Silang Pendapat tentang Jilbab: Yuk Sikapi dengan Sehat!
NU Online ยท Sabtu, 25 Januari 2020 | 03:00 WIB

Seberbeda apa pun dalam hal pendapat, sudut pandang ilmu pasti lebih bijak dari respons emosional, apalagi sarat kebencian dan amarah.
Ahmad Muntaha AM
Kolomnis
Baru-baru ini riuh ramai diskusi di media sosial tentang jilbab, apakah wajib atau tidak bagi muslimah? Macam argumentasi dan ragam referensi pun bermunculan, dari klasik hingga kontemporer. Dari literatur Ahlussunnah wal Jamaโah maupun lainnya. Bagi penulis yang secara sadar memilih cara beragama ala NU jamaknya kiai-kiai Nusantara, keriuhan itu harus selalu dijaga dalam koridor diskusi yang sehat, jauh dari aksi bully, intimidasi, apalagi pembunuhan karakter. Kebenaran adalah tetap kebenaran tanpa perlu dikotori dengan aksi menyakiti dan mengintimidasi mitra diskusi. Inilah cara diskusi sehat yang diperintahkan Allah subhanahu wataโala sesuai pemahaman ulama Ahlussunnah wal Jamaโah. Tidak percaya?
ย
Dalam Al-Qurโan sendiri, setelah menyebutkan hujjah atas salahnya kesyirikan (QS. al-Israโ: 42) dan hujjah atas kebenaran adanya akhirat (QS. al-Israโ: 52), dalam ayat berikutnya Allah subhanahu wataโala menegaskan:
ย
ูููููู ููุนูุจูุงุฏูู ููููููููุง ุงูููุชูู ูููู ุฃูุญูุณููู ุฅูููู ุงูุดููููุทูุงูู ููููุฒูุบู ุจูููููููู ู ุฅูููู ุงูุดููููุทูุงูู ููุงูู ููููุฅูููุณูุงูู ุนูุฏููููุง ู ูุจููููุง. (ุงูุฅุณุฑุงุก: 53)
ย
ย
โKatakanlah Muhammad kepada hamba-hambaku yang beriman: โHendaklah mereka katakan kalimah yang lebih baik kepada orang-orang kafir.โ Sungguh setan membuat kerusakan di antara mereka. Sungguh setan adalah musuh yang nyata bagi manusiaโ (QS. Al-Israโ: 53).
ย
Merujuk penafsiran pakar aqidah dan tafsir asal Kota Ray (Iran sekarang), Syaikhul Islam Fakhruddin ar-Razi (544-606 H/1150-1210 M) makna ayat itu adalah:
ย
ูููููู ููุง ู ูุญูู ููุฏู ููุนูุจูุงุฏูู ุฅูุฐูุง ุฃูุฑูุฏูุชูู ู ุฅููุฑูุงุฏู ุงููุญูุฌููุฉู ุนูููู ุงููู ูุฎูุงูููููููุ ููุงุฐูููุฑููุง ุชููููู ุงูุฏููููุงุฆููู ุจูุงูุทููุฑูููู ุงููุฃูุญูุณููู ูููููู ุฃููู ููุง ููููููู ุฐูููุฑู ุงููุญูุฌููุฉู ู ูุฎููููุทูุง ุจูุงูุดููุชูู ู ููุงูุณููุจูู
ย
โDan katakanlah wahai Muhammad kepada hamba-hamba-Ku: โJika kalian hendak menyampaikan hujjah terhadap orang-orang yang berbeda pandangan, maka sampaikan dalil-dalil atau hujjah-hujah itu dengan cara yang terbaik. Yaitu penyampaian hujjah hendaknya tidak dicampuri dengan kutukan dan sumpah serapahโ (Muhammad ar-Razi ibn Dhiyaโuddin Umar, Tafsir al-Fakhrur Razi, [ttp., Dar al-Fikr: 1401 H/1981 M], juz XX, h. 231).
ย
Masih menurut ar-Razi, semangat diskusi yang sehat dengan menghindarkan diri dari sumpah serapah yang diusung ayat ini selaras dengan ayat-ayat lain dalam Al-Qurโan, yaitu dua ayat sebagaimana berikut:
ย
ุงูุฏูุนู ุฅูููู ุณูุจูููู ุฑูุจูููู ุจูุงููุญูููู ูุฉู ููุงููู ูููุนูุธูุฉู ุงููุญูุณูููุฉู ููุฌูุงุฏูููููู ุจูุงูููุชูู ูููู ุฃูุญูุณููู ุฅูููู ุฑูุจูููู ูููู ุฃูุนูููู ู ุจูู ูู ุถูููู ุนูู ุณูุจูููููู ูููููู ุฃูุนูููู ู ุจูุงููู ูููุชูุฏูููู. (ุงููุญู: 125)
ย
โSerulah ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sungguh Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang tersesat dari jalannya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjukโ (QS. An-Nahl: 125).
