Abdul Wahid Al-Faizin
Kolomnis
Nilai dari uang kertas (fiat money) yang saat ini kita pakai hampir mengalami penurunan terutama diakibatkan oleh inflasi. Karena itu sebagian masyarakat ada yang punya inisiatif ketika mengutangkan uang, mereka mengkurskannya dengan nilai emas pada waktu itu untuk kemudian dibayar dengan nilai emas yang sama saat jatuh tempo.
ย
Lalu bagaimana fiqih memandang praktek tersebut?
ย
Dalam fiqih, mengutangi orang lain dikenal dengan istilah iqradh. Maksud iqradh dalam fiqih adalah:
ย
ุชู
ููููู ุงูุดููููุก ุจุฑุฏ ุจุฏูู ู
ู ุงููู
ุซู ุญููููููุฉ ููู ุงูู
ุซูู ููุตููุฑูุฉ ููู ุงููู
ูุชููููู
ย
Baca Juga
Istihsan dalam Konsep Ekonomi Syariah
Artinya, โMemilikkan sesuatu kepada orang lain dengan dengan syarat mengembalikan gantinya yang sama, yaitu dengan barang yang sama persis untuk barang mitsli dan yang sama bentuknya untuk barang mutaqawwam (dihitung nilainya).โ (Muhammad Nawawi Al-Bantani, Nihayatuzย Zain, [Beirut, Darulย Fikr: 1431H], halaman 240).
ย
Adapun yang dimaksud dengan barang mitsliย adalah:
ย
ู
ุง โุญุตุฑู โูููุ โุฃู โูุฒู ูุฌุงุฒ ุงูุณูู
ููู ููุทูุ ูุฏูููุ ูู
ุงุก ูู
ุณูุ ููุญุงุณ ูุฏุฑุงูู
ูุฏูุงููุฑุ ููู ู
ุบุดูุดุงุ ูุชู
ุฑุ ูุฒุจูุจ (ููููู: โู
ุง โุญุตุฑู โููู โุฃู โูุฒู) ุฃู ู
ุง ุถุจุทู ุดุฑุนุง ููู ุฃู ูุฒูุ ุจู
ุนูู ุฃูู ููุฏุฑ ุดุฑุนุง ุจุงูููู ุฃู ุงููุฒูุ ูููุณ ุงูู
ุฑุงุฏ ู
ุง ุฃู
ูู ููู ุฐููุ ูุฅู ูู ุดุฆ ูู
ูู ูุฒููุ ุญุชู ุงูุญููุงูุ ูุฎุฑุฌ ุจุฐููุ ู
ุง ูุนุฏ ูุงูุญููุงูุ ุฃู ูุฐุฑุน ูุงูุซูุงุจ
ย
Artinya, โSesuatu yang dibatasi oleh takaran atau timbangan dan boleh dijadikan objek akad salam seperti kapas, tepung, air, minyak kasturi, tembaga, dirham dan dinar, meskipun tidak murni, kurma dan anggur.
ย
Maksudnya adalah sesuatu yang oleh syariat dibatasi oleh takaran dan timbangan, bukan segala sesuatu yang bisa ditakar atau ditimbang. Karena segala sesuatu bahkan hewan pun tentu bisa ditimbang.
ย
Karena itulah, sesuatu yang oleh syariat dibatasi oleh hitungan seperti hewan atau oleh ukuran seperti baju tidak masuk barang mitsli.โ (Abu Bakar Syatha, Iโanatut Thalibin, [Beirut, Darulย Fikr: 1431H], jilid III, halaman 163).
ย
Di era sekarang menurut ulama kontemporer, termasuk barang mitsliย adalah uang kertas (fiat money) karena telah menggantikan fungsi dari dinar dan dirham. Dalam kitab Syarhul Yaqutun Nafis disebutkan:
ย
ูุงูุฃูุฑุงู ุงูู
ุงููุฉ -ุฃู ุงูุนู
ูุฉ ุงููุฑููุฉ ุงูุชู ูุชุนุงู
ู ุจูุง ุงููุงุณ ุงูููู
- ุงูุชุญููู ุฃู ููุง ุญูู
ุงูููุฏูู ููุฌุจ ุงูุชู
ุงุซู ูููุง
ย
Artinya, "Uang kertas yang digunakan oleh manusia saat ini secara pasti memiliki hukum yang ada pada dinar dan dirham. Karena itu, wajib ditukar secara sama (tamatsul)." (Muhammad As-Syathiri, Syarhulย Yaqutun Nafis, [Jedah, Darulย Minhaj: 2007], halaman 362).
