Sejumlah lembaga menyediakan layanan badal haji dan umrah untuk masyarakat yang memerlukan jasa tersebut. Lembaga ini menjalankan praktik peribadatan haji dan umrah seorang jamaah yang dibadalkan.
Badal haji atau umrah dapat dilakukan dengan syarat orang yang membadalkan sudah pernah menjalankan ibadah haji dan orang yang dibadalkan sudah uzur baik karena sakit, renta/lansia, atau wafat seperti keterangan riwayat hadits berikut ini:
ย ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุณู
ุน ุฑุฌูุง ูููู ูุจูู ุนู ุดุจุฑู
ุฉุ ููุงู: ู
ู ุดุจุฑู
ุฉุ ูุงู: ุฃุฎ ูู ุฃู ูุฑูุจ ููุ ูุงู: ุญุฌุฌุช ุนู ููุณูุ ูุงู: ูุงุ ูุงู: ุญุฌ ุนู ููุณู ุซู
ุญุฌ ุนู ุดุจุฑู
ุฉ
Artinya, โRasulullah SAW mendengar seorang sahabat melafalkan talbiyah, โLabbayka untuk Syabramah.โ Ia bertanya, โSyabramah siapa?โ โsaudara atau kerabatku,โ kata orang tersebut. โKau sudah berhaji?โ โBelum,โ jawabnya. โKau sendiri harus berhaji terlebih dahulu, kemudian boleh membadalkan,โโ (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).
Dalam pembadalan haji atau umrah, semua ketentuan ibadah keduanya berlaku, termasuk anjuran pelafalan niat badal haji atau badal umrah. Pelafalan niat dianjurkan untuk kemantapan niat di dalam hati.
ููุณุชุญุจ ุงูุชููุธ ุจุงูููุฉ ุงูุชู ูุฑูุฏูุง ู
ู
ุง ู
ุฑุ ูุชุฃูุฏ ู
ุง ูู ุงูููุจ ูุณุงุฆุฑ ุงูุนุจุงุฏุงุช ููููู ุจููุจู ูุฌูุจุง ูุจูุณุงูู ูุฏุจุง
Artinya, โ(Jamaah) dianjurkan untuk melafalkan niat ibadah (haji atau umrah) yang dia kehendaki sebagaimana penjelasan telah lalu untuk memantapkan hatinya, sebagaimana ibadah yang lain. Ia wajib menyatakan niat dalam hatinya, dan sunah melafalkan dengan lisannya,โ (Lihat Syekh Saโid bin Muhammad Baโasyin, Busyral Karim, [Beirut, Darul Fikr: 1433-1434 H/2012 M], juz II, halaman 517).
Adapun berikut ini adalah lafal niat badal umrah yang dapat dibaca oleh lembaga atau relawan yang akan melaksanakan badal umrah orang lain:
ููููููุชู ุงูุนูู
ูุฑูุฉู ุนููู ููููุงูู ููุฃูุญูุฑูู
ูุชู ุจููุงู ูููู ุชูุนูุงููู
Nawaytul โumrata โan fulฤn (sebut nama jamaah umrah yang dibadalkan) wa ahramtu biha lillฤi taโฤlฤ.
Artinya, โAku menyengaja ibadah umrah untuk si fulan (sebut nama jamaah yang dibadalkan) dan aku ihram umrah karena Allah taโala.โ
Sementara berikut ini adalah lafal alternatif niat badal umrah:ย
ููููููุชู ุงูุนูู
ูุฑูุฉู ููุฃูุญูุฑูู
ูุชู ุจููุงู ูููู ุชูุนูุงููู ุนููู ููููุงูู
Nawaytul โumrata wa ahramtu biha lillฤi taโฤlฤ โan fulฤn (sebut nama jamaah umrah yang dibadalkan).
Artinya, โAku menyengaja ibadah umrah dan aku ihram umrah karena Allah taโala untuk si fulan (sebut nama jamaah yang dibadalkan).โ
Lafal niat badal umrah ini dapat ditarik dari keterangan Syekh Saโid bin Muhammad Baโasyin dalam karyanya Busyral Karim.
ูุฅู ุญุฌ ุฃู ุงุนุชู
ุฑ ุนู ุบูุฑู ูุงู ูููุช ุงูุญุฌ ุฃู ุงูุนู
ุฑุฉ ุนู ููุงู ูุฃุญุฑู
ุช ุจู ููู ุชุนุงูู ููู ุฃุฎุฑ ููุธ ุนู ููุงู ุนู ูุฃุญุฑู
ุช ุจู ูู
ูุถุฑ ุนูู ุงูู
ุนุชู
ุฏ ุฅู ูุงู ุนุงุฒู
ุง ุนูุฏ ูููุช ุงูุญุฌ ู
ุซูุง ุฃู ูุฃุชู ุจู ูุฅูุง ููุน ููุญุงุฌ ููุณูย
Artinya, โJika seseorang melaksanakan ibadah haji atau umrah untuk membadalkan orang lain, maka ia mengatakan, โNawaytul hajja awil โumrata โan fulฤn wa ahramtu bihฤซ lillฤi taโฤlฤ.โ Tetapi jika ia meletakkan kata โan fulฤnโ setelah kata โwa ahramtu bihฤซ,โ maka tidak masalah menurut pandangan muktamad dengan catatan ia merencanakan pelafalannya di akhir. Tetapi jika tidak bermaksud melafalkannya, maka ibadah haji atau umrah yang dia lakukan jatuh untuk dirinya, (bukan untuk jamaah yang dibadalkannya),โ (Lihat Syekh Saโid bin Muhammad Baโasyin, Busyral Karim, [Beirut, Darul Fikr: 1433-1434 H/2012 M], juz II, halaman 517).
Semoga lafal niat badal umrah ini membantu atau setidaknya mengingatkan lembaga, keluarga, atau relawan yang membadalkan umrah orang lain. Wallahu aโlam. (Alhafiz K)