ย
ููููุง ุชูุฌูุงุฏููููุง ุฃููููู ุงููููุชูุงุจู ุฅููููุง ุจูุงูููุชูู ูููู ุฃูุญูุณููู ุฅููููุง ุงูููุฐูููู ุธูููู ููุง ู ูููููู ู ููููููููุง ุขู ููููุง ุจูุงูููุฐูู ุฃูููุฒููู ุฅูููููููุง ููุฃูููุฒููู ุฅูููููููู ู ููุฅูููููููุง ููุฅูููููููู ู ููุงุญูุฏู ููููุญููู ูููู ู ูุณูููู ูููู. (ุงูุนููุจูุช: 46)
ย
โDan jangankah kalian berdebat dengan Ahli Kitab kecuali dengan cara yang terbaik, melainkan dengan orang orang-orang yang zalim di antara mereka. Dan katakanlah: โKami telah beriman (kepada kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan kepada kalian. Tuhan kami dan tuhan kalian adalah satu, dan kami hanya berserah diri kepada-Nyaโ.โ (QS. al-โAnkabut: 46)
ย
Kenapa Allah SWT memerintahkan kita untuk berdiskusi dan menyampaikan hujjah argumentasi secara sehat? Tiada lain, sebab andaikan dalam menyampaikan hujjah kepada mitra diskusi bercampur dengan sumpah serapah, kutukan dan semisalnya, niscaya mereka akan meresponnya dengan balasan yang setimpal atau bahkan lebih buruk. Perilaku semacam ini selaras dengan warning Al-Qurโan:
ย
ูููุงู ุชูุณูุจูููุงู ุงูููุฐูููู ููุฏูุนูููู ู ูู ุฏูููู ุงูููู ููููุณูุจูููุงู ุงูููู ุนูุฏูููุง ุจูุบูููุฑู ุนูููู ู ููุฐููููู ุฒูููููููุง ููููููู ุฃูู ููุฉู ุนูู ูููููู ู ุซูู ูู ุฅูููู ุฑูุจููููู ู ููุฑูุฌูุนูููู ู ููููููุจููุฆูููู ุจูู ูุง ููุงูููุงู ููุนูู ููููู. (ุงูุงูุนุงู : 108)
ย
โDan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah yang lain dari Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakanโ (QS. Al-Anโam: 108).
ย
Pastilah, setiap diskusi yang tidak sehat justru akan memantik emosi, mitra diskusi semakin benci, dan tujuan utama diskusi untuk memperoleh kesimpulan yang terang pun terabaikan. Sementara bila diskusi dapat berlangsung secara sehat, dan cukup dengan menyampaikan hujjah argumentasi dengan cara-cara yang terbaik, terhindar dari sumpah serapah dan menyakiti orang lain, maka cara seperti itu justru akan meninggalkan kesan yang mendalam. Inilah yang maksud utama dari ayat:
ย
ูููููู ููุนูุจูุงุฏูู ููููููููุง ุงูููุชูู ูููู ุฃูุญูุณููู ... (ุงูุฅุณุฑุงุก: 53)
ย
โKatakanlah Muhammad kepada hamba-hambaku yang beriman: โHendaklah mereka katakan kalimah yang lebih baik kepada orang-orang kafir ...โ (QS. Al-Israโ: 53).
ย
Selain itu, diskusi yang sehat juga dapat menghindarkan diri dari provokasi setan yang jelas merupakan musuh yang nyata bagi seluruh manusia, sebagaimana ditegaskan oleh Allah SWT dalam nash berikutnya:
ย
... ุฅูููู ุงูุดููููุทูุงูู ููููุฒูุบู ุจูููููููู ู ุฅูููู ุงูุดููููุทูุงูู ููุงูู ููููุฅูููุณูุงูู ุนูุฏููููุง ู ูุจููููุง. (ุงูุฅุณุฑุงุก: 53)
ย
โโฆ Sungguh setan membuat kerusakan di antara mereka. Sungguh setan adalah musuh yang nyata bagi manusia.โ (QS. Al-Israโ: 53). (Ar-Razi, Tafsir al-Fakhrur Razi, juz XX, h. 231).
ย
Dalam konteks ini, menarik sekali closing statemen mufassir Granada Spanyol, Abu Hayyan al-Andalusi (654-745 H/1256-1344 M) saat mengutip penafsiran ar-Razi di atas:
ย
ู ูุชูู ุงู ูุชูุฒูุฌูุชู ุงููุญูุฌููุฉู ุจูุงููุฅููุฐูุงุกู ููุงููุชู ุงููููุชูููุฉู.
ย
โKapan hujjah argumentasi tercampur dengan perbuatan menyakiti teman diskusi, maka pasti muncullah fitnah,โ (Abu Hayyan al-Andalusi, Tafsir al-Bahr al-Muhith, [Bairut, Dar al-Fikr al-โIlmiyyah, 1422 H/2001 M], cetakan pertama, juz VI, h. 48).
ย
Nah, berkaitan urusan keimanan saja, diskusi dengan orang-orang yang mengufurinya pun kita tetap diperintahkan dengan cara-cara terbaik, cara yang sehat, apalagi urusan jilbab dalam internal komunitas orang-orang beriman. Tentu harus dengan cara yang superbaik, super-ahsan. Karenanya, ayo kita diskusi tentang keimanan, jilbab, dan isu lain sepuas-puasnya, asal tetap menjaga etika dan kesopanan yang dipesankan Tuhan melalui firman-firman-Nya! Wallahu aโlam.
ย
ย
Ustadz Ahmad Muntaha AM, Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail NU Jawa Timur
ย
Terpopuler
1
KH Miftachul Akhyar: Menjadi Khalifah di Bumi Harus Dimulai dari Pemahaman dan Keadilan
2
Amerika Bom 3 Situs Nuklir Iran, Ekskalasi Perang Semakin Meluas
3
Nota Diplomatik Arab Saudi Catat Sejumlah Kesalahan Penyelenggaraan Haji Indonesia, Ini Respons Dirjen PHU Kemenag
4
Houthi Yaman Ancam Serang Kapal AS Jika Terlibat dalam Agresi Iran
5
Menlu Iran Peringatkan AS untuk Tanggung Jawab atas Konsekuensi dari Serangannya
6
PBNU Desak Penghentian Perang Iran-Israel, Dukung Diplomasi dan Gencatan Senjata
Terkini
Lihat Semua