ย
Berdasarkan penjelasan di atas, ketika kita utang uang sebesar 10 juta umpamanya, maka harus dibayar dengan nominal yang sama 10 juta. Tidak boleh dikurskan ke nilai emas pada waktu itu kemudian diminta membayar nilai emas tersebut saat jatuh tempo.
ย
Ini berlaku ketika nilai uang tidak terlalu jatuh anjlok. Adapun ketika terjadi inflasi yang sangat besar sehingga nilai uang sangat anjlok, maka ada beberapa perbedaan ulama yang insyaallah akan dibahas dalam tulisan tersendiri.ย
ย
Hal ini berbeda ketika kita mengutangi orang 5 gram emas misalnya,ย namun kita meminta dibayar dengan uang senilai 5 gram emas saat jatuh tempo.
ย
Pada hakikatnya praktik seperti ini adalah mengutangkan 5 gram emas dan dibayar dengan yang sama 5 gram emas. Namun saat pembayaran kita meminta 5 gram emas tersebut ditukar dengan nilai uang pada saat itu atau yang dikenal dengan istilah istibdal. Imam Ar-Ramli menjelaskan:
ย
โูููุฌูุฒ โุงููุงุณูุชูุจูุฏูุงู ุนูู
ููุง ููู ุงูุฐููู
ููุฉ ู
ู ุซู
ู ููุฑุถ ููุจุฏู ู
ุชููู ููููุญููููุง ููุฅูู ุงุณุชุจุฏู ู
ูููุงููุง ููู ุนูููุฉ ุงูุฑููุจูุง ูุฏุฑุงูู
ุนูู ุฏูููุงูููุฑ ุงุดูุชุฑุท ูุจุถ ุงููุจูุฏูู ููู ุงููู
ุฌููุณ
ย
Artinya, โBoleh melakukan istibdalย (penggantian) terhadap sesuatu yang menjadi tanggungan, baik berupa harga barang dalam jual beli, hutang piutang, penggantian kerusakan atau yang lainnya.
ย
Bila pertukaran istibdal tersebut terjadi atas barang yang sama โillat ribanya seperti uang dirham dengan dinar, maka disyaratkan harus serah terima di majelis.โ (Syamsuddin Al-Ramli, Ghayatul Bayan, [Beirut, Darulย Maโrifah: 1431H], halaman 187).
ย
Di masa Rasulullah praktik istibdal seperti di atas pernah terjadi sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:
ย
ุนููู ุงุจููู ุนูู
ูุฑู ููุงูู ุฃูุชูููุชู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููููููุชู ุฑูููููุฏููู ุฃูุณูุฃููููู ุฅููููู ุฃูุจููุนู ุงููุฅูุจููู ุจูุงููุจููููุนู ุจูุงูุฏููููุงูููุฑู ููุขุฎูุฐู ุงูุฏููุฑูุงููู
ู ููุงูู ููุง ุจูุฃูุณู ุฃููู ุชูุฃูุฎูุฐู ุจูุณูุนูุฑู ููููู
ูููุง ู
ูุง ููู
ู ุชูููุชูุฑูููุง ููุจูููููููู
ูุง ุดูููุกู
ย
Artinya, โDari Ibnu Umar, ia berkata; "Saya datang menemui Nabi saw dan mengatakan; "Perlahan, saya akan bertanya kepada engkau. Sesungguhnya saya menjual unta di Baqi' dengan dinar dan mengambil dirham." Beliau bersabda: "Tidak mengapa engkau mengambil harga pada hari itu selama belum berpisah sementara diantara kalian terdapat sesuatu." (HR An-Nasaโi).
ย
Simpulan
Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan, bila kita inginย uang yang kita utangkan tidak berkurang nilainya karena inflasi, maka kita bisa menggunakan alternatif mengutangkan emas, bukan uang yang dikurskan nilai emas. Dengan demikian, nilai uang akan mengikuti harga emas ketika jatuh tempo pembayaran sehingga nilainya bisa terjaga. Wallahu aโlam.
ย
Ustadz Abdul Wahid Al-Faizin,ย Dosen Fiqh Mu'amalah STAI Sidogiri
Terpopuler
1
Santri Kecil di Tuban Hilang Sejak Kamis Lalu, Hingga Kini Belum Ditemukan
2
15 Ribu Pengemudi Truk Mogok Nasional Imbas Pemerintah Tak Respons Tuntutan Pengemudi Soal ODOL
3
Perbedaan Zhihar dan Talak dalam Pernikahan Islam
4
Sound Horeg: Pemujaan Ledakan Audio dan Krisis Estetika
5
Operasional Haji 2025 Resmi Ditutup, 3 Jamaah Dilaporkan Hilang dan 447 Meninggal
6
Pastikan Arah Kiblat Tepat Mengarah ke Ka'bah Sore ini
Terkini
Lihat Semua