IMG-LOGO
Trending Now:
Doa

Doa saat Melihat Hilal Ramadhan

Ahad 5 Mei 2019 13:00 WIB
Doa saat Melihat Hilal Ramadhan
(Foto: @bmkg.go.id)
Penentuan awal bulan Ramadhan di Indonesia diawali dengan aktivitas rukyatul hilal di banyak titik. Hasilnya dilaporkan ke Kementerian Agama RI untuk diolah dalam sidang itsbat. Sedangkan berikut ini adalah doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika melihat hilal Ramadhan:

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ، هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْر، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ

Hilālu khairin wa rusydin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka.

Artinya, “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (wahai bulan).”

Doa ini diriwayatkan oleh Imam An-Nasai yang kami kutip sebagai berikut:

وأخرج النسائي: أنه صلى الله عليه وسلم إِذَا رَأَى هِلاَلَ رَمَضَانَ قَالَ: هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ، هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْر ثُمَّ قَالَ : آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ

Artinya, “Rasulullah SAW bila melihat hilal Ramadhan berdoa, ‘Hilālu khairin wa rusydin, hilālu khairin wa rusydin.’ Ia kemudian membaca, ‘āmantu bil ladzī khalaqaka,’” (HR An-Nasai).

Hadits ini dikutip oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam karyanya Ithafu Ahlil Islam bi Khususiyatis Shiyam, [Madinah, Maktabah At-Thayyibah: tanpa catatan tahun], halaman 108.

Semoga Allah memberikan kesehatan, kesempatan, keberkahan, keimanan, keislaman, ketaatan, dan kebaikan bagi kita dalam menjalani aktivitas baik ibadah maupun aktivitas harian lainnya di Bulan Ramadhan. Wallahu a‘lam. (Alhafiz K)