ูŽู‚ูŽ


Artinya, โ€œBarangsiapa bertasawuf, namun tidak berfiqih, maka akan menjadi zindiq. Barangsiapa berfiqih tanpa bertasawuf, maka akan menjadi orang fasik. Barangsiapa yang mengamalkan keduanya, maka dialah ahli hakikat yang sesungguhnya.โ€ (Ibnu โ€˜Ajibah, รŽqรขdhul Himam, halaman 2). Wallรขhu aโ€™lam.

ย 

Ustadzย Sunnatullah, Pengajar di Pesantren Al-Hikmah Darussalam Durjan,ย Kokop, Bangkalan.